Rabu, 19 April 2017

Silabus Kelas I Tema 7 K13 Revisi 2016


SILABUS
KELAS I
TEMA 7 : BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU


MI NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN 2016
TEMA 7
BENDA HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1  Menceritakan  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2 Menun jukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2     Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.4 Menunjukkan  sikap kerjasama dalam suasana keberagaman di rumah
2.4 Bekerjasama dalam keberagaman di rumah
3.4 Menggambarkan  bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah


·  gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”
·   aturan di rumah
·   keberagaman karakteristik individu
·   bentuk kerjasama dalam keberagaman


Subtema 1: Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku (26 jam pelajaran)
·   mengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup di dalam kelas dan luar kelas
·   menggunting, menempelkan, dan memasukkan gambar ke kotak sesuai dengan kelompok benda hidup dan benda tak hidup
·   mengelompokkan benda dan manfaatnya serta nama dan lambang bilangan 61-80  sesuai dengan aturan
·   menentukan gambar benda hidup dan benda tak hidup dengan cara menghubungkan bilangan 61-80 secara berurutan
·   menyebutkan angka 61-80 bersama dan menuliskan nama bilangan pada papan tulis dengan dibantu guru
·   bermain dengan cara menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 61-80,
·   mengurutkan angka mulai dari yang terkecil dan dari yang terbesar
·   menebak benda dengan menghubungkan bilangan 61-80 secara berurutan
·   mengerjakan latihan pada buku siswa
·   membaca wacana di buku siswa tentang tokoh yang bermain boneka dan tokoh yang bermain bersama hewan peliharaan
·   mendengarkan penjelasan guru mengenai: perbedaan perlakuan yang diberikan tokoh pada benda kesayangannya, perbedaan benda hidup dan benda tak hidup
·   mendiskusikan tentang persamaan, perbedaan, dan perbandingan kursi dan kucing dengan huruf tegak bersambung kursi dan kucing,
·   menceritakan pengalaman melihat langit pada malam hari kemudian mendengarkan penjelasan tentang jenis benda yang ada di langit
·   mengamati guru menyanyikan lagu dengan gerakan badan kemudian membaca, menghafal teks lagu Bintang Kecil, dan menyanyikan lagu dengan bergerak sesuai isi lagu  
·   bermain melempar gulungan kertas
·   mendengar penjelasan guru mengenai ciri benda hidup yang mampu bergerak sendiri untuk berpindah tempat atau menanggapi rangsangan
·   mengamati gambar dan teks di buku siswa tentang benda hidup yang dapat berpindah sendiri
·   bermain melempar dan menangkap bola serta mempraktikkan gerak lempar tangkap bola sambil berlari menyamping
·   mendengar penjelasan guru  mengenai garis bilangan, kemudian membuat garis dan menuliskan bilangan dari 61-80
·   bermain dengan cara berdiri dan bergerak 5 langkah sesuai yang dituju
·   menyimpulkan benda hidup yang dapat bergerak sendiri dan benda tak hidup yang tidak dapat bergerak sendiri
·   berdiskusi tentang pentingnya makanan dan minuman
·   mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan pertanaman yang terjadi pada makhluk hidup
·   mengamati gambar di buku siswa, menuliskan cerita sesuai dengan gambar, dan menyampaikan hasil tulisannya
·   menyimpulkan sikap yang harus ditiru dan tidak boleh ditiru
·   menjawab pertanyaan di buku
·   memahami cara mengukur berat badan dan tinggi badan
·   mengamati gambar anak yang sedang berenang dan gambar seorang anak laki-laki yang sedang membantu mengeluarkan anak kucing dari karung
·   berdiskusi mengapa benda hidup memerlukan udara untuk bernafas
·   berlatih pernafasan di kolam renang atau di darat
·   melakukan pernafasan dengan duduk di tepi kolam dan menggerak-gerakkan kaki atau berlari mengelilingi lapangan sebanyak dua kali
·   berlatih menarik nafas lalu membuang melalui hidung
·   mendengarkan teks desktiptif dari guru tentang kebutuhan udara bagi benda hidup

Subtema 2:
 Hewan di Sekitarku ( 26 jam pelajaran)
·   mendengar penjelasan guru mengenai jenis-jenis hewan di sekitar dan menjawab pertanyaan guru mengenai hewan yang disukai
·   menjelaskan perawatan pada hewan peliharaan dan menceritakan hewan kesukaannya
·   mendengarkan penjelasan guru tentang syair lagu Kucingku Belang Tiga
·   membaca syair, menghafalkan, dan menyanyikan lagu Kucingku Belang Tiga
·   mengamati gambar hewan dan menirukan guru membaca teks
·   berdiskusi dan tanya jawab mengenai nama binatang, cara bergerak, suara, dan tempat hidupnya
·   bermain dengan kartu bergambar hewan kemudian mengelompokkan hewan sesuai dengan tempat hidupnya
·   membandingkan hewan berdasarkan ukuran badan
·   mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru dari buku siswa tentang Pergi ke Kebun Binatang
·   Berdiskusi mengenai cerita serta sikap dan peraturan yang harus diikuti saat berkunjung ke kebun binatang
·   menuliskan dan menyampaikan hasil diskusi
·   bermain mempraktikkan tiga gerak hewan, yaitu berlari seperti kuda, lompat kelinci, dan berdiri satu kaki seperti burung bangau
·   mendiskusikan perasaan mereka ketika mempraktikkan gerak hewan
·   mengamati guru membaca puisi kemudian mengikuti membaca puisi secara bertahap
·   membaca puisi dengan gaya dan intonasi sendiri di depan kelas
·   menyelesaikan soal penjumlahan cara bersusun ke bawah
·   mewarnai dan menggunting berbagai pola binatang laut lalu ditempelkan pada sebuah batang sehingga menjadi wayang hewan
·   berlatih hitung mundur dan menyelesaikan soal pengurangan
·   mewarnai gambar sesuai instruksi
·   mengelompokkan gambar hewan dengan menggunting dan menempel
·   mendengar penjelasan guru tentang manfaat hewan dan peternakan
·   berdiskusi mengenai manfaat hewan dan asal makan yang disantapnya
·   mengamati guru tentang soal cerita penjumlahan dan pengurangan tentang hasil ternak
·   menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan
·   menjawab pertanyaan guru tentang binatang buas
·   melakukan gerakan gajah

Subtema 3:
Tumbuhan di Sekitarku(26 jam pelajaran)
·   mengamati tentang tanaman sebagai bagian dari benda hidup di buku siswa dan lingkungan sekitar
·   berdiskusi mengenai perbedaan tanaman dengan makhluk hidup lainnya berdasarkan ciri-ciri fisik yang dimilikinya (akar, batang, daun, bunga, buah, biji)
·   mengamati dan memasangkan kartu yang berisi nama bagian tanaman dengan gambar pada poster
·   mengindentifikasi dan mengelompokkan tanaman berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimilikinya, seperti bunga, daun, biji, atau akarnya dengan bantuan guru
·   tanya jawab tentang contoh-contoh tanaman buah, sayur, dan hias
·   mengamati guru menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu
·   membaca syair lagu, menghafal, dan menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu
·   mengerjakan soal latihan
·   mengamati grafik gambar tentang buah kesukaan pada buku siswa
·   mewawancarai 10 orang teman tentang jenis tanaman di pekarangan rumah masing-masing
·   menghitung (hasil wawancara) jumlah teman yang memiliki tanaman ke dalam grafik gambar pada buku siswa, dengan menempelkan pada setiap kolom
·   menyampaikan hasil wawancara di depan teman-temannya
·   berdiskusi tentang beberapa contoh tanaman buah, hias, dan sayur yang mungkin belum dikenal
·   menceritakan/menggambar bentuk dan ciri-ciri pohon buah
·   mengerjakan latihan
·   mendengarkan cerita guru tentang merawat tanaman atau membaca wacana pada buku siswa tentang kegiatan merawat tanaman
·   berdiskusi mengenai apa aja aturan dalam merawat tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur
·   menuliskan apa saja kemungkinan yang dapat terjadi jika tanaman tidak dirawat dengan baik
·   mempraktikkan secara langsung aturan dan cara merawat tanaman yang ada di sekolah
·   mendengar penjelasan guru bahwa tanaman berkembang biak dengan biji dan tunas
·   mengamati, mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai jenis biji berdasar bentuk, warna, ukuran, dan ciri lainnya
·   mengamati guru mengenai langkah-langkah melakukan percobaan (teks deskriptif petunjuk percobaan)
·   melakukan percobaan tentang pertanaman dan tanaman/proses perkembangbiakan tanaman
·   mengamati selama beberapa hari untuk melihat tahapan proses pertanaman pada tanaman
·   menggambarkan dan mencatat hasil pengamatannya setiap hari dalam tabel
·   menuliskan kesimpulan dari hasil pengamatannya tentang proses perkembangbiakan pada tanaman dengan dibimbing oleh guru
·   mengurutkan gambar, memberi nomor, menggunting, dan merekatkan jaring-jaring kubus sehingga menjadi sebuah buku yang berbentuk kubus.
·   menghias dan mewarnai gambar pada buku kubus
·   menceritakan gambar-gambar yang terdapat pada buku kubus
·   mengamati sepasang tempurung/batok kelapa yang sudah dilubangi dan diberi tali pengikat
·   menjawab pertanyaan guru tentang asal tempurung dan menyebutkan nama/bagian tanaman yang menghasilkan tempurung
·   mengamati contoh cara melakukan permaian “berjalan dan berlari di atas tempurung kelapa”
·   berlatih permainan dengan batok kelapa dan melakukan perlombaan
·   mengamati penjelasan guru tentang manfaat tanaman bagi manusia sebagai sumber oksigen, sumber makanan dan menjadi obat-obatan
·   membaca teks deskriptif dan menebalkan/menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung
·   berdiskusi tentang bagian tanaman yang dapat diolah menjadi makanan dan jenis tanaman yang jarang ditemui namun bisa dijadikan sumber makanan
·   megamati dan menjelaskan tentang daun
·   menjiplak, menempelkan, dan mengarsir permukaan daun
·   menciptakan pola tertentu dengan menggabungkan beberapa jenis daun
·   menunjukkan dan menjelaskan hasil karya
·   mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang tanaman darat dan tanaman air
·   mengelompokkan kartu tanaman berdasarkan tempat tinggalnya
·   membuat dan menganalisis grafik gambar tentang jumlah tanaman darat dan air
·   melakukan permainan tradisional “lompat bambu”
·   menyebutkan beberapa aturan dalam permainan
·   berdiskusi dan menuliskan manfaat pentingnya aturan dalam permainan dan akibat yang dapat timbul jika tidak patuh pada aturan
·   membuat cerita bergambar tentang anak yang mematuhi dan tidak mematuhi aturan
·   mengamati guru menggambar diagram tentang bagian-bagian tanaman, yang dibutuhkan, dan dihasilkan oleh tanaman
·   menempelkan kartu-kartu kata pada kolom yang paling sesuai
·   membuat dan melengkapi bagan di kertas dengan tulisan yang indah dan rapi
·   menempelkan hasil karya

Subtema 4:
Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda (26 jam pelajaran)
·   menyebutkan mainan yang paling disukai dan alasannya
·   membandingkan kedua benda yang disukai
·   menemukan persamaan, perbedaan, dan membandingkan berdasarkan warna, bentuk, fungsi, ukuran, permukaan kasar atau lembut, dan kategori benda mati atau benda hidup
·   berdiskusi apabila benda berwarna, berbentuk, atau berukuran sama
·   mengelompokkan gambar mainan pada buku sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya
·   menunjukkan berbagai benda dengan berbagai ukuran dan bentuk
·    menyusun dan merapikan benda berdasarkan ukuran atau warnanya sehingga tampak rapi
·   menyampaikan alasan penyusunan benda tersebut
·   memilih cara penyusunan mana yang paling rapi
·   mendengar penjelasan guru mengenai perbedaan harga mainan
·   mendengar penjelasan guru mengenai nama dan nilai mata uang
·   mengurutkan benda berdasarkan harga
·   bermain jual beli
·   membaca, menghafal, dan menyanyikan lagu Pelangi
·   menyebutkan warna pelangi sesuai nyanyian
·   berlatih menulis huruf tegak bersambung
·   menyusun huruf menjadi kata dan mengelompokkan benda sesuai persamaan warna yang dimiliki
·   mengamati bentuk dan jumlah lantai ruang kelas
·   menghitung jumlah ubin disekitar area tempat

35 menit X 30 JP X 4 minggu


35 Menit X  30 JP


























1.  Diri Anak
2.  Lingkungan
3.  Media Gambar
4.  Buku cerita
5.  Benda di sekitar siswa
6.  Model bangun datar dan bangun ruang
7.  Papan titian
8.  Bahan makanan

Bahasa Indonesia
3.6  Memahami kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)
4.6  Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana
3.7  Memahami  kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
4.7  Menyampaikan penjelasan  dengan kosakata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
3.8  Memahami ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.8  Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain  secara lisan dan tulis
·       kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
·       kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek
·       ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
·        


Matematika
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1       Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2     Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2       Menuliskan lambang bilangan  sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3       Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya  dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.4       Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4     Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan  penjumlahan dan pengurangan bilangan  yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
4.8  Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam  satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
·   Bilangan cacah sampai dengan 99
·   bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
·   opersi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
·   pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
·   bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
·   bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
·   panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret



Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi

3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
·  karya ekspresi dua dan tiga dimensi
·  elemen musik
·  Gerak anggota tubuh
·  bahan alam dalam berkarya


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.6 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
3.7 Memahami prosedur berbagai pengenalan  aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam
      aktivitas air***
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan  aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
·   prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor
·   berbagai pengenalan  aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air



   Mengetahui                                                         Tirto,    Juli 2016
  Kepala Madrasah                                                  Guru Kelas I

   Abdul Aziz,S.Ag                                                    Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP. 19690604  199803 1 002                                         NIP. 19780419 200710 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar