SILABUS
KELAS I
TEMA 7 : BENDA, HEWAN DAN
TANAMAN DI SEKITARKU
MI
NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN
2016
TEMA 7
BENDA HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1
Menerima gambar (bintang segi lima, rantai, pohon
beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
2.1 Bersikap positif
terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
1.2 Menun jukkan sikap mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
1.4 Menunjukkan sikap kerjasama dalam suasana keberagaman
di rumah
2.4 Bekerjasama
dalam keberagaman di rumah
3.4 Menggambarkan bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam
keberagaman di rumah
|
· gambar (bintang segi
lima, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang
negara “Garuda Pancasila”
· aturan di rumah
· keberagaman karakteristik individu
· bentuk kerjasama dalam keberagaman
|
Subtema 1: Benda Hidup dan Benda Tak
Hidup di Sekitarku (26 jam pelajaran)
· mengelompokkan
benda hidup dan benda tak hidup di dalam kelas dan luar kelas
· menggunting,
menempelkan, dan memasukkan gambar ke kotak sesuai dengan kelompok benda
hidup dan benda tak hidup
· mengelompokkan
benda dan manfaatnya serta nama dan lambang bilangan 61-80 sesuai dengan aturan
· menentukan
gambar benda hidup dan benda tak hidup dengan cara menghubungkan bilangan
61-80 secara berurutan
· menyebutkan
angka 61-80 bersama dan menuliskan nama bilangan pada papan tulis dengan
dibantu guru
· bermain
dengan cara menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 61-80,
· mengurutkan
angka mulai dari yang terkecil dan dari yang terbesar
· menebak
benda dengan menghubungkan bilangan 61-80 secara berurutan
· mengerjakan
latihan pada buku siswa
· membaca
wacana di buku siswa tentang tokoh yang bermain boneka dan tokoh yang bermain
bersama hewan peliharaan
· mendengarkan
penjelasan guru mengenai: perbedaan perlakuan yang diberikan tokoh pada benda
kesayangannya, perbedaan benda hidup dan benda tak hidup
· mendiskusikan
tentang persamaan, perbedaan, dan perbandingan kursi dan kucing dengan huruf
tegak bersambung kursi dan kucing,
· menceritakan
pengalaman melihat langit pada malam hari kemudian mendengarkan penjelasan
tentang jenis benda yang ada di langit
· mengamati
guru menyanyikan lagu dengan gerakan badan kemudian membaca, menghafal teks
lagu Bintang Kecil, dan menyanyikan
lagu dengan bergerak sesuai isi lagu
· bermain
melempar gulungan kertas
· mendengar
penjelasan guru mengenai ciri benda hidup yang mampu bergerak sendiri untuk
berpindah tempat atau menanggapi rangsangan
· mengamati
gambar dan teks di buku siswa tentang benda hidup yang dapat berpindah
sendiri
· bermain
melempar dan menangkap bola serta mempraktikkan gerak lempar tangkap bola
sambil berlari menyamping
· mendengar
penjelasan guru mengenai garis bilangan,
kemudian membuat garis dan menuliskan bilangan dari 61-80
· bermain
dengan cara berdiri dan bergerak 5 langkah sesuai yang dituju
· menyimpulkan
benda hidup yang dapat bergerak sendiri dan benda tak hidup yang tidak dapat
bergerak sendiri
· berdiskusi
tentang pentingnya makanan dan minuman
· mendengarkan
penjelasan guru mengenai perbedaan pertanaman yang terjadi pada makhluk hidup
· mengamati
gambar di buku siswa, menuliskan cerita sesuai dengan gambar, dan
menyampaikan hasil tulisannya
· menyimpulkan
sikap yang harus ditiru dan tidak boleh ditiru
· menjawab
pertanyaan di buku
· memahami
cara mengukur berat badan dan tinggi badan
· mengamati
gambar anak yang sedang berenang dan gambar seorang anak laki-laki yang
sedang membantu mengeluarkan anak kucing dari karung
· berdiskusi
mengapa benda hidup memerlukan udara untuk bernafas
· berlatih
pernafasan di kolam renang atau di darat
· melakukan
pernafasan dengan duduk di tepi kolam dan menggerak-gerakkan kaki atau
berlari mengelilingi lapangan sebanyak dua kali
· berlatih
menarik nafas lalu membuang melalui hidung
· mendengarkan
teks desktiptif dari guru tentang kebutuhan udara bagi benda hidup
Subtema 2:
Hewan di Sekitarku (
26 jam pelajaran)
· mendengar
penjelasan guru mengenai jenis-jenis hewan di sekitar dan menjawab pertanyaan
guru mengenai hewan yang disukai
· menjelaskan
perawatan pada hewan peliharaan dan menceritakan hewan kesukaannya
· mendengarkan
penjelasan guru tentang syair lagu Kucingku
Belang Tiga
· membaca
syair, menghafalkan, dan menyanyikan lagu Kucingku
Belang Tiga
· mengamati
gambar hewan dan menirukan guru membaca teks
· berdiskusi
dan tanya jawab mengenai nama binatang, cara bergerak, suara, dan tempat
hidupnya
· bermain
dengan kartu bergambar hewan kemudian mengelompokkan hewan sesuai dengan
tempat hidupnya
· membandingkan
hewan berdasarkan ukuran badan
· mendengarkan
cerita yang dibacakan oleh guru dari buku siswa tentang Pergi ke Kebun Binatang
· Berdiskusi
mengenai cerita serta sikap dan peraturan yang harus diikuti saat berkunjung
ke kebun binatang
· menuliskan
dan menyampaikan hasil diskusi
· bermain
mempraktikkan tiga gerak hewan, yaitu berlari seperti kuda, lompat kelinci,
dan berdiri satu kaki seperti burung bangau
· mendiskusikan
perasaan mereka ketika mempraktikkan gerak hewan
· mengamati
guru membaca puisi kemudian mengikuti membaca puisi secara bertahap
· membaca
puisi dengan gaya dan intonasi sendiri di depan kelas
· menyelesaikan
soal penjumlahan cara bersusun ke bawah
· mewarnai dan
menggunting berbagai pola binatang laut lalu ditempelkan pada sebuah batang
sehingga menjadi wayang hewan
· berlatih
hitung mundur dan menyelesaikan soal pengurangan
· mewarnai
gambar sesuai instruksi
· mengelompokkan
gambar hewan dengan menggunting dan menempel
· mendengar
penjelasan guru tentang manfaat hewan dan peternakan
· berdiskusi
mengenai manfaat hewan dan asal makan yang disantapnya
· mengamati
guru tentang soal cerita penjumlahan dan pengurangan tentang hasil ternak
· menyelesaikan
soal penjumlahan dan pengurangan
· menjawab
pertanyaan guru tentang binatang buas
· melakukan
gerakan gajah
Subtema 3:
Tumbuhan
di Sekitarku(26 jam pelajaran)
· mengamati tentang tanaman sebagai bagian dari
benda hidup di buku siswa dan lingkungan sekitar
· berdiskusi mengenai perbedaan tanaman dengan
makhluk hidup lainnya berdasarkan ciri-ciri fisik yang dimilikinya (akar,
batang, daun, bunga, buah, biji)
· mengamati dan memasangkan kartu yang berisi nama
bagian tanaman dengan gambar pada poster
· mengindentifikasi dan mengelompokkan tanaman
berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimilikinya, seperti bunga, daun, biji,
atau akarnya dengan bantuan guru
· tanya jawab tentang contoh-contoh tanaman buah,
sayur, dan hias
· mengamati guru menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu
· membaca
syair lagu, menghafal, dan menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu
· mengerjakan soal latihan
· mengamati grafik gambar tentang buah kesukaan
pada buku siswa
· mewawancarai 10 orang teman tentang jenis tanaman
di pekarangan rumah masing-masing
· menghitung (hasil wawancara) jumlah teman yang
memiliki tanaman ke dalam grafik gambar pada buku siswa, dengan menempelkan
pada setiap kolom
· menyampaikan hasil wawancara di depan
teman-temannya
· berdiskusi tentang beberapa contoh tanaman buah,
hias, dan sayur yang mungkin belum dikenal
· menceritakan/menggambar bentuk dan ciri-ciri
pohon buah
· mengerjakan latihan
· mendengarkan cerita guru tentang merawat tanaman
atau membaca wacana pada buku siswa tentang kegiatan merawat tanaman
· berdiskusi mengenai apa aja aturan dalam merawat
tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur
· menuliskan apa saja kemungkinan yang dapat
terjadi jika tanaman tidak dirawat dengan baik
· mempraktikkan secara langsung aturan dan cara
merawat tanaman yang ada di sekolah
· mendengar
penjelasan guru bahwa tanaman berkembang biak dengan biji dan tunas
· mengamati,
mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai jenis biji berdasar bentuk, warna,
ukuran, dan ciri lainnya
· mengamati
guru mengenai langkah-langkah melakukan percobaan (teks deskriptif petunjuk
percobaan)
· melakukan
percobaan tentang pertanaman dan tanaman/proses perkembangbiakan tanaman
· mengamati
selama beberapa hari untuk melihat tahapan proses pertanaman pada tanaman
· menggambarkan
dan mencatat hasil pengamatannya setiap hari dalam tabel
· menuliskan
kesimpulan dari hasil pengamatannya tentang proses perkembangbiakan pada
tanaman dengan dibimbing oleh guru
· mengurutkan
gambar, memberi nomor, menggunting, dan merekatkan jaring-jaring kubus
sehingga menjadi sebuah buku yang berbentuk kubus.
· menghias dan
mewarnai gambar pada buku kubus
· menceritakan
gambar-gambar yang terdapat pada buku kubus
· mengamati
sepasang tempurung/batok kelapa yang sudah dilubangi dan diberi tali pengikat
· menjawab
pertanyaan guru tentang asal tempurung dan menyebutkan nama/bagian tanaman
yang menghasilkan tempurung
· mengamati
contoh cara melakukan permaian “berjalan dan berlari di atas tempurung
kelapa”
· berlatih
permainan dengan batok kelapa dan melakukan perlombaan
· mengamati
penjelasan guru tentang manfaat tanaman bagi manusia sebagai sumber oksigen,
sumber makanan dan menjadi obat-obatan
· membaca teks
deskriptif dan menebalkan/menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung
· berdiskusi
tentang bagian tanaman yang dapat diolah menjadi makanan dan jenis tanaman
yang jarang ditemui namun bisa dijadikan sumber makanan
· megamati dan
menjelaskan tentang daun
· menjiplak,
menempelkan, dan mengarsir permukaan daun
· menciptakan
pola tertentu dengan menggabungkan beberapa jenis daun
· menunjukkan
dan menjelaskan hasil karya
· mengamati
gambar dan lingkungan sekitar tentang tanaman darat dan tanaman air
· mengelompokkan
kartu tanaman berdasarkan tempat tinggalnya
· membuat dan
menganalisis grafik gambar tentang jumlah tanaman darat dan air
· melakukan
permainan tradisional “lompat bambu”
· menyebutkan
beberapa aturan dalam permainan
· berdiskusi
dan menuliskan manfaat pentingnya aturan dalam permainan dan akibat yang
dapat timbul jika tidak patuh pada aturan
· membuat
cerita bergambar tentang anak yang mematuhi dan tidak mematuhi aturan
· mengamati
guru menggambar diagram tentang bagian-bagian tanaman, yang dibutuhkan, dan
dihasilkan oleh tanaman
· menempelkan
kartu-kartu kata pada kolom yang paling sesuai
· membuat dan
melengkapi bagan di kertas dengan tulisan yang indah dan rapi
· menempelkan
hasil karya
Subtema 4:
Bentuk,
Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda (26 jam pelajaran)
· menyebutkan
mainan yang paling disukai dan alasannya
· membandingkan
kedua benda yang disukai
· menemukan
persamaan, perbedaan, dan membandingkan berdasarkan warna, bentuk, fungsi,
ukuran, permukaan kasar atau lembut, dan kategori benda mati atau benda hidup
· berdiskusi
apabila benda berwarna, berbentuk, atau berukuran sama
· mengelompokkan
gambar mainan pada buku sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya
· menunjukkan
berbagai benda dengan berbagai ukuran dan bentuk
· menyusun dan merapikan benda berdasarkan
ukuran atau warnanya sehingga tampak rapi
· menyampaikan
alasan penyusunan benda tersebut
· memilih cara
penyusunan mana yang paling rapi
· mendengar
penjelasan guru mengenai perbedaan harga mainan
· mendengar
penjelasan guru mengenai nama dan nilai mata uang
· mengurutkan
benda berdasarkan harga
· bermain jual
beli
· membaca,
menghafal, dan menyanyikan lagu Pelangi
· menyebutkan
warna pelangi sesuai nyanyian
· berlatih
menulis huruf tegak bersambung
· menyusun
huruf menjadi kata dan mengelompokkan benda sesuai persamaan warna yang
dimiliki
· mengamati
bentuk dan jumlah lantai ruang kelas
· menghitung
jumlah ubin disekitar area tempat
|
35 menit X 30 JP X 4 minggu
35 Menit X 30 JP
|
1. Diri
Anak
2. Lingkungan
3. Media
Gambar
4. Buku
cerita
5. Benda
di sekitar siswa
6. Model
bangun datar dan bangun ruang
7. Papan
titian
8. Bahan
makanan
|
Bahasa Indonesia
3.6 Memahami kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan
sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dan
ejaan yang tepat berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis
sederhana
3.7 Memahami
kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks
pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan ejaan
yang tepat peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
3.8 Memahami ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang
santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah
4.8 Mengucapkan ungkapan terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang
santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis
|
·
kosakata
tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
·
kosakata
yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek
·
ungkapan
penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian,
ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan
menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah
·
|
|
|
|
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai
dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan
99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2 Menjelaskan
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka
dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan bilangan
yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat
dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
4.8 Melakukan
pengukuran panjang dan berat dalam
satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
|
· Bilangan cacah sampai dengan 99
· bilangan sampai dua angka dan nilai tempat
penyusun lambang bilangan
· opersi hitung penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
· pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
benda/gambar/gerakan atau lainnya
· bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan
berbagai benda konkret
· bangun datar yang dapat disusun membentuk pola
pengubinan
· panjang dan berat dengan satuan tidak baku
menggunakan benda/situasi konkret
|
|
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen
musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen
musik melalui lagu
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak
anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan
alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
|
·
karya
ekspresi dua dan tiga dimensi
·
elemen musik
·
Gerak anggota tubuh
·
bahan alam
dalam berkarya
|
|
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.6 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar
lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak berirama
3.7 Memahami prosedur berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang
lain dalam
aktivitas air***
4.7 Mempraktikkan berbagai
pengenalan aktivitas air dan menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
|
·
prosedur
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor
·
berbagai
pengenalan aktivitas air dan menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air
|
|
|
Mengetahui Tirto, Juli 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas I
Abdul
Aziz,S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP. 19780419
200710 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar