Jumat, 12 Mei 2017

Silabus K13 Kelas III Revisi 2016

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013

KELAS 3 SEMESTER 2 

TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Tema 5             : Perubahan Cuaca

Alokasi Waktu : 120 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Menerima arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap positif terhadap arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami  arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari
1.3 Menerima makna kebergaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
2.3 Bertanggung jawab terhadap makna kebersamaan dalam keberagaman
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
4.3 Menceritakan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
1.4 Menerima dengan tulus makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
2.4 Bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
3.4 Mengemukakan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
4.4 Berperilaku sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar


·         Arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
·         Makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
·         Makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar



Sub Tema 1: Keadaan Cuaca (30 jam pelajaran)
·      Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan keadaan cuaca melalui kegiatan membaca
·      Mencari kata/istilah khusus yang berkaitan dengan keadaan cuaca yang tedapat dalam teks bacaan
·      Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan keadaan cuaca secara lisan/tulis
·      Menyatakan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dengan menggunakan benda konkret
·      Membaca dan menulis lambang pecahan
·      Menceritakan pengalaman menghargai ciptaanNYA
·      Menemukan arti penting berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa
·      Menceritakan kembali informasi yang diperoleh tentang keadaan cuaca
·      Menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan keadaan cuaca menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
·      Menyajikan pecahan dengan menggunakan benda-benda konkret
·      Menyajikan pecahan dengan menggunakan luas daerah
·      Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan bernyanyi
·      Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan permainan alat musik ritmis
·      Memeragakan pola irama sederhana dengan bernyanyi
·      Memeragakan pola irama sederhana dengan permainan alat musik ritmis
·      Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan keadaan cuaca menggunakan bahasa sendiri
·      Menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang keadaan cuaca dalam bentuk kalimat efektif
·      Menyebutkan arti penting hidup sederhana
·      Menceritakan pengalaman hidup sederhana
·      Menyebutkan arti penting menolong orang lain
·      Menceritakan pengalaman menolong orang lain
·      Menjelaskan prosedur kombinasi gerak bertumpu dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai
·      Mempraktikkan prosedur kombinasi gerak bertumpu dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai

Sub Tema 2: Perubahan Cuaca (30 jam pelajaran)
·      Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan perubahan cuaca yang terdapat dalam teks bacaan
·      Mencari kata/istilah khusus yang berkaitan dengan perubahan cuaca  yang terdapat dalam teks bacaan
·      Menampilkan dalam bentuk konkrit penjumlahan pecahan berpenyebut sama
·      Melakukan penjumlahan pecahan berpenyebut sama
·      Menyebutkan arti penting bergotong royong
·      Menceritakan pengalaman bergotong royong
·      Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·      Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan perubahan cuaca secara lisan/tulis
·      Menceritakan kembali informasi yang diperoleh tentang perubahan cuaca
·      Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan pecahan berpenyebut sama
·      Memeragakan gerak lambat kepala dalam suatu tari
·      Memeragakan gerak cepat kepala dalam suatu tari

·      Menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan cuaca  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
·      Menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang perubahan cuaca dalam bentuk kalimat efektif
·      Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·      Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
·      Menceritakan pengalaman tentang kebiasaan, kesukaan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
·      Menjelaskan prosedur kombinasi gerak bergantung dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai
·      Mempraktikkan prosedur kombinasi gerak bergantung dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai

Sub Tema 3: Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia (30 jam pelajaran)
·      Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan  pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia melalui kegiatan membaca
·      Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia secara lisan/tulis
·      Melakukan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah
·      Menceritakan pengalaman tentang kebiasaan, kesukaan dalam kehidupan sehari-hari  di sekitar rumah
·      Menjelaskan manfaat bersatu dalam  keberagaman di rumah
·      Menceritakan kembali informasi yang diperoleh tentang pengaruh perubahan cuaca
·      Menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
·      Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif
·      Mengidentifikasi gerak lambat tangan  dalam suatu tari
·      Mengidentifikasi gerak lemah dan kuat tangan  dalam suatu tari
·      Menggunakan bidang dan warna untuk membuat karya dekoratif
·      Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menusia dengan menggunakan bahasa sendiri
·      Menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dalam bentuk kalimat efektif
·      Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di  rumah
·      Menjelaskan manfaat bersatu dalam  keberagaman di sekolah
·      Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di  sekolah
·      Menjelaskan prosedur kombinasi gerak tolakan dan berpindah dalam aktivitas senam lantai
·      Mempraktikkan prosedur kombinasi gerak tolakan dan berpindah dalam aktivitas senam lantai
·      Menjelaskan prosedur kombinasi gerak putaran dan ayunan aktivitas senam lantai
·      Mempraktikkan prosedur kombinasi gerak putaran dan ayunan aktivitas senam lantai

Sub Tema 4: Cuaca Musim dan Iklim (30 jam pelajaran)
·      Mencari kata/istilah khusus yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim yang terdapat dalam teks bacaan
·      Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim secara lisan/tulis
·      Menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
·      Menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum menit
·      Menjelaskan manfaat bersatu dalam  keberagaman di rumah
·      Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di  rumah
·      Menjelaskan manfaat bersatu dalam  keberagaman di sekolah
·      Menceritakan kembali informasi yang diperoleh tentang cuaca, musim, dan iklim
·      Menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
·      Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam
·      Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan lama waktu
·      Mengenali teknik sambung dalam suatu karya keterampilan (menempel dan menjahit)
·      Menggunakan teknik sambung dalam membuat suatu karya keterampilan (menempel/menjahit)

·      Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim menggunakan bahasa sendiri
·      Menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang cuaca, musim, dan iklim dalam bentuk kalimat efektif
·      Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di  sekolah
·      Menjelaskan manfaat bersatu dalam  keberagaman di sekitar rumah
·      Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di  sekitar rumah
·      Menjelaskan prosedur kombinasi gerak melayang dan mendarat dalam aktivitas senam lantai
·      Mempraktikkan prosedur kombinasi gerak melayang dan mendarat dalam aktivitas senam lantai

Tema 6             : Energi dan Perubahannya

Alokasi Waktu : 120 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan:
1.1 Menerima arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”        
2. 1 Bersikap positif terhadap arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
3.1 Memahami  arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari

1.3 Menerima makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
2.3 Bertanggung jawab terhadap makna kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
4.3  Menceritakan makna kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar


1.4 Menerima dengan tulus makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
2.4 Bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
3.4 Mengemukakan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
4.4 Berperilaku sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar





·         Lambang negara “Garuda Pancasila”
·         Hidup Sederhana
·         Makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
·         Peran – peran yang ada didalam lingkungan sekitar rumah
·         Makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
·         Perbedaan dalam kebiasaan, kesukaan, dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah
·         Tolong menolong
·         Gotong royong


























Subtema 1: Sumber Energi (30 jam pelajaran)
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan sumber energi melalui kegiatan membaca
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep sumber energi  yang terdapat dalam teks bacaan
•  Menyatakan luas daerah  bidang datar dengan satuan luas tidak baku
•  Mengidentifikasi peran-peran yang ada di dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar rumah (pelajar, karyawan, ilmuwan, dokter, dll)
•  Menceritakan pengalaman  adanya perbedaan peran dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar rumah
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan konsep sumber  energi secara lisan/tulis
•  Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan permainan alat musik ritmis
•  Menjelaskan prosedur gerakan senam irama menggunakan ketukan.
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep sumber energi  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
•  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi  individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah
•  Menceritakan pengalaman tentang kebiasaan, kesukaan dalam kehidupan sehari-hari  di sekitar rumah
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep sumber energi dalam kehidupan sehari-hari  menggunakan bahasa sendiri
•  Membandingkan  luas berbagai bangun datar
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang diperoleh tentang  sumber energi dalam kalimat yang efektif dengan tepat
•  Menyebutkan arti penting hidup sederhana
•  Menceritakan pengalaman hidup sederhana
•  Memeragakan pola irama sederhana dengan permainan alat musik ritmis
•  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  luas daerah bangun datar menggunakan satuan luas tidak baku
•  Mempratikkan prosedur gerak senam irama menggunakan ketukan.

Subtema 2: Perubahan Energi (30 jam pelajaran)
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan perubahan energi melalui kegiatan membaca
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep perubahan energi  yang terdapat dalam teks bacaan
•  Menyebutkan arti penting menolong orang lain
•  Menceritakan pengalaman menolong orang lain
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama menggunakan ketukan
•  Memeragakan gerak lambat kepala dalam suatu tari
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan konsep perubahan energi secara lisan/tulis
•  Menentukan volume benda konkret dengan satuan volume tidak baku
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan energi  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
•  Menyebutkan arti penting bergotong royong
•  Menceritakan pengalaman bergotong royong
•  Memeragakan gerak cepat kepala dalam suatu tari
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep perubahan energi  menggunakan bahasa sendiri
•  Membandingkan bangun ruang menurut volumenya
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang diperoleh tentang  perubahan  energi dalam kalimat yang efektif dengan
•  Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di sekitar rumah
•  Menceritakan pengalaman saling tolong menolong dengan  orang-orang  di sekitar  rumah
•  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  volume bangun ruang menggunakan  satuan volume tidak baku
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama menggunakan ketukan.

Subtema 3: Energi Alternatif (30 jam pelajaran)
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi alternatif melalui kegiatan membaca
•  Membuat daftar tugas individu berdasarkan peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuwan, dokter, dll)
•  Menceritakan pengalaman melaksanakan tugas sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari di  lingkungan rumah
•  Mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif
•  Menggunakan bidang dan warna untuk membuat karya dekoratif
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif  yang terdapat dalam teks bacaan
•  Mengenal simetri lipat  bangun datar menggunakan benda konkrit
•  Mengenal sumbu simetri lipat  bangun datar menggunakan benda konkrit
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan konsep energi alternatif secara lisan/tulis
•  Membandingkan tugas-tugas individu berdasarkan  perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuwan, dokter, dll)
•  Menceritakan pengalaman melaksanakan tugas sesuai peran dalam sebuah kegiatan yang dilakukan bersama-sama individu berdasarkan  perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuwan, dokter, dll)
•  Mengidentifikasi gerak lambat tangan  dalam suatu tari
•  Mengidentifikasi gerak lemah dan kuat tangan  dalam suatu tari
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
•  Menjelaskan prosedur gerakan senam irama menggunakan hitungan 1 sampai 8
•  Menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkrit
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang diperoleh tentang energi alternatif dalam kalimat yang efektif dengan tepat
•  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi  individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah
•  Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di rumah
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama menggunakan hitungan 1 sampai 8
•  Menentukan  sumbu  simetri lipat pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkrit


Subtema 4: Penghematan Energi (30 jam pelajaran)
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan penghematan energi melalui kegiatan membaca
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi  yang terdapat dalam teks bacaan
•  Menyebutkan arti penting hidup sederhana
•  Menceritakan pengalaman hidup sederhana
•  Mengidentifikasi teknik sambung dalam suatu karya keterampilan (menempel dan menjahit)
•  Mengenal  simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
•  Mengenal pusat  simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan konsep penghematan energi secara lisan/tulis
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama menggunakan hitungan 1 sampai 8
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep penghematan energi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
•  Menggunakan teknik sambung dalam membuat suatu karya keterampilan (menempel/menjahit)
•  Menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkrit
•  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi  individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
•  Menceritakan pengalaman tentang kebiasaan, kesukaan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama menggunakan hitungan 1 sampai 8
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep penghematan energi dengan menggunakan bahasa sendiri
•  Menentukan  sumbu  simetri lipat pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkrit
•  Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu di rumah
•  Menceritakan pengalaman saling tolong menolong dengan  keluarga di rumah
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang diperoleh tentang penghematan energi dalam kalimat yang efektif dengan tepat

Bahasa Indonesia:
3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis,  dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif


·         Teks informasi tentang:Sumber energi, Bentuk energi, Energy alternatif, Penghematan energi.
·         Kosakata yang berkaitan dengan Sumber energi, Perubahan energi, Energi alternatif dan Penghematan energi
·         Laporan hasil observasi tentang sumber dan bentuk energi






Matematika:
3.8 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret
4.8 Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret
3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
4.9 Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret


Satuan tidak baku
·         Luas
·         volume
Simetri
·         Simetri lipat
·         Simetri putar
Seni Budaya dan Prakarya:
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
4.1 Membuat karya dekoratif
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam  lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
4.3 Meragakan dinamika gerak  tari
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung   

·         Unsur rupa dalam karya dekoratif
·         Variasi pola irama
·         Dinamika gerak tari
·         Macam-macam teknik potong, lipat, dan sambung

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.6 Menerapkan prosedur penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
4.6 Mempratikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.


"Kombinasi pola gerak dasar lokomotor,  non-lokomotor, dan manipulatif aktivitas gerak berirama:
• Mengayunkan tangan
• Memutarkan tangan
• Menarik dan Mendorong
• Melangkahkan kaki
• Mengkoordinasikan mengayun-kan tangan dan melangkah-kan kaki




Tema 7             : Perkembangan Teknologi

Alokasi Waktu : 120 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Menerima arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”        
2.1 Bersikap positif terhadap arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
3.1 Memahami  makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan perilaku sesuai makna  simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari
1.3 Bersikap positif terhadap arti  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
2.3 Bertanggung jawab terhadap makna kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menceritakan makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari


·      Sikap mulia (terima kasih, memaafkan dan baik ) kepada sesama
·      Musyawarah dalam menyelesaikan masalah
·      Peran kita dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah
·      Keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat



Subtema 1: Perkembangan Teknologi Produksi Pangan (30 jam pelajaran)
·       Menyimak arti dari sikap mulia kepada sesama
·       Menemukan arti penting  berterima kasih kepada sesama manusia
·       Menyebutkan arti penting meminta maaf kepada sesama manusia
·       Menyebutkan arti penting bersikap baik kepada sesama
·       Menceritakan pengalaman berterima kasih kepada sesama manusia.
·       Menceritakan pengalaman meminta maaf kepada sesama manusia
·       Menceritakan pengalaman mendoakan orang lain
·       Mengamati perkembangan teknologi produksi pangan yang dibaca.
·       Membaca teks perkembangan teknologi produksi pangan
·       Mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi produksi pangan yang dibaca.
·       Menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi produksi pangan yang dibaca.
·       Menjelaskan manfaat teknologi produksi pangan bagi kehidupan manusia.
·       Menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan memperhatikan penggunaan kaidah EyD.
·       Menceritakan kembali informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi produksi pangan dengan tepat yang ada dalam informasi yang disajikan
·     Menyusun laporan informasi tentang perkembangan teknologi produksi pangan dengan tepat
·     Mengamati  keliling bangun datar
·     Menentukan keliling bangun datar
·     Menghitung keliling bangun datar
·     Latihan soal untuk menghitung keliling bangun datar
·     Praktek mengukur keliling bangun datar
·     Praktek mengukur keliling bangun datar benda nyata
·     Menyimak variasi pola irama lagu
·     Mengidentifikasi variasi pola irama dalam sebuah lagu
·     Memeragakan variasi pola irama dengan bernyanyi dan bermain alat musik ritmis
·     Bermain pola irama dengan bernyanyi dan bermain alat musik ritmis
·     Mengamati prosedur gerak mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
·     Menjelaskan prosedur gerak mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.

Subtema 2: Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (30 jam pelajaran)
·      Diskusi tentang penting bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah
·      Menyebutkan arti penting bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah
·      Menyebutkan arti penting mengeluarkan pendapat saat bermusyawarah
·      Menyebutkan arti penting menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah
·      Menceritakan pengalaman bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah
·      Menceritakan pengalaman mengeluarkan pendapat saat bermusyawarah
·      Menceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah
·      Membaca teks perkembangan teknologi produksi sandang
·      Mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi produksi sandang yang dibaca.
·      Menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi produksi sandang yang dibaca.
·      Menjelaskan manfaat teknologi produksi sandang bagi kehidupan manusia.
·      Menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi sandang dengan memperhatikan penggunaan kaidah EyD.
·      Menceritakan kembali informasi mengenai teknologi produksi sandang  dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
·      Menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan tepat yang ada dalam informasi yang disajikan
·      Menyusun informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan tepat
·     Mengamati sudut (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
·     Membedakan sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
·     Mengenal sudut lancip
·     Mengklasifikasikan sudut sudut siku-siku, lancip, dan tumpul
·     Menggambar sudut siku-siku
·     Menggambar sudut lancip
·     Menyimak gerakan tari dengan variasi yang lambat dan cepat
·     Memeragakan gerak lambat gabungan tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari
·     Memeragakan gerak cepat gabungan tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari
·     Mengidentifikasi gerak lemah dan kuat tangan  dalam suatu tari

Subtema 3: Perkembangan Teknologi Komunikasi (30 jam pelajaran)
·      Tanya jawab tentang peran individu  dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah (ayah, ibu, anak, tetangga)
·      Mengidentifikasi peran individu  dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah (ayah, ibu, anak, tetangga)
·      Membuat daftar tugas  anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari2 di rumah
·      Membandingkan tugas anggota keluarga dalam menjalankan perannya dalam kehidupan sehari2 di rumah
·      Menceritakan pengalaman adanya perbedaan peran anggota keluarga  dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·      Menceritakan pengalaman menjalankan tugas  berkaitan dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·      Menceritakan pengalaman menjalankan satu kegiatan yang dilakukan sehari-hari bersama-sama di rumah
·    Membaca teks perkembangan teknologi komunikasi.
·    Mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi komunikasi yang dibaca.
·    Menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi komunikasi yang dibaca.
·    Menjelaskan manfaat teknologi komunikasi bagi kehidupan manusia.
·    Menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi komunikasi dengan memperhatikan penggunaan kaidah EyD.
·    Menceritakan kembali informasi mengenai teknologi komunikasi dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
·    Menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi komunikasi dengan tepat yang ada dalam informasi yang disajikan
·    Menyusun informasi tentang perkembangan teknologi komunikasi dengan tepat
·     Mengenal sudut tumpul
·     Membedakan sudut tumpul
·     Menentukan sudut siku-siku, lancip, dan tumpul
·     Mengklasifikasikan sudut siku-siku, lancip, dan tumpul
·     Menggambar  jenis-jenis sudut  tumpul
·     Mengklasifikasi gambar yang memilki sudut siku-siku, lancip, dan tumpul
·       Mengamati kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif
·       Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif
·       Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif
·     Mempraktikkan prosedur gerak mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
·     Simulasi prosedur gerak mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.

Sub Tema 4: Perkembangan Teknologi Transportasi (30 jam pelajaran)
·     Diskusi tentang keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·     Menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·     Menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
·     Menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah
·     Memeragakan beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·     Memeragakan beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
·     Memeragakan beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah
·     Bermain peran keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat
·     Membaca teks perkembangan teknologi transportasi
·     Mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi yang dibaca.
·     Menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi transportasi yang dibaca.
·     Menceritakan kembali informasi yang diperoleh tentang tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat Menceritakan kembali informasi yang diperoleh tentang tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat
·     Menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi transportasi dengan memperhatikan penggunaan kaidah EyD.
·     Menceritakan kembali informasi mengenai teknologi transportasi dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat yang ada dalam informasi yang disajikan
·     Menyusun informasi tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.
·     Mengamati gambar bangun datar
·     Menyebutkan sifat-sifat bangun datar segitiga yang diamatinya
·     Membedakan segitiga  dan persegi empat yang diamati
·     Menyebutkan sifat-sifat bangun datar persegi yang diamatinya
·     Menyebutkan sifat-sifat bangun datar persegi panjang yang diamatinya
·     Menggambar bangun datar dan segitiga sesuai dengan sifat-sifat bangun datar yang diberikan
·     Mengamati teknik teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan
·     Mengidentifikasi gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan
·     Menggunakan  gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam membuat karya keterampilan
Mempraktikkan prosedur gerak meluncur dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
Bahasa Indonesia:
3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat
4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
·       Teks perkembangan teknologi produksi pangan dan sandang, tranportasi, komunikasi yang dibaca.
·       Menentukan ide  pokok-pokok informasi dan penggunaan kaidah EyD.
·       Menyusun kalimat dari tulisan 

Matematika
3.10 Menjelaskan keliling bangun datar
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
4.11 Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
3.12 Menjelaskan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.12 Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
·      Keliling bangun datar
·      Jenis-jenis sudut (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
·      Sifat-sifat bangun datar dan segitiga

Seni Budaya dan Prakarya
3.1  Memahami unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
4.1 Membuat karya    dekoratif
3.2 Mengidentifikasi variasi pola irama dalam sebuah lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
3.3 Memahami dinamika gerak tari
4.3 Meragakan Dinamika Gerak
3.4 Memahami teknik potong, lipat, dan sambung
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung



·      Pola irama dalam sebuah lagu dan bermain alat musik ritmis
·      Tari gerak lambat gabungan tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari
·      Gerak lambat tangan, lemah dan kuat tangan dalam suatu tari
·      Kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif
·      Teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan


Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3.7 Memahami prosedur gerak dasar mengambang (water trappen)  dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri / orang lain dalam aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan prosedur gerak dasar mengambang (water trappen)  dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri / orang lain dalam aktivitas air.



·        Teori prosedur gerak mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
·        Praktikkan prosedur gerak mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
·        Praktikkan prosedur gerak meluncur dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.



Tema 8             : Praja Muda Karana

Alokasi Waktu : 120 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1  Menerima arti gambar pada lambang Negara “Garuda Pncasila”
2.1 Bersikap positif terhadap arti gambar pada lambang Negara “Garuda Pancasila”

3.1 Memahami  makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari
4.1Menceritakan perilaku sesuai makna  simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari


·         Makna simbol sila-sila dalam  Pancasila
·         Perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila
·         Arti penting menghargai perbedaan dan membangun ketertiban bersama, dan gotong royong



Sub Tema 1: Aku anggota Pramuka (30 jam pelajaran)
·       Bermain permainan tradisional/sederhana yang berhubungan dengan bangun datar
·       Mengidentifikasi perbedaan bangun datar
·       Membaca teks yang mengidentifikasi lambang negara
·       Menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila
·       Mengidentifikasi variasi pola irama Garuda Paancasila
·       Mengklasifikasikan lambang Negara dari teks bacaan
·       Menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan satu sila Pancasila
·       Membaca teks tentang penjelasan lambang Pancasila
·       Mendata kegiatan di sekolah yang sesuai dengan makna sila-sila Pancasila
·       Menceritakan pengalaman perilaku yang sesuai dengan makna sila-sila Pancasila
·       Bernyanyi lagu aruda Pancasila
·       Mengelompokan bangun datar berdasarkan sifat
·       Melihat gambar/menonton gambar sila-sila Pancasila
·       Bermain alat music ritmik lagu Garuda Pancasila
·       Mendata kegiatan sehari-hari yang sesuai dengan makna sila Pancasila
·       Mengelompokkan bangun datar berdasarkan sifat yang dimiliki
·       Bermain peran menunjukan contoh perilaku sehari-hari yang sesuai dengan makna sila Pancasila
·       Membaca teks tentang lambang/simbol Garuda
·       Pancasil
·       Menjelaskan maksud/lambang simbol Garuda Pancasila
·       Bermain alat music ritmik
·       Menceritakan pengalaman terhadap sila-sila Pancasila
·       Mengelompokan kegiatan sehari-hari berdasarkan sila-sila Pancasila
·       Bermain permainan tradisional
·       Mengelompokkan bangun datar berdasarkan sifatnya
·       Mengamati  sekitar sekolah kejadian yang berhubungan dengan sila-sila Pancasila
·       Menuliskan hasil pengamatan dengan menggunakan kalimat efektif
·       Bernyanyi dengan pola variasi irama

Sub Tema 2: Aku anak mandiri (30 jam pelajaran)
·      Menari dengan gerak lambat gabungan tangan dan kaki
·      Berdiskusi tentang arti penting perbedaan
·      Menemukan lambang simbol Pramuka dari bacaan
·      Membuat data dalam bentuk gambar
·      Berdiskusi tentang arti berteman
·      Membuat data tentang jumlah teman
·      Membaca teks lambang/simbol Pramuka
·      Mengklasifikasikan lambang/simbol Pramuka
·      Menceritakan pengalaman tentang menghargai  perbedaan
·      Menjelaskan maksud dari lambang simbol Pramuka
·      Bermain permainan sederhana dengan menggunakan berbagai gambar
·      Menghitung data yang disajikan dalam bentuk gambar
·      Membuat gerakan dengan kelenturan bagian bawah
·      Berdiskusi tentang arti penting membangun ketertiban bersama
·      Menonton film tentang kegiatan Pramuka
·      Bermain permainan tradisional
·      Bercerita tentang pengalaman bermain bersama
·      Mengamati lambang lalu lintas
·      Menceritakan arti lambang lalulintas
·      Membuat dan menjelaskan isi data
·      Melakukan gerak cepat gabungan tangan dan kaki

Sub Tema 3: Aku suka berpetualang (30 jam pelajaran)
·      Berdiskusi tentang arti penting gotong royong
·      Membaca teks tentang konsep mata angin
·      Menemukan pokok pikiran dari bacaan
·      Membandingkan data gambar dari hasil diskusi
·      Meggambar arah mata angin
·      Membaca teks tentang arah perjalanan
·      Membuat arah perjalanan berdasarkan teks yang dibaca
·      Mewawancara beberapa teman tentang perjalanan
·      Mengumpulkan data dari hasil wawancara
·      Menari dengan gerak lambat tangan
·      Membaca teks tentang arah perjalanan
·      Menjelaskan secara runtut arah perjalanan berdasarkan teks yang di baca
·      Melakukan gerakan-gerakan lincah dalam permainan sederhana
·      Melihat gambar 8 arah mata angin
·      Berdiskusi tentang delapan arah mata angin
·      Menceritakan hasil diskusi
·      Berdiskusi tentang gotong royong
·      Menceritakan pengalaman bergotong royong
·      Menulis kalimat dengan kata yang berhubungan   dengan manfaat arah mata angin dalam transportasi
·      Melakukan gerakan lincah alat transportasi
·      Mengumpulkan data yang berkaitan dengan diri peserta didik
·      Menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik
·      Menyusun informasi tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat
·      Menari gerak lemah dan kuat tangan  dalam suatu tari

Sub Tema 4:  Aku suka berkarya (30 menit)
·      Mengidentifikasi gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan
·      Mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah pada teks yang dibaca.
·      Membandingkan data yang disajikan dalam bentuk gambar
·      Menemukan arah perjalanan secara runtut berdasarkan teks yang dibaca.
·      Menjelaskan prosedur bergerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
·      Menjelaskan arah perjalanan secara runtut berdasarkan teks yang dibaca.
·      Menceritakan kembali ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang  delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat
·      Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif
·      Membuat diagram gambar berdasarkan data
·      Menggunakan  gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam membuat karya keterampilan
·      Menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat yang ada dalam transportasi yang disajikan
·      Menyusun informasi tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat
·      Mempresentasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar
·      Mempratikkan prosedur bergerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
Bahasa Indonesia
3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah pada teks lisan, tulis, dan visual
4.7 Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
3.9 Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
4.9 Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dantulis menggunakan kosa kata
·         Teks informasi tertulis tentang jenis, maksud  lambang/simbol lalu lintas, pramuka, dan lambang negara,
·         Teks visual tentang lambang/symbol lalu lintas, pramuka, dan lambang Negara
·         Teks informasi tentang pokok pikiran  konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah
·         Kosa kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  yang ada dalam transportasi

Matematika
3.12  Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.12  Mengelompok-kan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
3.13  Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam bentuk gambar
4.13  Menyajikan  data  berkaitan dengan diri peserta didik dalam bentuk gambar
·         Berbagai macam bangun datar berdasarkan sifatsifat yang dimiliki
·         Data dalam bentuk gambar
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
4.1 Membuat karya dekoratif
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
4.3Meragakan Dinamika Gerak tari
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung



·        Macam variasi pola irama dalam sebuah lagu dengan bernyanyi dan memainkan alat musik.
·        Gerak lambat dan cepat gabungan tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari
·        Kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif
·        Penggabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan
·        Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.4 Memahami prosedur bergerak secara seimbang,  lentur, lincah, dan berdaya tahan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempratikkan prosedur bergerak secara seimbang,  lentur, lincah, dan berdaya tahan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.



·          
·         Prosedur bergerak seimbang dominan dinamis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
·         Prosedur bergerak secara lincah , dan bergerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar