Sabtu, 14 Oktober 2017

Contoh Format RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016

(RPP)

Madrasah                                              : … (sesuai Madrasah masing-masing)
Tema                                                     : Indahnya Kebersamaan (sesuai Tema lihat silabus)
Sub Tema                                             : Keberagaman Budaya Bangsaku  (sesuai sub tema lihat silabus)
Kelas/Semester                                   : IV/1 (sesuai kelas misal 1 dan 4)
Alokasi Waktu                                      : 26 JP x 35 menit (per sub tema atau per pembelajaran)
Pembelajaran ke                                                 : 1

A.      Kompetensi Inti
(Tulis keempat KI yang sesuai mapel PPKn).
1.       Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(Rumuskan indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD).
(ambil dari hasil pemetaan sub tema tiap pembelajaran)
Misal ada mapel PPKn
KD
Indikator
1.2  Menghargai kewajiban dan hak
warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari dalam
menjalankan agama
Tulis indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
1.2.1    tindakan yang menghargai perbedaan dalam beribadah,
1.2.2  menghormati teman yang berbeda agama
1.2.3  ……
2.2  Menunjukkan sikap disiplin dalam
memenuhi kewajiban dan hak
sebagai warga masyarakat sebagai
wujud cinta tanah air
Tulis indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
2.2.1      mengikuti peraturan yang ada di sekolah,
2.2.2      hadir di sekolah tepat waktu,
2.2.3      melaksanakan piket kebersihan kelas,
3.2    Mengidentifikasi pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
3.2.1        Menjelaskan pengertian  Kewajiban
3.2.2        Menyebutkan Contoh kewajiban
3.2.3        Menjelaskann pengnertian hak
3.2.4        Menyebutkan contoh hak
3.2.5        Membedakan hak dan kewajiban
4.2    Menyajikan hasil identifikasi
pelaksanaan kewajiban dan hak
sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
4.2.1           Melaporkan hasil identifikasi ... secara lesan
4.2.2           M





IPS
KD
Indikator
3.3     Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
3.3.1        Menyebutkan keragaman social dilingkungan sekitar
3.3.2        Mengidentifikasi keberagaman sosial yang ada di sekitar.
3.3.3        Mengidentifikasi keberagaman budaya  yang ada di sekitar.
3.3.4        Mengidentifikasi keberagaman etnis  yang ada di sekitar.
3.3.5        Mengidentifikasi keberagaman agama  yang ada di sekitar.
3.3.6        menyebutkan keragaman budaya, dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap
3.3.7        menyebutkan keragaman etnis, dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap
3.3.8        menyebutkan keragaman agama, dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap
4.3    Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.3.1       Melaporkan hasil identifikasi keberagaman sosial yang ada di sekitar.
4.3.2        Melaporkan hasil identifikasi keberagaman budaya  yang ada di sekitar.
4.3.3        Melaporkan hasil identifikasi keberagaman etnis  yang ada di sekitar.
4.3.4           Melaporkan hasil identifikasi keberagaman agama  yang ada di sekitar

Bahasa Indonesia
3.1     Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1           menuliskan gagasan pokok tentang keragaman budaya
3.1.2           menuliskan gagasan pendukung tentang keragaman budaya
4.1     Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulisan.
4.1.1           mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai  dentitas bangsa Indonesia
secara lisan dan tulisan
 dengan sistematis

IPA
3.6     Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

3.6.1           Menyebutkan sifat-sifat bunyi
3.6.2           menjelaskan cara  menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap
4.6    Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifatsifat bunyi.
4.6.1           menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di
sekitar dengan sistematis

C.      Tujuan Pembelajaran
dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan
1.       Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, peserta didik mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.       Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, peserta didik mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraph dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.       Setelah wawancara sederhana, peserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.       Setelah diskusi, peserta didik mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5.       Setelah eksplorasi, peserta didik mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6.       Setelah eksplorasi dan diskusi, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

D.      Materi Pembelajaran
memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi
(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial).
1.       Materi pembelajaran reguler
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi   sebagaimana dicakup oleh KD).
IPS
§  keberagaman sosial yang ada di sekitar.
§  keberagaman budaya  yang ada di sekitar.
§  keberagaman etnis  yang ada di sekitar.
§  keberagaman agama  yang ada di sekitar.
§  Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.

Bahasa Indonesia
§  Teks tentang keragaman budaya
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keeping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk
dipelajari.
Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka
perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu
menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.

§  Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraph memiliki gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.
. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan
gagasan pokok setiap paragraf.
1. Bacalah paragraf dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir!
- Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan
penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok?
Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok
paragraf ditemukan.
- Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf dapat terletak
di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf

IPA
§  sifat-sifat bunyi
§  cara  menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar
§  Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

2.       Materi pembelajaran pengayaan

… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).
§  Apabila memiliki waktu, peserta didik dapat memainkan ansambel bunyi mereka
kepada kelas lain

3.       Materi pembelajaran remedial
… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik).
§  Peserta didik yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan
gagasan pokok dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai
latihan tambahan. Peserta didik dapat dibantu oleh peserta didik lain yang telah sangat
terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.
E.    Metode
digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai
·         penugasan
·         wawancara
·         diskusi
·         praktek
·         Tanya jawab

F.    Media
berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran
a.       Media/alat
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). CONTOH  cara menuliskan:
a.       Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
Keanekaragaman Budaya Indonesia, 2016, Sunarto
Sunarto, 2016, Keanekaragaman Budaya Indonesia, https://www.....
b.       Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c.        Model: Nama model yang dimaksud
d.       Gambar: Judul gambar yang dimaksud
Gambar Macam-macam tari daerah, pakaian daerah, makanan khas daerah
e.       Realia: Nama benda yang dimaksud
peluit (ditiup) , dua tutup panci (dipukul), sendok dan botol kaca (dipukul), kantong plastik (diremas), botol plastik diisi benda-benda kecil (digoyang),

b.       Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.

G.   Sumber Belajar
dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan

Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku peserta didik, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH  cara menuliskan:
a.       Buku peserta didik: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
Anggari, Angi St. dkk, 2016, Indahnya Kebersamaan Edisi Revisi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI kelas IV, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman 1 - 16)

b.       Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
Anggari, Angi St. dkk, 2016, Indahnya Kebersamaan Edisi Revisi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI kelas IV, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman 1 - 18)
……..

c.        Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
d.       Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
e.       Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
f.         Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
g.       Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
Peserta didik di sekolah sebagai narasumber kegiatan wawancara
h.       Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)

H.   Kegiatan Pembelajaran
(Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik YANG DAPAT  dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah. Tulis juga jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup).

1.       Pertemuan Pertama: 4 JP
a.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
1.          menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2.          memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
3.          mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
4.          menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
5.          menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

1.          Mengucapkan salam
2.          Mengkonfirmasi kehadiran peserta didik
3.      Membangun apersepsi, dengan melakukan kegiatan :
-          Guru menempelkan gambar seorang anak yang memakai baju tradisional (….). Di belakang anak ada rumah tradisional …..
-          Guru mengajak peserta didik untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya.
4.          Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa hari ini mereka akan belajar
banyak tentang
budaya Indonesia.
b.       Kegiatan Inti (110 menit)
Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
1.      Sikap
   Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih adalah proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong peserta didik untuk melakuan aktivitas tersebut.
2.      Pengetahuan
   Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, hingga mencipta. Karakteritik aktivititas belajar dalam domain pengetahuan ini memiliki perbedaan dan kesamaan dengan aktivitas belajar dalam domain keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan belajar berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong peserta didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).
3.      Keterampilan
   Keterampilan diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi materi (topik dan sub topik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong peserta didik untuk melakukan proses pengamatan hingga penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melakukan pembelajaran yang menerapkan modus belajar berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).

1.       Peserta didik mengamati tayangan video tentang budaya Indonesia, (mengamati)
2.       Peserta didik diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia.
3.       Guru mengajukan pertanyaan pembuka,
“siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dll” (menanya)
4.       Peserta didik diminta secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. (mengumpulkan informasi)
5.       Hasil diskusi peserta didik dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama. (mengkomunikasi)
6.       Peserta didik kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 peserta didik dalam setiap kelompok.
7.       Peserta didik bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap peserta didik kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
8.       Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari.
9.       Peserta didik kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati halaman (…) (mengamati)
10.    Saat peserta didik membaca teks, guru berkeliling kelas untuk memastikan seluruh siswa melakukan kegiatan yang dimaksud dengan tertib.
11.    Peserta didik kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf.
12.    Peserta didik dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu. (mengasosiasi)
13.    Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain.  (mengkomunikasi)
14.    Peserta didik dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan.
15.    Setiap peserta didik diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.(mengumpulakan informasi)
16.    Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
17.    Peserta didik masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua. (mengasosiasi)
18.    Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan peserta didik dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
19.    Peserta didik kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas.
20.    Setiap peserta didik diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai\ paling sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut.
21.    Peserta didik menuliskan informasi pada tabel yang tersedia. Motivasi peserta didik untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari teman-teman di kelas.
22.    Usai kegiatan wawancara, peserta didik kembali ke tempat duduk masing-masing untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.
23.    Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
-       “Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang
berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?”
-       “Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal
dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!”
24.    Beberapa peserta didik diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
25.    Peserta didik kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda.
26.    Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku, dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.
27.    Peserta didik menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri.
28.    Peserta didik akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.
29.    Peserta didik dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.
30.    Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
31.    Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
-       “Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?”
32.    Beberapa peserta didik diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
33.    Minta satu/beberapa peserta didik untuk menjelaskan tentang cara alat music tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dan sebagainya.)
34.    Peserta didik membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada di buku, kemudian mengisi tabel yang tersedia.
35.    Peserta didik kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
36.    Setiap peserta didik diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan sekitarnya. (Ingatkan peserta didik untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda).
37.    Peserta didik diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
38.    Peserta didik mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi.
39.    Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi.
40.    Peserta didik dibagi dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 peserta didik.
41.    Peserta didik dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
42.    Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
43.    Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
44.    Peserta didik kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.

c.        Kegiatan Penutup (12 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
1.          seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.          memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.          melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
4.          menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
1.        Peserta didik menyimpulkan kegiatan belajar.
2.       Peserta didik melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku peserta didik.
3.       Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi.
4.       Guru member tugas secara individu tentang menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia
5.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya tentang berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dasar-dasar gerak tari daerah
2.       Pertemuan Kedua:  JP
3.       dst

I.      Penilaian
1.          Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1). Observasi (jurnal)
2). Penilaian diri
Penilain penunjang : Penilaian diri instrument penilaian terlampir
3). Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1). Tes tertulis
2). Tes lisan
3). Penugasan
Penugasan diskusi berkelompok (format lembar hasil diskusi dan instrument penilaian terlampir)
c. Keterampilan
1). Praktek
Praktek macam-macam bunyi (instrument penilaian terlampir)
2). Proyek
3)  Produk
4). Portofolio
* Catatan: Teknik  penilaian dipilih  satu atau lebih sesuai dengan tuntutan KD.
2.       Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama (sampel butir soal terlampir)
b. Pertemuan Kedua (sampel butir soal terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (sampel butir soal terlampir)
d. Dst.
3.       Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
     pembelajaran ulang
     bimbingan perorangan
     belajar kelompok
     pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
4.       Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai nara sumber.


Lampiran Penilaian
1.     Penilaian sikap
Penilaian Diri (penilaian Penunjang )

2.     Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek yang dinilai
skor
mendengarkan
Komunikasi non verba;
Partisipasi














Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu pendampingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
Mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun seskali masih perlu ditingkatkan
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
Sering diingatkan untuk mendengarakan teman yang sedang berbicara, naumn tidak mengindahkan
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
teman lainnya
saat diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.

Penilaian (penskoran) :
3.     Penilaian Bahasa Indonesia
Format : Lembar gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraph

Instrumen Penilaian
No
Nama
Aspek yang dinilai
skor
Gagasan pokok.
Gagasan
pendukung
Penyajian gagasan pokok dan gagasan\ pendukukung dalam peta pikiran.
Sikap: Mandiri















Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu pendampingan
4
3
2
1
Gagasan pokok
Menemukan
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
Menemukan
sebagian besar
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Belum dapat
menemukan
gagsan pokok.
Gagasan
pendukung.
Menemukan
gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
Menemukan
sebagian
besar gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
Menemukan
sebagian
kecil gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Belum dapat
menemukan
gagasan
pendukung.
Penyajian
gagasan pokok
dan gagasan
pendukukung
dalam peta
pikiran
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
teman lainnya
saat diskusi.
Menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Menyajikan
sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat
Belum dapat
menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran
Sikap: Mandiri
Sebagian
besar tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Belum dapat
menyeselesaikan
tugas meski
telah diberikan
motivasi dan
bimbingan.

Penilaian (penskoran) :

4.     Penilaian IPS
Format lembar diskusi keragaman budaya
 


Instrumen Penilaian
No
Nama
Aspek yang dinilai
skor
Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama
Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama
Sikap kerjasama
Santun dan saling menghargai















Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu pendampingan
4
3
2
1
Informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
Menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
dengan lengkap
Menuliskan
sebagian besar
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
cukup lengkap
Menuliskan
sebagian kecil
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
kurang lengkap
Belum dapat
menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan hasil
wawancara
Komunikasi
lisan tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama.
Mengomunikasikan
secara lisan
tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
dengan
sistematis.
Mengomunikasikan
secara lisan
sebagian besar
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
cukup sistematis
Mengomunikasikan
secara lisan
sebagian kecil
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
kurang
sistematis.
Belum dapat
mengomunikasikan
secara lisan
tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan hasil
wawancara
Sikap kerjasama
Menunjukkan
sikap kerjasama
dengan semua
teman secara
konsisten.
Menunjukkan
sikap kerjasama
dengan semua
teman namun
belum konsisten.
Menunjukkan
sikap kerjasama
hanya dengan
beberapa teman.
Perlu dimotivasi
untuk dapat
bekerjasama.
Santun
dan saling
menghargai.
Menunjukkan
sikap santun
dan saling
menghargai
dengan semua
teman secara
konsisten.
Menunjukkan
sikap santun
dan saling
menghargai
dengan semua
teman namun
belum konsisten
Menunjukkan
sikap santun
dan saling
menghargai
hanya dengan
beberapa teman
Perlu dimotivasi
untuk bersikap
santun dan saling
menghargai
dengan semua
teman.

Penilaian (penskoran) :



5.     Penilaian IPA
a.       Pengetahuan




b.       Ketrampilan
Unjuk Kerja
Format Lembar Bunyi Benda-benda sekitar
1.       Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?
2.       Bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan?
3.       Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?
4.       Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?
5.       Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?

Instrumen Penilaian
No
Nama
Aspek yang dinilai
skor
Cara menghasilkan bunyi.
Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
Sikap rasa ingin tahu.














Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu pendampingan
4
3
2
1
Cara
menghasilkan
bunyi.
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan lengkap.
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
besar benda
berdasarkan hasil
eksplorasi cukup
lengkap.
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
kecil benda
berdasarkan hasil
eksplorasi kurang
lengkap.
Belum dapat
menemukan
menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi.
Laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan
sistematis.
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
besar benda
berdasarkan hasil
eksplorasi cukup
sistematis.
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
kecil benda
berdasarkan hasil
eksplorasi kurang
sistematis.
Belum dapat
menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi.
Sikap rasa ingin
tahu.
Tampak antusias
dan mengajukan
banyak ide dan
pertanyaan
selama kegiatan
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
Tampak kurang
antusias
dan tidak
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tidak tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi untuk
mengajukan ide
dan pertanyaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar