Senin, 07 November 2016

Pemetaan indikator pada tema kelas 1 Tema 1

PEMETAAN INDIKATOR PADA TEMA
KELAS/TEMA : I / Diriku


SUB TEMA
MAPEL
KD/KODE
INDIKATOR
1
PPKN
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
3.2.2 Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
3.2.3 Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan             
2
PPKN

3.2.4  Mengidentifikasi tata tertib dalam belajar
3.2.5  Mengidentifikasi aturan dalam kegiatan belajar bersama kelompok
3.2.6  Mengidentifikasi aturan di dalam kegiatan belajar
3.2.7  Mengidentifikasi aturan dalam melakukan kegiatan di sekolah
3.2.8  Mengidentifikasi aturan dalam suatu kegiatan bernyanyi sambil bermain
3.2.9  Mengidentifikasi aturan dalan suatu permainan
3


3.2.10 Mampu menjelaskan pentingnya sikap tertib dalam mengikuti kegiatan
3.2.11 Mempraktikkan kegiatan menyikat gigi
3.2.12 Mengidentifikasi aturan perawatan tubuh
4

3.3. Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
3.3.1 Menjelaskan perbedaan karakteristik teman di kelasnya
3.3.2 Mengidentifikasi keragaman karakteristik teman di kelas
3.3.3 Menyebutkan buah kesukaan temannya
3.3.4 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan dalam kelurga



3.4. Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4.1.Menjelaskan persamaan dan perbedaan karakteristik teman di kelas

1

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.2.1 Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
4.2.2. Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

2


4.2.3 Menunjukkan sikap tertib selama pelajaran
4.2.4.Mengikuti aturan dalam kegiatan di sekolah
4.2.5.Mengikuti aturan dalam melakukan kegiatan
4.2.6 Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan
4.2.7 Menunjukkan perilaku tertib dan teratur selama kegiatan
4.2.8 Mengikuti aturan dan tata tertib dalam mengikuti permainan di sekolah

3


4.2.9 Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan praktik mencuci tangan di sekolah
4.2.10 Menjelaskan frekuensi menyikat gigi yang baik setiap hari
4.2.11 Menjelaskan aturan mandi dengan urut
4

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.3.1 Menunjukkan sikap menghargai keragaman dikelas
4.3.2 Menunjukkan sikap kebersamaan di kelas
4.3.3 Menunjukkan sikap menghargai keberagaman kebiasaan di dalam keluarga


4.4 Mengamati dan menceritakan keberagaman karakteristik individu di rumah dan sekolah
4.4.1 Menunjukkan sikap menerima keberagaman di antara temantemannya di sekolah
4.4.2 Menceritakan pentingnya menunjukkan sikap kebersamaan Dalam keberagaman di kelas
4.4.3 Menceritakan keberagaman dalam kebiasaan keluarga di rumah

1

3.1. Mengenal teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
Mengidentifikasi benda-benda
Disekitar
Menyebutkan urutan huruf melalui
nyanyian “a-b-c”
4


Menjelaskan karakteristik masing-
masing siswa
Mengidentifikasi teks yang
berkaitan dengan karakteristik
benda

2


Membaca nama-nama anggota
tubuh yang dipelajari
Menirukan teks deskriptif sederhana
• Menjelaskan fungsi bagianbagian
tubuh yang dipelajari
Mengidentifikasi isi teks
deskriptif tentang penggunaan
kaki
• Menjawab pertanyaan sesuai isi
teks deskripsi
Menyampaikan warna kesukaan
3

3.2Mengenal teks petunjuk/arahan
tentang perawatan tubuh
serta pemeliharaan kesehatan
dan kebugaran tubuh dengan
bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
Menjelaskan secara lisan caracara
merawat tubuh
Menjelaskan secara lisan
bagian-bagian pada diri kita
yang harus dijaga kebersihannya
Mengurutkan tahapan kegiatan
mencuci tangan
Menjelaskan isi teks deskriptif
tentang perawatan tubuh
• Menjelaskan cara mandi secara
lisanMenyampaikan laporan hasil
pengamatan
• Menjelaskan cara merawat



3.3. Mengenal teks terima kasih
tentang sikap kasih sayang
dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman

3.3.1 Mengidentifikasi ucapan terima
kasi
4


Mengidentifikasi teks deskriptif
berkaitan dengan karakteristik
3.4.1.  individu
1
Bahasa Indonesia
3.4, Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
3.4.2.  Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
3.4.3.  Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
3.4.4.  Mempraktikkan cara me n y ampaikan terima kasih
Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f
3.4.5.  dengan urutan yang benar
Menceritakan hasil gambar yang
3.4.6.  dibuatnya di depan kelas
4


Menceritakan tentang kebiasaan
keluarga sesuai cerita yang
3.4.7.  didengar
Melengkapi huruf dalam sebuah
3.4.8.  kata
Mengidentifikasi teks ucapan
3.4.9.  terima kasih


4.1 Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan
malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Mendeskripsikan benda-benda
secara lisan
Menulis di udara, pasir, dan
Punggung
Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan
Benda

2


Melengkapi gambar
anggota tubuh
• Menyebutkan nama-
nama anggota
tubuh
Menyusun huruf menjadi
nama-nama anggota tubuh
• Menulis nama-nama anggota
tubuh dengan cara menebalkan
Menunjukkan permainan yang
menggunakan kaki
• Menjelaskan kegunaan kaki
4


Membandingkan gambar
Mendeskripsikan ciri-ciri benda
yang diamati
Membaca nyaring kosakata tentang
warna
3

4.2Mempraktikkan teks arahan/
petunjuk tentang merawat
tubuh serta kesehatan dan
kebugaran tubuh secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Menjelaskan secara lisan caracara
merawat tubuh.
• Menjelaskan secara lisan
bagian-bagian pada diri kita
yang harus dijaga kebersihannya
Mengurutkan tahapan kegiatan
mencuci tangan
kebersihan badan secara lisan
• Melengkapi huruf pada kata
yang rumpang
Menebalkan huruf-huruf pada
kata



4.3 Menyampaikan teks terima kasih
mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Mengidentifikasi nama teman
4


Mengucapkan terima kasih kepada
orang lain


4.4.  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan Menyebutkan nama temannya
Menyebutkan identitas teman
Menebalkan garis sesuai petunjuk
Menyampaikan hasil pengamatan
sesuai bentuk benda
4


Menceritakan tentang kebiasaan
dalam keluarga
Mengenal kosakata tentang warna
Mendeskripsikan perbedaan karakteristik
diri sendiri dan teman
secar lisan
1
Matematika
3.1Mengenal lambang bilangan dan
mendeskripsikan kemunculan
bilangan dengan bahasa yang
sederhana
Menghitung banyak benda 1-5
2


Mengidentifikasi bilangan dan
lambangnya
• Mengidentifikasi banyak benda
3


Mengidentifikasi kemunculan bilangan
1-10
Melakukan penjumlahan sederhana
pada garis bilangan
1

3.2Mengenal bilangan asli sampai
99 dengan menggunakan bendabenda
yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
Menghitung banyak benda 1-5
2


Menghitung banyak benda 1-5
Menunjukkan banyak benda sesuai
lambang bilangan yang ditentukan
(1-5)
3


Melakukan operasi
penjumlahan bilangan 1–10.
Mengidentifikasi kemunculan
1-10
4


Membaca data yang ditampilkan
pada piktograf
Mengidentifikasi operasi penjumlahan
dengan tepat


3.4 Menunjukkan pemahaman tentang
besaran dengan menghitung maju
sampai 100 dan mundur dari 20
Mengidentifikasi besaran bilangan
dengan menghitung maju
• Mengidentifikasi besaran bilangan
dengan menghitung mundur


3.5bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat
bermain
Mengidentifikasi banyak bend
Menunjukkan benda-benda di
sekitar yang berbentuk dasar segi
empat
• Menunjukkan benda-benda di
sekitar yang berbentuk dasar
lingkaran



3.12Menentukan urutan berdasarkan
panjang pendeknya benda, tinggi
rendahnya tinggi badan, dan
urutan kelompok berdasarkan
jumlah anggotanya
Menentukan benda yang lebih
banyak

4


Mengukur tinggi badan teman
Mengidentifikasi data dan
mengelompokkannya
1

4.1Mengurai sebuah bilangan asli
sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan
dua buah bilangan asli lainnya
dengan berbagai kemungkinan
jawaban
Menunjukkan benda sesuai
dengan bilangan yang ditentukan
Menentukan benda yang lebih
Sedikit
Mengurutkan bilangan dengan
urutan maju 1-5
• Mengurutkan bilangan dengan
urutan mundur 5-1

3


Melakukan operasi penjumlahan
bilangan 1–10
Melakukan gerak lokomotor
berbaris dan melompat
membentuk lingkaran garis
lurus dan zigzag
2

4.3 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri dan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan
terkait dengan aktivitas sehari-hari
serta memeriksa kebenarannya
Menuliskan lambang bilangan
Menuliskan lambang bilangan yang
sesuai dengan banyak benda

3


Melakukan proses pengurangan
sederhana pada garis bilangan
Membuat contoh soal cerita
penjumlahan
• Menyelesaikan soal cerita penjumlahan
Menentukan pasangan bilangan
1-10
4


Melakukan operasi penjumlahan
yang jumlahnya sampai 10
4

4.6 Membaca dan mendeskripsikan
data pokok yang ditampilkan
pada grafik konkret dan
piktogra
Membaca data yang ditampilkan
pada piktograf


4.7Membentuk dan menggambar
bangun baru dari bangun-bangun
datar atau pola bangun datar
yang sudah ada
Mengidentifikasi bangun segi empat
Menggambar berdasarkan bentuk
lingkaran dan segi empat


4.8Mengelompokkan teman sekelas
berdasarkan tinggi badannya
Menggambar dari bentuk segi empat



Membandingkan teman berdasarkan
tinggi badan
4

4.9 piktograf
4.9 Mengumpulkan dan mengelola
data pokok kategorikal dan
menyajikannya dalam grafik
konkrit dan piktograf tanpa
menggunakan urutan
mendeskripsikan data yang
ditampilkan pada piktogra


4.10 Membaca dan mendeskripsikan
data pokok yang ditampilkan
pada grafik konkrit dan
piktograf
Menghitung jumlah benda yang
ada pada piktograf
Membuat penyajian data dengan
piktograf
• Membaca data dalam suatu
piktograf
1
PJOK
3.1Mengetahui konsep gerak dasar
lokomotor sesuai dengan dimensi
anggota tubuh yang digunakan, arah,
ruang gerak, hubungan, dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
Mengidentifikasi gerak lokomotor pada
aktifitas berjalan
Melakukan gerakan lokomotor
sesuai dengan arahan guru
Mengidentifikasi gerak lokomotor
dalam satu permainan
3


Mengidentifikasi gerak melompat
dan meloncat sebagai gerak lokomotor
Mengidentifikasi gerakan
berbaris dan melompat sebagai
4


Mengidentifikasi gerak lokomotor
dalam suatu kegiatan
permainan
Mengidentifikasi gerakan lokomotor
yang melibatkan tangan
dan kaki
2

3.2Mengetahui konsep gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan
tradisional.
Mengidentifikasi gerak non
lokomotor dalam satu permainan

1
PJOK
3.3Mengetahui konsep gerak dasar
manipulatif sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan
tradisional.
Mengidentifikasi gerakan melempar
bola sebagai gerak manipulatif
1

3.8Mengetahui bagian-bagian tubuh
sendiri, kegunaan, dan cara
menjaga kebersihannya terutama
badan, kuku, kulit, gigi, rambut,
hidung, telinga, tangan dan
kaki, serta menjaga kebersihan
pakaian yang digunakan
Mengidentifikasi bagian-bagian
tubuh
3


Mempraktikkan cara merawat
kebersihan tubuh
Menjelaskan cara mencuci tangan
dengan benar
• Menjelaskan peralatan yang
dibutuhkan untuk menyikat
gigi
• Menjelaskan manfaat menyikat
gigi
• Menjelaskan akibat tidak
menyikat gig


4.1,Mempraktikkan pola gerak dasar
lokomotor sesuai dengan dimensi
anggota tubuh yang digunakan, arah,
ruang gerak, hubungan, dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
Melakukan gerak lokomotor menggunakan
kaki dalam berjalan lurus
• Melakukan gerak lokomotor menggunakan
kaki dalam berjalan zigzag
• Melakukan gerak lokomotor menggunakan
kaki dalam berjalan lengkung
Melakukan gerakan lokomotor
berlari berpasangan
Melakukan gerak lokomotor
menggunakan kaki
4


Melakukan gerakan lokomotor
yang melibatkan gerakan tangan
dalam suatu permainan
• Melakukan gerakan lokomotor
yang melibatkan gerakan kaki
dalam suatu permainan
3


Mempraktikkan cara cuci tangan
4


Mempraktikkan pola gerak
dasar lokomotor yang dilandasi
gerak kaki
• Bekerja sama dengan teman
dalam melakukan pola gerak
dasar lokomotor yang dilandasi
gerak kaki
2

4.2Mempraktikkan pola gerak dasar
non-lokomotor yang dilandasi
konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional
Mempraktikkan gerakan non
lokomotor sesuai permainan
sederhana
1

4.3Mempraktikkan pola gerak dasar
manipulatif sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan
tradisional.
Melakukan gerakan melempar
bola
• Melakukan gerakan menangkap
bola
2

4.8,Mempraktikkan cara memelihara
dan menjaga kebersihan bagianbagian
tubuh sendiri terutama
badan, kuku, kulit, gigi, rambut,
hidung, telinga, tangan dan
kaki, serta menjaga kebersihan
pakaian yang digunakan
Menunjukkan bagian-bagian
tubuh dengan tepat
3


Menjelaskan cara-cara merawat
Tubuh
Melakukan gerakan melompat
sesuai instruksi
Mempraktikkan cara meyikat
gigi dengan benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar