SILABUS
KELAS I
TEMA 5 : PENGALAMANKU
MI
NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN
2016
TEMA 5
PENGALAMANKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
1.1
Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon
beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang
negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila
4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara
“Garuda Pancasila”
1.2 Menunjukkan sikap mematuhi aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam
keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Memahami
keberagaman karakteristik individu di
rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
1.4 Menunjukkan sikap kerjasama dalam suasana keberagaman
di rumah
2.4 Bekerjasama
dalam keberagaman di rumah
3.4. Menggambarkan bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam
keberagaman di rumah
|
·
Simbol
sila sila Pancasila
·
Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
·
Keberagaman
karakteristik budaya
·
Bentuk
kerja sama
|
Subtema 1: Pengalaman Masa
Kecilku (26
jam pelajaran)
·
Menyanyikan
lagu tentang masa kecil
·
Mengamati
foto masa kecil/pengalaman masa kecil
·
Menjawab
pertanyaan tentang pengalaman masa kecil yang diingatnya
·
Menjawab
pertanyaan tentang pengalaman yang berhubungan dengan aturan di rumah ketika
masih kecil (misalnya cerita dari ibu tentang makanan bayi, aturan tentang
menjaga kesehatan supaya bayi atau anak kecil tidak sakit)
·
Tanya
jawab tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah
berkaitan dengan pengalaman masa kecil (misalnya ketika belajar di rumah)
·
Tanya
jawab prosedur gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai
·
Mempraktikkan
gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai
·
Membuat
pertanyaan dari foto masa kecil temannya/pengalaman masa kecil temannya
·
Menjawab
pertanyaan dari teman tentang pengalaman masa kecil yang diingatnya
·
Mendengarkan
cerita tentang persoalan masa kecil yang dialami temannya
·
Menulis
ungkapan yang berisi ajakan secara tertulis berkaitan dengan teks Pengalaman Masa Kecil
·
Menentukan
contoh benda yang dimiliki siswa yang ada hubungannya dengan masa kecil,
misalnya mainan rumah-rumahan
·
Menentukan
jumlah benda-benda yang dimiliki siswa ketika masih kecil
·
Mendemontrasikan
membilang secara urut bilangan 21 sampai 40 dengan bantuan benda konkret
(misalnya: meja, kursi, buku, dan lain-lain)
·
Tanya
jawab banyak anggota suatu kumpulan
objek dengan bilangan yang tepat (21-40)
·
Tanya
jawab tentang hal-hal yang harus
dilakukan (misalnya ketika belajar di rumah)
·
Menyampaikan
aturan di rumahnya masing-masing (misalnya tentang aturan belajar di rumah)
·
Tanya
jawab tentang prosedur gerak bergantung dalam aktivitas senam lantai
·
Mempraktikkan
prosedur gerak bergantung dalam aktivitas senam lantai
·
Menyanyikan
lagu dengan memerhatikan kuat lemah bunyi
·
Memperhatikan
cerita guru/temannya seperti yang tertera pada gambar tentang pengalaman masa
kecil
·
Mengungkapkan
ajakan lisan berkaitan dengan gambar
pengalaman masa kecil
·
Membuat
pertanyaan tentang pengalaman masa kecil siswa kepada orang tuanya
·
Melakukan
demonstrasi untuk mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (21-40)
·
Berdiskusi
untuk memasangkan bilangan (21-40) sesuai dengan banyak anggota kumpulan
objek yang diberikan
·
Bermain
tebak angka untuk mengenal lambang bilangan 21 sampai dengan 40 melalui kartu
bilangan
·
Menceritakan
pengalaman masa kecil siswa sesuai cerita orang tuanya
·
Mengamati
gambar dan menceritakan dengan kalimat sendiri tentang aturan di rumah
berkaitan dengan pengalaman masa kecil
·
Memilih
dan menunjuk gambar yang sesuai dengan cerita tentang aturan di rumah
berkaitan dengan pengalaman masa kecil
·
Secara
bergantian menulis lambang bilangan 21
sampai dengan 40 dengan lengkap
·
Secara
bergantian menuliskan nama bilangan 21 sampai dengan 40
Sub
Tema 2: Pengalaman Bersama Teman (26
jam pelajaran)
·
Menirukan
bacaan guru yang berkaitan dengan pengalaman bersama teman.
·
Mengidentifikasi
kata minta maaf yang ada di teks
·
Menjawab
pertanyaan tentang pentingnya minta maaf
·
Menceritakan
teman-teman yang disayangi berkaitan dengan pengalaman masa kecil
·
Mengamati
gerakan keseharian yang ada di lingkungan sekitar siswa (misalnya gerakan
tumbuhan)
·
Memeragakan
gerakan tumbuhan
·
Memeragakan
gerakan tangan seperti gerakan tumbuhan
·
Tanya
jawab tentang cara melakukan gerak
keseimbangan dalam aktivitas senam lantai
·
Mempraktikkan
prosedur gerak keseimbangan dalam aktivitas senam lantai
·
Menirukan
kalimat yang ada permintaan maaf pada percakapan guru dengan siswa dan antara
siswa dengan siswa
·
Memeragakan
kalimat permintaan maaf dalam percakapan
·
Mengamati
gambar kegiatan siswa bersama teman
·
Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan
gambar yang ada ungkapan sayang kepada teman lisan
·
Mengucapkan
terimakasih kepada teman, guru, orang tua, atau saudara
·
Mendemontrasikan nilai tempat ( satuan dan puluhan) bilangan
terdiri dari dua angka dengan bantuan benda konkret (bilangan 21-40)
·
Tanya
jawab tentang cara melakukan gerak
berpindah dalam aktivitas senam lantai
·
Mempraktikkan gerak berpindah dalam aktivitas senam
lantai
·
Memerakan
gerakan kaki untuk memperjelas gerakan tumbuhan
·
Memadukan
gerakan tangan, kaki, dan kepala yang memperjelas gerakan tumbuhan
·
Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan
gambar yang ada ungkapan sayang kepada teman secara lisan
·
Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan
gambar yang ada ungkapan sayang kepada teman secara tertulis
·
Mendemontrasikan
tentang kalimat pujian kepada teman
·
Membuat
kalimat dengan kata pujian kepada teman
·
Menunjukkan
letak bilangan satuan
·
Menunjukkan
letak bilangan puluhan
·
Mengamati
gambar tentang kegiatan siswa bersama teman
·
Mendengarkan
cerita guru/teman yang berisi kata-kata ungkapan permintaan maaf
·
Mengungkapkan
kembali kalimat minta maaf
·
Menuliskan
bilangan terdiri dari dua angka ( 21-40) sesuai dengan nilai tempat
·
Meminta
maaf jika berbuat salah atau mengganggu orang lain/teman
Sub Tema 3: Pengalaman di Sekolah (26 jam pelajaran)
·
Mengamati
gambar burung Garuda Pancasila
·
Mendengarkan
guru membaca teks Pancasila
·
Menirukan
guru membaca teks Pancasila
·
Membaca
sila sila Pancasila
·
Menceritakan
pengalaman berlibur bersama anggota keluarga kepada teman di sekolah
·
Menunjukkan
kalimat ajakan pada cerita tentang pengalaman di sekolah yang ada kaitannya
dengan sila sila Pancasila
·
Menentukan
benda di lingkungan sekolah yang akan ditiru untuk dibuat karya, misalnya
bola
·
Menentukan
bahan lunak yang akan digunakan untuk membuat bola
·
Mengamati
gerakan tolakan dalam senam lantai
·
Memperagakan
gerakan tolakan dalam senam lantai
·
Menyebutkan
kembali kalimat ajakan pada pengalaman di sekolah
·
Menuliskan
kalimat ajakan sesuai dengan pengalaman di sekolah
·
Membandingkan
banyak dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau
sama banyak. (21-40)
·
Mengamati
simbol sila sila Pancasila
·
Mengamati
ciri-ciri simbol sila sila Pancasila
·
Menyebutkan
ciri-ciri simbol sila sila Pancasila
·
Menceritakan
pengalaman bersama teman-teman di sekolah (misalnya kegiatan belajar di taman
sekitar sekolah, kegiatan pramuka)
·
Mendengarkan
cerita guru yang terdapat simbol sila sila Pancasila
·
Menanggapi
tentang ciri-ciri simbol sila sila Pancasila yang disebutkan temannya
·
Mengamati
gerakan putaran dalam senam lantai
·
Memperagakan
gerakan putaran dalam senam lantai
·
Tanya
jawab tentang kalimat pujian yang berkaitan dengam pengalaman di sekolah
·
Menuliskan
kalimat pujian yang berkaitan dengan pengalaman di sekolah
·
Membuat
karya tiga dimensi dengan bahan lunak berkaitan dengan tema (misalnya membuat
patung)
·
Mengamati
foto kenangan ketika melakukan kegiatan di sekolah
·
Menyebutkan
peristiwa pada foto tersebut
·
Mengungkapkan
perasaan ketika kegiatan itu berlangsung berdasarkan pertanyaan guru
·
Menggunakan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan
·
Membandingkan
dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan(21-40) menggunakan benda
konkret
·
Mengamati
gambar tentang sila sila Pancasila
·
Menyebutkan
pengalaman di sekolah yang sesuai dengan sila sila Pancasila
·
Menceritakan
pengalaman berdiskusi bersama anggota
keluarga kepada teman
·
Tanya
jawab ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu
·
Membuat
kalimat yang mengungkapkan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair
lagu
·
Melakukan
operasi hitung penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 40 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda
konkret
Sub
Tema 4: Pengalaman yang Berkesan (26
jam pelajaran)
·
Mengidentifikasi
kalimat ungkapan sayang sesuai dengan teks tentang pengalaman yang berkesan
·
Menceritakan
pengalaman yang berkesan saat melakukan kegiatan di rumah (misalnya
membersihkan rumah bersama anggota keluarga)
·
Tanya
jawab tentang pemanfaatan hewan dalam
membuat karya kerajinan yang berhubungan dengan pengalaman yang berkesan
(bros kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam)
·
Tanya
jawab tentang prosedur gerak ayunan
dalam aktivitas senam lantai
·
Tanya
jawab tentang prosedur gerak melayang
dalam aktivitas senam lantai
·
Tanya
jawab tentang prosedur gerak mendarat
dalam aktivitas senam lantai
·
Mengungkapkan
kembali-kalimat ungkapan sayang sesuai
dengan teks tentang pengalaman yang berkesan secara lisan
·
Mengungkapkan
kembali-kalimat ungkapan sayang sesuai
dengan teks tentang pengalaman yang berkesan secara tertulis
·
Tanya
jawab tentang masalah sehari-hari
berkaitan dengan pengalaman yang
berkesan yang melibatkan
pengurangan (bilangan21-40)
·
Menceritakan
pengalaman yang berkesan di keluarga (misalnya saat ada anggota keluarga yang
sakit)
·
Mempraktikkan
gerak ayunan, melayang, mendarat dalam aktivitas senam lantai berkaitan
dengan pengalaman yang berkesan
·
Melakukan
percakapan dengan teman tentang
ungkapan sayang sesuai dengan
teks tentang pengalaman yang berkesan
·
Membuat
karya kerajinan sesuai dengan pengalaman yang berkesan (bros kulit kerang,
melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam)
·
Mengungkapkan
rasa sayang melalui puisi/syair
berkaitan dengan pengalaman yang berkesan
·
Tanya
jawab dengan teman tentang pengalaman yang berkesan yang menunjukkan operasi
pengurangan (bilangan 21-40)
·
Mencari
hasil pengurangan dua bilangan dengan
teknik tanpa meminjam dengan bantuan
benda konkret (bilangan21-40)
berkaitan dengan pengalaman yang berkesan
·
Mendemontrasikan
ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu berkaiatan
dengan pengalaman yang berkesan
·
Menuliskan
ungkapan sayang melalui puisi maupun lagu sesuai dengan pengalaman yang
berkesan
·
Menceritakan
pengalaman yang berkesan (misalnya saat berbelanja bersama anggota keluarga)
·
Menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan
(bilangan 21-40)
|
35 menit x 30 JP x 4 minggu
|
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
3.8 Memahami
ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang
lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang
dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.8
Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain
secara lisan dan tulis
3.11 Memahami puisi anak/syair lagu (berisi
ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau
persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu
(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri
|
·
Ungkapan
terima kasih
·
Ungkapan
permintaan maaf
·
Ungkapan
minta tolong
·
Ungkapan
pujian
·
Ungkapan
ajakan
·
Ungkapan
pemberitahuan
·
Ungkapan
perintah
|
|||
Matematika
|
|
|
||
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai
dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan
bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota
kumpulan objek yang disajikan
3.2 Menjelaskan
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2 Menuliskan
lambang bilangan sampai dua angka yang
menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan
kumpulan benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan
bilangan
3.4 Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 99
|
·
Bilangan
Cacah
·
Bilangan
2 angka
·
Lambang
Bilangan
|
|||
SBDP
|
|
|
||
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak
anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan
alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
|
·
Ekspresi
dua tiga dimensi
·
Elemen
musik melalui lagu
·
Gerak
anggota tubuh melalui tari
·
Karya
seni bahan alam
|
|||
PJOK
|
|
|
||
3.5 Memahami
prosedur berbagai pola gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.5 Mempraktikkan
berbagai pola gerak dominan (bertumpu bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran ayunan, melayang, dan mendarat) dalam
aktivitas senam lantai
|
Prosedur
berbagai pola gerak dominan:
·
Gerak
bertumpu dengan tangan
·
Gerak
bergantung
·
Gerak
ayunan
·
Gerak
melayang
·
Gerak
mendarat
|
Mengetahui Tirto, Juli 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas I
Abdul
Aziz,S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP. 19780419
200710 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar