RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MI Negeri 1 Magelang
Kelas
/ Semester : 2 ( Dua ) / 1 ( Satu )
Tema : Tugasku Sehari-
hari (Tema 3)
Sub Tema : Tugasku
Sehari-hari di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi
waktu : 1 Hari
Waktu : Selasa, 2
Oktober 2018
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala
banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa.
|
1.1.1
Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1
Menerapkan sikap
bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang
negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
|
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1
Menjelaskan hubungan
antara simbol dan sila-sila Pancasila
dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1
Menyebutkan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Memahami kosakata dan
konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1 Menjelaskan
kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi
sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.
|
4.3
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1 Mempresentasikan penggunaan kosakata bahasa
indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan tentang lingkungan
geografis.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
|
Menjelaskan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
|
3.5.1 Menyebutkan nilai dan kesetaraan pecahan mata
uang.
3.5.2 Mengidentifikasi berbagai macam pecahan mata uang logam.
|
4.5
|
Mengurutkan
nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata
uang.
|
4.5.1 Mengurutkan pecahan mata uang logam.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks
berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja yang disajikan, siswa menemukan kosakata
berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja yang disajikan, siswa menemukan makna kosakata
berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa memahami
perbedaan pekerjaan antar individu di rumah.
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa mengelompokkan
individu di rumah berdasarkan pekerjaannya.
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa dapat menyebutkan
nilai pecahan uang logam.
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa dapat
membandingkan nilai pecahan uang logam.
- Dengan mengamati gambar
kegiatan membantu belanja dan teks yang disajikan, siswa dapat mengurutkan
nilai pecahan uang logam.
D.
MATERI
- Mengamati
teks bacaan.
- Macam-macam nilai pecahan uang.
- Gambar tentang kegiatan membantu belanja.
- Kegiatan Jual beli dan cara menaksir harga barang
- Kosakata
yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi di rumah.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Demonstrasi, Penugasan, pengamatan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
MEDIA
1.
Mata uang logam dan kertas
G.
BAHAN AJAR
1.
Seikat Sayuran, Tempe,
Buah-buahan dll
H.
SUMBER BELAJAR
1. Buku Peserta didik; Purnomosidi, 2017, Tugasku
Sehari-hari: Edisi Revisi Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI kelas II, Jakarta, Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman 19 – 24 )
2. Buku Guru; Purnomosidi, 2017, Tugasku Sehari-hari: Edisi Revisi Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Buku Guru SD/MI kelas II, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemdikbud (halaman 30 – 37 )
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1. Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
2. Mengucapkan salam
3. Mengkonfirmasi kehadiran peserta didik
4. Megajak anak-anak untuk menyanyikan lagu “Garuda pancasila”
dilanjutkan dengan tepuk The best, tepuk semangat dan yel-yel kelas
5. Membangun apersepsi, dengan melakukan kegiatan :
a) Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya tentang kegiatan yang dilakukan di pagi hari dengan
materi yang akan dipelajari .
b. Kegiatan Inti ( 140 menit ).
1.
Guru menyediakan alat peraga
sayuran-sayuran.
2.
Siswa diminta mengamati dan
membedakan harga barang tersebut ( mengamati )
3.
Guru membimbing siswa untuk
mengamati gambar beberapa barang dengan harganya (mengamati).
4.
Siswa memahami teks bacaan.
5.
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
Ø Berapa harga masing-masing barang?
Ø Dapatkah kalian menyebutkan pecahan yang sesuai dengan harga barang
tersebut?
6.
Siswa diminta menulis daftar
harga barang – barang yang sudah diamati.
7.
Guru membimbing siswa untuk
membandingkan harga beberapa barang.
8.
Siswa mengerjakan lembar kerja
yang sudah disiapkan guru.
9.
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan
pertanyaan tentang hasil pengamatannya. Kegiatan ini melatih
siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
10. Siswa diminta menulis pertanyaan, kemudian secara bergantian siswa
mengajukan pertanyaan.
11. Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa
dan membahasnya secara klasikal
12. Siswa mengidentifikasi perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa
Jawaban:
Ayah : mangga kupas
Ali : jus mangga
Ibu : mangga kupas
Siti : jus mangga
13. Guru membimbing siswa menyusun kalimat dari kosakata.
Jawaban:
Siti membeli wortel di pasar.
Siti membantu ibu belanja.
Ibu membeli buah mangga di
pasar.
Siti membeli garam di toko.
Ibu membeli beras di toko.
Ibu membeli gula di toko
c.
Penutup
1.
Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari
ini
2.
Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Menyanyikan salah satu lagu
daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.
Guru meminta salah satu siswa
untuk memimpin doa penutup
6.
Guru menutup kegiatan dengan
salam
J.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik
penilaian sebagai berikut.
1.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Mengurutkan harga barang
Rekap Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
b.
Mengelompokkan anggota keluarga berdasarkan usia di rumah.
2.
Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya.
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
1
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai
b.
Menulis Cerita Berdasarkan Gambar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
Penggunaan
EYD
yang
tepat
|
Menggunakan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan
tanda
baca
yang
tepat
tanpa
bimbingan
guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan
tanda
baca
kurang
digunakan
dengan
tepat
namun
dilakukan
tanpa
bimbingan
guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan
tanda
baca
kurang
digunakan
dengan
tepat
dan
dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan
tanda
baca
tidak
digunakan
dengan
tepat
dan
dilakukan
dengan
bimbingan
guru
|
|
Kelengkapan
penulisan
kata
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang lengkap
|
Terdapat
sebagian
kecil
penulisan
kata
yang
kurang
lengkap
|
Terdapat
setengah
dari
teks
penulisan
kata
yang
belum lengkap
|
Sebagian
besar
kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang
belum
lengkap
|
|
Kesesuaian
isi
teks yang
ditulis
dengan
tema
|
Seluruh
isi
teks
yang
ditulis
sesuai
judul
atau
tema
|
Setengah
atau
lebih
isi
karangan
sesuai
judul
atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai
judul
atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
belum sesuai
|
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
lengkap
dengan
susunan
yang
tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
lengkap,
namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
kurang
lengkap
dan
susunannya
juga
kurang
tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
kurang
lengkap
dan
tidak
jelas
susunannya
juga
sulit
dipahami
|
c.
Berdiskusi menemukan makna kosakata
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Berdiskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
1
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2
|
Menyampaikan ide sesuai tema
|
|
|
3
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
|
|
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
K.
REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1. Jika siswa belum bisa mengurutkan harga dengan
benar, maka guru dapat memberikan
bimbingan.
2. Jika siswa belum bisa menulis kosakata, maka guru
dapat memberikan bimbingan.
3. Jika siswa belum bisa membedakan anggota keluarga
berdasarkan usia, maka guru dapat memberikan bimbingan
- Pengayaan
1. Jika siswa sudah bisa mengurutkan harga dengan
benar, maka guru dapat memberikan
penugasan soal tambahan.
2. Jika siswa sudah bisa menulis kosakata, maka guru
dapat memberikan latihan tambahan.
3. Jika siswa sudah bisa membedakan anggota keluarga
berdasarkan usia, maka guru dapat memberikan tambahan latihan.
Refleksi Guru
1.
Apa saja hal-hal
yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
2.
Siapa saja yang
perlu mendapatkan perhatian khusus?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
3.
Apa saja hal-hal yang menjadi catatan
keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
4.
Apa saja hal-hal
yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan
menjadi lebih efektif?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
.........................................................................................................
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Sumberrejo, 1 Oktober 2018
Kepala Madrasah Guru
Kelas
Siti Nurul Wachidah,S.Ag.M.pd Tri
Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
NIP.
19750115 199403 2 001 NIP. 19780419 200710 2 001
Lampiran
1
Nama : ________________________
|
No : ________________________
|
Daftar harga Barang
No
|
Nama Barang
|
Harga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdasarkan
tabel di atas jawablah pertanyaan berikut ini !
1. Barang apa
yang harganya paling murah?
…………………………………………………………………………
2. Barang apa
yang harganya paling mahal?
………………………………………………………………………...
3. Urutkan
harga barang-barang di atas dari yang paling murah!
………………………………………………………………………..
Nilai
|
Paraf Guru
|
Paraf Orang
Tua
|
|
|
|
Lampiran
2
Nama : ________________________
|
No : ________________________
|
Bandingkanlah
nilai mata uang berikut ini!Gunakan Istilah “ Lebih besar “ atau “ lebih kecil”
1.
2000
………………………………………5000
2.
10000………………………………………5000
3.
20000……………………………...............10000
4.
5000………………………………………..20000
5.
1000…………………………………………10000
6.
2000…………………………………………20000
7.
5000…………………………………………1000
8.
1000………………………………………….5000
9.
10000…………………………………………1000
10. 5000…………………………………………..2000
Nilai
|
Paraf Guru
|
Paraf Orang
Tua
|
|
|
|
Lampiran 3
Rekap Skor Nilai
No
|
Nama
|
Skor
|
1
|
Adiba Khansa Azzahra
|
|
2
|
Albi Adam Cessario
|
|
3
|
Almer Ghaisan Gunawan
|
|
4
|
Aqueena Zulma Zamarty
|
|
5
|
Arga Putra Desnata
|
|
6
|
Asyraf Muhammad Dzakiy
|
|
7
|
Eva Tasliatana
|
|
8
|
Fani Silvia
|
|
9
|
Haidar Zaki Asyam
|
|
10
|
Hanifah Gladis Radistya
|
|
11
|
Hayfa Nur Alyani Ilyas
|
|
12
|
Keisa Cesani Iniesta
|
|
13
|
Kurnia Gladys Sri Cahyaningtyas
|
|
14
|
Muhammd Rizki Sanjaya
|
|
15
|
Muchammad Ichsan Setiaji
|
|
16
|
Muhammad Akbar Hariri
|
|
17
|
Muhammad Ridho Wicaksono
|
|
18
|
Muhammad Sahlan Faiq Bilfaqih
|
|
19
|
Nada Aprilianida
|
|
20
|
Nadya Kayla Khairunisa
|
|
21
|
Nafisha Zahra Thalita
|
|
22
|
Nazia Nurul Fatimah
|
|
23
|
Neila Putri Athaya
|
|
24
|
Nitisara Zebedia Azigha
|
|
25
|
Rafka Fernanda Dwi Putra
|
|
26
|
Ravael Vicky Anggata
|
|
27
|
Reza Aditya
|
|
28
|
Syafira Nur Widya
|
|
29
|
Naura Hasna Almira
|
|
30
|
Tahta Langit Ranggadewa
|
|
Lampiran 4
Hasil Pengamatan kegiatan
bertanya
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
Adiba Khansa Azzahra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Albi Adam Cessario
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Almer Ghaisan Gunawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aqueena Zulma Zamarty
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Arga Putra Desnata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Asyraf Muhammad Dzakiy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Eva Tasliatana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fani Silvia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Haidar Zaki Asyam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Hanifah Gladis Radistya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hayfa Nur Alyani Ilyas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Keisa Cesani Iniesta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Kurnia Gladys Sri Cahyaningtyas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Muhammd Rizki Sanjaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Muchammad Ichsan Setiaji
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Muhammad Akbar Hariri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muhammad Ridho Wicaksono
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muhammad Sahlan Faiq Bilfaqih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Nada Aprilianida
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Nadya Kayla Khairunisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nafisha Zahra Thalita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Nazia Nurul Fatimah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Neila Putri Athaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Nitisara Zebedia Azigha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Rafka Fernanda Dwi Putra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Ravael Vicky Anggata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Reza Aditya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Syafira Nur Widya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Naura Hasna Almira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Tahta Langit Ranggadewa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 5
Rubrik penilaian berdiskusi
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
Terlihat
(ü)
|
Belum Terlihat
(ü)
|
||
1
|
Adiba Khansa Azzahra
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Albi Adam Cessario
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Almer Ghaisan Gunawan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aqueena Zulma Zamarty
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Arga Putra Desnata
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Asyraf Muhammad Dzakiy
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Eva Tasliatana
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fani Silvia
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Haidar Zaki Asyam
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Hanifah Gladis Radistya
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hayfa Nur Alyani Ilyas
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Keisa Cesani Iniesta
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Kurnia Gladys Sri Cahyaningtyas
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Muhammd Rizki Sanjaya
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Muchammad Ichsan Setiaji
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Muhammad Akbar Hariri
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muhammad Ridho Wicaksono
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muhammad Sahlan Faiq Bilfaqih
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Nada Aprilianida
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Nadya Kayla Khairunisa
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nafisha Zahra Thalita
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Nazia Nurul Fatimah
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Neila Putri Athaya
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Nitisara Zebedia Azigha
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Rafka Fernanda Dwi Putra
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Ravael Vicky Anggata
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Reza Aditya
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Syafira Nur Widya
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Naura Hasna Almira
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Tahta Langit Ranggadewa
|
|
|
|
|
|
|
1000
|
1500
|
1000
|
1500
|
2000
|
2500
|
2000
|
2500
|
3000
|
3500
|
3000
|
3500
|
4000
|
4500
|
4000
|
4500
|
5000
|
5500
|
5000
|
5500
|
6000
|
1000
|
6000
|
1000
|
7000
|
2000
|
7000
|
2000
|
8000
|
3000
|
8000
|
3000
|
9000
|
4000
|
9000
|
4000
|
10000
|
5000
|
10000
|
5000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar