Minggu, 28 Agustus 2016

Menaksir Kecepatan Arus Sungai

Menaksir Kecepatan arus sungai

Menaksir Kecepatan Arus Air

Salah satu tehnik kepramukaan yang harus diketahui dan dikuasai oleh pramuka adalah menaksir. Ada beberapa tehnik menaksir dalam pramuka diantaranya adalah menaksir tinggi, lebar, kecepatan dan berat. 
Dalam SKU Penggalang Rakit dan SKU Penggalang Terap, kemampuan dan keterampilan menaksir kecepatan arus air menjadi salah satu syarat yang diujikan. Untuk menambah wawasan mari kita pelajari bersama tehnik menaksir kecepatan arus tersebut.

Cara Menaksir Kecepatan Arus Air

Untuk melakukan teknik kepramukaan penaksiran kecepatan arus air, salah satunya bisa menggunakan metode sebagai berikut:
  1. Satu orang berdiri di titik A dan satu orang lagi berdiri di titik B (perhatikan gambar di atas). Jarak antara A dan B harus ditentukan terlebih dahulu, semisal 1 meter, 5 meter, atau 10 meter tergantung kecepatan arus air, dimana semakin cepat arus lebih baik semakin jauh.
  2. Orang A (orang yang berdiri di titik A) membawa benda yang bisa terapung, sedangkan orang B (orang yang berdiri di titik B) membawa pengukur waktu (stopwatch atau jam).
  3. Orang A menjatuhkan benda ke air. Bersamaan dengan itu Orang B menghidupkan penghitung waktu dan mematikannya saat benda tersebut sampai di orang B.
  4. Lakukan penghitungan dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Rumus :

Di mana:
  • v = kecepatan; dengan satuan detik/meter; menit/meter; jam/km dll
  • s = jarak; dengan satuan meter, kilometer (km) dll
  • t = waktu; dengan satuan detik; menit; atau jam
Contoh :
  • jarak antara A dan B (s) 8 meter
  • waktu benda terapung mengalir dari A ke B (t) 5 menit
  • Maka kecepatannya adalah :  

                 s
         v   = -
                 t

                 8 meter
              =-----------
                 5 menit

              = 1.6 meter /  menit
     
Jadi kecepatan arus air sungai tersebut adalah 1.6 meter/menit.
Nah setelah mempelajari cara dan teknik menaksir kecepatan arus air sungai, sekarang saatnya untuk mempraktekkannya. Teknik kepramukaan, termasuk menaksir, harus sering-sering dilatih dan dipraktekkan tentunya dengan bimbingan kakak-kakak pembina.semangat dan sukses selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar