Senin, 17 April 2017

Silabus Kelas I Tema 5 K13 Revisi 2016

SILABUS
KELAS I
TEMA 5 : PENGALAMANKU


MI NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN 2016
TEMA 5
PENGALAMANKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




1.1    Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila
4.1  Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2 Menunjukkan sikap mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Memahami  keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
1.4 Menunjukkan  sikap kerjasama dalam suasana keberagaman di rumah
2.4 Bekerjasama dalam keberagaman di rumah
3.4. Menggambarkan  bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah

·         Simbol sila sila Pancasila
·         Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·         Keberagaman karakteristik budaya
·         Bentuk kerja sama





































Subtema 1: Pengalaman Masa Kecilku (26 jam pelajaran)
·         Menyanyikan lagu tentang masa kecil
·         Mengamati foto masa kecil/pengalaman masa kecil
·         Menjawab pertanyaan tentang pengalaman masa kecil yang diingatnya
·         Menjawab pertanyaan tentang pengalaman yang berhubungan dengan aturan di rumah ketika masih kecil (misalnya cerita dari ibu tentang makanan bayi, aturan tentang menjaga kesehatan supaya bayi atau anak kecil tidak sakit)
·         Tanya jawab  tentang  hal-hal yang harus dilakukan di rumah berkaitan dengan pengalaman masa kecil (misalnya ketika belajar di rumah)
·         Tanya jawab prosedur gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai
·         Mempraktikkan gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai
·         Membuat pertanyaan dari foto masa kecil temannya/pengalaman masa kecil temannya
·         Menjawab pertanyaan dari teman tentang pengalaman masa kecil yang diingatnya
·         Mendengarkan cerita tentang persoalan masa kecil yang dialami temannya
·         Menulis ungkapan yang berisi ajakan secara tertulis berkaitan dengan  teks Pengalaman Masa Kecil
·         Menentukan contoh benda yang dimiliki siswa yang ada hubungannya dengan masa kecil, misalnya mainan rumah-rumahan
·         Menentukan jumlah benda-benda yang dimiliki siswa ketika masih kecil
·         Mendemontrasikan membilang secara urut bilangan 21 sampai 40 dengan bantuan benda konkret (misalnya: meja, kursi, buku, dan lain-lain)
·         Tanya jawab  banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat (21-40)
·         Tanya jawab tentang  hal-hal yang harus dilakukan (misalnya ketika belajar di rumah)
·         Menyampaikan aturan di rumahnya masing-masing (misalnya tentang aturan belajar di rumah)
·         Tanya jawab tentang prosedur gerak bergantung dalam aktivitas senam lantai
·         Mempraktikkan prosedur gerak bergantung dalam aktivitas senam lantai
·         Menyanyikan lagu dengan memerhatikan kuat lemah bunyi
·         Memperhatikan cerita guru/temannya seperti yang tertera pada gambar tentang pengalaman masa kecil
·         Mengungkapkan ajakan lisan berkaitan dengan  gambar pengalaman masa kecil
·         Membuat pertanyaan tentang pengalaman masa kecil siswa kepada orang tuanya
·         Melakukan demonstrasi untuk mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan  yang diberikan (21-40)
·         Berdiskusi untuk memasangkan bilangan (21-40) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek yang diberikan
·         Bermain tebak angka untuk mengenal lambang bilangan 21 sampai dengan 40 melalui kartu bilangan
·         Menceritakan pengalaman masa kecil siswa sesuai cerita orang tuanya
·         Mengamati gambar dan menceritakan dengan kalimat sendiri tentang aturan di rumah berkaitan dengan pengalaman masa kecil
·         Memilih dan menunjuk gambar yang sesuai dengan cerita tentang aturan di rumah berkaitan dengan pengalaman masa kecil
·         Secara bergantian menulis lambang  bilangan 21 sampai dengan 40 dengan lengkap
·         Secara bergantian menuliskan nama bilangan 21 sampai dengan 40

Sub Tema 2: Pengalaman Bersama Teman (26 jam pelajaran)
·         Menirukan bacaan guru yang berkaitan dengan pengalaman bersama teman.
·         Mengidentifikasi kata minta maaf yang ada di teks
·         Menjawab pertanyaan tentang pentingnya minta maaf
·         Menceritakan teman-teman yang disayangi berkaitan dengan pengalaman masa kecil
·         Mengamati gerakan keseharian yang ada di lingkungan sekitar siswa (misalnya gerakan tumbuhan)
·         Memeragakan gerakan tumbuhan
·         Memeragakan gerakan tangan seperti gerakan tumbuhan
·         Tanya jawab tentang cara melakukan  gerak keseimbangan dalam aktivitas senam lantai
·         Mempraktikkan prosedur gerak keseimbangan dalam aktivitas senam lantai
·         Menirukan kalimat yang ada permintaan maaf pada percakapan guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa
·         Memeragakan kalimat permintaan maaf dalam percakapan
·         Mengamati gambar kegiatan siswa bersama teman
·         Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan  gambar yang ada ungkapan sayang kepada teman lisan
·         Mengucapkan terimakasih kepada teman, guru, orang tua, atau saudara
·         Mendemontrasikan  nilai tempat ( satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka dengan bantuan benda konkret  (bilangan 21-40)
·         Tanya jawab tentang cara melakukan  gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai
·         Mempraktikkan  gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai
·         Memerakan gerakan kaki untuk memperjelas gerakan tumbuhan
·         Memadukan gerakan tangan, kaki, dan kepala yang memperjelas gerakan tumbuhan
·         Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan  gambar yang ada ungkapan sayang kepada teman secara lisan
·         Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan  gambar yang ada ungkapan sayang kepada teman secara tertulis
·         Mendemontrasikan tentang kalimat pujian kepada teman
·         Membuat kalimat dengan kata pujian kepada teman
·         Menunjukkan letak bilangan satuan
·         Menunjukkan letak bilangan puluhan
·         Mengamati gambar tentang kegiatan siswa bersama teman
·         Mendengarkan cerita guru/teman yang berisi kata-kata ungkapan permintaan maaf
·         Mengungkapkan kembali kalimat minta maaf
·         Menuliskan bilangan terdiri dari  dua  angka ( 21-40)   sesuai dengan nilai tempat
·         Meminta maaf jika berbuat salah atau mengganggu orang lain/teman

Sub Tema 3: Pengalaman di Sekolah (26 jam pelajaran)
·         Mengamati gambar burung Garuda Pancasila
·         Mendengarkan guru membaca teks Pancasila
·         Menirukan guru membaca teks Pancasila
·         Membaca sila sila Pancasila
·         Menceritakan pengalaman berlibur bersama anggota keluarga kepada teman di sekolah
·         Menunjukkan kalimat ajakan pada cerita tentang pengalaman di sekolah yang ada kaitannya dengan sila sila Pancasila
·         Menentukan benda di lingkungan sekolah yang akan ditiru untuk dibuat karya, misalnya bola
·         Menentukan bahan lunak yang akan digunakan untuk membuat bola
·         Mengamati gerakan tolakan dalam senam lantai
·         Memperagakan gerakan tolakan dalam senam lantai
·         Menyebutkan kembali kalimat ajakan pada pengalaman di sekolah
·         Menuliskan kalimat ajakan sesuai dengan pengalaman di sekolah
·         Membandingkan banyak dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak. (21-40)
·         Mengamati simbol sila sila  Pancasila
·         Mengamati ciri-ciri simbol sila sila Pancasila
·         Menyebutkan ciri-ciri simbol sila sila Pancasila
·         Menceritakan pengalaman bersama teman-teman di sekolah (misalnya kegiatan belajar di taman sekitar sekolah, kegiatan pramuka)
·         Mendengarkan cerita guru yang terdapat simbol sila sila Pancasila
·         Menanggapi tentang ciri-ciri simbol sila sila Pancasila yang disebutkan temannya
·         Mengamati gerakan putaran dalam senam lantai
·         Memperagakan gerakan putaran dalam senam lantai
·         Tanya jawab tentang kalimat pujian yang berkaitan dengam pengalaman di sekolah
·         Menuliskan kalimat pujian yang berkaitan dengan pengalaman di sekolah
·         Membuat karya tiga dimensi dengan bahan lunak berkaitan dengan tema (misalnya membuat patung)
·         Mengamati foto kenangan ketika melakukan kegiatan di sekolah
·         Menyebutkan peristiwa pada foto tersebut
·         Mengungkapkan perasaan ketika kegiatan itu berlangsung berdasarkan pertanyaan guru
·         Menggunakan  istilah lebih dari, kurang dari,  atau sama dengan
·         Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari,  atau sama dengan(21-40) menggunakan benda konkret
·         Mengamati gambar tentang sila sila Pancasila
·         Menyebutkan pengalaman di sekolah yang sesuai dengan sila sila Pancasila
·         Menceritakan pengalaman berdiskusi  bersama anggota keluarga kepada teman
·         Tanya jawab ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu
·         Membuat kalimat yang mengungkapkan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu
·         Melakukan operasi hitung penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 40 dengan  teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret

Sub Tema 4: Pengalaman yang Berkesan (26 jam pelajaran)
·         Mengidentifikasi kalimat ungkapan sayang sesuai dengan teks tentang pengalaman yang berkesan
·         Menceritakan pengalaman yang berkesan saat melakukan kegiatan di rumah (misalnya membersihkan rumah bersama anggota keluarga)
·         Tanya jawab tentang  pemanfaatan hewan dalam membuat karya kerajinan yang berhubungan dengan pengalaman yang berkesan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam)
·         Tanya jawab tentang  prosedur gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai
·         Tanya jawab tentang  prosedur gerak melayang dalam aktivitas senam lantai
·         Tanya jawab tentang  prosedur gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai
·         Mengungkapkan kembali-kalimat ungkapan sayang  sesuai dengan teks tentang pengalaman yang berkesan secara lisan
·         Mengungkapkan kembali-kalimat ungkapan sayang  sesuai dengan teks tentang pengalaman yang berkesan secara tertulis
·         Tanya jawab tentang  masalah sehari-hari berkaitan dengan  pengalaman yang berkesan  yang melibatkan pengurangan  (bilangan21-40)
·         Menceritakan pengalaman yang berkesan di keluarga (misalnya saat ada anggota keluarga yang sakit)
·         Mempraktikkan gerak ayunan, melayang, mendarat dalam aktivitas senam lantai berkaitan dengan pengalaman yang berkesan
·         Melakukan percakapan dengan teman tentang  ungkapan sayang  sesuai dengan teks tentang pengalaman yang berkesan
·         Membuat karya kerajinan sesuai dengan pengalaman yang berkesan (bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam)
·         Mengungkapkan rasa sayang melalui  puisi/syair berkaitan dengan pengalaman yang berkesan
·         Tanya jawab dengan teman tentang pengalaman yang berkesan yang menunjukkan operasi pengurangan (bilangan 21-40)
·         Mencari hasil pengurangan dua bilangan  dengan teknik tanpa meminjam  dengan bantuan benda konkret  (bilangan21-40) berkaitan dengan pengalaman yang berkesan
·         Mendemontrasikan ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu berkaiatan dengan pengalaman yang berkesan
·         Menuliskan ungkapan sayang melalui puisi maupun lagu sesuai dengan pengalaman yang berkesan
·         Menceritakan pengalaman yang berkesan (misalnya saat berbelanja bersama anggota keluarga)
·         Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan (bilangan 21-40)


35 menit x 30 JP x 4 minggu
  1. Teks lagu “Bunda Piara”
  2. Foto masa kecil anak
  3. gambar pengalaman sehari-hari
  4. Benda di sekitar anak
  5. Kulit telur
  6. lem
  7. Bulu ayam
  8. gambar simbol-simbol pancasila
Bahasa Indonesia



3.8   Memahami  ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.8  Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
3.11   Memahami puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
4.11   Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri

·         Ungkapan terima kasih
·         Ungkapan permintaan maaf
·         Ungkapan minta tolong
·         Ungkapan pujian
·         Ungkapan ajakan
·         Ungkapan pemberitahuan
·         Ungkapan perintah



Matematika


3.1     Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1     Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2     Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2     Menuliskan lambang bilangan  sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3  Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3     Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya  dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.4     Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan  penjumlahan dan pengurangan bilangan  yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

·         Bilangan Cacah
·         Bilangan 2 angka
·         Lambang Bilangan
SBDP


3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan    tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3  Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam



·         Ekspresi dua tiga dimensi
·         Elemen musik melalui lagu
·         Gerak anggota tubuh melalui tari
·         Karya seni bahan alam


PJOK


3.5  Memahami prosedur berbagai pola gerak dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai

4.5  Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
Prosedur berbagai pola gerak dominan:
·         Gerak bertumpu dengan tangan
·         Gerak bergantung
·         Gerak ayunan
·         Gerak melayang
·         Gerak mendarat

                     Mengetahui                                       Tirto,    Juli 2016
                 Kepala Madrasah                                Guru Kelas I

                 Abdul Aziz,S.Ag                                  Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP. 19690604  199803 1 002                                     NIP. 19780419 200710 2001                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar