Senin, 12 Oktober 2020

RINGKASAN MATERI TEMA 3 KELAS 6

 Oktober  13,2020

RINGKASAN MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS 6

Bahasa Indonesia

1.       Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau menguraikan rangkaian peristiwa terbentuknya suatu fenomena alam atau peristiwa social

2.       Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu yang disusun menurut prinsip sebab akibat.

3.       Teks eksplanasi terdiri atas: [ernyataan umum (Pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan)

4.       Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/ diinformasikan. Bgaian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/ berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi pendapat singkat penulis tentang topic yang dijelaskan.

5.       Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau social.

Pada Teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena adanya peristiwa lian sebelumnya dan perintisa tersebut mengakibatkan peristiwa lain sesudahnya.

Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum (topic masalah), deretan penjelas. Dan interpretasi (kesimpulan dan pesan.

Pernyataan umum berisi tentang penjelasan umum tentan   fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pegenalanfenomena tersebut atau penjelasannya.

Deretan penjelas berisi tentang penjelasan proses menghasilkan energy listrik

Interpretasi merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas, dapat juga berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut

IPA

1.       Pada rangkaian seri, baterai dan lampu diletakkan sejajar.

2.        Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu (tidak ada percabangan)

3.       Jika terdapat percabangan lebih dari satu lampu pada rangkaian seri maka jika satu lampu dibuka, atau aliran dari kutub baterai diputus, maka semua lampu akan mati.

4.       Fungsi baterai adalah sebagai sumber energy

5.       Terdapat kutub (+) dan kutub (-) pada baetrai yang harus diletakkan dengan posisi kutub (+) bertemu dengan kutub (-).

6.       Fungsi kabel adlah untuk megalirkan arus listrik dari baterai hingga mencapai lampu

7.       Terdapat dudukan lampu untuk mengaitkan tembaga pada kabel, sehingga arus listrik akan mencapai filament pada bagian dalam lampu

8.       Rangkain seri biasa terdapat pada lampu-lampu di rumah dan hiasan lampu pada pohon natal, atau lampu tumbler

9.        Rangkaian listrik berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi 2, yaitu rangkaian seri dan rangkaian parallel.

10.    Rangkaian seri adalah rangkaian yang dipasang berderet tanpa adalanya cabang cabang

11.    rangkaian parallel adalah rangkaian yang dipasang sejajar sehingga membentuk cabang-cabang

12.   Penggunaan rangkaian seri, digunakan pada alat-alat yang tidak memiliki banyak ruang dan jaringan kabel. Contohnya lampu senter.

13.    Penggunaan rangkaian seri, digunakan pada rangkaian lampu yang mempunyau banyak fungsi. Contohnya, rangkaian listrik di rumah, penerangan jalan, dan lampu  lalu lintas.

14.   Rangkaian seri adalh rangkaian listrik yang terdiri dari 2 buah lampu atau lebih yang disusun secara berderet atau berurutan. Demikian pula dengan sumber tegangan, juga

15.   Pada rangkain seri apabila salah satu lampu diputus (mati) maka kedua buah lampu akan mati. 

16.   Rangkaian seri atau rangkaian tidak bercabangadalah hubungan antara alat-alat listrik yang tersusun secara berurutan, sehingga berlaku:

a.       Arus listriknya mengalir melalui satu cabang

b.      Nyala lampu lebih redup

c.       Jika salahsatu lampunya putus maka lampu lain ikut padam

17.   Keuntungan rangkaian seri adalah hemat kabel, dan rangkaiannya sederhana sehingga membuatnya pun mudah.

18.   Kerugiannya, pada saat salah satu lampu mati maka lampu yang lainnya juga mati. Begitu juga pada nyala lampunya, tidak terang (redup). Energinya juga boros.

Ciri-ciri rangkaian listrsik seri:

a.       Cara menyusun rangkaian cenderung praktis dan sederhana

b.      Semua komponen listrik disusun berderet atau berurutan

c.       Kabel penghubung pada seluruh komponen tidak memiliki percabangan sepanjang rangkaian

d.      Hanya ada satu jalan yang dapat dilalui oleh arus. Jadi ada satu jalur yang terputus maka rangkaian tidak dapat berfungsi dengan benar

19.   Benda konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan listrik dari sumber listrik. Contohnya benda – benda logam seperti besi, baja, timah, tembaga, dan kuningan.

20.   Benda isolator adalah benda yang tidak bisa mengaliskan listrik dari sumber listrik.Contohnya kaca, plastic, kain, dan kayu kering.

IPS

Pengaruh listik terhadap kehidupan manusia

1.            Pengaruh pada Ekonomi

a.       Sebelum ditemukannya listrik, manusia menggunakan api sebagai bahan penerangan. Mereka menggunakan obor, pelita, dan lain-lain. Karena itu biaya hidup akan lebih hemat. Namun pekerjaan semakin sulit dikerjakan atau diselesaikan dengan cepat.

b.      Sesudah ditemukannya listrik, biaya kehidupan akan semakin mahal karena harus membayar biaya listrik yang dipakai. Ditambah biaya listrik yang semakin lama semakin mahal. Namun pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan dengan cepat.

2.            Pengaruh pada Pendidikan

a.       Sebelum ditemukannya listrik, setiap murid hanya belajar dan mengerjakan tugas di sing hari, meskipun menggunakan pelita atau lampu minyak ,tapi hal ini dapat merusak mata, karena memaksakan membaca dalam keadaan tidak terang.

b.      Sesudah ditemukannya listrik,murid dapat belajar dan mengerjakan tugas mereka kapan saja, menjadi lebih mudah saat mengerjakan tugas dan belajar.

3.            Pengaruh pada Sosial

a.       Sebelum ditemukannya listrik Orang-orang berkomunikasi dengan berbicara, dan mengirim surat, ngobrol atau berbicara langsung.

b.      Sesudah ditemukannya listrik, Orang-orang berkomunikasi menggunakan gawai,tanpa batas ruang dan waktu, sehingga bisa melupakan kebersamaan.

4.            Pengaruh pada Budaya

a.       Sebelum ditemukannya listrik, manusia menggunakan api sebagai bahan penerangan. Mereka menggunakan obor, pelita, dan lain-lain, sehingga aktivitas malam hari menjadi lebih sulit dan lambat.

b.      Sesudah ditemukannya listrik, aktivitas malam hari menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

5.            Pengaruh pada Hiburan

a.       Sebelum ditemukannya listrik, anak-anak bermain dengan permainan buatan mereka sendiri sehingga lebih merasakan kebersamaan bermain bersama teman-teman.

b.      Sesudah ditemukannya listrik, anak-anak jarang berinteraksi secara non-verbal, mereka lebih suka main di rumah.

c.       Sesudah ditemukannya listrik, pertunjukan seni dapat dilaksanakan pada malam hari.

6.            Dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat: mempermudah msyarkat dunia memperluas cakuan kegiatannya. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari, took-toko buka pada malam hari, sehingga memungkinkan para pekerja untuk membeli keperluan rumah sepulang mereka bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal walaupun dimalam hari

7.             Manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari:

a.       Sebagai penerangan aktivitas dalam ruangan

b.      Penerangan pada lampu pinggir jalan

c.       Penerangan pada malam hari

d.      Penerangan kendaraan bermotor

e.      Bagi peternak ayam, sebagai pemanas kandng ayam atau membantu proses penetasan telur ayam.

8.            Perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukannya alat-alat listrik:

a.       Menggunakan setrika listrik dalam menyetrika baju sehingga lebih rapih dan aman.

b.      Memasak nasi jadi lebih cepat dan mudah, menggunaka penanak nasi listrik.

c.       Ada Akses internet yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan karena dapat mendapatkan informasi dari seluruh dunia.

PKN

Hak dan Kewajiban

1.       Hak adalah segala sesuatu yang harus didaptkan oleh setiap orang

2.       Kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan atau sesuatu yang harus dilakukan setiap orang.

3.       Tanggung jawab adala kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja.

4.       Hak dan kewajiban anak dirumah

Contoh Hak

a.    Mendapatkan kasih sayang

b.    Mendapatkan perlindungan

c.     Mendapatkan kesempatan bermain

d.    Mendapatkan kesehatan

e.    Mendapatkan pendidikan

f.     Mendapatkan Kasih saying dari kedua orang tua

g.    Makan dan minum

h.    Mendapatkan pakaian

i.      Mendapatkan tempat tinggal

Kewajiban

a.       Membantu orang tua

b.      Menjalankan perintah agama

c.       Membantu tugas orang tua

d.      Belajar denga tekun

e.      Memberekan kamar sendiri

f.        Menjaga kebersihan rumah

g.       Patuh pada peraturan dan nasehat orang tua

h.      Menghormati anggota keluarga yang lain

i.         Berbicara sopan

 

5.       Hak dan Kewajiban anak disekolah

Hak di sekolah

a.       Mendapatkan bimbingan dari guru

b.      Mengikuti proses pembelajaran dengan baik

c.       Mendapatkanerlakuan yang adil bagi guru

d.      Meminjam buku perpustakaan

e.      Mempunyai banyak teman

f.        Menggunakan fasilitas sekolah

g.       Mendapatkan penghargaan berupa piagam atas prestasi yang dicapainya

h.      Mendapatkan perlindungan selama berada disekolah

i.         Mendapatkan laporan dan umpan balik hasil proses pendidikan yang diikutinya

j.        Belajar dengan tenang

Kewajiban di sekolah

a.            Mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku

b.           Meninggalkan lingkungan sekolah setelah kegiatan yang diikutinya berakhir

c.            Mewujjudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan, dan kerindangan

d.           Hadir disekolah sebelum bel dibunyikan

e.           Memberi keterangan izin / sakit/ berhalangan yang sah pada saat tidak masuk sekolah.

f.             Menikuti upacara bendera

g.            Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah

h.           Menyiapkan, menggunakan, dan memelihara seluruh perlatan dan perlengkapan belajar mengajar

i.              Mematuhi berbagai ketentuan khusus

j.             Menggunakan pakaian yang sesuai dengan jadwal dan ketentuan

k.            Membawa alat-alat belajar

l.              Mengikuti ulangan yang diadakan sekolah

SBdP

1.       Lagu Mariam Tomong adalah lagu daerah Tapanuli yang nada dasarnya C=do, dan diciptakan oleh Guru Nahum Situmorang, dan dinyanyikan dengan tempo Con brio: tempo yang cepat artinya ramai dan suka hati.

2.       Interval nada adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:

a.       Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do

b.      Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re

c.       Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi

d.      Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.

e.      Quin/Kuint: adalah interval lima nada.

f.        Sekt: adalah interval enam nada.

g.       Septim: adalah interval tujuh nada.

Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar