Subtema 1: Benda Hidup dan Benda Tak
Hidup di Sekitarku (26 jam pelajaran)
· mengelompokkan
benda hidup dan benda tak hidup di dalam kelas dan luar kelas
· menggunting,
menempelkan, dan memasukkan gambar ke kotak sesuai dengan kelompok benda
hidup dan benda tak hidup
· mengelompokkan
benda dan manfaatnya serta nama dan lambang bilangan 61-80 sesuai dengan aturan
· menentukan
gambar benda hidup dan benda tak hidup dengan cara menghubungkan bilangan
61-80 secara berurutan
· menyebutkan
angka 61-80 bersama dan menuliskan nama bilangan pada papan tulis dengan
dibantu guru
· bermain
dengan cara menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 61-80,
· mengurutkan
angka mulai dari yang terkecil dan dari yang terbesar
· menebak benda
dengan menghubungkan bilangan 61-80 secara berurutan
· mengerjakan
latihan pada buku siswa
· membaca
wacana di buku siswa tentang tokoh yang bermain boneka dan tokoh yang bermain
bersama hewan peliharaan
· mendengarkan
penjelasan guru mengenai: perbedaan perlakuan yang diberikan tokoh pada benda
kesayangannya, perbedaan benda hidup dan benda tak hidup
· mendiskusikan
tentang persamaan, perbedaan, dan perbandingan kursi dan kucing dengan huruf
tegak bersambung kursi dan kucing,
· menceritakan
pengalaman melihat langit pada malam hari kemudian mendengarkan penjelasan
tentang jenis benda yang ada di langit
· mengamati
guru menyanyikan lagu dengan gerakan badan kemudian membaca, menghafal teks
lagu Bintang Kecil, dan menyanyikan
lagu dengan bergerak sesuai isi lagu
· bermain
melempar gulungan kertas
· mendengar
penjelasan guru mengenai ciri benda hidup yang mampu bergerak sendiri untuk
berpindah tempat atau menanggapi rangsangan
· mengamati
gambar dan teks di buku siswa tentang benda hidup yang dapat berpindah
sendiri
· bermain
melempar dan menangkap bola serta mempraktikkan gerak lempar tangkap bola
sambil berlari menyamping
· mendengar
penjelasan guru mengenai garis
bilangan, kemudian membuat garis dan menuliskan bilangan dari 61-80
· bermain
dengan cara berdiri dan bergerak 5 langkah sesuai yang dituju
· menyimpulkan
benda hidup yang dapat bergerak sendiri dan benda tak hidup yang tidak dapat
bergerak sendiri
· berdiskusi
tentang pentingnya makanan dan minuman
· mendengarkan
penjelasan guru mengenai perbedaan pertanaman yang terjadi pada makhluk hidup
· mengamati
gambar di buku siswa, menuliskan cerita sesuai dengan gambar, dan
menyampaikan hasil tulisannya
· menyimpulkan
sikap yang harus ditiru dan tidak boleh ditiru
· menjawab
pertanyaan di buku
· memahami
cara mengukur berat badan dan tinggi badan
· mengamati
gambar anak yang sedang berenang dan gambar seorang anak laki-laki yang
sedang membantu mengeluarkan anak kucing dari karung
· berdiskusi
mengapa benda hidup memerlukan udara untuk bernafas
· berlatih
pernafasan di kolam renang atau di darat
· melakukan
pernafasan dengan duduk di tepi kolam dan menggerak-gerakkan kaki atau
berlari mengelilingi lapangan sebanyak dua kali
· berlatih
menarik nafas lalu membuang melalui hidung
· mendengarkan
teks desktiptif dari guru tentang kebutuhan udara bagi benda hidup
Subtema 2:
Hewan di Sekitarku (
26 jam pelajaran)
· mendengar
penjelasan guru mengenai jenis-jenis hewan di sekitar dan menjawab pertanyaan
guru mengenai hewan yang disukai
· menjelaskan
perawatan pada hewan peliharaan dan menceritakan hewan kesukaannya
· mendengarkan
penjelasan guru tentang syair lagu Kucingku
Belang Tiga
· membaca
syair, menghafalkan, dan menyanyikan lagu Kucingku
Belang Tiga
· mengamati
gambar hewan dan menirukan guru membaca teks
· berdiskusi
dan tanya jawab mengenai nama binatang, cara bergerak, suara, dan tempat
hidupnya
· bermain
dengan kartu bergambar hewan kemudian mengelompokkan hewan sesuai dengan
tempat hidupnya
· membandingkan
hewan berdasarkan ukuran badan
· mendengarkan
cerita yang dibacakan oleh guru dari buku siswa tentang Pergi ke Kebun Binatang
· Berdiskusi
mengenai cerita serta sikap dan peraturan yang harus diikuti saat berkunjung
ke kebun binatang
· menuliskan
dan menyampaikan hasil diskusi
· bermain
mempraktikkan tiga gerak hewan, yaitu berlari seperti kuda, lompat kelinci,
dan berdiri satu kaki seperti burung bangau
· mendiskusikan
perasaan mereka ketika mempraktikkan gerak hewan
· mengamati
guru membaca puisi kemudian mengikuti membaca puisi secara bertahap
· membaca
puisi dengan gaya dan intonasi sendiri di depan kelas
· menyelesaikan
soal penjumlahan cara bersusun ke bawah
· mewarnai dan
menggunting berbagai pola binatang laut lalu ditempelkan pada sebuah batang
sehingga menjadi wayang hewan
· berlatih
hitung mundur dan menyelesaikan soal pengurangan
· mewarnai
gambar sesuai instruksi
· mengelompokkan
gambar hewan dengan menggunting dan menempel
· mendengar
penjelasan guru tentang manfaat hewan dan peternakan
· berdiskusi
mengenai manfaat hewan dan asal makan yang disantapnya
· mengamati
guru tentang soal cerita penjumlahan dan pengurangan tentang hasil ternak
· menyelesaikan
soal penjumlahan dan pengurangan
· menjawab
pertanyaan guru tentang binatang buas
· melakukan
gerakan gajah
Subtema 3:
Tumbuhan
di Sekitarku(26 jam pelajaran)
· mengamati tentang tanaman sebagai bagian dari
benda hidup di buku siswa dan lingkungan sekitar
· berdiskusi mengenai perbedaan tanaman dengan
makhluk hidup lainnya berdasarkan ciri-ciri fisik yang dimilikinya (akar,
batang, daun, bunga, buah, biji)
· mengamati dan memasangkan kartu yang berisi nama
bagian tanaman dengan gambar pada poster
· mengindentifikasi dan mengelompokkan tanaman
berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimilikinya, seperti bunga, daun, biji,
atau akarnya dengan bantuan guru
· tanya jawab tentang contoh-contoh tanaman buah,
sayur, dan hias
· mengamati guru menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu
· membaca
syair lagu, menghafal, dan menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu
· mengerjakan soal latihan
· mengamati grafik gambar tentang buah kesukaan
pada buku siswa
· mewawancarai 10 orang teman tentang jenis tanaman
di pekarangan rumah masing-masing
· menghitung (hasil wawancara) jumlah teman yang
memiliki tanaman ke dalam grafik gambar pada buku siswa, dengan menempelkan
pada setiap kolom
· menyampaikan hasil wawancara di depan
teman-temannya
· berdiskusi tentang beberapa contoh tanaman buah,
hias, dan sayur yang mungkin belum dikenal
· menceritakan/menggambar bentuk dan ciri-ciri
pohon buah
· mengerjakan latihan
· mendengarkan cerita guru tentang merawat tanaman
atau membaca wacana pada buku siswa tentang kegiatan merawat tanaman
· berdiskusi mengenai apa aja aturan dalam merawat
tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur
· menuliskan apa saja kemungkinan yang dapat
terjadi jika tanaman tidak dirawat dengan baik
· mempraktikkan secara langsung aturan dan cara
merawat tanaman yang ada di sekolah
· mendengar
penjelasan guru bahwa tanaman berkembang biak dengan biji dan tunas
· mengamati,
mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai jenis biji berdasar bentuk, warna,
ukuran, dan ciri lainnya
· mengamati
guru mengenai langkah-langkah melakukan percobaan (teks deskriptif petunjuk
percobaan)
· melakukan
percobaan tentang pertanaman dan tanaman/proses perkembangbiakan tanaman
· mengamati
selama beberapa hari untuk melihat tahapan proses pertanaman pada tanaman
· menggambarkan
dan mencatat hasil pengamatannya setiap hari dalam tabel
· menuliskan
kesimpulan dari hasil pengamatannya tentang proses perkembangbiakan pada
tanaman dengan dibimbing oleh guru
· mengurutkan
gambar, memberi nomor, menggunting, dan merekatkan jaring-jaring kubus
sehingga menjadi sebuah buku yang berbentuk kubus.
· menghias dan
mewarnai gambar pada buku kubus
· menceritakan
gambar-gambar yang terdapat pada buku kubus
· mengamati
sepasang tempurung/batok kelapa yang sudah dilubangi dan diberi tali pengikat
· menjawab
pertanyaan guru tentang asal tempurung dan menyebutkan nama/bagian tanaman
yang menghasilkan tempurung
· mengamati
contoh cara melakukan permaian “berjalan dan berlari di atas tempurung
kelapa”
· berlatih
permainan dengan batok kelapa dan melakukan perlombaan
· mengamati
penjelasan guru tentang manfaat tanaman bagi manusia sebagai sumber oksigen,
sumber makanan dan menjadi obat-obatan
· membaca teks
deskriptif dan menebalkan/menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung
· berdiskusi
tentang bagian tanaman yang dapat diolah menjadi makanan dan jenis tanaman
yang jarang ditemui namun bisa dijadikan sumber makanan
· megamati dan
menjelaskan tentang daun
· menjiplak,
menempelkan, dan mengarsir permukaan daun
· menciptakan
pola tertentu dengan menggabungkan beberapa jenis daun
· menunjukkan
dan menjelaskan hasil karya
· mengamati
gambar dan lingkungan sekitar tentang tanaman darat dan tanaman air
· mengelompokkan
kartu tanaman berdasarkan tempat tinggalnya
· membuat dan
menganalisis grafik gambar tentang jumlah tanaman darat dan air
· melakukan
permainan tradisional “lompat bambu”
· menyebutkan
beberapa aturan dalam permainan
· berdiskusi
dan menuliskan manfaat pentingnya aturan dalam permainan dan akibat yang
dapat timbul jika tidak patuh pada aturan
· membuat
cerita bergambar tentang anak yang mematuhi dan tidak mematuhi aturan
· mengamati guru
menggambar diagram tentang bagian-bagian tanaman, yang dibutuhkan, dan
dihasilkan oleh tanaman
· menempelkan
kartu-kartu kata pada kolom yang paling sesuai
· membuat dan
melengkapi bagan di kertas dengan tulisan yang indah dan rapi
· menempelkan
hasil karya
Subtema 4:
Bentuk,
Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda (26 jam pelajaran)
· menyebutkan
mainan yang paling disukai dan alasannya
· membandingkan
kedua benda yang disukai
· menemukan
persamaan, perbedaan, dan membandingkan berdasarkan warna, bentuk, fungsi,
ukuran, permukaan kasar atau lembut, dan kategori benda mati atau benda hidup
· berdiskusi
apabila benda berwarna, berbentuk, atau berukuran sama
· mengelompokkan
gambar mainan pada buku sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya
· menunjukkan
berbagai benda dengan berbagai ukuran dan bentuk
· menyusun dan merapikan benda berdasarkan
ukuran atau warnanya sehingga tampak rapi
· menyampaikan
alasan penyusunan benda tersebut
· memilih cara
penyusunan mana yang paling rapi
· mendengar
penjelasan guru mengenai perbedaan harga mainan
· mendengar
penjelasan guru mengenai nama dan nilai mata uang
· mengurutkan
benda berdasarkan harga
· bermain jual
beli
· membaca,
menghafal, dan menyanyikan lagu Pelangi
· menyebutkan
warna pelangi sesuai nyanyian
· berlatih
menulis huruf tegak bersambung
· menyusun
huruf menjadi kata dan mengelompokkan benda sesuai persamaan warna yang
dimiliki
· mengamati
bentuk dan jumlah lantai ruang kelas
· menghitung
jumlah ubin disekitar area tempat
|