Oktober 13,2020
RINGKASAN MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS 6
Bahasa Indonesia
1.
Teks eksplanasi adalah teks
yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau menguraikan rangkaian peristiwa
terbentuknya suatu fenomena alam atau peristiwa social
2.
Teks eksplanasi berfungsi
untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu
yang disusun menurut prinsip sebab akibat.
3.
Teks eksplanasi terdiri
atas: [ernyataan umum (Pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup
(kesimpulan)
4.
Bagian pernyataan umum
berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/ diinformasikan.
Bgaian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses
dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/ berurutan. Bagian
penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi pendapat singkat penulis
tentang topic yang dijelaskan.
5.
Teks eksplanasi ilmiah
adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu
pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik,
dan sebagainya.
Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang
proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau social.
Pada Teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena adanya
peristiwa lian sebelumnya dan perintisa tersebut mengakibatkan peristiwa lain
sesudahnya.
Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum (topic
masalah), deretan penjelas. Dan interpretasi (kesimpulan dan pesan.
Pernyataan umum berisi tentang penjelasan umum tentan fenomena yang akan dibahas, bisa berupa
pegenalanfenomena tersebut atau penjelasannya.
Deretan penjelas berisi tentang penjelasan proses
menghasilkan energy listrik
Interpretasi merupakan intisari atau kesimpulan dari
pernyataan umum dan deretan penjelas, dapat juga berupa tanggapan maupun
mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut
IPA
1.
Pada rangkaian seri,
baterai dan lampu diletakkan sejajar.
2.
Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri
hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu (tidak ada
percabangan)
3.
Jika terdapat percabangan
lebih dari satu lampu pada rangkaian seri maka jika satu lampu dibuka, atau
aliran dari kutub baterai diputus, maka semua lampu akan mati.
4.
Fungsi baterai adalah
sebagai sumber energy
5.
Terdapat kutub (+) dan
kutub (-) pada baetrai yang harus diletakkan dengan posisi kutub (+) bertemu
dengan kutub (-).
6.
Fungsi kabel adlah untuk
megalirkan arus listrik dari baterai hingga mencapai lampu
7.
Terdapat dudukan lampu
untuk mengaitkan tembaga pada kabel, sehingga arus listrik akan mencapai
filament pada bagian dalam lampu
8.
Rangkain seri biasa
terdapat pada lampu-lampu di rumah dan hiasan lampu pada pohon natal, atau
lampu tumbler
9.
Rangkaian listrik berdasarkan bentuknya
dibedakan menjadi 2, yaitu rangkaian seri dan rangkaian parallel.
10.
Rangkaian seri adalah rangkaian yang dipasang
berderet tanpa adalanya cabang cabang
11.
rangkaian parallel adalah rangkaian yang
dipasang sejajar sehingga membentuk cabang-cabang
12.
Penggunaan rangkaian seri,
digunakan pada alat-alat yang tidak memiliki banyak ruang dan jaringan kabel.
Contohnya lampu senter.
13.
Penggunaan rangkaian seri, digunakan pada
rangkaian lampu yang mempunyau banyak fungsi. Contohnya, rangkaian listrik di
rumah, penerangan jalan, dan lampu lalu
lintas.
14.
Rangkaian seri adalh
rangkaian listrik yang terdiri dari 2 buah lampu atau lebih yang disusun secara
berderet atau berurutan. Demikian pula dengan sumber tegangan, juga
15.
Pada rangkain seri apabila
salah satu lampu diputus (mati) maka kedua buah lampu akan mati.
16.
Rangkaian seri atau
rangkaian tidak bercabangadalah hubungan antara alat-alat listrik yang tersusun
secara berurutan, sehingga berlaku:
a.
Arus listriknya mengalir
melalui satu cabang
b.
Nyala lampu lebih redup
c.
Jika salahsatu lampunya
putus maka lampu lain ikut padam
17.
Keuntungan rangkaian seri
adalah hemat kabel, dan rangkaiannya sederhana sehingga membuatnya pun mudah.
18.
Kerugiannya, pada saat
salah satu lampu mati maka lampu yang lainnya juga mati. Begitu juga pada nyala
lampunya, tidak terang (redup). Energinya juga boros.
Ciri-ciri rangkaian listrsik seri:
a.
Cara menyusun rangkaian
cenderung praktis dan sederhana
b.
Semua komponen listrik
disusun berderet atau berurutan
c.
Kabel penghubung pada
seluruh komponen tidak memiliki percabangan sepanjang rangkaian
d.
Hanya ada satu jalan yang
dapat dilalui oleh arus. Jadi ada satu jalur yang terputus maka rangkaian tidak
dapat berfungsi dengan benar
19.
Benda konduktor adalah
benda yang dapat menghantarkan listrik dari sumber listrik. Contohnya benda –
benda logam seperti besi, baja, timah, tembaga, dan kuningan.
20.
Benda isolator adalah benda
yang tidak bisa mengaliskan listrik dari sumber listrik.Contohnya kaca,
plastic, kain, dan kayu kering.
IPS
Pengaruh listik terhadap kehidupan manusia
1.
Pengaruh pada Ekonomi
a.
Sebelum ditemukannya
listrik, manusia menggunakan api sebagai bahan penerangan. Mereka menggunakan
obor, pelita, dan lain-lain. Karena itu biaya hidup akan lebih hemat. Namun
pekerjaan semakin sulit dikerjakan atau diselesaikan dengan cepat.
b.
Sesudah ditemukannya
listrik, biaya kehidupan akan semakin mahal karena harus membayar biaya listrik
yang dipakai. Ditambah biaya listrik yang semakin lama semakin mahal. Namun
pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan dengan cepat.
2.
Pengaruh pada Pendidikan
a.
Sebelum ditemukannya
listrik, setiap murid hanya belajar dan mengerjakan tugas di sing hari,
meskipun menggunakan pelita atau lampu minyak ,tapi hal ini dapat merusak mata,
karena memaksakan membaca dalam keadaan tidak terang.
b.
Sesudah ditemukannya
listrik,murid dapat belajar dan mengerjakan tugas mereka kapan saja, menjadi
lebih mudah saat mengerjakan tugas dan belajar.
3.
Pengaruh pada Sosial
a.
Sebelum ditemukannya
listrik Orang-orang berkomunikasi dengan berbicara, dan mengirim surat, ngobrol
atau berbicara langsung.
b.
Sesudah ditemukannya
listrik, Orang-orang berkomunikasi menggunakan gawai,tanpa batas ruang dan
waktu, sehingga bisa melupakan kebersamaan.
4.
Pengaruh pada Budaya
a.
Sebelum ditemukannya
listrik, manusia menggunakan api sebagai bahan penerangan. Mereka menggunakan
obor, pelita, dan lain-lain, sehingga aktivitas malam hari menjadi lebih sulit
dan lambat.
b.
Sesudah ditemukannya
listrik, aktivitas malam hari menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.
5.
Pengaruh pada Hiburan
a.
Sebelum ditemukannya
listrik, anak-anak bermain dengan permainan buatan mereka sendiri sehingga
lebih merasakan kebersamaan bermain bersama teman-teman.
b.
Sesudah ditemukannya
listrik, anak-anak jarang berinteraksi secara non-verbal, mereka lebih suka
main di rumah.
c.
Sesudah ditemukannya
listrik, pertunjukan seni dapat dilaksanakan pada malam hari.
6.
Dampak dari adanya bola
lampu bagi kehidupan masyarakat: mempermudah msyarkat dunia memperluas cakuan
kegiatannya. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari,
took-toko buka pada malam hari, sehingga memungkinkan para pekerja untuk
membeli keperluan rumah sepulang mereka bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat
belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal walaupun dimalam hari
7.
Manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari:
a.
Sebagai penerangan
aktivitas dalam ruangan
b.
Penerangan pada lampu
pinggir jalan
c.
Penerangan pada malam hari
d.
Penerangan kendaraan
bermotor
e.
Bagi peternak ayam, sebagai
pemanas kandng ayam atau membantu proses penetasan telur ayam.
8.
Perubahan kehidupan
masyarakat setelah ditemukannya alat-alat listrik:
a.
Menggunakan setrika listrik
dalam menyetrika baju sehingga lebih rapih dan aman.
b.
Memasak nasi jadi lebih
cepat dan mudah, menggunaka penanak nasi listrik.
c.
Ada Akses internet yang
dapat menambah wawasan dan pengetahuan karena dapat mendapatkan informasi dari
seluruh dunia.
PKN
Hak dan Kewajiban
1.
Hak adalah segala sesuatu
yang harus didaptkan oleh setiap orang
2.
Kewajiban adalah sesuatu
yang wajib dilaksanakan atau sesuatu yang harus dilakukan setiap orang.
3.
Tanggung jawab adala
kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun tidak
disengaja.
4.
Hak dan kewajiban anak
dirumah
Contoh Hak
a.
Mendapatkan kasih sayang
b.
Mendapatkan perlindungan
c.
Mendapatkan kesempatan
bermain
d.
Mendapatkan kesehatan
e.
Mendapatkan pendidikan
f.
Mendapatkan Kasih saying
dari kedua orang tua
g.
Makan dan minum
h.
Mendapatkan pakaian
i.
Mendapatkan tempat tinggal
Kewajiban
a.
Membantu orang tua
b.
Menjalankan perintah agama
c.
Membantu tugas orang tua
d.
Belajar denga tekun
e.
Memberekan kamar sendiri
f.
Menjaga kebersihan rumah
g.
Patuh pada peraturan dan
nasehat orang tua
h.
Menghormati anggota
keluarga yang lain
i.
Berbicara sopan
5. Hak dan
Kewajiban anak disekolah
Hak di sekolah
a.
Mendapatkan bimbingan dari
guru
b.
Mengikuti proses
pembelajaran dengan baik
c.
Mendapatkanerlakuan yang
adil bagi guru
d.
Meminjam buku perpustakaan
e.
Mempunyai banyak teman
f.
Menggunakan fasilitas
sekolah
g.
Mendapatkan penghargaan
berupa piagam atas prestasi yang dicapainya
h.
Mendapatkan perlindungan
selama berada disekolah
i.
Mendapatkan laporan dan
umpan balik hasil proses pendidikan yang diikutinya
j.
Belajar dengan tenang
Kewajiban di sekolah
a.
Mengikuti seluruh kegiatan
sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku
b.
Meninggalkan lingkungan
sekolah setelah kegiatan yang diikutinya berakhir
c.
Mewujjudkan dan memelihara
ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan, dan kerindangan
d.
Hadir disekolah sebelum bel
dibunyikan
e.
Memberi keterangan izin /
sakit/ berhalangan yang sah pada saat tidak masuk sekolah.
f.
Menikuti upacara bendera
g.
Memelihara seluruh
fasilitas yang ada di lingkungan sekolah
h.
Menyiapkan, menggunakan,
dan memelihara seluruh perlatan dan perlengkapan belajar mengajar
i.
Mematuhi berbagai ketentuan
khusus
j.
Menggunakan pakaian yang
sesuai dengan jadwal dan ketentuan
k.
Membawa alat-alat belajar
l.
Mengikuti ulangan yang
diadakan sekolah
SBdP
1.
Lagu Mariam Tomong adalah
lagu daerah Tapanuli yang nada dasarnya C=do, dan diciptakan oleh Guru Nahum
Situmorang, dan dinyanyikan dengan tempo Con brio: tempo yang cepat artinya
ramai dan suka hati.
2.
Interval nada adalah sebuah
jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak
nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
a.
Prim: yaitu interval nada
dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
b.
Sekon: yaitu interval nada
dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
c.
Terts: yaitu interval nada
dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
d.
Quart/Kuart: yaitu interval
dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi
ke la, dsb.
e.
Quin/Kuint: adalah interval
lima nada.
f.
Sekt: adalah interval enam
nada.
g.
Septim: adalah interval
tujuh nada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar