Satuan Pendidikan : MI Nahdhotul Athfal Trasan Bandongan
Kelas / Semester :
VI /Genap
Tema 7 : Kepemimpinan
Sub Tema 1 : Pemimpin di Sekitarku
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan
pembicara dan pendengar pidato dengan benar.
2.
Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
tempat dan suasana pidato.
3.
Melalui kegiatan mandiri, siswa dapat menyusun konsep urutan isi pidato.
4.
Melalui kegiatan mengamati, siswa dapat menyebutkan perbedaan ciri
laki-laki dan perempuan setelah masa pubertas.
5.
Melalui kegiatan praktik berkelompok, siswa mampu membuat rencana karya
poster untuk menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam
dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.
Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi)
3.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Mengamati
1. Siswa membahas tentang gambar pada Buku Siswa.
2. Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk
menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Kepemimpinan
Ayo Membaca
3.
Siswa menuliskan informasi-informasi penting dari bacaan
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk peta pikiran. Kemudian,
secara bergantian siswa menunjukkan peta pikiran yang telah dibuatnya.
(Critical thinking and Problem Solving)
Ayo Berdiskusi
4.
Guru mengkondisikan siswa untuk melakukan kegiatan
diskusi, dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok. Anggota tiap kelompok
adalah siswa-siswa yang tinggal dalam satu lingkungan (RT/RW/desa). (Collaborative)
5.
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk melatih
siswa memperhatikan dan mengetahui lingkungan sosial tempat tinggalnya. (Critical thinking and Problem Solving)
Ayo Mencoba
6.
Siswa membuat rancangan konsep pidato dalam bentuk bagan seperti pada
Buku Siswa.
Ayo
Berdiskusi
7.
Setiap kelompok mengamati gambar anak laki-laki dan gambar
remaja laki-laki, lalu mengidentifikasi perbedaannya. Materi ini pernah di
pelajari dalam Tema 6.
Ayo Berkreasi (Sintak Model Project Based
Learning)
8.
Setiap kelompok membuat rencana karya poster atau buklet sederhana
berisi cara menyikapi masa pubertas. (Creativity
and Innovation)
|
140
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
9.
Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan
membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar tentang kegiatan-kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan:
Kerja Sama dengan Orang Tua
10.
Bersama orang tuanya, siswa mengidentifikasi
pemimpin-pemimpin di lingkungan sekitar tempat tinggal
Peserta Didik :
11.
Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
12.
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa.
13.
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Ety Perwaningsih.S.Pd.I
NIP. -
|
Magelang, Januari 2020
Guru Kelas 6
Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
NIP: 197804192007102001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar