PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrsah : MI
Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I
(Satu) / 1
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Hadis
Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang encerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Menerima ketentuan cara membaca huruf-huruf
hijaiyah sesuai makhraj dan tanda
bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menerima Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111) sebagai firman Allah
SWT.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Terbiasa membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj
dan tanda bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Terbiasa menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah dan tanda
bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathah,
kasrah dan dhammah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengenal Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
Surah al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1
Membaca huruf-huruf hijaiyah
sesuai makhraj dan tanda bacanya 4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111)
secara benar (fathah, kasrah, dan damah)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathah,
kasrah dan dhammah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111) secara benar
|
Surah al- Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Tirto,
27 Juli 2015
Kepala
Madrasah Guru
Kelas
Abdul
Aziz, S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP. 19780419 200710 2 001
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrasah : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I (Satu)
/ 2
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Hadist
Kompetensi Inti : KI-1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru..
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Menerima ketentuan cara membaca huruf-huruf
hijaiyah sesuai mahraj dan tanda
bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan
tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menerima Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106) sebagai firman Allah SWT.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Meyakini kebersihan sebagian
dari iman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Terbiasa
membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai mahraj
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Terbiasa
menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy
(106)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3
Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengetahui huruf-huruf
hijaiyah dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan
tasydid)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengenal Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106)
|
Surah an-Nasr dan Quraisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami arti dan isi kandungan hadis
tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(
|
Hadits tentang kebersihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menghafalkan Q.S.
an-Nasr (110) dan Quraisy (106) secara benar
|
Surah an-Nasr dan Quraisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim dari Abu
Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(
|
Hadits tentang kebersihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Tirto,
5 Januari 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas
Abdul
Aziz, S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.
19690604 199803 1 002 NIP.
19780419 200710 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar