Rabu, 23 Maret 2016

RPP kelas 1 Tema 7 Sub tema 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : MI Negeri Tirto Salam
Kelas/Semester           : I / 2
Tema                           : Benda Tanaman dan Hewan di sekitarku
Sub Tema                    : Bentuk, warna, ukuran dan permukaan benda
Pembelajaran ke         : 1
Alokasi Waktu             : 6 x 35 menit

A.       Kompetensi Inti
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk  ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya    yang estesis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
a.Kompetensi Dasar
PPKN
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Matematika
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.2 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
b. Indikator
PPKN
                  3.2.1 Menjelaskan tata tertib menyimpan benda setelah digunakan
                  4.2.1 Mempraktikkan tata tertib menyimpan benda
 Matematika
                  3.2.1 Menyebutkan nilai uang.
                  3.2.2 Membandingkan harga sebuah mainan
                              4.2.1 Menentukan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli benda
Bahasa Indonesia
                  3.1.1.Membaca teks bacaan tentang ciri-ciri benda di sekitarku
                  3.1.2.Mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri berdasarkan teks yang dibaca
                  4.1.1 Berdiskusi tentang ukuran benda di sekitar
                     4.1.2 Mengemukakan hasil diskusi tentang ukuran benda di sekitar
C.        Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati contoh dari guru, siswa dapat membaca teks dengan lancar.
2.      Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan guru mengenai isi bacaan.
3.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan benda berdasarkan persamaan yang dimilikinya dengan benar.
4.      Dengan mendengar petunjuk guru, siswa dapat melakukan kegiatan diskusi dengan baik.
5.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menyampaikan pendapat mengenai ukuran benda di sekitar dengan baik.
6.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan tata tertib merapikan benda setelah digunakan baik di rumah maupun di sekolah dengan benar.
7.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan cara menyusun benda dengan rapi.
8.      Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menentukan nilai uang dengan benar.
9.   Dengan mengamati gambar, siswa dapat membandingkan harga mainan dengan benar.
10.  Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat menghitung uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sejumlah benda dengan tepat
D.     Materi Pembelajaran
1.      Mengenal pengurangan bilangan
2.      Menggunting dan mengelompokkan binatang
3.      Materi pembelajaran lengkap terlampir.

E.        Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan               :  Saintifik (scientific) tematik integratif
2.         Metode                     : Ceramah, tanya jawa, penugasan.

F.         Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Awal
1.      Guru mengajak siswa berdoa
2.      Guru Menanyakan kabar hari ini dan melakukan absensi
3.      Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kegiatan pagi siswa. Siswa menjelaskan apa saja yang dilakukannya.
5 Menit
Kegiatan Inti
1.    Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai kebiasaan merapikan kamar tidur pada pagi hari. Apa saja yang mereka rapikan?
2.    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai subtema yang akan dibahas, yaitu mengenai ciri-ciri benda tak hidup di sekitar kita.
3.    Siswa membaca wacana tentang berbagai macam mainan yang ada pada buku.
4.    Siswa juga diminta menyebutkan mainan yang paling disukai dan alasannya. Tanyakan pada siswa apa yang mereka lakukan dengan benda kesayangannya. Dapatkah diajak berbicara, dapat bergerak sendiri atau tidak, perlu diberi makanan atau tidak?, apa warnanya?, kasar atau lembut permukaannya?
5.    Minta dua orang siswa bercerita tentang benda kesayangannya.
6.    Minta siswa lainnya membandingkan kedua benda yang disukai oleh temannya yang bercerita.
7.    Temukan persamaan dan perbedaannya. Kegiatan membandingkan dapat berdasarkan warna, bentuk, fungsi, ukuran, permukaan kasar atau lembut, dan kategori benda mati atau benda hidup.
8.    Guru menjelaskan mengenai benda di sekitar kita. Ada persamaan dan perbedaan di antara benda tersebut. Perbedaan dan persamaan dapat diamati berdasarkan warna, ukuran, permukaan, bentuk, juga fungsinya. Guru menunjukkan benda di sekitar kelas yang memiliki bentuk dasar yang sama dengan bentuk pintu dan jendela, keduanya memiliki bentuk dasar segi empat. Bola dan jam dinding memiliki bentuk dasar lingkaran.
9.    Minta siswa berdiskusi mengenai kondisi jika semua benda yang ada di kamar tidurnya berwarna sama, atau berbentuk sama, atau berukuran sama. Tanyakan juga apa yang terjadi jika semua benda berukuran besar. Apa yang terjadi jika di dunia ini semua benda memiliki warna sama. Perwakilan siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya.
10. Siswa mengelompokkan gambar mainan yang ada pada buku sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya, misalnya memiliki ukuran yang sama, warna yang sama, atau bentuk dasar yang sama. Siswa menuliskannya di tempat yang sudah disediakan.
11. Kegiatan dilanjutkan dengan menunjukkan benda yang tersusun rapi sesuai bacaan. Benda harus diletakkan pada tempatnya dan disusun dengan rapi.
12. Guru menunjukkan berbagai benda dengan berbagai ukuran dan bentuk.
13. Minta siswa secara berkelompok menyusun dan merapikan benda tersebut. Benda dapat disusun berdasarkan ukuran atau warnanya sehingga tampak rapi.
14. Perwakilan siswa menyampaikan alasan penyusunan benda tersebut.
15. Minta siswa lain memilih cara penyusunan mana yang menurut mereka paling rapi.
16. Tuhan menciptakan semua benda di sekitar dengan warna berbeda, bentuk berbeda dan ukuran yang berbeda sehingga tampak lebih indah. Kita harus menjaganya agar keindahannya tetap terjaga. Benda yang terpelihara dengan rapi akan memudahkan kita untuk menemukannya, bertahan lebih lama, dan tidak mudah rusak.
17. Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai pengalaman pergi ke toko mainan. Benda apa saja yang dilihat? Tahukah mereka harga mainan tersebut?
18. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan harga mainan.
19. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai nama mata uang, pecahan uang yang ada di Indonesia. Siswa dikenalkan juga dengan pecahan Rp50 yang sekarang sudah jarang digunakan (jika ada tunjukkan, jika tidak gambar saja cukup). Berikan tambahan penjelasan mengenai mata uang yang berlaku di negara lain.
20. Siswa mendengarkan penjelasan mengenai nilai mata uang. Misalnya, dua koin Rp50 setara dengan Rp100, lima koin Rp100 setara dengan satu koin Rp500. Dua koin Rp500 setara dengan satu lembar/koin Rp1000, dan seterusnya.
21. Penjelasan bisa ditambah dengan cara sistem penjumlahan bersusun ke bawah. Siswa diingatkan kembali dengan nilai dan tempat untuk mempermudah penyelesaian soal penjumlahan susun ke bawah.
22. Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
23. Setiap kelompok mendapatkan satu set gambar mainan yang dilengkapi dengan harga. Harga yang ditetapkan kisaran Rp100–Rp2000
24. Siswa mengurutkan benda berdasarkan harga.
25. Siswa bermain jual-beli dalam kelompoknya. Sebagian siswa bertindak sebagai pedagang, dan sebagian bertindak sebagai pembeli. Minta pembeli memilih benda yang diinginkannya, lalu minta pedagang menghitung berapa uang yang harus dikeluarkan. Lakukan kegiatan secara bergantian sampai semua siswa mendapat giliran.
26. Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada pada buku.
27. Siswa mendengar penjelasan guru bahwa ada mainan yang berharga mahal dan murah. Perbedaan biasanya disebabkan oleh perbedaan ukuran atau bahan pembuatnya.

90 Menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru menutup kegiatan dengan  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari (mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan tes tertulis, kemudian dibahas bersama (menalar)
3.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi, penilaian) (-menanya)
4.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa berkaitan dengan materi Benda hidup dan benda tak hidup
5.      Salam dan doa penutup
15 Menit

G.       Sumber dan Media Belajar
1.         Sumber Belajar
a.        Buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 tema “Benda, binatang dan tanaman di sekitarku” hal. 50-53
2.         Buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 tema “ Benda, binatang dan tanaman di sekitarku” hal. 50-53
3.         Media Belajar
a.    Berbagai mainan/benda dengan berbagai bentuk dan ukuran
b.    Potongan gambar atau brosur yang berisi berbagai gambar mainan anak-anak dilengkapi dengan harga dari Rp100 s/d Rp2000 untuk mengenalkan uang sebanyak empat set Pecahan uang Rp100, Rp500, Rp1000, dan Rp2000 jika ada, siapkan pecahan Rp50
                         
H.       Penilaian
1.         Jenis / Teknik Penilaian
a.        Penilaian Proses
1)        Penilaian pengamatan sikap pada percakapan dalam proses pembelajaran
b.        Penilaian Hasil Belajar
1)        Tes Lesan
2)        Tes Tertulis bentuk Uraian

2.         Bentuk Instrumen Penilaian
a.        Penilaian Proses
1)        Rubrik Penilaian Sikap
2)        Rubrik Penilaian Kinerja
b.        Penilaian Hasil Belajar
1)        Produk
2)        Tes lesan
3)        Tertulis Uraian
Instrumen dan Kriteria Penilaian (Terlampir)

Mengetahui   
Kepala MIN Tirto




Abdul Aziz,S.Ag
NIP.19690604 199803 1 002



Magelang, 14 April 2015
Guru Kelas




Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd,I
NIP.19780419 200710 2 001












Tidak ada komentar:

Posting Komentar