PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR TEMATIK KELAS I
TEMA : 4.
Keluargaku
SUB TEMA : 4.3 Keluarga Besarku
KELAS : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
|
No.
KD pada KI- 1
|
NO. KD pada KI-2
|
No. KD pada KI-3
|
NO. KD pada KI-4
|
PPKn
|
1.2
|
2.3
|
3.3
|
4.4
|
B Indonesia
|
1.1
|
2.3, 2.5
|
3.3
|
4.4
|
Matematika
|
1.1
|
2.1
|
3.2, 3.4, 3.5
|
4.3, 4.7
|
PJOK
|
1.1
|
2.1, 2.2
|
3.1
|
4.1
|
SBdP
|
1.1
|
2.1
|
3.2, 3.4
|
4.7, 4.10, 4.14
|
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA : 4. Keluargaku
SUB TEMA : 4.3
Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN : 1 ( satu )
KELAS : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
|
No. KD pada KI- 1
|
NO. KD pada KI-2
|
No. KD pada KI-3
|
NO. KD pada KI-4
|
PPKn
|
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
sekolah
|
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di
sekolah
|
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di
rumah dan sekolah
|
B. Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
|
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
Matematika
|
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan
aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
|
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA : 4. Keluargaku
SUB TEMA : 4.3
Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN : 2 ( dua )
KELAS : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
|
No.
KD pada KI- 1
|
NO. KD pada KI-2
|
No. KD pada KI-3
|
NO. KD pada KI-4
|
B. Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
|
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap
kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
3.4 Mengenal teks cerita diri/
personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
|
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/
personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
Matematika
|
1.1 Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99
dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
|
4.3 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
|
SBdP
|
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai
salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
|
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri
untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
|
3.2 Mengenal pola irama lagu
bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
|
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami
isi lagu.
4.10 Menirukan gerak alam di
lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan
rangsangan bunyi.
|
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA : 4. Keluargaku
SUB TEMA : 4.3
Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN : 3 ( tiga )
KELAS : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
|
No. KD pada KI- 1
|
NO. KD pada KI-2
|
No. KD pada KI-3
|
NO. KD pada KI-4
|
B. Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
|
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
Matematika
|
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju
sampai 100 dan mundur dari 20.
|
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan
aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
|
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA : 4. Keluargaku
SUB TEMA : 4.3
Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN : 4 ( empat )
KELAS : 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
|
No. KD pada KI- 1
|
NO. KD pada KI-2
|
No. KD pada KI-3
|
NO. KD pada KI-4
|
PPKn
|
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
sekolah
|
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di
sekolah
|
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di
rumah dan sekolah
|
B. Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
|
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain
di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
Matematika
|
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar
atau pola bangun datar yang sudah ada.
|
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA : 4.
Keluargaku
SUB TEMA :
4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN : 5 (
lima )
KELAS
: 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
|
No. KD pada KI- 1
|
NO. KD pada KI-2
|
No. KD pada KI-3
|
NO. KD pada KI-4
|
B. Indonesia
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang dikenalsebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
|
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
SBdP
|
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan
Tuhan
|
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri
dalam mengolah karya seni
|
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat
prakarya.
|
4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di
lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
|
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEMA
: 4. Keluargaku
SUB TEMA :
4.3 Keluarga Besarku
PEMBELAJARAN : 6 (
enam )
KELAS
: 1
Mata Pelajaran yang ditematikan
|
No. KD pada KI- 1
|
NO. KD pada KI-2
|
No. KD pada KI-3
|
NO. KD pada KI-4
|
PPKn
|
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
sekolah
|
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di
sekolah
|
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di
rumah dan sekolah
|
Matematika
|
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar
atau pola bangun datar yang sudah ada.
|
PJOK
|
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan.
|
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana
pembelajaran.
|
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi
anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi
anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar