Minggu, 29 Januari 2017

Silabus K 13 Kelas I Tema 3 Revisi 2016

SILABUS
KELAS I
TEMA 3 : KEGIATANKU


MI NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN 2016
TEMA 3
KEGIATANKU


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




1.1 Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1   Bersikap positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2   Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.1   Mengenal gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1   Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2   Mengetahui aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari=hari di rumah
4.2   Melakukan kegiatan  sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·         Lambang Garuda Pancasila dan lafalnya
·         Perilaku yang sesuai nilai Pancasila
·         Tata tertib dan aturan di rumah
-      Pagi hari
-      Siang hari
-      Sore hari
-      Malam hari

Subtema 1: Kegiatan Pagi hari (26 jam pelajaran)
·         Menyimak teks dan menemukan kosakata yang berkaitan dengan kegiatan di pagi hari
·         Menuliskan dan mencocokkan lambang bilangan 11-20 sesuai jumlah benda melalui permainan dan mengurutkan lambang bilangan
·         Menuliskan lambang dan nama bilangan 11-20 dengan tepat
·         Menceritakan dan menemukan kosakata tentang  pengalaman yang menjadi kebiasaan baik di pagi hari sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·         Mendengarkan  percakapan pada dialog yang memuat kegiatan pagi hari 
·         Bermain drama/peran  tentang kegiatan di pagi hari
·         Menyanyikan lagu bertema pagi (Bangun Tidur) dengan di iringi musik / elemen bunyi
·         Berolahraga di pagi hari lewat permainan tradisional (lempar tangkap benda ringan)
·         Membilang 11-20 dengan cara mengelompokkan benda
§  Menunjukkan perilaku  kegiatan  pagi hari di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Sub Tema dua: ( 26 JP)
Kegiatan Siang Hari
·         Bermain menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari
·         Mengenal nilai tempat bilangan
·         Mengenal nilai tempat satuan dan puluhan
·         Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang baik di siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah  
·         Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan
·         Melakukan gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
·         Melakukan latihan menendang yang dihubungkan dengan permainan
·         Latihan menendang sambil bermain
·         Bermain menyusun kata menjadi kalimat
·         Memeragakan gerak lambat dalam tari
·         Bermain peran  kegiatan siang hari sesuai aturan di rumah yang  di dalamnya terdapat kosa kata yang memuat  slogan sederhana ( misalnya matikan lampu jika tidak digunakan)

Sub Tema 3: Kegiatan Sore Hari
 ( 26 JP)
·         Bermain peran di depan kelas secara kelompok dengan backrgound gambar ekspresi menggunakan teks cerita deskriptif yang anggota kelompoknya diurutkan berdasarkan tinggi rendah badan
·         Menyanyikan lagu yang syairnya berkaitan dengan anggota tubuh dan panca indra (contoh : dua mata saya…hidung saya satu).
·         Menyanyikan lagu dengan memerhatikan syair lagu dengan tertib dan sesuai aturan nada
·         Menceritakan pengalaman tentang tata tertib yang berlaku sore hari di rumah
·         Mengidentifikasi jumlah tata tertib sore hari di rumah dan membandingkan dengan aturan pagi dan siang hari
·         Menuliskan urutan cara memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh.
·         Menceritakan cara perawatan tubuh
·         Berdiskusi tentang pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh
·         Mendemonstrasikan gerak cara pemeliharaan dan kebugaran tubuh dengan aturan berdasarkan petunjuk / arahan 
·         Melakukan gerak sederhana dengan  menirukan cara bergerak binatang
·         Membuat gambar kreasi dan karya ekspresi dua dan tiga dimensi yang memuat aturan tata tertib sore hari di rumah

Sub Tema empat : ( 26 JP)
Kegiatan Malam Hari
·           Mendengar cerita dan menceritakan kembali tentang tata tertib aturan di rumah pada malam hari
·           Mendiskusikan kebiasaan-kebiasaan yang baik di malam hari yang sesuai dengan tata tertib dan  aturan yang berlaku di rumah 
·            Membuat karya kerajinan dengan menggunakan biji-bijian, daun-daunan, kulit kerang atau bahan alam yang ada di daerah setempat.
·           Menyusun kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan di malam hari.
·           Membuat cerita berdasarkan urutan gambar
·           Melakukan gerakan memantulkan bola
·           Mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari
35 Menit x 26 JP x 4 Minggu

Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
·      Kosakata kegiatan pagi hari
·      Kosakata kegiatan siang hari
·      Kosakata tentang kegiatan sore hari
·      Kosakata tentang kegitan di malam hari




Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1     Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2     Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2     Menuliskan lambang bilangan  sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3     Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3     Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya  dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah


·      Bilangan cacah dua angka
·      Lambang bilangan
·      Nilai tempat
·      Perbandingan dua bilangan
·      Penjumlahan dan Pengurangan bilangan cacah dua angka




Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal  elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3. Mengenal  gerak anggota tubuh melalui tari
4.3  Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3. 4 Mengenal  bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam

·         ElemenMusik
·         Gerak anggota tubuh
·         Gambar ekspresi
·         Karya ekspresi kolase
·         Karya seni ekspresi dengan bahan alam




Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
·      Gerak dasar manipulatif dalam permainan tradisional




Tidak ada komentar:

Posting Komentar