SILABUS PEMBELAJARAN
TEMATIK KURIKULUM 2013 
KELAS 3 SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Tema 5             :
Perubahan Cuaca
Alokasi
Waktu : 120 jam pelajaran
| 
Mata
   Pelajaran dan Kompetensi Dasar | 
Materi
   Pembelajaran | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
| 
Pendidikan
  Pancasila dan Kewarganegaraan 
1.1
  Menerima arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
2.1
  Bersikap positif terhadap arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
3.1 Memahami  arti gambar pada lambang negara
  "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari 
4.1 Menceritakan
  arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan
  sehari-hari 
1.3
  Menerima makna kebergaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
2.3
  Bertanggung jawab terhadap makna kebersamaan dalam keberagaman  
3.3 Memahami
  makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
4.3
  Menceritakan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
1.4
  Menerima dengan tulus makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar  
2.4
  Bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar 
3.4
  Mengemukakan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar 
4.4
  Berperilaku sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan
  sekitar | 
·        
  Arti gambar pada lambang
  negara “Garuda Pancasila” 
·        
  Makna keberagaman
  karakteristik individu di lingkungan sekitar 
·        
  Makna bersatu dalam
  keberagaman di lingkungan sekitar | 
Sub
  Tema 1: Keadaan Cuaca (30 jam pelajaran) 
·     
  Mengidentifikasi informasi
  yang berkaitan dengan keadaan cuaca melalui kegiatan membaca 
·     
  Mencari kata/istilah khusus
  yang berkaitan dengan keadaan cuaca yang tedapat dalam teks bacaan 
·     
  Menjelaskan makna/istilah
  yang berkaitan dengan keadaan cuaca secara lisan/tulis 
·     
  Menyatakan pecahan sebagai
  bagian dari sesuatu yang utuh dengan menggunakan benda konkret 
·     
  Membaca dan menulis lambang
  pecahan 
·     
  Menceritakan pengalaman
  menghargai ciptaanNYA 
·     
  Menemukan arti penting berdoa
  kepada Tuhan Yang Maha Esa 
·     
  Menceritakan kembali
  informasi yang diperoleh tentang keadaan cuaca 
·     
  Menulis pokok-pokok informasi
  yang berkaitan dengan keadaan cuaca menggunakan kosakata baku dan kalimat
  efektif 
·     
  Menyajikan pecahan dengan
  menggunakan benda-benda konkret 
·     
  Menyajikan pecahan dengan
  menggunakan luas daerah 
·     
  Mengidentifikasi bentuk pola
  irama sederhana dengan bernyanyi 
·     
  Mengidentifikasi bentuk pola
  irama sederhana dengan permainan alat musik ritmis 
·     
  Memeragakan pola irama
  sederhana dengan bernyanyi 
·     
  Memeragakan pola irama
  sederhana dengan permainan alat musik ritmis 
·     
  Menceritakan kembali
  pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan keadaan cuaca menggunakan bahasa
  sendiri 
·     
  Menyusun informasi
  lisan/tulis/visual tentang keadaan cuaca dalam bentuk kalimat efektif 
·     
  Menyebutkan arti penting
  hidup sederhana 
·     
  Menceritakan pengalaman hidup
  sederhana 
·     
  Menyebutkan arti penting
  menolong orang lain 
·     
  Menceritakan pengalaman
  menolong orang lain 
·     
  Menjelaskan prosedur
  kombinasi gerak bertumpu dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai 
·     
  Mempraktikkan prosedur
  kombinasi gerak bertumpu dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai 
Sub
  Tema 2: Perubahan Cuaca (30 jam pelajaran) 
·     
  Mengidentifikasi informasi
  yang berkaitan dengan perubahan cuaca yang terdapat dalam teks bacaan 
·     
  Mencari kata/istilah khusus
  yang berkaitan dengan perubahan cuaca 
  yang terdapat dalam teks bacaan 
·     
  Menampilkan dalam bentuk
  konkrit penjumlahan pecahan berpenyebut sama 
·     
  Melakukan penjumlahan pecahan
  berpenyebut sama 
·     
  Menyebutkan arti penting
  bergotong royong 
·     
  Menceritakan pengalaman
  bergotong royong 
·     
  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
  kehidupan sehari-hari di rumah 
·     
  Menjelaskan makna/istilah
  yang berkaitan dengan perubahan cuaca secara lisan/tulis 
·     
  Menceritakan kembali
  informasi yang diperoleh tentang perubahan cuaca 
·     
  Menyelesaikan masalah
  sehari-hari yang melibatkan penjumlahan pecahan berpenyebut sama 
·     
  Memeragakan gerak lambat kepala
  dalam suatu tari 
·     
  Memeragakan gerak cepat
  kepala dalam suatu tari 
·     
  Menulis pokok-pokok informasi
  yang berkaitan dengan perubahan cuaca 
  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif 
·     
  Menyusun informasi
  lisan/tulis/visual tentang perubahan cuaca dalam bentuk kalimat efektif 
·     
  Menceritakan pengalaman
  adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di
  rumah 
·     
  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
  kehidupan sehari-hari di sekolah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  tentang kebiasaan, kesukaan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah 
·     
  Menjelaskan prosedur
  kombinasi gerak bergantung dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai 
·     
  Mempraktikkan prosedur
  kombinasi gerak bergantung dan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai 
Sub Tema
  3: Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia (30 jam pelajaran) 
·     
  Mengidentifikasi informasi
  yang berkaitan dengan  pengaruh
  perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia melalui kegiatan membaca 
·     
  Menjelaskan makna/istilah
  yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia
  secara lisan/tulis 
·     
  Melakukan pengurangan pecahan
  berpenyebut sama 
·     
  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
  kehidupan sehari-hari di sekitar rumah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  tentang kebiasaan, kesukaan dalam kehidupan sehari-hari  di sekitar rumah 
·     
  Menjelaskan manfaat bersatu
  dalam  keberagaman di rumah 
·     
  Menceritakan kembali
  informasi yang diperoleh tentang pengaruh perubahan cuaca 
·     
  Menuliskan pokok-pokok
  informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan
  menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif 
·     
  Menyelesaikan masalah
  sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama 
·     
  Mengidentifikasi bidang dan
  warna sebagai unsur karya dekoratif 
·     
  Mengidentifikasi gerak lambat
  tangan  dalam suatu tari 
·     
  Mengidentifikasi gerak lemah
  dan kuat tangan  dalam suatu tari 
·     
  Menggunakan bidang dan warna
  untuk membuat karya dekoratif 
·     
  Menceritakan kembali
  pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap
  kehidupan menusia menusia dengan menggunakan bahasa sendiri 
·     
  Menyusun informasi
  lisan/tulis/visual tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan
  menusia dalam bentuk kalimat efektif 
·     
  Menceritakan pengalaman
  berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di 
  rumah 
·     
  Menjelaskan manfaat bersatu
  dalam  keberagaman di sekolah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di 
  sekolah 
·     
  Menjelaskan prosedur kombinasi
  gerak tolakan dan berpindah dalam aktivitas senam lantai 
·     
  Mempraktikkan prosedur
  kombinasi gerak tolakan dan berpindah dalam aktivitas senam lantai 
·     
  Menjelaskan prosedur
  kombinasi gerak putaran dan ayunan aktivitas senam lantai 
·     
  Mempraktikkan prosedur kombinasi
  gerak putaran dan ayunan aktivitas senam lantai 
Sub
  Tema 4: Cuaca Musim dan Iklim (30 jam pelajaran) 
·     
  Mencari kata/istilah khusus
  yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim yang terdapat dalam teks bacaan 
·     
  Menjelaskan makna/istilah
  yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim secara lisan/tulis 
·     
  Menentukan tanda waktu yang
  ditunjukkan jarum jam 
·     
  Menulis tanda waktu yang
  ditunjukkan jarum menit 
·     
  Menjelaskan manfaat bersatu
  dalam  keberagaman di rumah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di 
  rumah 
·     
  Menjelaskan manfaat bersatu
  dalam  keberagaman di sekolah 
·     
  Menceritakan kembali
  informasi yang diperoleh tentang cuaca, musim, dan iklim 
·     
  Menulis pokok-pokok informasi
  yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan
  kalimat efektif 
·     
  Menyatakan lama waktu
  kegiatan dalam satuan jam 
·     
  Menggunakan pengetahuan yang
  dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan lama waktu 
·     
  Mengenali teknik sambung
  dalam suatu karya keterampilan (menempel dan menjahit) 
·     
  Menggunakan teknik sambung
  dalam membuat suatu karya keterampilan (menempel/menjahit) 
·     
  Menceritakan kembali
  pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan cuaca, musim, dan iklim
  menggunakan bahasa sendiri 
·     
  Menyusun informasi
  lisan/tulis/visual tentang cuaca, musim, dan iklim dalam bentuk kalimat
  efektif 
·     
  Menceritakan pengalaman
  berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di 
  sekolah 
·     
  Menjelaskan manfaat bersatu
  dalam  keberagaman di sekitar rumah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan  yang dilakukan  di 
  sekitar rumah 
·     
  Menjelaskan prosedur
  kombinasi gerak melayang dan mendarat dalam aktivitas senam lantai 
·     
  Mempraktikkan prosedur
  kombinasi gerak melayang dan mendarat dalam aktivitas senam lantai | 
Tema 6             :
Energi dan Perubahannya 
Alokasi
Waktu : 120 jam pelajaran
| 
Mata
   Pelajaran dan Kompetensi Dasar | 
Materi
   Pembelajaran | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
| 
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan:  
1.1 Menerima arti 
  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”          
2. 1 Bersikap positif terhadap arti  gambar pada lambang negara “Garuda
  Pancasila” 
   
3.1 Memahami  arti gambar pada lambang negara
  "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari 
4.1 Menceritakan arti gambar pada
  lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari 
1.3
  Menerima makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
2.3
  Bertanggung jawab terhadap makna kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
  individu di lingkungan sekitar 
3.3  Memahami makna keberagaman
  karakteristik individu di lingkungan sekitar 
4.3  Menceritakan makna
  kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 
1.4
  Menerima dengan tulus makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar 
2.4
  Bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar 
3.4 Mengemukakan makna bersatu dalam
  keberagaman di lingkungan sekitar 
4.4 Berperilaku sesuai dengan makna
  bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar | 
·        
  Lambang negara “Garuda
  Pancasila”  
·        
  Hidup Sederhana 
·        
  Makna keberagaman
  karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari  
·        
  Peran – peran yang ada
  didalam lingkungan sekitar rumah 
·        
  Makna bersatu dalam
  keberagaman di lingkungan sekitar 
·        
  Perbedaan dalam kebiasaan,
  kesukaan, dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah 
·        
  Tolong menolong 
·        
  Gotong royong | 
Subtema
  1: Sumber Energi (30 jam pelajaran) 
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan
  dengan sumber energi melalui kegiatan membaca 
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan
  dengan konsep sumber energi  yang
  terdapat dalam teks bacaan 
•  Menyatakan luas daerah  bidang datar dengan satuan luas tidak baku 
•  Mengidentifikasi peran-peran yang ada di
  dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar rumah (pelajar, karyawan,
  ilmuwan, dokter, dll) 
•  Menceritakan pengalaman  adanya perbedaan peran dalam kehidupan
  sehari-hari di lingkungan sekitar rumah 
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan
  dengan konsep sumber  energi secara
  lisan/tulis 
•  Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana
  dengan permainan alat musik ritmis 
•  Menjelaskan prosedur gerakan senam irama
  menggunakan ketukan. 
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang
  berkaitan dengan konsep sumber energi 
  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. 
•  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi  individu dalam kehidupan sehari-hari di
  sekitar rumah  
•  Menceritakan pengalaman tentang kebiasaan,
  kesukaan dalam kehidupan sehari-hari 
  di sekitar rumah 
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi
  yang berkaitan dengan konsep sumber energi dalam kehidupan sehari-hari  menggunakan bahasa sendiri 
•  Membandingkan  luas berbagai bangun datar 
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang
  diperoleh tentang  sumber energi dalam
  kalimat yang efektif dengan tepat 
•  Menyebutkan arti penting hidup sederhana 
•  Menceritakan pengalaman hidup sederhana 
•  Memeragakan pola irama sederhana dengan
  permainan alat musik ritmis 
•  Menyelesaikan masalah yang berkaitan
  dengan  luas daerah bangun datar
  menggunakan satuan luas tidak baku 
•  Mempratikkan prosedur gerak senam irama
  menggunakan ketukan. 
Subtema 2: Perubahan
  Energi (30 jam pelajaran) 
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan
  dengan perubahan energi melalui kegiatan membaca 
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan
  dengan konsep perubahan energi  yang
  terdapat dalam teks bacaan 
•  Menyebutkan arti penting menolong orang lain 
•  Menceritakan pengalaman menolong orang lain 
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama
  menggunakan ketukan  
•  Memeragakan gerak lambat kepala dalam suatu
  tari 
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan
  dengan konsep perubahan energi secara lisan/tulis 
•  Menentukan volume benda konkret dengan
  satuan volume tidak baku 
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang
  berkaitan dengan perubahan energi 
  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. 
•  Menyebutkan arti penting bergotong royong 
•  Menceritakan pengalaman bergotong royong 
•  Memeragakan gerak cepat kepala dalam suatu
  tari 
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi
  yang berkaitan dengan konsep perubahan energi 
  menggunakan bahasa sendiri 
•  Membandingkan bangun ruang menurut volumenya
   
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang
  diperoleh tentang  perubahan  energi dalam kalimat yang efektif dengan 
•  Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang
  menunjukkan sikap bersatu di sekitar rumah 
•  Menceritakan pengalaman saling tolong
  menolong dengan  orang-orang  di sekitar 
  rumah 
•  Menyelesaikan masalah yang berkaitan
  dengan  volume bangun ruang menggunakan
   satuan volume tidak baku 
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama
  menggunakan ketukan. 
Subtema
  3: Energi Alternatif (30 jam pelajaran)  
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan
  dengan energi alternatif melalui kegiatan membaca 
•  Membuat daftar tugas individu berdasarkan
  peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar,
  karyawan, ilmuwan, dokter, dll)  
•  Menceritakan pengalaman melaksanakan tugas
  sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari di  lingkungan rumah 
•  Mengidentifikasi bidang dan warna sebagai
  unsur karya dekoratif 
•  Menggunakan bidang dan warna untuk membuat
  karya dekoratif 
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan
  dengan konsep energi alternatif  yang
  terdapat dalam teks bacaan 
•  Mengenal simetri lipat  bangun datar menggunakan benda konkrit  
•  Mengenal sumbu simetri lipat  bangun datar menggunakan benda konkrit 
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan
  dengan konsep energi alternatif secara lisan/tulis 
•  Membandingkan tugas-tugas individu
  berdasarkan  perannya dalam kehidupan
  sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuwan, dokter, dll) 
•  Menceritakan pengalaman melaksanakan tugas
  sesuai peran dalam sebuah kegiatan yang dilakukan bersama-sama individu
  berdasarkan  perannya dalam kehidupan
  sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuwan, dokter, dll) 
•  Mengidentifikasi gerak lambat tangan  dalam suatu tari 
•  Mengidentifikasi gerak lemah dan kuat
  tangan  dalam suatu tari  
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang
  berkaitan dengan konsep energi alternatif 
  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. 
•  Menjelaskan prosedur gerakan senam irama
  menggunakan hitungan 1 sampai 8 
•  Menentukan banyak simetri lipat pada sebuah
  bangun datar menggunakan benda konkrit 
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi
  yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri 
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang
  diperoleh tentang energi alternatif dalam kalimat yang efektif dengan tepat  
•  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi  individu dalam kehidupan sehari-hari di
  rumah 
•  Menceritakan pengalaman adanya perbedaan
  kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama
  menggunakan hitungan 1 sampai 8 
•  Menentukan 
  sumbu  simetri lipat pada sebuah
  bangun datar menggunakan benda konkrit 
Subtema
  4: Penghematan Energi (30 jam pelajaran) 
•  Mengidentifikasi informasi yang berkaitan
  dengan penghematan energi melalui kegiatan membaca 
•  Menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan
  dengan konsep penghematan energi  yang
  terdapat dalam teks bacaan 
•  Menyebutkan arti penting hidup sederhana 
•  Menceritakan pengalaman hidup sederhana 
•  Mengidentifikasi teknik sambung dalam suatu
  karya keterampilan (menempel dan menjahit) 
•  Mengenal 
  simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret. 
•  Mengenal pusat  simetri putar pada bangun datar menggunakan
  benda konkret. 
•  Menjelaskan makna/istilah yang berkaitan
  dengan konsep penghematan energi secara lisan/tulis 
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama
  menggunakan hitungan 1 sampai 8 
•  Menuliskan pokok-pokok informasi yang
  berkaitan dengan konsep penghematan energi menggunakan kosakata baku dan
  kalimat efektif. 
•  Menggunakan teknik sambung dalam membuat
  suatu karya keterampilan (menempel/menjahit) 
•  Menentukan banyak simetri lipat pada sebuah
  bangun datar menggunakan benda konkrit 
•  Mengidentifikasi  keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi  individu dalam kehidupan sehari-hari di
  sekolah 
•  Menceritakan pengalaman tentang kebiasaan,
  kesukaan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah 
•  Mempratikkan prosedur gerakan senam irama
  menggunakan hitungan 1 sampai 8 
•  Menceritakan kembali pokok-pokok informasi
  yang berkaitan dengan konsep penghematan energi dengan menggunakan bahasa
  sendiri 
•  Menentukan 
  sumbu  simetri lipat pada sebuah
  bangun datar menggunakan benda konkrit 
•  Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang
  menunjukkan sikap bersatu di rumah 
•  Menceritakan pengalaman saling tolong
  menolong dengan  keluarga di rumah 
•  Menyusun informasi lisan/tulis/visual yang
  diperoleh tentang penghematan energi dalam kalimat yang efektif dengan tepat | 
| 
Bahasa
  Indonesia:  
3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang
  disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual 
4.2
  Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi
  dalam bentuk tulis,  dan visual
  menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif | 
·        
  Teks informasi tentang:Sumber
  energi, Bentuk
  energi, Energy
  alternatif, Penghematan
  energi. 
·        
  Kosakata yang berkaitan
  dengan Sumber energi, Perubahan energi, Energi alternatif dan Penghematan
  energi 
·        
  Laporan hasil observasi
  tentang sumber dan bentuk energi | |
| 
Matematika: 
3.8
  Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan
  benda konkret 
4.8
  Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan
  menggunakan benda konkret 
3.9
  Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan
  benda konkret 
4.9
  Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar
  menggunakan benda konkret | 
Satuan
  tidak baku 
·        
  Luas  
·        
  volume  
Simetri 
·        
  Simetri lipat  
·        
  Simetri putar | |
| 
Seni
  Budaya dan Prakarya: 
3.1
  Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif  
4.1
  Membuat karya dekoratif 
3.2
  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam  lagu 
4.2
  Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu 
3.3
  Mengetahui dinamika gerak tari 
4.3
  Meragakan dinamika gerak  tari 
3.4
  Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung 
4.4
  Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung     | 
·        
  Unsur rupa dalam karya
  dekoratif 
·        
  Variasi pola irama 
·        
  Dinamika gerak tari 
·        
  Macam-macam teknik potong,
  lipat, dan sambung | |
| 
Pendidikan
  Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 
3.6 Menerapkan prosedur penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
  non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
  musik dalam aktivitas gerak berirama. 
4.6 Mempratikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar
  lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan)
  tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. | 
"Kombinasi
  pola gerak dasar lokomotor, 
  non-lokomotor, dan manipulatif aktivitas gerak berirama: 
•
  Mengayunkan tangan  
•
  Memutarkan tangan  
•
  Menarik dan Mendorong  
•
  Melangkahkan kaki  
•
  Mengkoordinasikan mengayun-kan tangan dan melangkah-kan kaki | 
Tema 7             :
Perkembangan Teknologi
Alokasi
Waktu : 120 jam pelajaran
| 
Mata
   Pelajaran dan Kompetensi Dasar | 
Materi
   Pembelajaran | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
| 
Pendidikan
  Pancasila dan Kewarganegaraan 
1.1
  Menerima arti  gambar pada lambang
  negara “Garuda Pancasila”          
2.1
  Bersikap positif terhadap arti  gambar
  pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
   
3.1 Memahami  makna simbol sila-sila Pancasila dalam
  lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari 
4.1 Menceritakan
  perilaku sesuai makna  simbol sila-sila
  Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan
  sehari-hari 
1.3
  Bersikap positif terhadap arti  gambar
  pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
   
2.3
  Bertanggung jawab terhadap makna kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
  individu di lingkungan sekitar 
3.3
  Memahami makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari 
4.3 Menceritakan
  makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari | 
·     
  Sikap mulia (terima kasih,
  memaafkan dan baik ) kepada sesama 
·     
  Musyawarah dalam
  menyelesaikan masalah 
·     
  Peran kita dalam kehidupan
  sehari-hari di lingkungan rumah 
·     
  Keberagaman sifat individu
  dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat | 
Subtema
  1: Perkembangan Teknologi Produksi Pangan (30 jam pelajaran) 
·      
  Menyimak arti dari sikap
  mulia kepada sesama 
·      
  Menemukan arti penting  berterima kasih kepada sesama manusia  
·      
  Menyebutkan arti penting
  meminta maaf kepada sesama manusia 
·      
  Menyebutkan arti penting
  bersikap baik kepada sesama 
·      
  Menceritakan pengalaman
  berterima kasih kepada sesama manusia. 
·      
  Menceritakan pengalaman
  meminta maaf kepada sesama manusia 
·      
  Menceritakan pengalaman
  mendoakan orang lain 
·      
  Mengamati perkembangan
  teknologi produksi pangan yang dibaca. 
·      
  Membaca teks perkembangan
  teknologi produksi pangan  
·      
  Mengidentifikasi ide pokok
  dari teks perkembangan teknologi produksi pangan yang dibaca. 
·      
  Menemukan jenis-jenis produk
  yang dihasilkan teknologi produksi pangan yang dibaca. 
·      
  Menjelaskan manfaat teknologi
  produksi pangan bagi kehidupan manusia. 
·      
  Menuliskan pokok-pokok
  informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan memperhatikan penggunaan
  kaidah EyD. 
·      
  Menceritakan kembali
  informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan memperhatikan lafal dan intonasi
  yang tepat. 
·    
  Menggunakan kata terkait
  tentang perkembangan teknologi produksi pangan dengan tepat yang ada dalam
  informasi yang disajikan 
·    
  Menyusun laporan informasi
  tentang perkembangan teknologi produksi pangan dengan tepat 
·    
  Mengamati  keliling bangun datar 
·    
  Menentukan keliling bangun
  datar 
·    
  Menghitung keliling bangun
  datar 
·    
  Latihan soal untuk menghitung
  keliling bangun datar 
·    
  Praktek mengukur keliling
  bangun datar 
·    
  Praktek mengukur keliling
  bangun datar benda nyata 
·    
  Menyimak variasi pola irama
  lagu 
·    
  Mengidentifikasi variasi pola
  irama dalam sebuah lagu 
·    
  Memeragakan variasi pola
  irama dengan bernyanyi dan bermain alat musik ritmis 
·    
  Bermain pola irama dengan
  bernyanyi dan bermain alat musik ritmis 
·    
  Mengamati prosedur gerak
  mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. 
·    
  Menjelaskan prosedur gerak
  mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. 
Subtema
  2: Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (30 jam pelajaran) 
·     
  Diskusi tentang penting
  bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah 
·     
  Menyebutkan arti penting
  bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah 
·     
  Menyebutkan arti penting
  mengeluarkan pendapat saat bermusyawarah 
·     
  Menyebutkan arti penting
  menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah 
·     
  Menceritakan pengalaman bermusyawarah
  dalam menyelesaikan masalah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  mengeluarkan pendapat saat bermusyawarah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah 
·     
  Membaca teks perkembangan
  teknologi produksi sandang 
·     
  Mengidentifikasi ide pokok
  dari teks perkembangan teknologi produksi sandang yang dibaca. 
·     
  Menemukan jenis-jenis produk
  yang dihasilkan teknologi produksi sandang yang dibaca. 
·     
  Menjelaskan manfaat teknologi
  produksi sandang bagi kehidupan manusia. 
·     
  Menuliskan pokok-pokok
  informasi mengenai teknologi produksi sandang dengan memperhatikan penggunaan
  kaidah EyD. 
·     
  Menceritakan kembali
  informasi mengenai teknologi produksi sandang 
  dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat. 
·     
  Menggunakan kata terkait
  tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan tepat yang ada dalam
  informasi yang disajikan 
·     
  Menyusun informasi tentang
  perkembangan teknologi produksi sandang dengan tepat 
·    
  Mengamati sudut (sudut
  siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku 
·    
  Membedakan sudut siku-siku,
  lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku 
·    
  Mengenal sudut lancip 
·    
  Mengklasifikasikan sudut
  sudut siku-siku, lancip, dan tumpul 
·    
  Menggambar sudut siku-siku 
·    
  Menggambar sudut lancip 
·    
  Menyimak gerakan tari dengan
  variasi yang lambat dan cepat  
·    
  Memeragakan gerak lambat
  gabungan tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari 
·    
  Memeragakan gerak cepat
  gabungan tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari 
·    
  Mengidentifikasi gerak lemah
  dan kuat tangan  dalam suatu tari 
Subtema
  3: Perkembangan Teknologi Komunikasi (30 jam pelajaran) 
·     
  Tanya jawab tentang peran
  individu  dalam kehidupan sehari-hari
  di lingkungan rumah (ayah, ibu, anak, tetangga) 
·     
  Mengidentifikasi peran
  individu  dalam kehidupan sehari-hari
  di lingkungan rumah (ayah, ibu, anak, tetangga) 
·     
  Membuat daftar tugas  anggota keluarga sesuai dengan perannya
  dalam kehidupan sehari2 di rumah 
·     
  Membandingkan tugas anggota
  keluarga dalam menjalankan perannya dalam kehidupan sehari2 di rumah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  adanya perbedaan peran anggota keluarga 
  dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  menjalankan tugas  berkaitan dengan
  perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
·     
  Menceritakan pengalaman
  menjalankan satu kegiatan yang dilakukan sehari-hari bersama-sama di rumah 
·   
  Membaca teks perkembangan
  teknologi komunikasi. 
·   
  Mengidentifikasi ide pokok
  dari teks perkembangan teknologi komunikasi yang dibaca. 
·   
  Menemukan jenis-jenis produk
  yang dihasilkan teknologi komunikasi yang dibaca. 
·   
  Menjelaskan manfaat teknologi
  komunikasi bagi kehidupan manusia. 
·   
  Menuliskan pokok-pokok
  informasi mengenai teknologi komunikasi dengan memperhatikan penggunaan
  kaidah EyD. 
·   
  Menceritakan kembali
  informasi mengenai teknologi komunikasi dengan memperhatikan lafal dan
  intonasi yang tepat. 
·   
  Menggunakan kata terkait
  tentang perkembangan teknologi komunikasi dengan tepat yang ada dalam
  informasi yang disajikan 
·   
  Menyusun informasi tentang
  perkembangan teknologi komunikasi dengan tepat 
·    
  Mengenal sudut tumpul 
·    
  Membedakan sudut tumpul 
·    
  Menentukan sudut siku-siku,
  lancip, dan tumpul 
·    
  Mengklasifikasikan sudut
  siku-siku, lancip, dan tumpul 
·    
  Menggambar  jenis-jenis sudut  tumpul 
·    
  Mengklasifikasi gambar yang
  memilki sudut siku-siku, lancip, dan tumpul 
·      
  Mengamati kombinasi garis,
  bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif 
·      
  Mengidentifikasi kombinasi
  garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif 
·      
  Menggunakan kombinasi garis,
  bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif 
·    
  Mempraktikkan prosedur gerak
  mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. 
·    
  Simulasi prosedur gerak
  mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. 
Sub
  Tema 4: Perkembangan Teknologi Transportasi (30 jam pelajaran) 
·    
  Diskusi tentang keberagaman
  sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
·    
  Menyebutkan keberagaman sifat
  individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
·    
  Menyebutkan keberagaman sifat
  individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah 
·    
  Menyebutkan keberagaman sifat
  individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah 
·    
  Memeragakan beberapa sifat
  individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
·    
  Memeragakan beberapa sifat
  individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah 
·    
  Memeragakan beberapa sifat
  individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah 
·    
  Bermain peran keberagaman
  sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah, sekolah dan
  masyarakat 
·    
  Membaca teks perkembangan
  teknologi transportasi 
·    
  Mengidentifikasi ide pokok
  dari teks perkembangan teknologi transportasi yang dibaca. 
·    
  Menemukan jenis-jenis produk
  yang dihasilkan teknologi transportasi yang dibaca. 
·    
  Menceritakan kembali
  informasi yang diperoleh tentang tentang perkembangan teknologi transportasi
  dengan tepat Menceritakan kembali informasi yang diperoleh tentang tentang
  perkembangan teknologi transportasi dengan tepat 
·    
  Menuliskan pokok-pokok
  informasi mengenai teknologi transportasi dengan memperhatikan penggunaan
  kaidah EyD. 
·    
  Menceritakan kembali
  informasi mengenai teknologi transportasi dengan memperhatikan lafal dan
  intonasi yang tepat. 
·    
  Menggunakan kata terkait
  tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat yang ada dalam
  informasi yang disajikan 
·    
  Menyusun informasi tentang
  perkembangan teknologi transportasi dengan tepat. 
·    
  Mengamati gambar bangun datar
   
·    
  Menyebutkan sifat-sifat
  bangun datar segitiga yang diamatinya 
·    
  Membedakan segitiga  dan persegi empat yang diamati 
·    
  Menyebutkan sifat-sifat
  bangun datar persegi yang diamatinya 
·    
  Menyebutkan sifat-sifat
  bangun datar persegi panjang yang diamatinya 
·    
  Menggambar bangun datar dan
  segitiga sesuai dengan sifat-sifat bangun datar yang diberikan 
·    
  Mengamati teknik teknik
  potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan  
·    
  Mengidentifikasi gabungan
  teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan 
·    
  Menggunakan  gabungan teknik potong, lipat, dan sambung
  dalam membuat karya keterampilan 
Mempraktikkan
  prosedur gerak meluncur dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam
  aktivitas air. | 
| 
Bahasa
  Indonesia:  
3.6
  Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi,
  komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
4.6 Meringkas
  informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
  transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosa kata
  baku dan kalimat efektif | 
·      
  Teks perkembangan teknologi
  produksi pangan dan sandang, tranportasi, komunikasi yang dibaca. 
·      
  Menentukan ide  pokok-pokok informasi dan penggunaan kaidah
  EyD. 
·      
  Menyusun kalimat dari
  tulisan   | |
| 
Matematika
   
3.10
  Menjelaskan keliling bangun datar 
4.10
  Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun
  datar 
3.11 Menjelaskan
  sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan
  pengukuran tidak baku 
4.11
  Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan
  satuan pengukuran tidak baku 
3.12
  Menjelaskan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki 
4.12
  Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki | 
·     
  Keliling bangun datar 
·     
  Jenis-jenis sudut (sudut
  siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku 
·     
  Sifat-sifat bangun datar dan
  segitiga  | |
| 
Seni
  Budaya dan Prakarya 
3.1  Memahami unsur-unsur rupa dalam karya
  dekoratif 
4.1
  Membuat karya    dekoratif 
3.2
  Mengidentifikasi variasi pola irama dalam sebuah lagu  
4.2
  Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu 
3.3
  Memahami dinamika gerak tari 
4.3
  Meragakan Dinamika Gerak 
3.4
  Memahami teknik potong, lipat, dan sambung 
4.4
  Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung | 
·     
  Pola irama dalam sebuah lagu
  dan bermain alat musik ritmis 
·     
  Tari gerak lambat gabungan
  tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari 
·     
  Gerak lambat tangan, lemah
  dan kuat tangan dalam suatu tari 
·     
  Kombinasi garis, bidang, dan
  warna dalam sebuah karya dekoratif 
·     
  Teknik potong, lipat, dan
  sambung dalam karya keterampilan | |
| 
Pendidikan
  Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 
3.7
  Memahami prosedur gerak dasar mengambang (water trappen)  dan meluncur di air serta menjaga
  keselamatan diri / orang lain dalam aktivitas air. 
4.7
  Mempraktikkan prosedur gerak dasar mengambang (water trappen)  dan meluncur di air serta menjaga keselamatan
  diri / orang lain dalam aktivitas air. | 
·       
  Teori prosedur gerak
  mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. 
·       
  Praktikkan prosedur gerak
  mengambang dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. 
·       
  Praktikkan prosedur gerak
  meluncur dengan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. | 
Tema 8             : Praja Muda Karana
Alokasi Waktu : 120
jam pelajaran
| 
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar | 
Materi Pembelajaran | 
Kegiatan Pembelajaran | 
| 
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
1.1  Menerima arti gambar pada lambang Negara
  “Garuda Pncasila” 
2.1 Bersikap positif terhadap arti gambar pada
  lambang Negara “Garuda Pancasila” 
3.1 Memahami  makna simbol sila-sila Pancasila dalam
  lambang negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari 
4.1Menceritakan perilaku sesuai makna  simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
  negara "Garuda Pancasila" di kehidupan sehari-hari | 
·        
  Makna
  simbol sila-sila dalam  Pancasila 
·        
  Perilaku
  yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila 
·        
  Arti
  penting menghargai perbedaan dan membangun ketertiban bersama, dan gotong
  royong | 
Sub Tema 1: Aku anggota Pramuka (30 jam
  pelajaran) 
·      
  Bermain
  permainan tradisional/sederhana yang berhubungan dengan bangun datar 
·      
  Mengidentifikasi
  perbedaan bangun datar 
·      
  Membaca
  teks yang mengidentifikasi lambang negara  
·      
  Menyebutkan
  makna simbol sila-sila Pancasila 
·      
  Mengidentifikasi
  variasi pola irama Garuda Paancasila 
·      
  Mengklasifikasikan
  lambang Negara dari teks bacaan 
·      
  Menceritakan
  contoh perilaku yang sesuai dengan satu sila Pancasila 
·      
  Membaca
  teks tentang penjelasan lambang Pancasila 
·      
  Mendata
  kegiatan di sekolah yang sesuai dengan makna sila-sila Pancasila 
·      
  Menceritakan
  pengalaman perilaku yang sesuai dengan makna sila-sila Pancasila 
·      
  Bernyanyi
  lagu aruda Pancasila 
·      
  Mengelompokan
  bangun datar berdasarkan sifat 
·      
  Melihat
  gambar/menonton gambar sila-sila Pancasila 
·      
  Bermain
  alat music ritmik lagu Garuda Pancasila 
·      
  Mendata
  kegiatan sehari-hari yang sesuai dengan makna sila Pancasila 
·      
  Mengelompokkan
  bangun datar berdasarkan sifat yang dimiliki 
·      
  Bermain
  peran menunjukan contoh perilaku sehari-hari yang sesuai dengan makna sila
  Pancasila 
·      
  Membaca
  teks tentang lambang/simbol Garuda  
·      
  Pancasil 
·      
  Menjelaskan
  maksud/lambang simbol Garuda Pancasila 
·      
  Bermain
  alat music ritmik 
·      
  Menceritakan
  pengalaman terhadap sila-sila Pancasila 
·      
  Mengelompokan
  kegiatan sehari-hari berdasarkan sila-sila Pancasila 
·      
  Bermain
  permainan tradisional 
·      
  Mengelompokkan
  bangun datar berdasarkan sifatnya 
·      
  Mengamati  sekitar sekolah kejadian yang berhubungan
  dengan sila-sila Pancasila 
·      
  Menuliskan
  hasil pengamatan dengan menggunakan kalimat efektif 
·      
  Bernyanyi
  dengan pola variasi irama 
Sub Tema 2: Aku anak mandiri (30 jam pelajaran) 
·     
  Menari
  dengan gerak lambat gabungan tangan dan kaki 
·     
  Berdiskusi
  tentang arti penting perbedaan 
·     
  Menemukan
  lambang simbol Pramuka dari bacaan 
·     
  Membuat
  data dalam bentuk gambar 
·     
  Berdiskusi
  tentang arti berteman 
·     
  Membuat
  data tentang jumlah teman 
·     
  Membaca
  teks lambang/simbol Pramuka 
·     
  Mengklasifikasikan
  lambang/simbol Pramuka 
·     
  Menceritakan
  pengalaman tentang menghargai  perbedaan 
·     
  Menjelaskan
  maksud dari lambang simbol Pramuka 
·     
  Bermain
  permainan sederhana dengan menggunakan berbagai gambar 
·     
  Menghitung
  data yang disajikan dalam bentuk gambar 
·     
  Membuat
  gerakan dengan kelenturan bagian bawah 
·     
  Berdiskusi
  tentang arti penting membangun ketertiban bersama 
·     
  Menonton
  film tentang kegiatan Pramuka 
·     
  Bermain
  permainan tradisional  
·     
  Bercerita
  tentang pengalaman bermain bersama 
·     
  Mengamati
  lambang lalu lintas 
·     
  Menceritakan
  arti lambang lalulintas 
·     
  Membuat
  dan menjelaskan isi data 
·     
  Melakukan
  gerak cepat gabungan tangan dan kaki 
Sub Tema 3: Aku suka berpetualang (30 jam
  pelajaran) 
·     
  Berdiskusi
  tentang arti penting gotong royong 
·     
  Membaca
  teks tentang konsep mata angin 
·     
  Menemukan
  pokok pikiran dari bacaan 
·     
  Membandingkan
  data gambar dari hasil diskusi 
·     
  Meggambar
  arah mata angin 
·     
  Membaca
  teks tentang arah perjalanan 
·     
  Membuat
  arah perjalanan berdasarkan teks yang dibaca 
·     
  Mewawancara
  beberapa teman tentang perjalanan 
·     
  Mengumpulkan
  data dari hasil wawancara 
·     
  Menari
  dengan gerak lambat tangan 
·     
  Membaca
  teks tentang arah perjalanan 
·     
  Menjelaskan
  secara runtut arah perjalanan berdasarkan teks yang di baca 
·     
  Melakukan
  gerakan-gerakan lincah dalam permainan sederhana 
·     
  Melihat
  gambar 8 arah mata angin 
·     
  Berdiskusi
  tentang delapan arah mata angin 
·     
  Menceritakan
  hasil diskusi 
·     
  Berdiskusi
  tentang gotong royong 
·     
  Menceritakan
  pengalaman bergotong royong 
·     
  Menulis
  kalimat dengan kata yang berhubungan  
  dengan manfaat arah mata angin dalam transportasi 
·     
  Melakukan
  gerakan lincah alat transportasi 
·     
  Mengumpulkan
  data yang berkaitan dengan diri peserta didik 
·     
  Menyajikan
  data yang berkaitan dengan diri peserta didik 
·     
  Menyusun
  informasi tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah
  dengan tepat 
·     
  Menari
  gerak lemah dan kuat tangan  dalam
  suatu tari 
Sub Tema 4: 
  Aku suka berkarya (30 menit) 
·     
  Mengidentifikasi
  gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan 
·     
  Mengidentifikasi
  pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam
  denah pada teks yang dibaca. 
·     
  Membandingkan
  data yang disajikan dalam bentuk gambar 
·     
  Menemukan
  arah perjalanan secara runtut berdasarkan teks yang dibaca. 
·     
  Menjelaskan
  prosedur bergerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran
  jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional 
·     
  Menjelaskan
  arah perjalanan secara runtut berdasarkan teks yang dibaca. 
·     
  Menceritakan
  kembali ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang  delapan arah mata angin dan pemanfaatannya
  dalam denah dengan tepat 
·     
  Menggunakan
  kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif 
·     
  Membuat
  diagram gambar berdasarkan data 
·     
  Menggunakan  gabungan teknik potong, lipat, dan sambung
  dalam membuat karya keterampilan 
·     
  Menggunakan
  kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  dengan tepat yang ada dalam transportasi
  yang disajikan 
·     
  Menyusun
  informasi tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah
  dengan tepat 
·     
  Mempresentasikan
  data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar 
·     
  Mempratikkan
  prosedur bergerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran
  jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional | 
| 
Bahasa Indonesia  
3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan
  arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah pada teks lisan, tulis, dan
  visual 
4.7 Menjelaskan konsep delapan arah mata angin
  dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa
  kata baku dan kalimat efektif 
3.9 Mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu
  lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis,
  dan visual. 
4.9 Menyajikan hasil identifikasi tentang
  lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta
  artinya dalam bentuk visual dantulis menggunakan kosa kata | 
·        
  Teks
  informasi tertulis tentang jenis, maksud 
  lambang/simbol lalu lintas, pramuka, dan lambang negara, 
·        
  Teks
  visual tentang lambang/symbol lalu lintas, pramuka, dan lambang Negara  
·        
  Teks
  informasi tentang pokok pikiran  konsep
  delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  
·        
  Kosa
  kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah  yang ada dalam transportasi  | |
| 
Matematika 
3.12 
  Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang
  dimiliki 
4.12 
  Mengelompok-kan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang
  dimiliki 
3.13 
  Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan
  dalam bentuk gambar 
4.13 
  Menyajikan  data  berkaitan dengan diri peserta didik dalam
  bentuk gambar | 
·        
  Berbagai
  macam bangun datar berdasarkan sifatsifat yang dimiliki 
·        
  Data
  dalam bentuk gambar | |
| 
Seni Budaya dan Prakarya 
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya
  dekoratif 
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari 
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan
  sambung 
4.1 Membuat karya dekoratif 
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama
  melalui lagu 
4.3Meragakan Dinamika Gerak tari 
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat,
  dan sambung | 
·       
  Macam
  variasi pola irama dalam sebuah lagu dengan bernyanyi dan memainkan alat
  musik. 
·       
  Gerak
  lambat dan cepat gabungan tangan, kaki, dan kepala dalam suatu tari 
·       
  Kombinasi
  garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif 
·       
  Penggabungan
  teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan 
·       
  Menggunakan
  kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif | |
| 
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 
3.4 Memahami prosedur bergerak secara
  seimbang,  lentur, lincah, dan berdaya
  tahan  dalam rangka pengembangan
  kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.4 Mempratikkan prosedur bergerak secara seimbang,  lentur, lincah, dan berdaya tahan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
  melalui permainan sederhana dan atau tradisional. | 
·        
    
·        
  Prosedur
  bergerak seimbang dominan dinamis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
  melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 
·        
  Prosedur
  bergerak secara lincah , dan bergerak dengan ketahanan dalam rangka
  pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
  tradisional. | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar