PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrsah : MI
Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I
(Satu) / 1
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Hadis
Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang encerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
|
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Menerima ketentuan cara membaca huruf-huruf
hijaiyah sesuai makhraj dan tanda
bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menerima Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111) sebagai firman Allah
SWT.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Terbiasa membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj
dan tanda bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Terbiasa menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah dan tanda
bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathah,
kasrah dan dhammah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengenal Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
Surah al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1
Membaca huruf-huruf hijaiyah
sesuai makhraj dan tanda bacanya 4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111)
secara benar (fathah, kasrah, dan damah)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathah,
kasrah dan dhammah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111) secara benar
|
Surah al- Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Tirto,
27 Juli 2015
Kepala
Madrasah Guru
Kelas
Abdul
Aziz, S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP. 19780419 200710 2 001
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrasah : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I (Satu)
/ 2
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Hadist
Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru..
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Menerima ketentuan cara membaca huruf-huruf
hijaiyah sesuai mahraj dan tanda
bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan
tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menerima Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106) sebagai firman Allah SWT.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Meyakini kebersihan sebagian
dari iman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Terbiasa
membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai mahraj
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Terbiasa
menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy
(106)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3
Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengetahui huruf-huruf
hijaiyah dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan
tasydid)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengenal Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106)
|
Surah an-Nasr dan Quraisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami arti dan isi kandungan hadis
tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(
|
Hadits tentang kebersihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menghafalkan Q.S.
an-Nasr (110) dan Quraisy (106) secara benar
|
Surah an-Nasr dan Quraisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim dari Abu
Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(
|
Hadits tentang kebersihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Tirto,
5 Januari 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas
Abdul
Aziz, S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP.
19780419 200710 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar