Senin, 17 April 2017

Silabus Kelas I Tema 2 K13 Revisi 2016

SILABUS
KELAS I
TEMA 2 : KEGEMARANKU


MI NEGERI TIRTO KEC. SALAM KAB. MAGELANG
TAHUN 2016
TEMA 2
KEGEMARANKU
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan



Subtema 1: Gemar Berolahraga (26 jam pelajaran)
·      Mengamati gambar kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
·      Mendiskusikan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·      Mengenal bunyi-bunyian alam dan buatan
·      Menyimak cerita tentang manfaat pemanasan sebelum olahraga
·      Memeragakan gerakan-gerakan pemanasan
·      Mengamati gambar jenis-jenis olahraga
·      Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
·      Menghitung dan menjumlahkan benda
·      Membaca cerita tentang manfaat olahraga
·      Melakukan gerakan permainan simpai
·      Mengenal alat-alat yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian buatan
·      Berdiskusi tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan
·      Menghitung dan menjumlahkan benda
·      Mengamati teks tentang beragam jenis olahraga
·      Mendiskusikan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan di rumah setelah berolahraga
·      Menghitung penjumlahan dengan soal cerita

Sub Tema 2: Gemar Menyanyi dan Menari (26 jam pelajaran)
·      Menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap
·      Mendiskusikan dan memeragakan gerakan cepat dan gerakan lambat
·      Mengenal hal-hal yang harus dilakukan dengan adik di rumah
·      Bermain tari limbo
·      Membaca puisi tentang persahabatan
·      Mengenal dan menyanyikan Lagu Ayo Makan Bersama
·      Menunjukkan hal-hal baik yang harus dilakukan terhadap adik
·      Belajar pengurangan dengan menghitung mundur
·      Mengenal dan mempraktikkan gerakan senam
·      Bernyanyi dan menari lagu Kepala Pundak Lutut Kaki dengan gerakan lambat dan cepat
·      Mengenal dan menyanyikan lagu Terima Kasihku
·      Mengenal dan menyanyikan lagu Bunda Piara
·      Melakukan operasi hitung pengurangan
·      Mengenal dan menyanyikan lagu Ruri Abangku
·      Mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik
·      Membedakan cerita pengurangan

Subtema 3: Gemar Menggambar (26 jam pelajaran)
·      Mengamati gambar cara duduk untuk kegiatan menulis
·      Mempraktikkan cara duduk untuk kegiatan menulis
·      Mengenal alat dan bahan untuk menggambar dengan tehnik mencetak
·      Berdiskusi tentang ide untuk membuat gambar tehnik mencetak
·      Berdiskusi tentang gambar kesukaan anggota
keluarga di rumah
·      Berolah raga sambil mempraktikkan gerakan menarik tanpa berpindah tempat
·      Mengamati gambar cara meletakkan buku dengan benar
·      Mengamati cara memegang pensil dengan benar
·      Mempraktikkan cara meletakkan buku dan
memegang pensil dengan benar
·      Mengamati gambar jarak yang baik antara mata dan buku saat menulis
·      Mempraktikkan jarak yang baik antara mata dan buku saat menulis
·      Mengenal berbagai bentuk bangun ruang dan bangun datar dari benda yang ada di kelas
·      Mengelompokkan benda-benda yang ada di kelas sesuai bentuk bangun ruang
·      Menceritakan pengalaman saat menggambar bersama anggota keluarga
·      Berolah raga sambil bermain tarik-menarik tanpa berpindah tempat
·      Mengamati gambar posisi cahaya saat menulis
·      Mempraktikkan posisi cahaya saat menulis
·      Membuat gambar menggunakan dengan tehnik mencetak
·      Mempraktikkan cara duduk dan memegang pensil saat akan menulis
·      Menyebutkan benda-benda yang berbentuk bola, tabung, atau kubus
·      Praktik kegiatan persiapan menulis dengan semua langkahnya dengan benar
·      Menceritakan pengalaman menggambar gambar kesukaan anggota keluarga
·      Mengerjakan soal latihan

Subtema 4: Gemar Membaca (26 jam pelajaran)
·         Mengamati gambar cara duduk untuk kegiatan membaca
·         Mempraktikkan cara duduk untuk kegiatan membaca
·         Membaca cerita dengan nyaring
·         Berdiskusi tentang kegemaran masing-masing anggota keluarga
·         Bercerita pengalaman membaca bersama keluarga di rumah
·         Membuat kartu kata (falsh card) dengan memanfaatkan bahan alam
·         Berolah raga sambil mempraktikkan gerakan mendorong tanpa berpindah tempat
·         Mengamati gambar cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan
·         Mempraktikkan cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan
·         Bermain kartu kata
·         Mengamati gambar dan mempraktikkan cara memegang buku dan membalik halaman dengan baik
·         Mempraktikkan cara memegang buku sambil membaca sebuah teks
·         Mengenal pola bilangan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan
·         Melengkapi barisan bilangan berdasarkan pola tertentu
·         Menunjukkan bacaan kegemaran anggota keluarga
·         Bercerita kegiatan membaca buku bersama anggota keluarga
·         Mempraktikkan gerak mendorong tanpa berpindah tempat
·         Mengamati dan mempraktikkan posisi cahaya saat membaca sebuah buku
·         Mengenal bagian-bagian buku
·         Membuat sampul buku harian dengan hiasan daun kering
·         Membaca sambil mempraktikkan pencahayaan yang baik
·         Mengurutkan gambar berseri
·         Mengidentifikasi pola bilangan dengan kumpulan gambar/benda/gerakan
·         Melengkapi barisan bilangan berdasarkan pola tertentu dengan kumpulan
gambar/benda/gerakan
·         Praktik kegiatan persiapan membaca dengan semua langkahnya dengan benar
·         Mengidentifikasi pola bilangan dengan kumpulan gambar/benda/gerakan
·         Melengkapi barisan pola bilangan dengan kumpulan gambar/benda/gerakan
·         Menceritakan pengalaman saat membacakan dongeng bersama anggota keluarga


35 Menit x 26 JP x 4 Minggu


1.  Diri Anak
2.  Teks cerita dan puisi yang berhubungan dengan kegemaran
3.  Lingkungan
4.  Media Gambar perilaku baik membantu ibu di rumah
5.  Benda di sekitar siswa
6.  Gambar tentang aktifitas baik saat belajar dan bermain
1.2  Menunjukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2  Melaksanakan aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah
1.3   Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah   
2.3.Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
3.2   Mengurutkan aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah
4.2   Melakukan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah
3.3   Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3   Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah




·         Aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
·         Keberagaman karakteristik individu di rumah

Bahasa Indonesia



3.2  Memahami kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar
4.2   Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari tangan dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

3.5  Memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
4.5  Mengemukakan penjelasan dengan kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.
3.11Mengenal puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri

·      Kegiatan persiapan membaca (sikap  duduk,  jarak mata dengan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku)

·      Kegiatan persiapan menulis (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang)

·      Kosakata berkaitan dengan memelihara kesehatan

·      Teks Puisi


Matematika



3.5   Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
4.5   Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan


3.4  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4  Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
3.6   Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
4.6 Mengklasifikasikan bangun ruang da bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret


·        Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99

Bangun datar dan bangun ruang sederhana
·         Persegi
·         Persegi panjang
·         Segitiga
·         Lingkaran
·         Kubus
·         Balok
·         Kerucut
·         Tabung
·         Bola

·        Pola bilangan

Seni Budaya dan Prakarya



3.1  Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1  Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam

·       Elemen musik melalui lagu

·      Gerak anggota tubuh melalui tari

·      Gambar ekspresi (melukis) dan membentuk ekspresi tiga dimensi
·      Proses pembuatan gambar ekspresi dan karya tiga dimensi

·      Bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll)
·      Proses berkarya menggunakan  bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll)

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan



3.2  Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2  Mempraktikkan prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Gerak dasar  non-lokomotor:
·      Memutar
·      Mengayun
·      Menekuk
·      Menarik
·      Meliuk
·      Menggoyang
·      Memilin
·      Mengedang
·      Mengkerut
·      Menekuk
·      Melenting
·      Memadukan konsep gerak


                     Mengetahui                                                Tirto,    Juli 2016
                  Kepala Madrasah                                      Guru Kelas I
                 


                 Abdul Aziz,S.Ag                                       Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I 
                  NIP. 19690604  199803 1 002                        NIP. 19780419 200710 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar