Selasa, 08 November 2016

RPP K-13 Kelas 1 Tema 5 Subtema 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        :  MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester          :  1 /2
Tema                          :  Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema                   :  Pengalaman Masa Kecil (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          :  5
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata

Matematika

3.4   Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau   pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

PPKn

3.1  Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati serta menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
a.       Membaca teks tentang menonton wayang kulit
b.      Membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata baru yang ada pada teks

Matematika

a.       Menemukan jawaban dari soal penjumlahan dengan cara hitung maju
b.      Memecahkan soal penjumlahan 20–40 dengan tepat

PPKn

a.       Mengidentifikasi simbol sila pertama dalam Pancasila
b.      Mendiskusikan tentang pengamalan sila pertama dari Pancasila dalam perilaku sehari-hari


D.    TUJUAN
1.      Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan isinya dengan percaya diri.
2.      Dengan membaca teks, siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata yang ada.
3.      Dengan mengamati percakapan pada buku, siswa dapat mendiskusikan tentang pengamalan sila pertama Pancasila dengan percaya diri.
4.      Setelah mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat menentukan nilai tempat
5.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dengan teliti.
6.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah penjumlahan menggunakan cara hitungan maju dengan teliti.
7.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan simbol sila pertama Pancasila.

E.     MATERI
a.       Mengamati Keluarga Besarku
b.      Mengenal Nilai Tempat

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Role Play

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk Semangat dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.      Siswa membaca wacana di buku siswa secara bergantian.
2.       Siswa mengajukan pertanyaan seputar menonton pertunjukan tradisional.
3.       Sampaikan bahwa dalam pertunjukan wayang kulit terdapat percakapan yang merupakan kalimat yang diucapkan.
4.       Bagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk bermain merangkai kalimat.
5.       Perwakilan kelompok ke depan dan mengambil sebuah kata yang telah disiapkan guru.
6.       Tiap siswa diminta menambahkan sebuah kata secara berantai sampai membentuk kalimat.
7.       Kelompok yang berhasil membuat sebuah kalimat lengkap mendapatkan poin.
8.       Demikian seterusnya sampai seluruh kata yang disiapkan habis.
9.       Siswa diminta untuk berlatih menulis kalimat pada buku siswa.
10.    Selesai mengerjakan latihan, siswa membaca  percakapan di buku siswa dan memerankannya.
11.    Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai bentuk pengamalan sila pertama Pancasila dari percakapan yang telah diperankan.
12.    Setelah kegiatan berdiskusi, siswa mengulang dan mengingat kembali materi penjumlahan dengan menghitung maju.
13.    Guru bertanya pada siswa, bagaimana jika menemukan soal penjumlahan dalam angka yang besar dan tidak ada alat bantu berhitung berupa benda?
14.    Guru menunjukkan tabel nilai tempat untuk menjelaskan mengenai penjumlahan bersusun ke bawah.


Contoh : 17 + 12 = 29

Puluhan
Satuan
17
1
7
12+
1
2
29
2
9
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
5.      Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Mencari contoh pengalaman yang menyenangkan dan yang menyedihkan.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Keluarga Besarku.
·         Kartu kosakata bergambar ayah, ibu, nenek,
·         kakek, paman, dan bibi.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



Abdul Aziz,S.Ag
NIP. 19690604 199803 1 002
Tirto,     Nopember  2014
Guru/Wali Kelas 1B,



Tri Wahyuni Hidayati
NIP.19780419 200710 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar