Selasa, 22 Maret 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                    :   Kegiatan Keluargaku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke          :  5
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di  sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.

Bahasa Indonesia
 1.1.Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki Perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa indonesiadan/atau bahasa daerah
      3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
         atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam  bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

C.    INDIKATOR
Matematika
1.1.1        Siswa dapat menjalankan sholat lima waktu dengan baik
2.1.1   Siswa dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan benar
3.1.1  Siswa dapat Menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan sampai bilangan 20  dengan tepat
4.1.1   iswa dapat melakukan penjumlahan dengan pasangan angka yang berbeda

Bahasa Indonesia
      1.1.1 Siswa dapat berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
2.3.1 Siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
3.4.1 Siswa dapat Membaca cerita tentang kegiatan belajar bersama keluarga dengan lancar
      4.4.1 Siswa mampu menceritakan kegiatan belajar bersama keluarga dengan baik


D.    TUJUAN
1. Membaca dan Memahami Bacaan tentang Kegiatan Bersama keluarga
Tujuan pembelajaran:
a.       Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membaca wacana tentang kegiatan belajar bersama keluarga.
b.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan belajar bersama keluarga dengan bahasa sendiri secara mandiri.

2. Berlatih Penjumlahan dan Pengurangan
Tujuan pembelajaran:
a.       Setelah melihat contoh yang ditunjukkan guru, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan sampai bilangan 20.

E.     MATERI
Membaca dan Memahami Bacaan tentang Kegiatan Bersama keluarga
      Berlatih Penjumlahan dan Pengurangan

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Wawancara, Tanya Jawab, Diskusi , Ceramah dan Index card Match

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu Ruri Abangku.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Membaca dan Memahami Bacaan tentang Kegiatan Bersama keluarga
1.      Guru menyampaikan siswa yang baik adalah yang senang belajar di rumah. Siswa dapat meminta bantuan orang tua atau kakak untuk belajar.
2.      Siswa mengamati gambar Lani sedang belajar bersama orang tua.
3.      Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang belajar bersama orang tua yang ada di buku siswa.
4.      Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan kegiatan belajar di rumah.
5.      Siswa diminta untuk mewawancarai minimal 10 orang temannya mengenai kebiasaan belajar di rumah dan bersama siapa mereka belajar.
6.      Siswa menuliskan hasil wawancara pada tabel yang sudah disediakan.
7.      Guru menjelaskan pentingnya belajar di rumah. Siswa ditanya perasaannya saat belajar bersama keluarga.
8.      Siswa diingatkan kembali cara penyelesaian soal-soal penjumlahan dan pengurangan pada pertemuan sebelumnya.
9.      Guru menyiapkan potongan kertas yang berisi soal dan jawaban tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan
10.  Guru mengocok potongan kertas dan membagikan kepada setiap siswa.
11.  Siswa mencocokkan kartu soal dengan kartu jawaban dengan mencari pasangannya
12.  siswa yang sudah mendapatkan pasangan diminta untuk mencari tempat duduk yang berdekatan
13.  setelah semua duduk siswa diminta membacakan pertanyaan dalam kartu dan jawabannya
14.  Guru mengklarifikasi jawaban dan membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut
15.  Siswa berlatih menyelesaikan latihan soal penjumlahan dan pengurangan di buku siswa.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
5.      Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Membimbing siswa berlatih soal penjumlahan dan pengurangan.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Keluargaku.
·         Kartu index
I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Abdul Aziz,S.Ag
NIP. 19690604 199803 1 002
Tirto,  10 Nopember 2015
Guru/Wali Kelas 1B,



Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
NIP.19780419 200710 2 001





















Lampiran 1
Bahan Ajar
Bacalah dengan Nyaring!


Setiap sore Lani belajar di rumah.
Lani belajar ditemani Ayah dan Ibu.
Belajar bersama orang tua sangat menyenangkan.
Bacalah dengan nyaring.
Ceritakanlah di depan teman-temanmu
Tanyakan kegiatan temanmu belajar di rumah.


Kerjakan soal di bawah ini dengan benar.
Lani belajar menggambar bersama ayahnya. Lani menggunakan pensil warna. Lani memiliki dua kotak pensil warna. Hitunglah pensil warna Lani semuanya

………..+……….=……..







Lembar Kerja Siswa


Tabel Kegiatan Belajar di Rumah


Nama Temanmu


Waktu Belajar

Yang menemani Belajar

























































Lembar Kerja siswa 2

Isilah titik-titik di bawah ini
1.      7 + 8 =……..                                             6. 16 – 7 =……
2.      9 + 8 =…….                                              7. 18 – 6 =……
3.      6 + 7 =…….                                              8. 14 – 7 =…..
4.      9 + 9 =……                                               9. 17 – 6 =…..
5.      7 + 9 =……                                               10. 19 – 10 =…










Lembar Kerja siswa 2

Isilah titik-titik di bawah ini
6.      7 + 8 =……..                                             6. 16 – 7 =……
7.      9 + 8 =…….                                              7. 18 – 6 =……
8.      6 + 7 =…….                                              8. 14 – 7 =…..
9.      9 + 9 =……                                               9. 17 – 6 =…..
10.  7 + 9 =……                                               10. 19 – 10 =…







Penilaian Sikap

No

Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Affan Afrizal












2
Ahmad Muadzdzib












3
Bilqizza Rahma Z












4
Cahaya Putri Aulia












5
Citra Ayu Lestari












6
Dina Budi Noviana












7
Diva Fitri Handayani












8
Irsyad BednerGavin












9
Malik Wahyu R












10
Miftakhul Khasanah












11
Muhammad Arrafiu












12
M Kaliandra As shaki












13
Nadia Yona herawati












14
Nur Ahmad Kholqul F












15
Puspa Zahra Najiyah












16
Rifda Harani Putri












17
Sigit Prabowo












18
Sigit Tri Yuliani












19
Silvia Vernandhita












20
Zhaina Nur Annisa






















Observasi ( Pengamatan Ketrampilan )

No
Kriteria
Terlihat ( v )
Belum Terlihat ( v )
1
Percaya Diri saat mewawancarai
……
……..
2
Kemampuan menulis hasil wawancara
…….
……..
3
Ketepatan dalam melaksabakan wawancara
…….
……...






Unjuk Kerja kegiatan melaporkan wawancara


No

Kriteria

Baik sekali

baik

cukup

Perlu bimbingan
1

Kelancaran dalam melaporkan hasil wawancara

Seluruh data disampaikan dengan lancar

Setengah atau lebih bagian data disampaikan dengan lancar

Kurang dari setengah bagian data disampaikan dengan lancar

Belum mampu melaporkan hasil wawancara
2

Kepercayaan diri dalam melaporkan hasil wawancara

Tidak terlihat ragu-ragu

Terlihat ragu-ragu

Memerlukan bantuan guru

Belum menunjukkan kepercayaan diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar