RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama : Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
Nama Satuan Pendidikan : MI Nahdhotul Athfal Trasan Bandongan
Mata Pelajaran/Tema : Tematik
Kelas/Semester : VI ( Enam )
Tema : Kepemimpinan
Sub Tema : Pemimpin Idolaku
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar :
No
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
PPKN
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan
dalam kehidupan sehari-hari
2.1. Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
3.1
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil
analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Menggali
isi teks pidato yang didengar dan dibaca.
4.3 Menyampaikan pidato hasil karya pribadi
dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan
diri.
|
1. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan
mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan
dan contoh kegiatan dengan benar.
2. Melalui kegiatan
mengamati, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai persatuan dengan benar.
3. Melalui kegiatan
mengamati, Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal pokok dalam teks pidato
4. Melalui kegiatan
mandiri, siswa dapat menyusun konsep urutan isi pidato
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam,mengajak berdoa dan
mengkondisikan suasan kelas belajar yang menyenangkan
2.
Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari yang dikaitkan dengan pengalaman peserta
didik
3.
Menyampaikan kompetensi dan memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menyampaikan metode dan tekhnik
penilaian yang akan disampaikan dalam pembelajaran saat membahas materi
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
5.
bertanya jawab mengenai pemimpin
idolanya dan alasan mengapa menjadi pemimpin idola
6.
Siswa menuliskan nama pemimpin idolanya, nilai-nilai
kepemimpinannya, dan contoh kegiatan yang dilakukan Kemudian, secara bergantian siswa membacakan tulisannya.
7.
Guru mengkondisikan siswa untuk melakukan kegiatan
diskusi, dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok. Anggota tiap kelompok
adalah berdasarkan no urut bangkunya
8.
Siswa berdiskusi dengan menyebutkan masing-masing pemimpin
idolanya dan posisi, bidang
kepemimpinan, dan prestasinya. Salah satu siswa mencatat dan menuliskan dalam
bentuk tabel seperti pada Buku Siswa..
9.
Setiap kelompok merangkum
nilai-nilai kepemimpinan dan contoh kegiatannya. Hasilnya menjadi karya kelas
dan dapat dipajang pada dinding kelas.
10. Siswa membaca teks bacaan berjudul “Pamanku, Lurah Idola”. Kegiatan
membaca dilakukan secara bergantian. Salah satu siswa membaca satu paragraf,
siswa lain mendengarkan. Paragraf selanjutnya dibaca oleh siswa yang berbeda.
Siswa menyebutkan informasi-informasi penting dari bacaan Siswa diajak
bertanya jawab tentang penerapan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan
sehari-hari.
11. Siswa menuliskan contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat berada di
sekolah serta manfaatnya bagi diri siswa dan lingkungannya
12. Siswa membuat rancangan konsep pidato dalam
bentuk bagan seperti pada Buku Siswa.
13. Siswa membuat rancangan pidato dengan tema mengajak teman sekolah
membantu warga untuk belajar membaca
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
14.
Sebagai kegiatan penutup, guru
memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar
tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari
tersebut.
Kerja Sama dengan Orang Tua
15. Bersama orang tuanya, siswa
mengidentifikasi pemimpin-pemimpin di lingkungan sekitar tempat tinggal
Peserta Didik :
16.
Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan
17. Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
18. Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
|
15
menit
|
3. Penilaian
-
Terlampir
Magelang, 22 Pebruari 2020
Magelang, 22 Pebruari 2020
Mangetahui Guru Kelas
Kepala Sekolah
Ety Purwaningsih, S.Pd.I Tri
Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
NIP. - NIP. 19780419 200710 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar