PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrasah : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I (Satu)
/ 1
Mata Pelajaran : Akidah Akhlaq
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Ket
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
|
|
|
1.1
Meyakini
kebenaran rukun iman
|
Mengenal Rukun Iman
|
2
JP
|
|
1.2
.Meyakini kebenaran syahadatain.
|
Dua Kalimah Syahadat
|
2
JP
|
|
1.3
Meyakini
Allah swt. Yang Esa (al-Ahad
) dan maha Pencipta(al-Khaliq).
|
Asmaul Husna ( Al Ahad dan Al Khaliq )
|
2
JP
|
|
1.4 Menyadari keuatamaan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun.
|
Hidup Bersih, kasih sayang dan Hidup rukun
|
1
JP
|
|
1.5 Menghayati
nilai-nilai dalam adab mandi dan berpakaian
|
Adab mandi dan berpakaian
|
2
JP
|
|
1.6.Menyadari manfaat dan hikmah menghindari hidup kotor
|
Hidup Kotor
|
2 JP
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
|
|
2.1 Membiasakan berperilaku positif
yang merefleksikan orang yang beriman.
.
|
Mengenal Rukun Iman
|
2 JP
|
|
2.2 Membiasakan
berperilaku bertauhid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Dua Kalimah Syahadat
|
2 JP
|
|
2.3 Membiasakan
diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai
sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-Ahad dan al-Khaliq)
|
Asmaul Husna ( Al Ahad dan Al Khaliq )
|
2 JP
|
|
2.4 Membiasakan
hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari
|
Hidup Bersih, kasih sayang dan Hidup rukun
|
2 JP
|
|
2.5 Membiasakan
adab terpuji ketika mandi dan berpakaian
|
Adab
mandi dan berpakaian
|
2 JP
|
|
2.6 Membiasakan diri untuk menghindari hidup kotor dalam
kehidupan sehari-hari
|
Hidup
Kotor
|
2 JP
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
3.1 Mengenal
enam rukun iman.
|
Mengenal Rukun Iman
|
2 JP
|
|
3.2 Mengenal dua
kalimah syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
|
Dua Kalimah Syahadat
|
2 JP
|
|
3.3 Mengenal
sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-Ahad dan al-Khaliq) melalui kisah
Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya
|
Asmaul Husna ( Al Ahad dan Al Khaliq )
|
2 JP
|
|
3.4 Memahami perilaku akhlak terpuji hidup
bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari
|
Hidup Bersih, kasih sayang dan Hidup rukun
|
2 JP
|
|
3.5 Memahami adab mandi dan berpakaian
|
Adab
mandi dan berpakaian
|
2 JP
|
|
3.6 Menjelaskan akhlak tercela hidup kotor
dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghindarinya
|
Hidup
Kotor
|
2 JP
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
|
|
4.1 Menunjukkan contoh perilaku orang beriman kepada enam rukun
iman
|
Mengenal Rukun Iman
|
2 JP
|
|
4.2 Melafalkan
dua kalimah syahadat.
|
Dua Kalimah Syahadat
|
2 JP
|
|
4.3 Melafalkan sifat-sifat Allah swt. al-Ahad dan al-Khaliq dan artinya.
|
Asmaul Husna ( Al Ahad dan Al Khaliq )
|
2 JP
|
|
4.4 Mengklasifikasikan manfaat perilaku hidup
bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari
|
Hidup Bersih, kasih sayang dan Hidup rukun
|
2 JP
|
|
4.5 Mendemonstrasikan tata cara berpakaian
secara Islami
|
Adab
mandi dan berpakaian
|
2 JP
|
|
4.6
Menceritakan cara-cara menghindari hidup kotor dalam kehidupansehari-hari..
|
Hidup
Kotor
|
2 JP
|
|
ULANGAN HARIAN
|
6 JP
|
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER
|
2 JP
|
|
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER
|
2 JP
|
|
Mengetahui
Kepala MI,
( Abdul Aziz, S.Ag )
NIP 19690604 199803 1 002
|
|
Tirto, 27 Juli 2015
Guru Mapel Akidah Akhlaq
( Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I )
NIP.19780419 200710 2 001
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrsah : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I (Satu)
/ 2
Mata Pelajaran : Akidah Akhlaq
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Ket
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
|
|
|
1.1
Meyakini sifat-sifat Allah swt.
melalui kalimat tayyibah (Basmalah).
|
Kalimat Thoyibah Basmallah
|
2
JP
|
|
1.2.Meyakini
Allah swt. Memiliki sifat ar-Rahman, ar-Rahim dan as-Sami‘.
|
Asmaul Husna ( Ar Rahman, Ar Rahim dan As
Sami’ )
|
2 JP
|
|
1.3. Menghayati nilai-nilai positif dalam adab belajar, bermain, makan
dan minum.
|
Adab
belajar bermain,
Adab makan dan minum.
|
2 JP
|
|
1.4
Menerima nilai keramahan dan sopan
santun terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari -hari.
|
Sopan
santun kepada Orang Tua dan Guru
|
2 JP
|
|
1.5
Menyadari manfaat dan hikmah menghindari berbicara kotor dan bohong/dusta,
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menghindari
bicara kotor/jorok dan bohong.
|
2 JP
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
2 JP
|
|
2.1
Terbiasa membaca basmalah setiap memulai
aktivitas.
|
Kalimat Thoyibah Basmallah
|
2 JP
|
|
2.2
Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman
mengenai sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam ar-Rahman, ar-Rahim
dan as-Sami‘.
|
Asmaul Husna ( Ar Rahman, Ar Rahim dan As
Sami’ )
|
2 JP
|
|
2.3 Memiliki adab yang baik dalam belajar,
bermain, makan dan minum.
|
Adab
belajar bermain,
Adab makan dan minum.
|
2 JP
|
|
2.4 Membiasakan
sikap ramah dan sopan santun terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
|
Sopan
santun kepada Orang Tua dan Guru
|
2 JP
|
|
2.5 Membiasakan diri untuk menghindari
akhlak tercela berbicara kotor dan bohong/dusta, dalam kehidupan sehari-hari
|
Menghindari
bicara kotor/jorok dan bohong.
|
2 JP
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
2 JP
|
|
3.1
Mengetahui kalimat tayyibah (Basmalah).
|
Kalimat Thoyibah Basmallah
|
2 JP
|
|
3.2
Mengenal sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-Asma’
al-Husna (ar-Rahman, ar-Rahim
dan as-Sami‘.).
|
Asmaul Husna ( Ar Rahman, Ar Rahim dan As
Sami’ )
|
2 JP
|
|
3.3
Memahami adab belajar, bermain, makan
dan minum
|
Adab
belajar bermain,
Adab makan dan minum.
|
2 JP
|
|
3.4Memahami
sikap ramah dan sopan santun terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sopan
santun kepada Orang Tua dan Guru
|
2 JP
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
2 JP
|
|
4.1
Melafalkan kalimat tayyibah
(Basmalah).
|
Kalimat Thoyibah Basmallah
|
2 JP
|
|
4.2
Melafalkan ar-Rahman, ar-Rahim dan as-Sami‘. dan artinya.
|
Asmaul Husna ( Ar Rahman, Ar Rahim dan As
Sami’ )
|
2 JP
|
|
4.3
Mendemonstrasikan adab belajar, bermain, makan dan minum secara Islami.
|
Adab
belajar bermain,
Adab makan dan minum.
|
2 JP
|
|
4.4
Mensimulasikan sikap ramah dan sopan santun terhadap orang tua dan guru dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Sopan
santun kepada Orang Tua dan Guru
|
2 JP
|
|
4.5
Menyajikan contoh cara menghindari berbicara kotor dan bohong/dusta
|
Menghindari
bicara kotor/jorok dan bohong.
|
2 JP
|
|
ULANGAN HARIAN
|
6 JP
|
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER
|
2 JP
|
|
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER
|
2 JP
|
|
Mengetahui
Kepala MI,
( Abdul Aziz, S.Ag )
NIP 19690604 199803 1 002
|
|
Tirto, 27 Juli 2015
Guru Mapel Akidah Akhlaq
( Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I )
NIP.19780419 200710 2 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar