PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrasah : MI
Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I
(Satu) / 1
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Hadis
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Ket
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
|
|
|
|
1.1 Menerima ketentuan cara membaca huruf-huruf
hijaiyah sesuai makhraj dan tanda
bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
Mengenal
Huruf Hijaiyah ( 1 )
|
4
JP
|
|
Menerima Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq
(113), al-Ikhlas (112), dan
al-Lahab (111) sebagai firman
Allah SWT.
|
Surat
Al Fatihah, Al Naas, Al Falaq, Al Ikhlas, Al Lahab
|
4
JP
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
|
|
2.1
Terbiasa membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj
dan tanda bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
Mengenal
Huruf Hijaiyah ( 1 )
|
2
JP
|
|
2.2 Terbiasa
menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111)
|
Surat
Al Fatihah, Al Naas, Al Falaq, Al Ikhlas, Al Lahab
|
4
JP
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
3.1 Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah dan tanda
bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathah,
kasrah dan dhammah)
|
2 JP
|
|
3.2 Mengenal Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
Surah al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
2 JP
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang encerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
|
|
|
4.1
Membaca huruf-huruf hijaiyah
sesuai makhraj dan tanda bacanya 4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111) secara benar
(fathah, kasrah, dan damah)
|
Huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)
|
2 JP
|
|
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111) secara benar
|
Surah al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan al-Lahab (111)
|
2 JP
|
|
ULANGAN HARIAN
|
4 JP
|
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER
|
2 JP
|
|
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER
|
2 JP
|
|
Mengetahui
Kepala MI,
( Abdul Aziz, S.Ag )
NIP . 19690604 199803 1 002
|
|
Tirto, 27 Juli 2015
Guru Kelas
( Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I)
NIP.19780419 200710 2 001
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016
Nama Madrasah : MI
Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
AW
|
Ket
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
|
|
|
1.1 Menerima ketentuan cara membaca huruf-huruf
hijaiyah sesuai mahraj dan tanda
bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan
tasydid)
|
HUruf
Hijaiyah ( 2 )
|
2
JP
|
|
1.2
Menerima Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106) sebagai firman Allah SWT.
|
Surat
Al Lahab, An Nasr, al Qurais
|
2 JP
|
|
1.3 Meyakini
kebersihan sebagian dari iman
|
Hadis
tentang kebersihan
|
2 JP
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
|
|
|
2.1
Terbiasa membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai mahraj
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
HUruf
Hijaiyah ( 2 )
|
2 JP
|
|
2.2 Terbiasa
menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy
(106)
|
Surat
Al Lahab, An Nasr, al Qurais
|
2 JP
|
|
2.3
Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
Hadis
tentang kebersihan
|
2 JP
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
|
|
|
3.1 Mengetahui huruf-huruf
hijaiyah dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan
tasydid)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
4
JP
|
|
3.2 Mengenal Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106)
|
Surah an-Nasr dan Quraisy
|
4
JP
|
|
3.3 Memahami arti dan isi kandungan hadis
tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(
|
Hadits tentang kebersihan
|
4
JP
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
|
|
4.1 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
Huruf-huruf hijaiyah
dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)
|
2 JP
|
|
4.2 Menghafalkan Q.S.
an-Nasr (110) dan Quraisy (106) secara benar
|
Surah an-Nasr dan Quraisy
|
2 JP
|
|
4.3 Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim dari Abu
Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(
|
Hadits tentang kebersihan
|
2 JP
|
|
ULANGAN HARIAN
|
6 JP
|
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER
|
2 JP
|
|
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER
|
2 JP
|
|
Mengetahui
Kepala MI,
( Abdul Aziz, S.Ag )
NIP . 19690604 199803 1 002
|
|
Tirto, 27 Juli 2015
Guru Kelas
( Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I)
NIP.19780419 200710 2 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar