Minggu, 07 Agustus 2016

Pemetaan KI dan KD Kelas 1 Tema Keluargaku

PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR TEMATIK KELAS I

TEMA          : 4.    Keluargaku
SUB TEMA  : 4.3 Keluarga Besarku
KELAS          : 1

Mata Pelajaran yang ditematikan
No.  KD pada KI- 1
NO. KD pada KI-2
No. KD pada KI-3
NO. KD pada KI-4
PPKn
1.2
2.3
3.3
4.4
B Indonesia
1.1
2.3, 2.5
3.3
4.4
Matematika
1.1
2.1
3.2, 3.4, 3.5
4.3, 4.7
PJOK
1.1
2.1, 2.2
3.1
4.1
SBdP
1.1
2.1
3.2, 3.4
4.7, 4.10, 4.14








PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA                    : 4.    Keluargaku
SUB TEMA            : 4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN :  1 ( satu )
KELAS                    : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
No.  KD pada KI- 1
NO. KD pada KI-2
No. KD pada KI-3
NO. KD pada KI-4
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
B. Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya

PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA                    : 4.    Keluargaku
SUB TEMA            : 4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN :  2 ( dua )
KELAS                    : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
No.  KD pada KI- 1
NO. KD pada KI-2
No. KD pada KI-3
NO. KD pada KI-4
B. Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
4.10 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi.


PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA                    : 4.    Keluargaku
SUB TEMA            : 4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN :  3 ( tiga )
KELAS                    : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
No.  KD pada KI- 1
NO. KD pada KI-2
No. KD pada KI-3
NO. KD pada KI-4
B. Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya




PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA                    : 4.    Keluargaku
SUB TEMA            : 4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN :  4 ( empat )
KELAS                    : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
No.  KD pada KI- 1
NO. KD pada KI-2
No. KD pada KI-3
NO. KD pada KI-4
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah
B. Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.


PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA                    : 4.    Keluargaku
SUB TEMA            : 4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN :  5 ( lima )
KELAS                    : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
No.  KD pada KI- 1
NO. KD pada KI-2
No. KD pada KI-3
NO. KD pada KI-4
B. Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.




PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA                    : 4.    Keluargaku
SUB TEMA            : 4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN :  6 ( enam )
KELAS                    : 1

Mata Pelajaran yang ditematikan
No.  KD pada KI- 1
NO. KD pada KI-2
No. KD pada KI-3
NO. KD pada KI-4
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar