SILABUS
KELAS I
TEMA 3 : KEGIATANKU
MI
NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN
2016
TEMA 3
KEGIATANKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
1.1 Menerima gambar
(bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas)
pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada
lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.1 Mengenal gambar pada lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
3.2 Mengetahui aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari=hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
·
Lambang Garuda Pancasila dan lafalnya
·
Perilaku yang sesuai nilai Pancasila
·
Tata tertib dan aturan di rumah
- Pagi hari
- Siang hari
- Sore hari
- Malam hari
|
Subtema 1: Kegiatan Pagi hari (26 jam pelajaran)
·
Menyimak teks dan menemukan kosakata yang berkaitan dengan kegiatan di
pagi hari
·
Menuliskan dan mencocokkan lambang bilangan 11-20 sesuai jumlah benda
melalui permainan dan mengurutkan lambang bilangan
·
Menuliskan lambang dan nama bilangan 11-20 dengan tepat
·
Menceritakan dan menemukan kosakata tentang pengalaman yang menjadi kebiasaan baik di
pagi hari sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·
Mendengarkan percakapan pada
dialog yang memuat kegiatan pagi hari
·
Bermain drama/peran tentang
kegiatan di pagi hari
·
Menyanyikan lagu bertema pagi (Bangun Tidur) dengan di iringi musik /
elemen bunyi
·
Berolahraga di pagi hari lewat permainan tradisional (lempar tangkap
benda ringan)
·
Membilang 11-20 dengan cara mengelompokkan benda
§ Menunjukkan perilaku kegiatan
pagi hari di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
Sub
Tema dua: ( 26 JP)
Kegiatan
Siang Hari
·
Bermain menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari
·
Mengenal nilai tempat bilangan
·
Mengenal nilai tempat satuan dan puluhan
·
Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang baik di siang hari yang sesuai
dengan aturan yang berlaku di rumah
·
Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai
dengan aturan berdasarkan teks bacaan
·
Melakukan gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
·
Melakukan latihan menendang yang dihubungkan dengan permainan
·
Latihan menendang sambil bermain
·
Bermain menyusun kata menjadi kalimat
·
Memeragakan gerak lambat dalam tari
·
Bermain peran kegiatan siang
hari sesuai aturan di rumah yang di
dalamnya terdapat kosa kata yang memuat
slogan sederhana ( misalnya matikan lampu jika tidak digunakan)
Sub
Tema 3: Kegiatan Sore Hari
( 26 JP)
·
Bermain peran di depan kelas secara kelompok dengan backrgound gambar
ekspresi menggunakan teks cerita deskriptif yang anggota kelompoknya
diurutkan berdasarkan tinggi rendah badan
·
Menyanyikan lagu yang syairnya berkaitan dengan anggota tubuh dan panca
indra (contoh : dua mata saya…hidung saya satu).
·
Menyanyikan lagu dengan memerhatikan syair lagu dengan tertib dan
sesuai aturan nada
·
Menceritakan pengalaman tentang tata tertib yang berlaku sore hari di
rumah
·
Mengidentifikasi jumlah tata tertib sore hari di rumah dan
membandingkan dengan aturan pagi dan siang hari
·
Menuliskan urutan cara memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh.
·
Menceritakan cara perawatan tubuh
·
Berdiskusi tentang pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh
·
Mendemonstrasikan gerak cara pemeliharaan dan kebugaran tubuh dengan
aturan berdasarkan petunjuk / arahan
·
Melakukan gerak sederhana dengan
menirukan cara bergerak binatang
·
Membuat gambar kreasi dan karya ekspresi dua dan tiga dimensi yang
memuat aturan tata tertib sore hari di rumah
Sub
Tema empat : ( 26 JP)
Kegiatan Malam Hari
·
Mendengar cerita dan menceritakan kembali tentang tata tertib aturan
di rumah pada malam hari
·
Mendiskusikan kebiasaan-kebiasaan yang baik di malam hari yang sesuai
dengan tata tertib dan aturan yang
berlaku di rumah
·
Membuat karya kerajinan dengan
menggunakan biji-bijian, daun-daunan, kulit kerang atau bahan alam yang ada
di daerah setempat.
·
Menyusun kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan di malam hari.
·
Membuat cerita berdasarkan urutan gambar
·
Melakukan gerakan memantulkan bola
·
Mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan
sehari-hari
|
35 Menit x 26 JP x 4 Minggu
|
|
Bahasa
Indonesia
3.7
Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui
teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan
ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan
gambar
|
·
Kosakata kegiatan pagi hari
·
Kosakata kegiatan siang hari
· Kosakata tentang kegiatan sore hari
·
Kosakata tentang kegitan di malam hari
|
|
|
|
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai
dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99
yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan
nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret
serta cara membacanya
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua
angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan
3.4
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah
|
·
Bilangan cacah dua angka
·
Lambang bilangan
·
Nilai tempat
·
Perbandingan dua bilangan
·
Penjumlahan dan Pengurangan bilangan cacah dua angka
|
|
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen
musik melalui lagu
3.3.
Mengenal gerak anggota tubuh melalui
tari
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3. 4
Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4
Membuat karya dari bahan alam
|
·
ElemenMusik
·
Gerak anggota tubuh
·
Gambar ekspresi
·
Karya ekspresi kolase
·
Karya seni ekspresi dengan bahan alam
|
|
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.3
Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
·
Gerak dasar manipulatif dalam permainan tradisional
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar