SILABUS
KELAS I
TEMA 1
: DIRIKU
MI
NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN
2016
TEMA 1
DIRIKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran / Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
|
Subtema 1: Aku
dan Teman Baruku (26 jam pelajaran)
·
Bertanya jawab mengenai
pentingnya berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah.
·
Bertanya jawab mengenai
pentingnya memberi salam
·
Menyanyikan lagu yang bertema
perkenalan dengan teman baru.
·
Melakukan permainan untuk
berkenalan dengan teman baru (permainan lempar bola, permainan tebak suara
teman dengan mata tertutup)
·
Menyanyikan lagu bertema
teman baru untuk mengenal warna suara.
·
Mempraktikkan gerak berjalan
satu arah
·
Berkenalan dengan teman
melalui permainan yang menggunakan gerakan berjalan satu arah
·
Menyanyikan lagu yang bertema
mengenal huruf (misalnya lagu a, b, c)
·
Melakukan permainan untuk
mengenal huruf vocal (misalnya permainan menggunakan kartu nama, menyusun nama
dengan kartu huruf, bermain tebak nama)
·
Melakukan permainan untuk
mengenal huruf konsonan (misalnya permainan menggunakan kartu nama, menyusun
nama dengan kartu huruf, bermain tebak nama)
·
Melakukan permainan untuk
membilang bilangan cacah 1 – 10
·
Menulis lambang bilangan
cacah 1 – 10 melalui permainan.
Subtema 2:
Tubuhku (26 jam pelajaran)
·
Bertanya jawab tentang
pentingnya mematuhi aturan di rumah (misalnya sebelum berangkat sekolah
sebaiknya sarapan, waktu yang sesuai untuk tidur malam dan bangun pagi)
·
Menyanyikan lagu tentang
anggota tubuh (misalnya, lagu Dua Mata Saya)
·
Melakukan permainan untuk
mengenal kosa kata yang berkaitan dengan anggota tubuh (misalnya permainan
kartu anggota tubuh)
·
Membaca teks tentang anggota
tubuh
·
Membaca teks tentang cara menjaga
anggota tubuh.
·
Melakukan permainan untuk
mengenal pancaindera)
·
Membaca kegunaan panca indera
pada buku siswa
·
Bercerita kepada teman
tentang kegunaan panca indera
·
Bermain sambil mengenal
lambang bilangan
·
Membilang 1 -10 dengan jari
·
Membaca lambang bilangan
·
Menari bersama teman bebas menciptakan/ mengkreasikan gerakan masing-masing asal
sesuai dengan irama lagu/ hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang
didengarkan.
·
Berolahraga dengan menjaga
sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur
serta seimbang
Subtema 3: Aku Merawat
Tubuhku (26 jam pelajaran)
·
Menemukan informasi cara
merawat tubuh
·
Mempraktikkan cara merawat
tubuh (cara menggosok gigi, cara mencuci tangan, cara mandi dan keramas)
·
Mendengarkan cerita mengenai
cara menjaga kebersihan tubuh dan pakaian
·
Menyusun cara merawat tubuh
berdasarkan gambar perawatan tubuh
·
Bermain Peran dengan
menggunakan kosa kata cara memelihara kesehatan
·
Mempraktikkan kegiatan
persiapan menulis permulaan meliputi cara duduk, cara memegang pensil, dan
cara meletakkan buku
·
Mempraktikkan mengatur jarak
mata dengan media menulis dan mengatur pencahayaan saat menulis
·
Membandingkan banyak benda
yang digunakan untuk merawat tubuh
·
Membandingkan dan mengurutkan
dua bilangan menggunakan benda konkret
·
Menyiapkan pewarna (misalnya
cat air) sebagai bahan untuk membuat finger painting
·
Membuat karya finger painting
tentang merawat tubuh
·
Baris berbaris agar dapat
mempraktikkan sikap berdiri secara lentur dan seimbang
Subtema 4 : Aku
Istimewa (26 jam pelajaran)
·
Menceritakan pengalaman
melakukan kegiatan bersama anggota keluarga di rumah
·
Menceritakan ciri khas
anggota keluarga
·
Mempraktikan penggunaan huruf
vokal melalui permainan (misalnya membentuk huruf vokal dengan berjalan satu
arah).
·
Mempraktikkan penggunaan
huruf konsonan melalui permainan (misalnya memindahkan huruf konsonan melalui
balok keseimbangan)
·
Menyusun huruf menjadi kata
yang berhubungan dengan ciri khas siswa (misalya rambut lurus, rambut
keriting, memakai kaca mata)
·
Membaca puisi tentang
keistimewaan siswa.
·
Menghitung banyak objek yang
digabung dari dua kelompok untuk mengenal penjumlahan 1 – 10.
·
Menyelesaikan soal cerita
penjumlahan
·
Membuat hiasan pensil dari
boneka kulit jagung
·
Membuat gantungan kunci boneka
kulit jagung
|
35
Menit x 26 JP x 4 minggu
|
1. Diri
Anak
2. Lingkungan
3. Media
Gambar pakaian
4. Benda
di sekitar siswa
5. Model
bangun datar dan bangun ruang
6. Papan
berpaku atau sejenis
7. Karet
gelang/ benang
|
1.2 Menunjukkan
sikap mematuhi aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.2
Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam
keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Memahami
keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan
pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah di
rumah
|
·
Tata tertib/aturan di rumah
Ø Menyebutkan kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
Ø Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah
·
Keberagaman karakteristik individu di rumah
Ø Membedakan
karakteristik fisik,
Ø Membedakan
karakteristik agama,
Ø Membedakan
karakteristik suku,
Ø Membedakan
karakteristik psikis
(senang, pemalu, sedih)
|
|||
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
3.1
Memahami kegiatan persiapan membaca
permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan
mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara
yang benar
4.1
Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik,
jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku,
gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan
cara yang benar
3.2.
Memahami kegiatan persiapan menulis
permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak
antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar.
4.2.
Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku,gerakan tangan
atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan
menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak,
menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya
terang) dengan benar
3.3
Memahmi lambang bunyi vokal dan
konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah.
3.4
Memahami kosakata tentang anggota
tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar,
tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4
Menyampaikan penjelasan dengan kosakata yang tepat tentang anggota tubuh dan
pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
3.9 Memahami
kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah.
4.9 Menggunakan
kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan
tulisan
3.11 Memahami
puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada
orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan
untuk kesenangan
4.11.
Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk
ungkapan diri.
|
·
persiapan mengenal huruf
untuk membaca dan menulis permulaan
Ø Berposisi
duduk secara benar
Ø Meletakkan
bacaan dengan jarak mata yang benar
Ø Memegang
teks bacaan dengan tepat
Ø Membalik
buku dengan benar
Ø Memilih
tempat membaca dengan cahaya yang terang
·
lambang bunyi vokal dan
konsonan
Ø Mengenal
lambang bunyi vokal dan konsonan
Ø Menyebutkan
lambang bunyi vocal dan konsonan
Ø mengucapkan
lambang bunyi vocal dan konsonan
·
kosa kata tentang anggota
tubuh dan panca indera serta perawatannya
Ø Menyebutkan
nama-nama bagian tubuh manusia
Ø menyebutkan
kegunaan bagian-bagian tubuh manusia
Ø Menyebutkan
cara merawat anggota tubuh
·
kosakata dan ungkapan
perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya
Ø Menyebutkan
kosa kata untuk memperkenalkan diri
Ø Menyebutkan
kosakata untuk memperkenalkan anggota keluarga dan orang-orang di sekitarnya
·
puisi anak/syair lagu (berisi
ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau
persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
Ø Mengucapkan
puisi anak / syair lagu tentang , kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan)
Ø Membuat
puisi tentang kekaguman, , kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang,
atau persahabatan)
|
|||
Matematika:
|
|
|
|
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota
suatu kumpulan objek
4.1
Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak
anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2
Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang
bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2 Menuliskan
lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu
kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai
dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai
dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan
menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.4 Menjelaskan dan
melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan
99
|
·
bilangan cacah sampai 99
Ø Menyebutkan
bilangan 1-5
·
lambang bilangan
Ø Mengenal
lambang bilangan 1-5
Ø Menyebutkan
lambang bilangan 1-10
Ø Menuliskan
lambang bilangan 1-10
·
operasi hitung bilangan cacah
(penjumlahan dan pengurangan) sampai 99
Ø Mengenal
penjumlahan bilangan 1-10
Ø Mengenal
pengurangan bilangan 1-10
Ø Melakukan
penjumlahan bilangan 1-10
Ø melakukan
pengurangan bilangan 1-10
|
|||
Seni Budaya dan
Prakarya
|
|
|
|
|
3.1 Mengenal
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal
elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu
3.3
Mengenal gerak anggota tubuh melalui
tari
4.3 Meragakan
gerak anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal
bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat
karya dari bahan alam
|
·
karya ekspresi dua dan tiga
dimensi
·
elemen musik
·
gerak anggota tubuh melalui
tari
·
karya dari bahan alam
|
|||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
|
|
|
|
3.1 Memahami
prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1
Mempraktikkan gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.4 Memahami
prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak
secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.4
Mempraktikkan menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan
bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8 Memahami
bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang
lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8
Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh
disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
|
·
gerak dasar lokomotor
Ø Memperagakan
gerak dasar berjalan
Ø Memperagakan
gerak dasar mengayun
Ø Memperagakan
gerak dasar menggulirkan bola
Ø Memperagakan
gerak dasar menyepak bola
Ø Memperagakan
gerak keseimbangan di tempat
Ø Mempraktikan
gerak melompat dan mendarat dengan dua
kaki
·
sikap tubuh (duduk, membaca,
berdiri, jalan)
Ø Memperagakan
gerak melenggok ke berbagai arah
berirama’
Ø Menyebutkan otot-otot yang berperan dalam
aktivitas berjalan, berlari dan melompat
|
Mengetahui Tirto, Juli 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas I
Abdul Aziz, S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar