SILABUS
KELAS I
TEMA 6 : LINGKUNGAN BERSIH
SEHAT DAN ASRI
MI
NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN
2016
TEMA 6
LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
1.1 Menerima gambar (bintang
segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada
lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada
lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami gambar pada lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1
Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2 Menunjukkan sikap mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
2.2. Melaksanakan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
1.4 Menunjukkan sikap kerjasama dalam suasana keberagaman
di rumah
2.4 Bekerjasama dalam
keberagaman di rumah
3.4 Menggambarkan bentuk kerja
sama dalam keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan
pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
|
·
Simbol Garuda Pancasila
· Aturan yang berlaku di rumah
· Bentuk kerjasama di rumah
|
Subtema
1: Lingkungan Rumahku ( 26 jam pelajaran)
· Menyanyikan lagu dengan tema lingkungan rumahku (
misalnya lagu Kebunku) dengan percaya
diri
· Menemukan ungkapan terima kasih pada teks tentang
aturan yang berlaku di rumah.
· Mengucapkan ungkapan terima kasih
· Membaca teks berisi
perintah dan melakukan sesuai isi perintah
· Menggunakan ungkapan perintah
dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
· Mempraktikkan perintah dan peragaan berbagai
gerak mengayunkan tangan dari depan ke belakang, mengayunkan tangan ke
samping, memutarkan tangan melalui samping badan, menarik dan mendorong kedua
tangan yang akan dipelajari.
· Menemukan ungkapan teks yang berisi tentang
perintah bentuk kerjasama di rumah
· Mengidentifikasi berbagai bangun datar
· Menyusun berbagai bangun datar ( persegi) untuk
membentuk pola pengubinan monohedral
· Menyanyikan lagu dengan tema lingkungan rumahku (
misalnya lagu menanam jagung )
· Bermain peran tentang ungkapan
terima kasih dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
· Mempraktikkan berbagai
variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-
lokomotor dan memberikan perintah sesuai dengan gilirannya.
· Mengidentifikasi ungkapan pada teks bacaan yang
berisi perintah
· Mengamati berbagai bentuk
pola pengubinan yang disusun dari persegi atau segitiga sama sisi atau bangun
datar beraturan
· Melakukan pola pengubinan dengan bangun datar
(persegi) secara monohedral
· Membacakan hasil pola pengubinan dengan bangun
datar persegi secara monohedral
· Menceritakan pengalaman kerjasama dalam
keberagaman di rumah
· Menemukan ungkapan terima kasih dari cerita
pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
· Melakukan kerjasama dalam pola pengubinan dengan
bangun datar (persegi) secara monohedral.
Subtema
2 : Lingkungan Sekitar Rumahku (26 jam
pelajaran)
· Membaca nyaring teks yang berkaitan dengan Lingkungan Sekitar Rumahku
· Menemukan ungkapan ajakan pada teks tentang
Lingkungan Sekitar Rumahku
· Mengucapkan kalimat ajakan tentang Lingkungan Sekitar Rumahku
· Meragakan gerak anggota tubuh
melalui tari
· Membaca teks berisi
ajakan dan melakukan sesuai konteksnya
· Menggunakan ungkapan ajakan
dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
· Mempraktikkan gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama
· Menemukan ungkapan teks yang berisi tentang
ajakan bentuk kerjasama di lingkungan sekitar rumah
· Mengidentifikasi berbagai bangun datar segitiga
sama sisi yang dapat membentuk pola pengubinan dihedral
·
Menemukan pola pengubinan
dari bentuk persegi atau segitiga sama sisi
· Menyusun berbagai bangun datar persegi panjang
dan segitiga siku-siku untuk membentuk pola pengubinan dihedral
· Bermain peran tentang ungkapan
tolong dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
· Meragakan gerak anggota tubuh sesuai peran
· Mempraktikkan berbagai
variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-
lokomotor dan memberikan perintah sesuai dengan gilirannya.
· Mengidentifikasi ungkapan pada teks bacaan yang
berisi ungkapan tolong
· Melakukan pola pengubinan bangun datar persegi
panjang dan segitiga siku-siku secara dihedral.
·
Melanjutkan pola pengubinan
dari beberapa bangun datar
· Menggambar bentuk pola pengubinan bangun datar
persegi , persegi panjang dan segitiga siku-siku secara dihedral
· Menceritakan pengalaman kerjasama dalam
keberagaman di rumah
·
Menemukan
ungkapan tolong dari cerita pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
·
Menyajikan berbagai bentuk pola pengubinan yang
disusun dari persegi, atau segitiga sama sisi
Subtema
3: Lingkungan Sekolahku (26
jam pelajaran)
· mengamati gambar burung Garuda Pancasila
· mendengarkan guru membaca teks pemberitahuan
tentang Pancasila
· menirukan guru membaca teks Pancasila
· membaca sila ketiga Pancasila
· mengamati simbol sila ketiga Pancasila
· mengamati ciri-ciri simbol sila ketiga Pancasila
· menyebutkan ciri-ciri simbol sila ketiga
Pancasila
· membuat karya ekspresi dua dimensi dengan
mewarnai gambar Garuda
· mengamati teks bacaan tentang pemberitahuan kerja bakti di sekolah
· Menunjukkan ungkapan pemberitahuan secara lisan
atau tulisan dengan tepat yang tedapat pada teks/gambar di Lingkungan Sekolah
· Menemukan kalimat pemberitahuan pada teks tentang
pengalaman di sekolah yang ada kaitannnya dengan sila ketiga
· Mempraktikkan pemberitahuan dan peragaan berbagai
gerak melangkahkan kaki ke depan, belakang, samping kiri/kanan,
mengkoordinasikan mengayunkan tangan dan melangkahkan kaki yang akan dipelajari.
· Mengamati teks gambar tentang permintaan maaf
seorang anak ketika berbuat salah.
· menyebutkan keadaan lingkungan di sekolahku yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila
· menemukan kalimat permintaan maaf pada teks tentang lingkungan di sekolahku
yang ada kaitannnya dengan sila ketiga Pancasila
· menyebutkan kembali kalimat permintaan maaf pada
teks lingkungan di sekolahku
· Mengukur panjang benda satuan tidak baku dengan
menggunakan benda/situasi konkret di lingkungan sekolahku.
· mengamati teks yang terdapat ungkapan
pemberitahuan Jum’at Bersih lingkungan sekolahku
· mengucapkan ungkapan pemberitahuan dengan
menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
· menuliskan kalimat pemberitahuan tentang
lingkungan sekolahku
· Membuat karya ekspresi
kolase dua dimensi yang berhubungan dengan
lingkungan sekolahku
· Mempratikkan prosedur gerak dasar senam sesuai
irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama.
· Bermain peran tentang pemberitahuan kegiatan di
lingkungan sekolahku
· Menuliskan kalimat ungkapan pemberitahuan yang
terdapat dalam bermain peran di lingkungan sekolah
· Mengukur panjang benda satuan tidak baku dengan
menggunakan benda/situasi konkret di lingkungan sekolahku.
·
Mengamati berbagai alat ukur
satuan tidak baku untuk menentukan panjang dari lingkungan sekitar
·
Mengenal, membuat dan menggunakan alat ukur
satuan tak baku untuk mengukur panjang misalnya lidi dengan panjang tertentu
digunakan sebagai satuan tak baku dalam pengukuran panjang
·
Melaporkan hasil pengukuran dalam bentuk
tabel/kolom sederhana
· Mengamati kembali simbol ketiga Pancasila
· menanggapi tentang ciri-ciri simbol sila ketiga
Pancasila yang disebutkan temannya
· mengungkapkan perasaan ketika kegiatan itu
berlangsung berdasarkan pertanyaan guru
· menuliskan kalimat ungkapan pemberitahuan dan
permintaan maaf di lingkungan sekolahku
· menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan
panjang benda dengan satuan tidak baku
Subtema 4:
Bekerja
Sama Membersihkan Lingkungan (26 jam pelajaran)
· mengamati teks tentang kegiatan bekerja sama
membersihkan lingkungan
· Mengidentifikasi
ungkapan petunjuk pada teks tentang kegiatan bekerjasama membersihkan
lingkungan
· Mengucapkan ungkapan petunjuk pada teks dengan menggunakan
bahasa yang santun kepada orang lain
secara lisan dan tulis
· Membuat daftar aturan yang digunakan kegiatan
bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah
· menentukan benda di lingkungan sekolah yang akan
ditiru untuk dibuat karya, misalnya bola
· menentukan bahan alam yang akan digunakan untuk
membuat bola
· membuat karya tiga dimensi dengan bahan alam
· Membaca teks berisi
petunjuk penggunaan alat
· Menggunakan ungkapan petunjuk
dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
· Mempraktikkan petunjuk dan peragaan berbagai gerak mengayunkan
tangan dari depan ke belakang, mengayunkan tangan ke samping, memutarkan
tangan melalui samping badan, menarik dan mendorong kedua tangan yang akan dipelajari.
· Menemukan ungkapan teks yang berisi tentang
petunjuk kegiatan bekerjasama
membersihkan lingkungan kelas
· Menuliskan kalimat berisi petunjuk kegiatan
sesuai aturan dalam bekerjasama membersihkan lingkungan
·
Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku,
misalnya melakukan percobaan mengukur berat benda dengan kelereng (berat
sebuah batu setara dengan berat 3 kelereng)
· Menuliskan hasil pengukuran berat benda tidak
baku kedalam bentuk tabel / kolom sederhana
· Bermain peran tentang ungkapan
pujian dengan bahasa yang
santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis
· Mempraktikkan berbagai
variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-
lokomotor dan memberikan perintah sesuai dengan gilirannya.
·
Membuat karya kerajinan dari bahan alam dari tanah liat
· Menceritakan hasil pembuatan karya kerajinan dari
bahan alam dari tanah liat dengan santun
dan percaya diri
· Mengidentifikasi ungkapan pada teks bacaan yang
berisi pujian terhadap hasil kegiatan bekerjasama membersihkan lingkungan
· Menuliskan kalimat pujian atas hasil kegiatan
bekerjasama membersihkan lingkungan
·
Mengidentifikasi benda-benda yang sesuai untuk
digunakan sebagai alat ukur satuan tak baku, misalnya mengukur berat buku
dengan menggunakan tangan sebagai alat ukur tak baku
·
Membandingkan berat dua benda dengan ukuran tidak
baku ( menggunakan tangan)
· Menceritakan pengalaman bekerjasama membersihkan
lingkungan sekolah secara lisan
· Membuat aturan untuk kegiatan bekerjasama
membersihkan lingkungan sekolah
· Mempraktikkan memberi pujian kepada teman yang
rajin dalam bekerjasama membersihkan lingkungan kelas
· Memecahkan masalah yang berhubungan dengan berat
benda dalam pengukuran tidak baku
· Membandingkan berat dua benda dengan alat ukur
tidak baku
|
35 menit x 30 JP x 4 minggu
|
1.
Diri anak
2.
Lingkungan keluarga
3.
Lingkungan sekolah
4.
Buku Tematik
Kelas I
5.
Buku Pengembangan Diri Anak
6.
Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan
alur sederhana gunting, lipat dan tempel
7.
Gambar/contoh
langsung karya cetak dengan berbagai
bahan alam dan bentuk
8.
Gambar/contoh
langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola
dan alaur sederhana
9.
Buku kirigami (seni mengunting)
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
||
3.8 Memahami ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang
santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah
4.8
Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian
pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
|
· Ungkapan tentang terima kasih, permintaan maaf,
tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk
kepada orang lain di rumah.
|
|
|
|
Matematika
|
|
|
||
3.7 Mengidentifikasi
bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk
membentuk pola pengubinan
3.8 Mengenal dan
menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan
benda/situasi konkret.
4.8 Melakukan
pengukuran panjang dan berat dalam
satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.
|
· Bangun datar dan pola pengubinan
· Satuan tidak baku ( panjang berat)
|
|
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
|
|
|
||
3.1
Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1
Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2
Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2
Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3
Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3
Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4
Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4
Membuat karya dari bahan alam
|
·
Karya ekspresi dua dan tiga
dimensi
·
Elemen musik
·
Gerak anggota tubuh
·
Karya dari bahan alam
|
|
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
|
|
||
3.6 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
·
Gerak dasar lokomotorik
·
Gerak dasar non lokomotorik
|
|
|
Mengetahui Tirto, Juli 201
Kepala
Madrasah Guru
Kelas I
Abdul
Aziz,S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP. 19780419
200710 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar