Kamis, 18 Agustus 2016

RPP Kelas 1 K13 Tema 1 ST 3 PB3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan       :  MIN Tirto Salam
Kelas / Semester          :  1 /1
                       Tema                            :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Tubuhku (Sub Tema )
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
      3.2. Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan
      dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
      yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
     4.2. Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan   kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
     3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
     4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
     pengamatan di lingkungan sekitar

PJOK
      3.4. Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit,
     gigi, rambut, hidung, telinga, tangan, kaki, dan pakaian

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
     Menceritakan cara menyikat gigi yang benar
     Menyebutkan nama-nama peralatan menyikat gigi
     Mempraktikkan cara meyikat gigi dengan benar

SBdP
     Menggambar alat-alat untuk menyikat gigi
     Mewarnai gambar alat-alat menyikat gigi

PJOK
     Mempraktikkan kegiatan menyikat gigi

D.    TUJUAN
Praktik Menggosok Gigi
Tujuan pembelajaran:
Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat menyikat giginya dengan benar.
    
      Mengenal Peralatan Menggosok Gigi
      Tujuan pembelajaran:
 Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi peralatan menyikat  gigi dengan benar.

E.     MATERI
Praktik Menggosok Gigi
Mengenal Peralatan Menggosok Gigi

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Praktik Menggosok Gigi
1. Guru menjelaskan kepada siswa apa fungsi gigi (mengunyah, membantu dalam berbicara, dan memberikan penampilan yang baik untuk wajah).
2. Siswa diminta mengucapkan kata-kata berawalan huruf l (lampu, lilin, dan lomba).
3. Guru meminta siswa untuk memperhatikan pada saat mengucapkan kata-kata tersebut ke mana arah lidah (mendorong gigi).
4. Jelaskan bahwa banyak kata-kata yang akan sulit disebutkan jika tidak ada gigi
5. Siswa mengulang kata-kata di atas dengan lidah tidak boleh menyentuh gigi.
6. Guru menjelaskan kepada siswa tentang pentingnya fungsi gigi.
7. Siswa diajak untuk bersyukur karena Tuhan telah memberikan gigi dan rasa syukur kita dapat dilakukan dengan cara merawat gigi dengan cara sedikitnya dua kali dalam sehari kita menggosok gigi.
8. Siswa bercerita tentang bagaimana rasanya sakit gigi dengan panduan guru.
9. Guru membacakan cerita tentang seorang anak yang sakit gigi dan mendiskusikan mengenai isi cerita melalui pertanyaan ”Mengapa (tokoh dalam cerita) sakit gigi?”
10. Siswa mengamati contoh cara menyikat gigi yang benar.
11. Siswa melakukan praktik menggosok gigi di bawah bimbingan guru.
12. Guru mengingatkan kembali untuk selalu menyikat gigi 2x sehari.

Mengenal Peralatan Menggosok Gigi
1. Guru menyampaikan setelah mengetahui cara menyikat gigi siswa akan mengenal peralatannya.
2. Guru menanyakan kepada siswa, “Apa saja peralatan untuk menyikat gigi?”.
3. Siswa mengamati gambar di buku siswa.
4. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa untuk mengidentifikasi peralatan menyikat gigi, menghitung, menebalkan kata, dan menggambar.
5. Kegiatan dilanjutkan dengan menggambar peralatan untuk menyikat gigi dan mewarnainya.
6. Sebagai penutup, guru melakukan konfirmasi (mengulang kembali).

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Tubuhku.
                Gambar atau buku cerita tentang anak yang sedang
sakit gigi, Satu set model gigi (jika ada) atau dapat diganti dengan poster atau gambar gigi, Sikat dan pasta gigi. Alat-alat untuk menggosok gigi Dus bekas pembungkus pasta gigi dan lainnya minimal lima buah

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui                                                     Tirto,   Juli 2016
Kepala Madrasah                                            Guru Kelas



Abdul Aziz, S.Sg                                            Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar