Senin, 17 April 2017

Silabus Kelas 1 Tema 1 K 13 Revisi 2016



SILABUS
KELAS I
TEMA 1 : DIRIKU


MI NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN 2016

TEMA 1
DIRIKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran / Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan



Subtema 1: Aku dan Teman Baruku (26 jam pelajaran)
·      Bertanya jawab mengenai pentingnya berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah.
·      Bertanya jawab mengenai pentingnya memberi salam
·      Menyanyikan lagu yang bertema perkenalan dengan teman baru.
·      Melakukan permainan untuk berkenalan dengan teman baru (permainan lempar bola, permainan tebak suara teman dengan mata tertutup)
·      Menyanyikan lagu bertema teman baru untuk mengenal warna suara.
·      Mempraktikkan gerak berjalan satu arah
·      Berkenalan dengan teman melalui permainan yang menggunakan gerakan berjalan satu arah
·      Menyanyikan lagu yang bertema mengenal huruf (misalnya lagu a, b, c)
·      Melakukan permainan untuk mengenal huruf vocal (misalnya permainan menggunakan kartu nama, menyusun nama dengan kartu huruf, bermain tebak nama)
·      Melakukan permainan untuk mengenal huruf konsonan (misalnya permainan menggunakan kartu nama, menyusun nama dengan kartu huruf, bermain tebak nama)
·      Melakukan permainan untuk membilang bilangan cacah 1 – 10
·      Menulis lambang bilangan cacah 1 – 10 melalui permainan.



Subtema 2: Tubuhku (26 jam pelajaran)
·         Bertanya jawab tentang pentingnya mematuhi aturan di rumah (misalnya sebelum berangkat sekolah sebaiknya sarapan, waktu yang sesuai untuk tidur malam dan bangun pagi)
·         Menyanyikan lagu tentang anggota tubuh (misalnya, lagu Dua Mata Saya)
·         Melakukan permainan untuk mengenal kosa kata yang berkaitan dengan anggota tubuh (misalnya permainan kartu anggota tubuh)
·         Membaca teks tentang anggota tubuh
·         Membaca teks tentang cara menjaga anggota tubuh.
·         Melakukan permainan untuk mengenal pancaindera)
·         Membaca kegunaan panca indera pada buku siswa
·         Bercerita kepada teman tentang kegunaan panca indera
·         Bermain sambil mengenal lambang bilangan
·         Membilang 1 -10 dengan jari
·         Membaca lambang bilangan
·         Menari bersama teman bebas menciptakan/ mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan irama lagu/ hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan.
·         Berolahraga dengan menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang
 
Subtema 3: Aku Merawat Tubuhku (26 jam pelajaran)
·         Menemukan informasi cara merawat tubuh
·         Mempraktikkan cara merawat tubuh (cara menggosok gigi, cara mencuci tangan, cara mandi dan keramas)
·         Mendengarkan cerita mengenai cara menjaga kebersihan tubuh dan pakaian
·         Menyusun cara merawat tubuh berdasarkan gambar perawatan tubuh
·         Bermain Peran dengan menggunakan kosa kata cara memelihara kesehatan
·         Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan meliputi cara duduk, cara memegang pensil, dan cara meletakkan buku
·         Mempraktikkan mengatur jarak mata dengan media menulis dan mengatur pencahayaan saat menulis
·         Membandingkan banyak benda yang digunakan untuk merawat tubuh
·         Membandingkan dan mengurutkan dua bilangan menggunakan benda konkret
·         Menyiapkan pewarna (misalnya cat air) sebagai bahan untuk membuat finger painting
·         Membuat karya finger painting tentang merawat tubuh
·         Baris berbaris agar dapat mempraktikkan sikap berdiri secara lentur dan seimbang

Subtema 4 : Aku Istimewa (26 jam pelajaran)
·         Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan bersama anggota keluarga di rumah
·         Menceritakan ciri khas anggota keluarga
·         Mempraktikan penggunaan huruf vokal melalui permainan (misalnya membentuk huruf vokal dengan berjalan satu arah).
·         Mempraktikkan penggunaan huruf konsonan melalui permainan (misalnya memindahkan huruf konsonan melalui balok keseimbangan)
·         Menyusun huruf menjadi kata yang berhubungan dengan ciri khas siswa (misalya rambut lurus, rambut keriting, memakai kaca mata)
·         Membaca puisi tentang keistimewaan siswa.
·         Menghitung banyak objek yang digabung dari dua kelompok untuk mengenal penjumlahan 1 – 10.
·         Menyelesaikan soal cerita penjumlahan
·         Membuat hiasan pensil dari boneka kulit jagung
·         Membuat gantungan kunci boneka kulit jagung




35 Menit x 26 JP x 4 minggu


1.  Diri Anak
2.  Lingkungan
3.  Media Gambar pakaian
4.  Benda di sekitar siswa
5.  Model bangun datar dan bangun ruang
6.  Papan berpaku atau sejenis
7.  Karet gelang/ benang

1.2     Menunjukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah di rumah





·      Tata tertib/aturan di rumah
Ø  Menyebutkan kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Ø  Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
·      Keberagaman  karakteristik individu di rumah
Ø  Membedakan karakteristik fisik,
Ø  Membedakan karakteristik agama,
Ø  Membedakan karakteristik  suku,
Ø  Membedakan karakteristik psikis (senang, pemalu, sedih)

Bahasa Indonesia



3.1 Memahami  kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
3.2. Memahami  kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar.
4.2. Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku,gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar
3.3 Memahmi  lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.4 Memahami  kosakata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata yang tepat tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
3.9 Memahami kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
3.11 Memahami puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
4.11. Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
·      persiapan mengenal huruf untuk membaca dan menulis permulaan
Ø  Berposisi duduk secara benar
Ø  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
Ø  Memegang teks bacaan dengan tepat
Ø  Membalik buku dengan benar
Ø  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
·      lambang bunyi vokal dan konsonan
Ø  Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan
Ø  Menyebutkan lambang bunyi vocal dan konsonan
Ø  mengucapkan lambang bunyi vocal dan konsonan

·      kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya
Ø  Menyebutkan nama-nama bagian tubuh manusia
Ø  menyebutkan kegunaan bagian-bagian tubuh manusia
Ø  Menyebutkan cara merawat anggota tubuh
·      kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya
Ø  Menyebutkan kosa kata untuk memperkenalkan diri
Ø  Menyebutkan kosakata untuk memperkenalkan anggota keluarga dan orang-orang di sekitarnya
·      puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
Ø  Mengucapkan puisi anak / syair lagu tentang , kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan)
Ø  Membuat puisi tentang kekaguman, , kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan)

Matematika:



3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99


·      bilangan cacah sampai 99
Ø  Menyebutkan bilangan 1-5

·      lambang bilangan
Ø  Mengenal lambang bilangan 1-5
Ø  Menyebutkan lambang bilangan 1-10
Ø  Menuliskan lambang bilangan 1-10
·      operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan) sampai 99
Ø  Mengenal penjumlahan bilangan 1-10
Ø  Mengenal pengurangan bilangan 1-10
Ø  Melakukan penjumlahan bilangan 1-10
Ø  melakukan pengurangan bilangan 1-10
Seni Budaya dan Prakarya



3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal  gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
·      karya ekspresi dua dan tiga dimensi
·      elemen musik
·      gerak anggota tubuh melalui tari
·      karya dari bahan alam

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan



3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan  gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.4 Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
·      gerak dasar lokomotor
Ø  Memperagakan gerak dasar berjalan
Ø  Memperagakan gerak dasar mengayun
Ø  Memperagakan gerak dasar menggulirkan bola
Ø  Memperagakan gerak dasar menyepak bola
Ø  Memperagakan gerak keseimbangan di tempat
Ø  Mempraktikan gerak melompat  dan mendarat dengan dua kaki
           
·      sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan)
Ø  Memperagakan gerak melenggok  ke berbagai arah berirama’
Ø  Menyebutkan otot-otot yang berperan dalam aktivitas berjalan, berlari dan melompat

                        Mengetahui                                                                        Tirto,   Juli 2016
                        Kepala Madrasah                                                                Guru Kelas I


Abdul Aziz, S.Ag                                                        Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar