RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Negeri Tirto
Kelas / Semester : V / 1
Tema 1 : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1 : Wujud
Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) :
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡ Menjelaskan isi informasi dari bacaan
tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia keseimbangan ekosistem yang
diakibatkan oleh kegiatan manusia
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡ Menyajikan hasil laporan dalam bentuk
tabel mengenai perubahan alam dan
Matematika
3.2 Memahami
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat
mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan
dan pembagian
Indikator:
¡ Menyelesaikan soal latihan pecahan
biasa, campuran, desimal
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Mengurai
sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai
kemungkinan jawaban
Indikator:
¡ Mengenal bentuk pecahan biasa
¡ Mengenal bentuk pecahan campuran
¡ Mengenal bentuk pecahan desimal
IPS
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya dalam lingkup nasionalI
Indikator:
¡ Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya
dalam lingkup nasional
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia
Indikator:
¡ Menyusun laporan secara tertulis dalam
bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan kegiatan mengamati gambar orang
yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang
dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
¡ Dengan kegiatan eksplorasi perubahan
alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada
manusia dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks tentang perubahan
wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–contoh perubahan wujud benda yang
terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
¡ Dengan membaca teks tentang perubahan
wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya
dengan tepat dengan cermat dan teliti.
¡ Dengan latihan penyelesaian soal tentang
pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan
campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Membuat kerajinan ronce dengan mengikuti
prosedur yang benar.
¡ Melakukan percobaan dan pengamatan
tentang perubahan bentuk benda setelah mengalami pendinginan dan pembakaran
¡ Mengamati dan memprediksi peristiwa yang
akan terjadi pada lilin yang dibakar
¡ Menjelaskan kerusakan dan perubahan alam
karena perilaku manusia berdasarkan bacaan
E. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang
meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar yang
menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni
membuang sampah ke sungai.
§ Siswa menjawab pertanyaan pada buku
iswa berdasarkan pengamatan gambar.
§ Gunakan rubrik pengamatan gambar
untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
§ Siswa mengamati dan mengidentifikasi
perubahan-perubahan yang terjadi di alam yang memiliki dampak bagi kehidupan
manusia.
|
180 menit
|
§ Siswa membaca bacaan berjudul Aneh,
Kenapa Bisa Begitu?
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit
dan siswa diminta membaca dalam hati.
§ Guru menunjuk satu siswa untuk
membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
|
||
§ Selesai membaca, siswa menuliskan pada
tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
§ Setelah membaca dan memahami
kosakata-kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi
yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan wujud benda
|
||
§ Siswa membentuk kelompok diskusi untuk
mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di
lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
|
||
§ Guru menjelaskan konsep pecahan melalui
ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk .
§ Siswa diberikan kesempatan untuk
bertaya dan memberikan tanggapan.
§ Siswa mengerjakan soal latihan untuk
mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah
bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
§ Gunakan rubrik menyelesaikan soal
latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
|
||
§ Guru menjelaskan konsep persen.
§ Siswa diberikan kesempatan untuk
bertaya dan memberikan tanggapan.
§ Siswa mengerjakan soal latihan untuk
mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah
bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
§ Gunakan rubrik menyelesaikan soal
latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
|
||
§ Guru menjelaskan konsep bentuk pecahan
desimal.
§ Siswa diberikan kesempatan untuk
bertanya dan memberikan tanggapan.
§ Siswa mengerjakan soal latihan untuk
mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dan mengubah
bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan desimal.
§ Gunakan rubrik menyelesaikan soal
latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
|
||
§ Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi
yang sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud
benda
|
||
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2014).
¡ Buku, teks bacaan perubahan wujud benda,
dan gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan
H. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
a. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
·
Keterampilan siswa dalam mengamati
·
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Rubrik Menulis Berdasarkan
Pengamatan Gambar
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan:
Hasil yang ditulis
sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang tampak pada gambar yang diamati
|
Keseluruhan jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar mengelompokkan
jawaban
|
Keseluruhan jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar
dalam mengelompokkan jawaban
|
Sebagian besar jawaban
yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar
dalam mengelompokkan jawaban
|
Hanya sebagian kecil
jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya
sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan
penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
|
SIkap:
Tulisan hasil pengamatan
dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan
materi yang ditugaskan
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai
juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat
baik dan terpuji
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang sangat baik
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
|
Keterampilan Penulisan:
Tulisan hasil pengamatan
dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan
penulisan yang baik
|
Keseluruhan hasil
penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan
penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas
|
Keseluruhan hasil
penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang baik
|
Sebagian besar hasil
penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang terus berkembang
|
Hanya sebagian kecil
hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar
menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan
|
b. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang konsep pecahan
·
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya
untuk memecahkan masalah
·
Kercamatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan konsep
pecahan untuk menyaksikan soal pecahan
RUBRIK MENYELESAIKAN SOAL
LATIHAN PECAHAN
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Melakukan seluruh
prosedur
|
Seluruh langkah
pengerjaan dilakukan
|
Sebagian besar langkah
pengerjaan dilakukan
|
Sebagian kecil langkah
pengerjaan dilakukan
|
Dikerjakan tanpa
memperhatikan prosedur pengerjaan
|
Jawaban lengkap sesuai
butir pertanyaan
|
Seluruh butir pertanyaan
diisi
|
Sebagian besar
pertanyaan diisi
|
Sebagian kecil
pertanyaan diisi
|
Sama sekali tidak diisi
|
Isi jawaban sesuai
pertanyaan
|
Seluruh jawaban benar
sesuai pertanyaan
|
Sebagian besar awaban
benar sesuai pertanyaan
|
Sebagian Kecil jawaban
benar sesuai pertanyaan
|
Jawaban sama sekali
tidak sesuai dengan pertanyaan
|
Sikap
|
Percaya diri, mandiri,
rasa ingin tahu
|
Percaya diri, sesekali
meminta bantuan guru, rasa ingin tahu
|
Tidak percaya diri,
mengandalkan bimbingan guru
|
Menyontek
|
c. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa terhadap perubahan alam
·
Keterampilan siswa dalam mengumpulkan informasi dan
menyaksikannya
·
Kecermatan dan ketelitian dalam mengidentifikasi perubahan
alam
Menyajikan laporan tertulis
dalam bentuk tabel hasil identifikasi perubahan alam
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan:
Isi tabel lengkap,
menunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang disajikan
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa
gambar dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi
berguna bagi pembaca
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi.
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi.
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat
dalam tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari tabel
|
SIkap:
Tabel dibuat dengan
mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi
yang ditugaskan
|
Tabel dibuat dengan
lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu,
dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
|
Keseluruhan tabel dibuat
dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu
yang diberikan
|
Sebagian besar tabel
dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas
waktu yang diberikan
|
Hanya beberapa bagian
tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai
batas waktu yang diberikan
|
Keterampilan Penulisan:
Tabel dibuat dengan
benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan tabel yang
baik
|
Keseluruhan tabel yang
sangat menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel
yang tinggi dari pembuatnya
|
Keseluruhan tabel yang
menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang baik
dari pembuatnya
|
Sebagian besar tabel
yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan
membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnya
|
Bagian-bagian tabel yang
dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan ketrampilan membuat
tabel yang dapat terus ditingkatkan
|
Mengetahui
Kepala Madrasah,
( ..................................... )
NIP. -
|
|
Tirto, Juli 2016
Guru Kelas V
( ....................................... )
NIP. -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar