Minggu, 05 Februari 2017

Silabus Kelas I Tema 4 Revisi 2016

SILABUS
KELAS I
TEMA 4 : KELUARGAKU


MI NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN 2016
TEMA 4
KELUARGAKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 





1.1 Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2     Menunjukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2     Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2     Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2     Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.3  Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
Gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”
·         Aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
·         Keberagaman karakteristik individu di rumah

Subtema 1. Anggota Keluargaku (26 jam pelajaran)
·         Membaca Teks Anggota Keluargaku.
·         Membaca Teks Keluarga Udin.
·         Menyanyikan Lagu “Satu-satu Aku Sayang Ibu’.
·         Memperkenalkan Anggota Keluarga.
·         Menghafal sila pertama Pancasila.
·         Melakukan prosedur gerakan berjalan satu arah.
·         Menjawab pertanyaan nama ayah, ibu, kakak atau adik.
·         Melengkapi nama-nama anggota keluarga berdasarkan teks.
·         Menceritakan anggota keluarga secara tertulis.
·         Menebalkan  bangun datar (segiempat, segitiga dan lingkaran).
·         Observai benda-benda konkrit di sekitar kelas yang berbentuk bangun datar.
·         Mengamati simbol sila pertama Pancasila.
·         Praktik melakukan prosedur gerakan berjalan satu arah dan gerakan senam.
·         Menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
·         Menulis pengalaman berolah raga bersama keluarga.
·         Mengamati bagan silsilah keluarga.
·         Membuat bagan silsilah keluarga.
·         Menjelaskan isi bagan silsilah keluarga.
·         Menceritakan bagan silsilah keluarga.
·         Melengkapi tabel nama-nama anggota keluarga teman sebangku.
·         Membaca teks kegiatan bermain bersama.
·         Menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga.
·         Mengelompokkan benda-benda konkrit berdasarkan bentuk bangun datar.
·         Memasangkan teks sila pertama Pancasila dengan simbol yang sesuai.

Subtema 2. Kegiatan Keluargaku
·         Membaca nyaring teks
·         Makan pagi bersama keluarga.
·         Menuliskan kegiatan makan pagi bersama dengan melengkapi bagian kalimat yang kosong dengan menggunakan kata bantu yang tersedia.
·         Membaca nyaring teks Peraturan makan.
·         Menggali informasi dan membuat poster peraturan makan.
·         Mempresentasikan dan memajang poster peraturan makan.
·          Mensimulasikan ungkapan terima kasih dan tolong.
·         Memeragakan cara berpamitan pergi ke sekolah dan pulang sekolah, serta  mencium tangan orang tua.
·         Membaca dengan nyaring teks Rekreasi bersama keluarga.
·         Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian 
·         Menyimak cerita guru tentang kegiatan olah raga keluarga Udin.
·         Menceritakan kegiatan olah raga yang dilakukan keluarga masing-masing.
·         Mempraktikkan gerakan berlari  satu arah.
·         Mencoba permainan
·         “Ayam dan  Elang”.
·         Menceritakan dan memberikan pendapat tentang permainan.
·         Berlatih melengkapi percakapan dengan menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih.
·         Membaca nyaring teks Memasak bersama keluarga.
·         Simulasi percakapan menggunakan kata tolong dan terima kasih. 
·         Berlatih soal-soal pola bilangan.
·         Bermain pola bilangan.
·         Simulasi meminta izin ketika hendak bermain ke luar rumah.
·         Menceritakan pengalaman meminta izin ketika hendak bermain ke luar rumah.
·         Menyimak cerita guru tentang kegiatan berkebun keluarga Siti. Dayu membantu kegiatan Siti.
·         Menceritakan pengalaman berkebun bersama keluarga.
·         Menyimak cerita guru tentang Siti dan Dayu yang sedang bermain menirukan gerakan kupu-kupu.
·         Menyimak penjelasan dan contoh gerakan kupu-kupu.
·         Melakukan gerakan menari menirukan gerakan kupu-kupu.
·         Menceritakan pengalaman menari menirukan gerakan kupu-kupu.
·         Menyimak penjelasan tentang prosedur gerakan berlari satu arah.
·         Mempraktikkan gerakan berlari satu arah.
·         Mempraktikkan penggunaan ungkapan tolong dan terima kasih.
·         Menyimak cerita guru tentang kegiatan Lani belajar didampingi orang tua.
·         Menceritakan kegiatan belajar yang didampingi orang tua di rumah.
·         Melengkapi percakapan yang masih kosong dengan ungkapan tolong atau terima kasih.
·         Bermain pola bilangan bersama anggota kelompok.
·         Mengamati dan menceritakan  gambar Udin dan keluarga sedang merapikan rumah.
·         Mengisi percakapan menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih berdasarkan gambar.
·         Memilih satu gambar kegiatan membantu orang tua di rumah dan menceritakannya.
·         Menceritakan kebiasaan minta izin sebelum bermain ke luar rumah yang biasa siswa lakukan.
·         Berlatih menemukan pola bilangan.

Subtema 3 : keluarga Besarku (26 jam pelajaran)
·         Mengenalanggotakeluargabesar
·         Mampu memperkenalkan keluarga besar.
·         Menggambar
·         Bermain tali karet
·         Berbicara didepan kelas memperkenalkan keluarga besar
·         Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
·         Menulis  kata perkenalan
·         Menggambar
·         Melakukan permainan skiping atau lompat tali
·         Menulis kata perkenalan
·         Menggambar
·         Silsilah keluarga besar
·         Membuat kalimat dari kosakata keluarga besar
·         Membuat silsilah keluarga besar
·         Mengukur berat benda dengan lat dan satuan tidak baku
·         Bermain peran
·         Mengukur benda tinggi dan pendek
·         Bercerita pengalaman dengan keluarga besar

Subtema 4 : Kebersamaan dalam keluarga (26 jam pelajaran)
·         Membaca teks.
·         Menulis ungkapan terima kasih.
·         Menulis ungkapan pujian.
·         Meronce.
·         Membuat daftar petugas kebersihan.
·         Membaca teks.
·         Mengamati teks.
·         Bercerita.
·         Main Lompat karung
·         Membaca tek bergambar
·         Membandingkan berat benda dengan satuan tidak baku
·         Menncatat cara membersihkan rumah
·         Mengetahui alas kaki
·         Membuat bingkai foto
·         Mencocokan ungkapan dengan gambar
·         Bermain lompat katak
·         Menulis
·         Membuat kalimat dari kosakata keluarga besar
·         Mengukur berat benda dengan laihant dan satuan tidak baku
·         Membuat poster untuk mengajak membersihkan rumah
·         Mengukur benda tinggi atau  pendek
·         bermain peran, pengukuran panjang-pendek, tinggi-rendah.


35 menit x 30 JP x 4 minggu
1.  Diri anak
2.  Lingkungan keluarga
3.  Lingkungan sekolah
4.  Buku Tematik
Kelas I
5.  Diri anak
6.  Lingkungan keluarga
7.  Lingkungan sekolah
8.  Buku Tematik
Kelas I
9.  Buku Pengembangan Diri Anak
10.   Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
11.     Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
12.   Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana
13.   Buku kirigami (seni mengunting)
14.   Buku Pengembangan Diri Anak



Bahasa Indonesia



3.8 Memahami ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.8 Mengucapkan ungkapan  terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain  secara lisan dan tulis
3.9  Memahami kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.9  Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
3.10 Memahami kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentag hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga.
Ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain
Kosakata untuk perkenalan
Mis :
Nama saya…
Ini adalah….
·         Kosa kata kekerabatan



Matematika



3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan Kumpulan benda/gambar/ gerakan atau lainnya

4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
3.8  Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret

4.8  Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan  benda/situasi konkret
Pola bilangan
Bangun datar dan bangun ruang sederhana
·         Persegi
·         Persegi panjang
·         Segitiga
·         Lingkaran
·         Kubus
·         Balok
·         Kerucut
·         Tabung
·         Bola
Satuan tidak baku:
·         Panjang
·         Berat




SBDP



3.2     Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2. Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3  Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3  Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.1  Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1   Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.4     Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
Elemen musik melalui lagu


Gerak anggota tubuh melalui tari
·      Gambar ekspresi (melukis) dan membentuk ekspresi tiga dimensi

·      Proses pembuatan gambar ekspresi dan karya tiga dimensi

·    Bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll)

·    Proses berkarya menggunakan  bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll)



PJOK



3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Gerak dasar lokomotor:
·         Gerak dasar jalan
·         Gerak dasar lari
·         Gerak dasar lompat
·         Gerak dasar loncat
  • Gerak dasar berjingkat
  • Gerak dasar berderap,
  • Gerak dasar skipping
  • Gerak dasar slidding
  • Memadukan konsep gerak




                                                Mengetahui                                                              Tirto,    Juli 2016
Kepala Madrasah                                                        Guru Kelas I


Abdul Aziz,S.Ag                                                   Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP. 19690604  199803 1 002                                      NIP. 19780419 200710 2001                                                                                                                                                                    
Baca juga :
1. Silabus Kelas I Tema 1 Revisi 2016
2. Silabus Kelas I Tema 2 Revisi 2016
3. Silabus Kelas I Tema 3 Revisi 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar