SILABUS
KELAS I
TEMA 8 : PERISTIWA ALAM
MI
NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN
2016
TEMA 8
PERISTIWA ALAM
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1
Menerima gambar (bintang segi lima,
rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas) pada lambang negara
“Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap
positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
1.2 Menunjukkan sikap mematuhi aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.4 Menunjukkan sikap
kerjasama dalam suasana keberagaman di rumah
2.4 Bekerjasama dalam keberagaman di rumah
3.4 Menggambarkan
bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan
pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
|
·
Sila
kelima Pancasila (rumusan, symbol, ciri-ciri simbol)
·
Aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
·
Kegiatan yang sesuai dengan
aturanyang berlaku di rumah dihubungan dengan tema (cara memanfaatkan air,
cara menghemat air)
|
Sub Tema 1: Cuaca (26
jam pelajaran)
·
Membaca
nyaring teks bacaan yang berhubungan dengan kegiatan pagi hari sebagai bagian
peristiwa siang dan malam
·
Menyanyikan lagu yang berkaitan dengan cuaca (misalnya
“Hujan) dengan ketukan
·
Melakukan
kegiatan berbagi kepada sesama sesuai dengan pengamalan sila ke lima
·
Tanya
jawab tentang cara melakukan gerak dasar memutar sesuai irama
·
Menunjukkan
kosa kata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian peristiwa siang dan malam
·
Menuliskan
kosa kata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian peristiwa siang dan malam
·
Tanya
jawab tentang panjang benda yang ada di kelas (paling panjang, paling jauh,
paling tinggi)
·
Melakukan
cara hidup yang sederhana tidak berlebihan
·
Menyanyikan
lagu yang berkaitan dengan peristiwa malam hari (misalnya “Bintang Kecil” )
dengan bertepuk tangan
·
Menuliskan
kosakata berkaitan peristiwa malam hari sesuai dengan lagu
·
Mempratikkan gerak dasar memutar sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan
iringan musik dalam aktivitas gerak berirama
·
Menuliskan
kosakata berkaitan peristiwa malam hari dalam kalimat
·
Menunjukkan
benda-benda yang ada di dalam kelas
yang letaknya paling jauh dari tempat
duduk siswa kemdian menuliskan di papan tulis
·
Melakukan
usaha gigih dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi
·
Lomba
mengurutkan panjang benda antar kelompok
·
Membuat
cerita sederhana yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
Sub
Tema 2:
Musim
Kemarau (26 jam pelajaran)
·
Membaca
nyaring teks wacana yang berkaitan dengan musim kemarau
·
Diskusi
tentang pentingnya air untuk memenuhi kebutuhan
·
Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
·
Tanya jawab tentang cara malakukan
gerak dasar menekuk sesuai irama /ketukan
·
Membuat
ungkapan secara lisan berkaitan dengan membersihkan lingkungan akibat musim
kemarau
·
Membuat
ungkapan secara tertulis berkaitan dengan membersihkan lingkungan akibat
musim kemarauS
·
Tanya
jawab tentang berat benda yang ada di dalam kelas (Misalnya: benda-benda yang
berat (meja, kursi), benda-benda yang ringan di dalam kelas(misalnya: buku,
pensi)
·
Mengungkapkan
cara menggunakan air dengan hemat
·
Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
·
Membuat kalimat pujian secara lisan berkaitan dengan
kegiatan di musim kemarau
·
Mempratikkan gerak dasar
menekuk sesuai irama /ketukan (misalnya: membungkukkan badan untuk mengambil
sampah daun yang berguguran kemudia badan tegak kembali)
·
Membuat kalimat ajakan secara lisan yang berkaitan
dengan musim kemarau
·
Mengukur
berat benda dengan satuan tidak baku yang sama (Misalnya: mengukut berat buku
dengan 3 buah kelereng menggunakan timbangan sederhana)
·
Membuat kalimat ajakan secara tertulis yang berkaitan
dengan musim kemarau
·
Bertanya
jawab tentang cara melindungi air agar tidak tercemar
·
Mengurutkan
berat benda bersama kelompoknya masing-masing
Sub Tema tiga: Musim
Penghujan (26
jam pelajaran)
·
Membaca
nyaring teks wacana yang berkaitan dengan musim penghujan
·
Tanya
jawab berkaitan dengan wacana.
·
Tanya
jawab tentang entang hal-hal yang
harus dilakukan berkaitan dengan makan
di rumah
·
Mempraktikkan
cara mencuci tangan sebelum makan
·
Tanya
jawab tentang hasil karya tiga dimensi dengan menggunakan teknik 3M yang
berkaitan dengan musim hujan (misalnya: membuat payung dari kertas, membuat
tas dari kertas)
·
Menuliskan
alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya tiga dimensi dengan
menggunakan teknik 3M yang berkaitan dengan musim hujan (misalnya: membuat
payung dari kertas, membuat tas dari kertas)
·
Tanya
jawab tentang cara melakukan gerak dasar meliuk
sesuai irama (ketukan) sesuai dengan tema
·
Membuat kalim at ajakan secara lisan sesuai dengan teks bacaan tentang
bekerja sama membersihkan lingkungan (misalnya: Teman-teman, ayo kita
keringkan lantai yang basah karena air hujan)
·
Membuat kalim at ajakan secara tertulis sesuai dengan teks bacaan
tentang bekerja sama membersihkan lingkungan (misalnya: Teman-teman, ayo kita
keringkan lantai yang basah karena air hujan)
·
Tanya
jawab tentang lamanya waktu (siang, malam, lamanya waktu melakukan kegiatan
mengeringkan lantai yang basah karena air hujan)
·
Menulis
di papan tulis hal-hal yang harus dilakukan berkaitan dengan makan di rumah secara bergantian (misalnya:
mencuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan)
·
Mempraktikkan
gerak dasar meliuk sesuai irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama (misalnya meliukkan badan sambil memakai payung)
·
Membuat
kalimat pujian secara lisan berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan siswa
pada saat musim hujan
·
Berdiskusi
untuk menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya tiga
dimensi dengan teknik 3 M (Misalnya membuat payung dari kertas, membuat tas
darikertas)
·
Membuat
karya tiga dimensi dengan teknik 3M sesuai dengan ide/gagasan, tema, dan
obyek yang telah didiskusikan
·
Membuat
kalimat pujian secara tertulis berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan siswa
pada saat musim hujan
·
Berlomba
melipat payung/jas hujan dengan teman sesuai dengan waktu yang ditentukan
·
Menyebutkan
dan menuliskan hal-hal yang harus dilakukan berkaitan dengan makan di rumah secara bergantian
·
Mempratikkan
makan secara perlahan dan tidak bersisa
·
Berlomba
membuat kalimat pujian secara lisan dan tulisan dengan mengangkat tangan atau
menuliskan di papan tulis
·
Menuliskan
waktu mulai hujan
·
Menuliskan
waktu selesai hujan
Sub
Tema empat: Bencana
Alam (26
jam pelajaran)
·
Bermain peran mengungkapkan
ucapan terima kasih secara
lisan
·
Menuliskan ucapan terima kasih
·
Tanya
jawab tentang pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan bersama-sama dalam mengatasi
masalah di rumah
·
Bercerita
tentang pengalamannya melakukan suatu kegiatan dalam mengatasi masalah di
rumah
·
Berdiskusi
tentang pemanfaatan tanah dan batuan dalam membuat karya kerajinan (hiasan
dari berbagai ukuran pasir berwarna dan tanah liat)
·
Bertanya
jawab tentang cara melakukan gerakan dasar meliuk tanpa
iringan musik dalam aktivitas gerak berirama sesuai dengan tema
·
Bermain peran mengungkapkan
ucapan minta tolong secara lisan
·
Menuliskan ucapan minta tolong
·
Bermain
peran mengungkapkan kalimat ajakan secara lisan
·
Mengungkapkan kalimat ajakan secara lisan yang terdapat dalam teks/gambar tentang bekerja sama
membersihkan lingkungan berkaiatan dengan tema
·
Menuliskan kalimat ajakan berkaitan dengan kegiatan bekerja sama
membersihkan lingkungan
·
Bertanya
jawab tentang suhu (dingin, panas) berkaitan dengan peristiwa bencana alam
·
Tanya
jawab tentang pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan masing-masing anggota
keluarga dalam mengatasi masalah di rumah jika terjadi bencana alam
·
Menuliskan
pengalaman melakukan suatu kegiatan dalam mengatasi masalah di rumah saat
terjadi bencana alam
·
Memperagakan
gerakan meliuk tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak berirama sesuai dengan tema
·
Bermain
peran mengungkapkan ungkapan pujian secara lisan berkaitan dengan teks Tanaman
di Sekitarku
·
Menuliskan kalimat ungkapan pujian
berkaitan dengan teks Tanaman di Sekitarku
·
Membuat
karya kerajinan (hiasan dari berbagai
ukuran pasir berwarna dan tanah liat) sesuai dengan tema (misalnya kota P3K,
rumah sakit)
·
Bermain
peran mengungkapkan ungkapan permintaan tolong secara lisan
berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan saat terjadi bencana alam
·
Menuliskan
ungkapan minta tolong berkaitan dengan kegiatan
yang dilakukan saat terjadi bencana alam
·
Membandingkan suhu (dingin, pasan) melalui percobaan sederhana
·
Mengidentifikasi
pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan masing-masing anggota keluarga dalam
mengatasi masalah di rumah saat terjadi bencana alam
·
Berdiskusi
tentang kegiatan yang dapat dilakukan
dalam mengatasi masalah di rumah saat terjadi bencana alam
·
Menggunakan kata ajakan/pujian secara lisan sesua dengan teks tentang
Lingkungan Rumahku
·
Menuliskan
kata ajakan/pujian ke dalam kalimat
·
Membandingkan suhu (dingin, pasan) melalui percobaan sederhana
|
35
menit x
30
JP X 4 minggu
|
· Gambar peristiwa
alam, korban bencana alam, kebakaran
· VCD/DVD
· kepingan-kepingan
gambar peristiwa alam
· koran/media yang
memuat gambar peristiwa alam
· gambar seri
· Lingkungan alam
· media rekam
· buku bacaan/ cerita
anak
· puisi
· lembar kerja siswa
· benda-benda yang ada
di alam ( cair, padat )
· satuan berat
baku dan tak baku
· benda-benda di kelas
dan di alam
· alat ukur berat
|
Bahasa Indonesia
3.7 Memahami kosakata yang berkaitan dengan peristiwa
siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa
Indonesia dan ejaan yang tepat peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
3.8 Memahami ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang
santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah
4.8 Mengucapkan ungkapan
terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan
menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
|
· Kosakata yang berkaitan dengan
peristiwa siang dan malam
· ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang
santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah
|
|
|
|
Matematika
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu,
dan suhu menggunakan benda/situasi
konkret
4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan
berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
|
·
Panjang
benda (paling panjang, paling jauh, paling tinggi)
·
Mengurutkan
panjang benda ( lebih panjang, lebih tinggi, lebih pendek lebih jauh)
·
Berat
benda ( satuan tidak baku yang sama)
·
Mengurutkan
berat benda (lebih ringan, lebih
berat)
·
Waktu
(siang , malam/sebentar atau lama)
·
Membandingkan
lama waktu (siang, malam /sebentar atau lama)
·
Suhu
(dingin dan panas)
·
Membandingkan
suhu ( lebih panas, lebih dingin)
|
|
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2
Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2
Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4
Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam
|
· Karya
tiga dimensi dengan menggunakan teknik
3 M (Menggunting, menempel, melipat)
· Elemen musik melalui lagu
· Gerak anggota tubuh melalui tari
· Berkarya
menggunakan bahan alam
|
|
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.6 Memahami
prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
·
Gerak dasar lokomotor
·
Gerak dasar non-lokomotor
|
|
|
Mengetahui Tirto, Juli 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas I
Abdul
Aziz,S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP. 19780419
200710 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar