Rabu, 15 Juni 2016

PROOGRAM TAHUNAN ( PROTA ) AL QUR'AN HADITS

PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016

Nama Madrasah    :   MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester     :   I (Satu)  / 1
Mata Pelajaran       :   Al-Qur’an Hadis
Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
AW
Ket
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

 



1.1    Menerima ketentuan cara membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda  bacanya  (fathah, kasrah, dan damah)
Mengenal Huruf Hijaiyah ( 1 )
4 JP

Menerima Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan  al-Lahab (111)  sebagai firman Allah SWT.

Surat Al Fatihah, Al Naas, Al Falaq, Al Ikhlas, Al Lahab
4 JP

2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,   santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

 



2.1 Terbiasa membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda  bacanya  (fathah, kasrah, dan damah)
Mengenal Huruf Hijaiyah ( 1 )
2 JP

2.2 Terbiasa menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan  al-Lahab (111)

Surat Al Fatihah, Al Naas, Al Falaq, Al Ikhlas, Al Lahab
4 JP

3.     Memahami pengetahuan    faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan  dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

 



3.1  Mengetahui huruf-huruf hijaiyah dan tanda      bacanya (fathah, kasrah, dan damah)
Huruf-huruf  hijaiyah  dan tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)
2 JP

3.2  Mengenal Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan  al-Lahab (111)

Surah al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan  al-Lahab (111)
2 JP

4.     Menyajikan pengetahuan    faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya  yang   estetis, dalam gerakan yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



4.1   Membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda  bacanya  4.2   Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan  al-Lahab (111)   secara benar (fathah, kasrah, dan damah)
Huruf-huruf  hijaiyah  dan tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)
2 JP

4.2   Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan  al-Lahab (111) secara benar
Surah al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan  al-Lahab (111)
2 JP

ULANGAN HARIAN

4 JP

ULANGAN TENGAH SEMESTER

2 JP

ULANGAN AKHIR SEMESTER

2 JP


Mengetahui
Kepala MI,



( Abdul Aziz, S.Ag )
NIP . 19690604 199803 1 002

Tirto, 27 Juli 2015
Guru Kelas



( Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I)
NIP.19780419 200710 2 001


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016

Nama Madrasah    :   MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester     :   I (Satu)  / 2
Mata Pelajaran       :    Al-Qur’an Hadis

Kompetensi Inti &
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
AW
Ket
1.     Menerima  dan  menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

 



1.1  Menerima ketentuan cara membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai mahraj dan tanda  bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)

HUruf Hijaiyah ( 2 )
2 JP

1.2  Menerima Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106) sebagai firman Allah SWT.

Surat Al Lahab, An Nasr, al Qurais
2 JP

1.3   Meyakini kebersihan sebagian dari iman
Hadis tentang kebersihan
2 JP

2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,   santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

 



2.1  Terbiasa membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai mahraj dan tanda  bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)

HUruf Hijaiyah ( 2 )
2 JP

2.2  Terbiasa menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106)

Surat Al Lahab, An Nasr, al Qurais
2 JP

2.3   Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
Hadis tentang kebersihan
2 JP

3.     Memahami pengetahuan    faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan  dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

 



3.1  Mengetahui huruf-huruf hijaiyah dan tanda      bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)

Huruf-huruf  hijaiyah  dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)

4 JP

3.2 Mengenal Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106)

Surah an-Nasr dan Quraisy

4 JP

3.3 Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(

Hadits tentang kebersihan

4 JP

4.     Menyajikan pengetahuan    faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya  yang   estetis, dalam gerakan yang encerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



4.1   Membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda  bacanya  (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)

Huruf-huruf  hijaiyah  dan tanda bacanya (fathatain, kasratain, damatain, sukun dan tasydid)

2 JP

4.2      Menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106) secara benar

Surah an-Nasr dan Quraisy

2 JP

4.3    Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
)الطهورشطرالإيمان(

Hadits tentang kebersihan

2 JP

ULANGAN HARIAN

6 JP

ULANGAN TENGAH SEMESTER

2 JP

ULANGAN AKHIR SEMESTER

2 JP



Mengetahui
Kepala MI,



( Abdul Aziz, S.Ag )
NIP . 19690604 199803 1 002

Tirto, 27 Juli 2015
Guru Kelas



( Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I)
NIP.19780419 200710 2 001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar