Sabtu, 06 Juni 2020

CONTOH INDIKATOR LITERASI DALAM PEMBELAJARAN


INDIKATOR LITERASI DALAM PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester  : VI ( Enam ) / 2 ( Dua )
Materi Pokok    : Tema 7
Alokasi Waktu  : 1 JP
NO
DESKRIPSI
ADA
BELUM ADA
CATATAN
A.     
Strategi Literasi dalam Pembelajaran




1.      Sebelum "membaca"




a.       mengidentifikasi tujuan membaca
v

Guru Memilih buku cerita yang bermanfaat dan menarik untuk dibaca oleh anak

b.      membuat prediksi
v

Guru menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan cerita yang akan dibaca melalui Tanya jawab singkat tentang pengarang, menerka isi buku dengan memperhatika sampul dan judul buku, latar cerita , gambar dll

2.      Ketika "membaca"




a.       mengidentifikasi informasi yang relevan
v

Membaca senyap atau membaca dalam hati. Peserta didik mengambil buku di sudut baca atau buku pribadi sebagai bahan yang akan dibaca

b.      mengidentifikasi kosakata baru,  kata kunci, dan/atau kata sulit dalam teks
v

Peserta didik mencatat kosa kata yang sulit / belum paham maknanya

c.       Mengidentifikasi bagian teks yang sulit (jika ada) dan/atau membaca kembali bagian itu
v

Membaca kembali teks yang telah dibaca atau bertanya kepada guru tentang bagian teks yang sulit.

d.      memvisualisasi dan/atau think aloud
v

Menyimak berita audio visual atau meresume video pembelajaran

e.       membuat inferensi.
v

Mengajak peserta didik untuk menarik kesimpulan dari buku cerita yang dibacanya

f.       membuat pertanyaan tentang isi teks dan hal-hal yang terkait dengan topik tersebut (dapat menggunakan sumber di luar teks atau buku pengayaan)

v
Guru akan membuat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan buku yang dibacanya

g.      membuat keterkaitan antarteks
v

Dari rangkain kalimat yang dibuat dapat menjadikan ringkasan cerita yang apa bila orang lain membaca seolah- olah yang membaca bisa melihat membayangkan obyek tersebut

3.      Setelah "membaca"




a.       membuat “ringkasan”
v

Peserta didik diberi tugas untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah dibaca dalam buku tugas literasi

b.      mengevaluasi teks
v

Guru membaca hasil ringkasan cerita yang telah dibuat oleh peserta didik

c.       mengubah dari satu moda ke moda yang lain
v

Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk menceritakan cerita yang sudah dibacanya secara lesan di depan kelas

d.      mengonfirmasi, merevisi, atau menolak prediksi
v

Guru melakukan bincanh buku dengan bertanya kepada peserta didik tentang tanggapan mereka tentang buku yang dibacanya
B.      
Penggunaan Alat bantu
v

LCD Proyektor, Audio Visual

Pengatur Grafis




Daftar Cek dll

v
Menyiapkan tabel untuk membantu mencatat hal-hal yang penting dari buku yang dibacanya untuk memudahkan menceritakan kembali baik secara lesan maupun tulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar