Selasa, 02 Oktober 2018

RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan             :  MI Negeri 1 Magelang
Kelas / Semester                 :  2 ( Dua ) / 1 ( Satu )
Tema                                     :  Tugasku Sehari- hari (Tema 3)
Sub Tema                             :  Tugasku Sehari-hari di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke                 :  4
Alokasi waktu                       :  1 Hari
Waktu                                    : Selasa, 2 Oktober 2018

A.      KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.1

Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.1  Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1  Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
3.1  
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

3.1.1  Menjelaskan hubungan antara   simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
 4.1  
Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang negara dengan 
sila-sila Pancasila.
4.1.1  Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1  Menjelaskan kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.

 4.3  
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.3.1  Mempresentasikan penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan tentang lingkungan geografis.

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.5 




Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

3.5.1   Menyebutkan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

3.5.2   Mengidentifikasi berbagai macam pecahan mata uang logam.

4.5  
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
4.5.1   Mengurutkan pecahan mata uang logam.


C.      TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
  2. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja yang disajikan, siswa menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
  3. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja yang disajikan, siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
  4. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa memahami perbedaan pekerjaan antar individu di rumah.
  5. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa mengelompokkan individu di rumah berdasarkan pekerjaannya.
  6. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang logam.
  7. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa dapat membandingkan nilai pecahan uang logam.
  8. Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa dapat mengurutkan nilai pecahan uang logam.

D.      MATERI
  1. Mengamati teks bacaan.
  2. Macam-macam nilai pecahan uang.
  3. Gambar tentang kegiatan membantu belanja.
  4. Kegiatan Jual beli dan cara menaksir harga barang
  5. Kosakata yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi di rumah.
E.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan                  : Scientific
Strategi                          : Cooperative Learning
Teknik                            : Example Non Example
Metode                          : Demonstrasi, Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.       MEDIA
1.       Mata uang logam dan kertas
G.      BAHAN AJAR
1.       Seikat Sayuran, Tempe, Buah-buahan dll
H.      SUMBER BELAJAR
1.       Buku Peserta didik; Purnomosidi, 2017, Tugasku Sehari-hari: Edisi Revisi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI kelas II, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman 19 – 24 )
2.       Buku Guru; Purnomosidi, 2017, Tugasku Sehari-hari: Edisi Revisi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI kelas II, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman 30 – 37 )
I.         KEGIATAN  PEMBELAJARAN
a.       Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.       Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
2.       Mengucapkan salam
3.       Mengkonfirmasi kehadiran peserta didik
4.       Megajak anak-anak untuk menyanyikan lagu “Garuda pancasila” dilanjutkan dengan tepuk The best, tepuk semangat dan yel-yel kelas
5.       Membangun apersepsi, dengan melakukan kegiatan :
a)       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya tentang kegiatan yang dilakukan di pagi hari dengan materi yang akan dipelajari .
b.       Kegiatan Inti ( 140 menit ).
1.    Guru menyediakan alat peraga sayuran-sayuran.
2.    Siswa diminta mengamati dan membedakan harga barang tersebut ( mengamati )
3.    Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar beberapa barang dengan harganya (mengamati).
4.    Siswa memahami teks bacaan.
5.    Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
Ø  Berapa harga masing-masing barang?
Ø  Dapatkah kalian menyebutkan pecahan yang sesuai dengan harga barang tersebut?
6.    Siswa diminta menulis daftar harga barang – barang yang sudah diamati.
7.    Guru membimbing siswa untuk membandingkan harga beberapa barang.
8.    Siswa mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan guru.
9.    Guru  membimbing  siswa  untuk  mengajukan  pertanyaan  tentang  hasil pengamatannya. Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
10.  Siswa diminta menulis pertanyaan, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
11.  Guru  mencatat  pertanyaan-pertanyaan  siswa  dan  membahasnya  secara klasikal
12.  Siswa mengidentifikasi perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa
Jawaban:
Ayah   : mangga kupas
Ali           : jus mangga
Ibu          : mangga kupas
Siti         : jus mangga
13.  Guru membimbing siswa menyusun kalimat dari kosakata.
Jawaban:
Siti membeli wortel di pasar.
Siti membantu ibu belanja.
Ibu membeli buah mangga di pasar.
Siti membeli garam di toko.
Ibu membeli beras di toko.
Ibu membeli gula di toko
c.        Penutup
1.       Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari ini
2.       Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.       Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.       Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.       Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa penutup
6.       Guru menutup kegiatan dengan salam
J.       PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian sebagai berikut.

1.       Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.       Mengurutkan harga barang
Rekap Skor Siswa
No
Nama
Skor
1


2


3


4



b.       Mengelompokkan anggota keluarga berdasarkan usia di rumah.

2.       Penilaian Keterampilan
a.       Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya.

No
Kriteria
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
1
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi





Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1









2









3










Keterangan:
T  : Terlihat
BT  : Belum Terlihat
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai
b.       Menulis Cerita Berdasarkan Gambar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1

Penggunaan
EYD yang
tepat
Menggunakan
huruf
kapital,
kata depan,
dan tanda
baca yang
tepat tanpa
bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan
tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca tidak
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan
guru

Kelengkapan
penulisan
kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang lengkap
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang
belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap

Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema
Seluruh isi
teks yang
ditulis sesuai
judul atau
tema
Setengah atau
lebih isi
karangan
sesuai judul
atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan
sesuai judul
atau tema
Seluruh isi
karangan
belum sesuai

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan
susunan yang
tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap,
namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya
juga kurang
tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga sulit
dipahami

c.        Berdiskusi menemukan makna kosakata
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Berdiskusi
No
Kriteria
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
1
Keaktifan dalam berdiskusi


2
Menyampaikan ide sesuai tema


3
Kemampuan mengemukakan pendapat



  Hasil Pengamatan Berdiskusi
  Penilaian: Unjuk Kerja
  Rubrik Penilaian Berdiskusi
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
1







2







3








K.      REMEDIAL DAN PENGAYAAN
  1. Remedial
1.       Jika siswa belum bisa mengurutkan harga dengan benar, maka guru  dapat memberikan bimbingan.
2.       Jika siswa belum bisa menulis kosakata, maka guru dapat memberikan bimbingan.
3.       Jika siswa belum bisa membedakan anggota keluarga berdasarkan usia, maka guru dapat memberikan bimbingan
  1. Pengayaan
1.       Jika siswa sudah bisa mengurutkan harga dengan benar, maka guru  dapat memberikan penugasan soal tambahan.
2.       Jika siswa sudah bisa menulis kosakata, maka guru dapat memberikan latihan tambahan.
3.       Jika siswa sudah bisa membedakan anggota keluarga berdasarkan usia, maka guru dapat memberikan tambahan latihan.
Refleksi Guru
1.       Apa saja hal-hal yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
2.       Siapa saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
3.       Apa  saja hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
4.       Apa saja hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan menjadi lebih efektif?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
.........................................................................................................

Catatan Guru
1. Masalah            :……….
2. Ide Baru                            :………..
3. Momen Spesial               :………….

Mengetahui                                                                                          Sumberrejo, 1 Oktober 2018
Kepala Madrasah                                                                                                Guru Kelas




Siti Nurul Wachidah,S.Ag.M.pd                                                        Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
NIP. 19750115 199403 2 001                                                          NIP. 19780419 200710 2 001



































Lampiran 1

Nama  : ________________________
No       : ________________________

Daftar harga Barang

No
Nama Barang
Harga































Berdasarkan tabel di atas jawablah pertanyaan berikut ini !
1.       Barang apa yang harganya paling murah?
…………………………………………………………………………
2.       Barang apa yang harganya paling mahal?
………………………………………………………………………...
3.       Urutkan harga barang-barang di atas dari yang paling murah!
………………………………………………………………………..

Nilai
Paraf Guru
Paraf Orang Tua


























Lampiran 2

Nama  : ________________________
No       : ________________________

Bandingkanlah nilai mata uang berikut ini!Gunakan Istilah “ Lebih besar “ atau “ lebih kecil”

1.      2000 ………………………………………5000
2.      10000………………………………………5000
3.      20000……………………………...............10000
4.      5000………………………………………..20000
5.      1000…………………………………………10000
6.      2000…………………………………………20000
7.      5000…………………………………………1000
8.      1000………………………………………….5000
9.      10000…………………………………………1000
10. 5000…………………………………………..2000


Nilai
Paraf Guru
Paraf Orang Tua














Lampiran 3
Rekap Skor Nilai
No
Nama
Skor
1
Adiba Khansa Azzahra

2
Albi Adam Cessario

3
Almer Ghaisan Gunawan

4
Aqueena Zulma Zamarty

5
Arga Putra Desnata

6
Asyraf Muhammad Dzakiy

7
Eva Tasliatana

8
Fani Silvia

9
Haidar Zaki Asyam

10
Hanifah Gladis Radistya

11
Hayfa Nur Alyani Ilyas

12
Keisa Cesani Iniesta

13
Kurnia Gladys Sri Cahyaningtyas

14
Muhammd Rizki Sanjaya

15
Muchammad Ichsan Setiaji

16
Muhammad Akbar Hariri

17
Muhammad Ridho Wicaksono

18
Muhammad Sahlan Faiq Bilfaqih

19
Nada Aprilianida

20
Nadya Kayla Khairunisa

21
Nafisha Zahra Thalita

22
Nazia Nurul Fatimah

23
Neila Putri Athaya

24
Nitisara Zebedia Azigha

25
Rafka Fernanda Dwi Putra

26
Ravael Vicky Anggata

27
Reza Aditya

28
Syafira Nur Widya

29
Naura Hasna Almira

30
Tahta Langit Ranggadewa












Lampiran 4
Hasil Pengamatan kegiatan bertanya
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1
Adiba Khansa Azzahra








2
Albi Adam Cessario








3
Almer Ghaisan Gunawan








4
Aqueena Zulma Zamarty








5
Arga Putra Desnata








6
Asyraf Muhammad Dzakiy








7
Eva Tasliatana








8
Fani Silvia








9
Haidar Zaki Asyam








10
Hanifah Gladis Radistya








11
Hayfa Nur Alyani Ilyas








12
Keisa Cesani Iniesta








13
Kurnia Gladys Sri Cahyaningtyas








14
Muhammd Rizki Sanjaya








15
Muchammad Ichsan Setiaji








16
Muhammad Akbar Hariri








17
Muhammad Ridho Wicaksono








18
Muhammad Sahlan Faiq Bilfaqih








19
Nada Aprilianida








20
Nadya Kayla Khairunisa








21
Nafisha Zahra Thalita








22
Nazia Nurul Fatimah








23
Neila Putri Athaya








24
Nitisara Zebedia Azigha








25
Rafka Fernanda Dwi Putra








26
Ravael Vicky Anggata








27
Reza Aditya








28
Syafira Nur Widya








29
Naura Hasna Almira








30
Tahta Langit Ranggadewa


















Lampiran 5
Rubrik penilaian berdiskusi
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
Terlihat
(ü)
Belum Terlihat
(ü)
1
Adiba Khansa Azzahra






2
Albi Adam Cessario






3
Almer Ghaisan Gunawan






4
Aqueena Zulma Zamarty






5
Arga Putra Desnata






6
Asyraf Muhammad Dzakiy






7
Eva Tasliatana






8
Fani Silvia






9
Haidar Zaki Asyam






10
Hanifah Gladis Radistya






11
Hayfa Nur Alyani Ilyas






12
Keisa Cesani Iniesta






13
Kurnia Gladys Sri Cahyaningtyas






14
Muhammd Rizki Sanjaya






15
Muchammad Ichsan Setiaji






16
Muhammad Akbar Hariri






17
Muhammad Ridho Wicaksono






18
Muhammad Sahlan Faiq Bilfaqih






19
Nada Aprilianida






20
Nadya Kayla Khairunisa






21
Nafisha Zahra Thalita






22
Nazia Nurul Fatimah






23
Neila Putri Athaya






24
Nitisara Zebedia Azigha






25
Rafka Fernanda Dwi Putra






26
Ravael Vicky Anggata






27
Reza Aditya






28
Syafira Nur Widya






29
Naura Hasna Almira






30
Tahta Langit Ranggadewa














1000
1500
1000
1500
2000
2500
2000
2500
3000
3500
3000
3500
4000
4500
4000
4500
5000
5500
5000
5500
6000
1000
6000
1000
7000
2000
7000
2000
8000
3000
8000
3000
9000
4000
9000
4000
10000
5000
10000
5000



Tidak ada komentar:

Posting Komentar