Senin, 14 Maret 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : MI Negeri Tirto Salam
Kelas/Semester           : I / I
Tema                           : Diriku
Sub Tema                    : Aku Istimewa
Pembelajaran ke         : 5
Alokasi Waktu             : 6 x 35 menit

A.       Kompetensi Inti
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk  ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estesis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator

a.Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks               deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

                Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
4.6. Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkret dan piktograf
                  

b. Indikator

Bahasa Indonesia
1.1.1. Mampu menyebutkan warna pelangi sebagai ciptaan Allah Swt
2.1.1. Mampu mewawancarai tentang warna kesukaan teman
2.3.1. Menyebutkan macam-macam warna
3.4.1. Menyampaikan warna kesukaan
3.4.2.  Melengkapi huruf dalam sebuah kata
4.1.1.  Membaca nyaring kosakata tentang warna
4.4.1.  Mengenal kosakata tentang warna

Matematika
1.1.1    Mengenal sholat lima waktu
2.2.1. Mengelompokkan benda-benda sesuai dengan bentuk bangunnya.
4.6.1.  Membuat data piktograf
                   4.6.2.  Membaca data piktograf

C.        Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kosakata tentang warna dengan tepat.
2.      Setelah mengamati contoh warna, siswa dapat membedakan warna.
3.       Setelah mendengar guru, siswa dapat membaca nyaring kosakata warna.
4.      setelah mengamati contoh, siswa dapat melengkapi huruf pada kata yang rumpan
5.      Setelah kegiatan wawancara, siswa dapat membuat piktograf sederhana sesuai format.
6.      setelah mencoba membuat piktograf, siswa dapat
7.      membaca data pada piktograf dengan benar.

D.      Materi Pembelajaran

1.      Menulis dan Membaca Warna Kesukaanku.
2.      Mewawancarai Warna Kesukaanku dan Temanku


E.         Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan    :  Saintifik (scientific) tematik integratif
2.         Metode                            : Ceramah, tanya jawa, penugasan.

F.         Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Awal
1.      Guru mengajak siswa berdoa
2.      Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk melihat matahari pagi.
3.       Guru menanyakan apakah setiap orang mempunyai perbedaan dan persamaan?
-       Adakah yang Tingginya berbeda?
-       Sebutkan ciri-ciri masing-masing perbedaan?
4.      Guru menyampaikan bahwa setiap anak memiliki ciri-ciri  yang berbeda
10 Menit
Kegiatan Inti
Kegiatan 1
  1. Guru memperlihatkan kartu warna bertuliskan nama-nama warna yang sesuai.
  2. Guru membacakan tulisan di kartu dan siswa diminta mengikutinya.
  3.  Lakukan variasi latihan membaca, misalnya mulai dari seluruh anak laki-laki saja, seluruh anak perempuan saja, atau barisan 1, barisan 2 dan seterusnya.
  4. Latihan membaca dilakukan beberapa kali, sampai seluruh anak dapat membaca secara individu.
  5.  Sebelum mengerjakan latihan di buku, beberapa siswa memimpin latihan membaca sebagaimana yang dilakukan guru.
  6. Kegiatan ditutup dengan mengerjakan latihan mengisi huruf yang hilang di buku siswa
Kegiatan 2
  1. Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki warna kesukaan yang berbeda-beda dan hal tersebut harus dihargai..( Mengamati )
  2. Guru melanjutkan kegiatan dengan menyediakan bola plastik kecil berwarna-warni (dapat diganti dengan benda berwarna-warni lainnya).
  3.  Siswa bersama-sama menghitung jumlah bola dengan warna yang sama.
  4. Siswa diminta mengambil satu buah bola dengan warna yang paling disukai.
  5.  Siswa diminta mewawancarai 6 orang teman tentang warna yang paling disukai.
  6.  Hasil wawancara dituangkan dalam bentuk tabel (lihat tabel di bawah).
  7. . Siswa dapat pula diminta untuk mengobservasi warna benda-benda yang ada di sekitarnya (misalnya warna daun, warna langit, dan meja).
  8.  Secara lisan siswa melaporkan hasil pekerjaannya kepada guru.
  9. Sebagai penutup guru meminta siswa untuk membayangkan jika tidak ada warna di sekitar kita.
  10. Guru menyampaikan bahwa Tuhan Maha Indah telah menciptakan warna-warna ( Mencoba,)

120 Menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru menutup kegiatan dengan  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari (mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan tes tertulis, kemudian dibahas bersama (menalar)
3.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi, penilaian) (-menanya)
4.      Guru menyampaikan pesan moral untuk merawat anggota
5.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa berkaitan dengan materi diriku
6.      Salam dan doa penutup
15 Menit

G.       Sumber dan Media Belajar
1.         Sumber Belajar
a.        Buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 tema “Diriku” hal. 9092
b.        Buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 tema “ Diriku” hal. 9798
2.         Media Belajar
a.        Gambar topi
b.        Gambar, pensil warna
c.         Kartu Warna

H.       Penilaian
1.         Jenis / Teknik Penilaian
a.        Penilaian Proses
1)        Penilaian pengamatan sikap pada percakapan dalam proses pembelajaran
b.        Penilaian unjuk kerja mewawancarai wrna kesukaan
c.         Penilaian Hasil Belajar
1)        Tes Lesan
2)        Tes Tertulis bentuk Uraian


2.         Bentuk Instrumen Penilaian
a.        Penilaian Proses
1)        Rubrik Penilaian Sikap
2)        Rubrik Penilaian Kinerja
b.        Penilaian Hasil Belajar
1)        Produk
2)        Tes lesan
3)        Tertulis Uraian
Instrumen dan Kriteria Penilaian (Terlampir)

                       




Magelang, 09 September 2015
Guru Kelas




Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd,I
NIP.19780419 200710 2 001





































Lampiran 1
Bahan Ajar


Ayo Belajar


Mengisi huruf
Ada bermacam-macam warna.
Warna-warna itu indah.
Isilah huruf yang tepat
merah
m _ rah
m _ r _ h
_ _ r _ h














Apa warna kesukaan temanmu?
Kelompokkan dan hitung
Warnai lingkaran yang sesuai






               


















































Ayo Berlatih

Isilah dengan huruf yang tepat



warna hijau                                    warna biru

hijau         biru
h _ jau      b _ ru
hij _ u       bir _
h _ j _ u    b _ r _
h _ _ _ u   b _ _ _
Ayo Berlatih
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar