Senin, 29 Juni 2020

Hubungan konseptual dan fungsional antara strategi, metode, pendekatan dan model


Hubungan konseptual dan fungsional antara strategi, metode, pendekatan dan model

Belajar adalah suatu proses perubahan yang relatif permanen pada pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan tingkah laku, yang terjadi sebagai hasil dari  usaha yang disengaja dan pengalaman yang terkontrol dan tidak terkontrol

Dalam Undang-Undang N0. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, istilah belajar tidak ditemukan. Istilah yang digunakan adalah pembelajaran. Pembelajaran didefinisikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Dalam proses pembelajaran dikenal beberapa istilah yang memiliki kemiripan makna, sehingga seringkali orang merasa bingung untuk membedakannya. Istilah-istilah tersebut adalah: (1) pendekatan pembelajaran, (2) strategi pembelajaran, (3) metode pembelajaran; (4) teknik pembelajaran; (5) taktik pembelajaran; dan (6) model pembelajaran. Pada tulisan ini akan dipaparkan istilah-istilah tersebut, dengan harapan dapat memberikan kejelasaan tentang penggunaan istilah tersebut
Secara hirarki pembelajaran bisa digambarkan sebagai berikut :

           Untuk lebih jelasnya maka perlu kita tahu terlebih dahulu definisi dari masing-masing              Istilah dalam pembelajaraan tersebut.
      1. Tekhnik
        Cara-cara operasional untuk melaksanakan metode pembelajaran
      2. Metode
          Upaya untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan                     yang nyata untuk mencapai tujuan secara optimal. (a way in achieving something).
     3. Strategi
          Upaya untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan                    yang nyata untuk mencapai tujuan secara optimal. (a way in achieving something).
     4. Pendekatan
         Titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran
     5. Model
         Suatu rencana atau pola yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran
          
                   Dari pengertian istilah-istilah di atas , seorang guru harus dapat melakukan pembelajaran dengan memilih salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan materi, situasi dan kondisi di setiap masing-masing daerahnya. Pemilihan model pembelajaran harus sesuai dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
         Agar dalam pelaksanaannya dapat maksimal penggunaannya, maka guru juga harus tahu ciri-ciri dari model pembelajaran tersebut.


         Ciri-ciri Model Pembelajaran:
         1.Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar;
         2.Mempunyai tujuan pendidikan tertentu;
         3.Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas;
         4.Bagian2 model terdiri atas: 
            (a) urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax); 
            (b) prinsip-prinsip reaksi;
            (c) sistem sosial; 
            (d) sistem pendukung.
         5.Memiliki dampak pembelajaran: (a) instructional effects, (b) nurturant effects.
         6.Adanya rencana persiapan mengajar (instructional design). 

        Ada dua jenis pendekatan pembelajaran :
       1. Berpusat pada guru ( Teacher centered approaches)
           adalah suatu pendekatan belajar yang berdasar pada pandangan bahwa mengajar adalah menanamkan pengetahuan dan keterampilan (Smith, dalam Sanjaya, 2008: 96). ... Bahkan seorang guru di TCA memiliki hak legalitas keabsahan pengetahuan (yang benar itu seperti yang dikatakan guru).
      2. Berpusat pada siswa ( Student centered approaches)
          pendekatan yang didasarkan pada pandangan bahwa mengajar dianggap sebagai proses mengatur lingkungan dengan harapan agar siswa belajar. Dalam konsep ini yang penting adalah belajarnya siswa. Yang penting dalam mengajar adalah mengubah perilaku
         Apakah strategi pembelajaran itu?
          Menurut T. Rakajoni, strategi pembelajaran merupakan pola dan urutan umum perbuatan guru-siswa dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
         Jadi strategi pembelajaran meliputi rencana, metode, dan perangkat kegiatan yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
              Faktor2 yang mempengaruhi strategi dan metode pembelajaran
     •Tujuan pembelajaran;
     •Materi pembelajaran;
     •Karakteristik siswa
     •Fasilitas Pembelajaran;
     •Alokasi waktu kegiatan belajar;
     •Guru.
     Teknik Pembelajaran
  •       Cara-cara atau siasat yang digunakan guru untuk melaksanakan pengajaran atau mengajar di kelas pada waktu tatap muka dalam rangka menyajikan dan memantapkan bahan pelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran
  •        Karena itu, teknik bersifat implementasional (pelaksanaan) dan terjadinya pada tahap pelaksanaan pengajaran (penyajian dan pemantapan).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar