Minggu, 07 Agustus 2016

RPP Fiqih Kelas 1 K-13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    :    MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester        :    I (Satu) / 1
Mata Pelajaran            :    Fiqih
Pelajaran 1                   :    Islam Agamaku
Alokasi Waktu             :    2x3 Jam Pelajaran


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI- 1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI- 3   Memahami  pengetahuan  faktual  dengan  cara    mengamati  (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

B.   Kompetensi Dasar (KD)
1.1     Menerima kebenaran rukun Islam.
2.1     Menjalankan lima rukun Islam.
3.1     Memahami rukun Islam.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.1.1    Menyebutkan rukun Islam secara urut.
2.1.1    Menghafal rukun Islam secara urut.
3.1.1    Menerapkan kebenaran rukun Islam.

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Mengetahui rukun Islam secara berurutan dan mampu melafalkan syahadat dengan baik dan benar.
§  Mempraktikkan  gerakan salat yang benar disertai hafalan bacaan salat (hanya untuk yang telah mampu).
§  Memahami kewajiban berzakat dan mengetahui waktu penyerahan zakat
§  Membiasakan peserta didik agar dapat berlatih berpuasa pada bulan Ramadan.
§  Mengetahui  haji wajib bagi orang yang mampu dan setiap peserta didik diharapkan mempunyai cita-cita agar dapat melaksanakannya suatu hari nanti.
§  Membiasakan peserta didik agar dapat melaksanakan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari dan terbiasa untuk selalu disiplin, jujur, peduli dan bertanggung jawab dalam pelaksanaannya.

E.    Materi Pokok
§  Syahadat, salat, zakat, puasa dan haji

F.    Kegiatan Pembelajaran
Syahadat
a.  Pendahuluan
1)      Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)      Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)      Guru bersama dengan peserta didik bernyanyi lagu “Rukun Islam”.
5)      Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu yang lain, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)      Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)        Guru bersama peserta didik kembali menyanyikan lagu “Rukun Islam”.
2)        Kemudian  melakukan  tanya  jawab berkaitan  dengan  lagu  yang  telah diyanyikan.
3)        Peserta didik bersama guru mengamati gambar bangunan tinggi yang kokoh dan gambar bangunan roboh di dalam buku peserta didik.
4)        Peserta didik diminta untuk membandingkan kedua gambar tersebut.
5)        Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar.
6)        Guru memberikan penguatan dari setiap pendapat peserta didik.
7)        Guru  menjelaskan akan pentingnya rukun  Islam sebagai dasar/pondasi seorang muslim yang diibaratkan dalam sebuah bangunan kokoh.
8)        Guru meminta peserta didik menyebutkan rukun Islam secara berurutan.
9)        Guru memberi penghargaan berupa bintang prestasi kepada peserta didik yang mampu menyebutkan rukun Islam secara urut dan tepat.
10)     Guru mempersiapkan beberapa kartu yang bertuliskan nama-nama rukun Islam secara acak.
11)     Peserta didik diminta mengurutkan kartu tersebut secara tepat.
12)     Guru meminta peserta didik untuk mengamati tulisan lafal syahadatain.
13)     Guru  bersama peserta didik  melafalkan dua  kalimah  syahadat beserta artinya.
14)     Peserta didik betsama teman di sampingnya mengulang-ulang lafal syahadatain beserta artinya sampai lancar.
15)     Peserta didik mengamati kembali sebuah gambar anak yang sedang membaca lafal syahadatain di depan  papan tulis.
16)     Guru mempersiapkan penggalan kata dari lafal syahadatain.
17)     Peserta didik diminta untuk menyusun penggalan lafal syahadatain menjadi kalimat yang utuh.
18)     Pada kolom “Insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku hafal dua kalimat syahadat” .
19)     Guru memberi penjelasan , setelah memahami syadatain kita harus meyakini bahwa “ Allah itu Maha Esa”.
20)     Pada kolom “tugasku” guru menugaskan peserta didik untuk melatih bacaan syahadat di hadapan orang tuanya kemudian diminta untuk melaporkan hasil pengamatan orangtua tentang kelancaran bacaan setiap peserta didik.

c.  Penutup
1)       Peserta didik membuat kesimpulan tentang syahadat.
2)       Guru meminta peserta didik mengulang materi pelajaran yang baru diberi kan di rumah masing-masing.
3)       Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

d.  Penilaian
1)    Berilah tanda silang pada huruf B jika benar dan S jika alah
a)     B - S   Tulisan di samping adalah lafal doa setelah makan.
b)     B - S   Rukun Islam yang pertama adalah zakat.
c)      B - S   Lafal syahadat selalu dibaca ketika umat Islam melakukan salat.
d)     B - S   Syahadat wajib dibaca bagi orang yang  baru masuk agama Islam.
e)     B - S        Syahadat adalah rukun Islam yang kedua.

2)    Kunci Jawaban
a.      Salah
b.      Salah
c.      Benar
d.      Benar
e.      Salah
Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal
Penilaian sikap

Penilaian ini diambil dari penyusunan penggalan kata syahadat dan rukun Islam
No
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik             3  = Baik
2 = Sedang                    1  = Kurang baik
Sangat baik    =   Membudaya
Baik                  =   Mulai berkembang
Sedang            =   Mulai terlihat
Kurang baik    =   Belum terlihat

Keterangan
BT      : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum  memperlihatkan  tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :     Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan ada- nya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :     Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :     Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan peri- laku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

e. Pengayaan
Peserta didik yang sudah hafal syahadat diminta untuk membantu teman yang belum lancar melafalkan syahadat.

f.   Remedial
Peserta didik yang masih belum lancar menghafal bunyi kalimat syahadat ditugaskan untuk belajar pada teman yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta laporan secara tertulis tentang keaktifan dan kelancaran siswa dalam  menghafal  dan  melaksanakan  syahadat  (  waktu  pengecekan syahadat dapat dilakukan ketika tasyahud akhir dalam salat atau secara langsung berhadapan dengan orangtua).

SHalat
a.  Pendahuluan
1)    Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama
2)    Guru memeriksa kehadiran,  posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)    Guru menanyakan sekilas tentang pelajaran yang lalu yaitu syahadat.
5)    Guru mengadakan tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang salat.
6)    Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
7)    Guru dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).


b.  Kegiatan Inti
1)      Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak yang sedang salat di dalam buku peserta didik.
2)      Setiap peserta didik untuk menanya hal-hal yang berkaitan dengan gambar kemudian mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
3)      Guru memberikan penguatan dari setiap pendapat peserta didik.
4)      Guru menjelaskan akan pentingnya salat sebagai tiang agama.
5)      Peserta didik menyebutkan waktu salat beserta jumlah rakaatnya dengan bimbingan guru.
6)      Guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu “Salat”.
7)      Pada kolom “Insya Allah aku bisa ”seluruh peserta didik diminta untuk melakukan salat bersama orangtuanya di rumah.
8)      Guru memberi penjelasan, setelah peserta didik mengetahui pentingnya salat maka mereka diminta untuk “ tidak lupa melaksanakan salat“.
9)      Pada kolom “tugasku” peserta didik diminta membuat laporan kegiatan salat selama satu minggu di rumah secara tertulis dan diketahui oleh orang tua.

c.  Penutup
1)      Peserta didik membuat kesimpulan tentang pentingnya salat dan rela melaksanakannya melalui pembiasaan sehari-hari.
2)      Guru  meminta  peserta  didik  mempraktikkan  salat di  rumah  masing- masing.
3)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
1)  Peserta didik diminta untuk mencari jawaban dari pertanyaan uraian dalam kotak yang tersedia.


Temukan kata yang berarti dalam kotak di bawah ini!
s
u
b
u
h
e
z
h
i
w
y
m
p
r
s
g
x
p
d
f
y
s
m
a
q
s
a
l
a
t
m
a
g
r
i
b

2)  Kunci Jawaban
a)    Empat
b)    Subuh
c)     Salat
d)    Maghrib
e)    Isya

3)    Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal.

4)  Skala sikap
Penilaian ini diambil dari kolom “tugasku” laporan kegiatan salat yang dilakukan selama satu minggu.
No
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Kerajinan




2
Ketepatan waktu




3
Salat berjamaah




4
Tertib





Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik                  3 = Baik
2 = Sedang                         1 = Kurang baik
Rentang skor           =   Skor maksimal-Skor minimal
                                   =   16 - 4
                                   =   12/4=3
Membudaya             =   Sangat baik
Mulai berkembang =   Baik
Mulai terlihat            =   Sedang
Belum terlihat          =   Kurang baik

e.  Pengayaan
Peserta didik yang sudah terbiasa melaksanakan salat diminta untuk berlatih menjadi imam.

f.   Remedial
Peserta didik yang belum mampu melakukan salat diminta untuk berlatih se- cara rutin melaksanakannya bersama orangtua di rumah.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang  tua  diminta  laporan secara tertulis  tentang  keaktifan peserta didik dalam melaksanakan salat ( laporan kegiatan salat yang dilakukan selama satu minggu).

Zakat
a.  Pendahuluan
1)  Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)  Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)  Guru bersama dengan peserta didik bernyanyi lagu rukun Islam.
5)  Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)  Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)  Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak yang sedang memberikan zakat di dalam buku peserta didik.
2)  Setiap peserta didik membuat suatu pernyataan yang berhubungan dengan gambar kemudian mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
3)  Guru memberikan penguatan dan penjelasan tambahan dari setiap pendapat peserta didik.
4)  Guru menjelaskan hikmah berzakat yang berfungsi untuk membersihkan harta kita.
5)  Guru meminta peserta didik untuk menyusun potongan  gambar anak yang sedang meberikan zakat menjadi gambar yang utuh.
6)  Pada kolom “Insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan
“ Zakat wajib ditunaikan”.
7)  Guru memberi penjelasan , setelah memahami perintah berzakat kita harus ingat bahwa dalam setiap harta yang kita miliki ada hak orang lai.
8)  Pada kolom “tugasku” guru menugaskan peserta didik untuk memberikan zakat kepada tetangga yang memerlukan bantuan.

c.  Penutup
1)  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang zakat.
2)  Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
1)  Tarik garis dari pertanyaan pada jawaban di dalam kotak!
a)     Zakat fitrah dilaksanakan pada bulan....
b)     Zakat adalah rukun Islam....
c)     Orang yang berhak menerima zakat adalah....
d)     Untuk membersihkan harta kita harus   mengeluarkan....

2)     Kunci Jawaban
a.     Ramadan
b.     Ke-3
c.      Fakir miskin
d.     Zakat

3)   Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 25
Skor maksimal 5 × 25 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal

e.  Pengayaan
Peserta didik diminta untuk mencari gambar yang berkaitan dengan zakat dari buku sumber di perpustakaan.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama de- ngan soal yang telah dikerjakan.
g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta mengajak peserta didik ketika memberi bantuan zakat ke- pada tetangga di sekitar rumah.

Puasa
a.  Pendahuluan
1)  Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)  Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)  Guru   melakukan  tanya  jawab  tentang   materi  yang  telah  diberikan sebelumnya.
5)  Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)  Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)  Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak berbuka puasa bersama keluarganya di dalam buku peserta didik.
2)  Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar.
3)  Guru memberikan penguatan dan penjelasan dari setiap pendapat peserta didik.
4)  Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian puasa.
5)  Guru  menjelaskan hikmah pentingnya puasa sebagai latihan agar dapat merasakan apa yang dialami oleh orang yang kurang mampu.
6)  Guru bersama peserta didik melafalkan niat puasa dan doa berbuka puasa.
7)  Pada kolom “insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku sudah bisa berpuasa”.
8)  Guru memberi penjelasan , setelah memahami pengertian puasa kita harus mengetahui bahwa Allah melarang berbuka puasa di siang hari.
9)  Pada  kolom  “tugasku” guru  menugaskan  peserta  didik  untuk  berlatih berpuasa pada bulan Ramadan.

c.  Penutup
1)      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang puasa.
2)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

d.  Penilaian
1)      Berilah tanda ceklis (√) pada kolom setuju (S) atau kolom tidak setuju (TS) sesuai pendapatmu.
No
Pernyataan
Setuju
Tidak Setuju
1
Puasa Ramadan wajib dilakukan umat Islam


2
Makan sahur dianjurkan sebelum berpuasa


3
Saat berpuasa diperbolehkan minum kalau terasa haus


4
Puasa adalah rukun Islam kedua


5
Niat berpuasa tidak perlu dilakukan



2)      Kunci jawaban


No
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Ketepatan





Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik

3 = Baik
2 = Sedang

1 = Kurang baik
Rentang skor
=
Skor maksimal-Skor minimal

=
16 - 4

=
12/4

=
3
MK
=
14 -16
MB
=
11 -13
MT
=
7 - 10
BT
=
4 - 6

Keterangan :
BT      : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum  memperlihatkan  tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator)
MT      : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan ada nya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
MB      : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berba gai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
MK      : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan peri- laku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten)
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

e.  Pengayaan
Peserta didik diminta untuk mencari gambar yang berkaitan dengan puasa dari buku sumber yang berbeda di perpustakaan.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama de- ngan soal yang telah dikerjakan sebelumnya.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang  tua diminta  untuk  membiasakan peserta didik melaksanakan puasa
Ramadan semampunya.

Haji
a.  Pendahuluan
1)     Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama
2)     Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran
3)     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
4)     Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
5)     Guru dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, de- monstrasi, dan inkuiri (penemuan)

b.  Kegiatan Inti
1)        Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar orang yang berada di depan baitullah di dalam buku
2)        Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
3)        Guru memberikan penguatan dan penjelasan dari setiap pendapat peserta didik.
4)        Guru menjelaskan pengertian haji.
5)        Guru meminta peserta didik berkumpul di depan kelas dan membentuk kelompok berbanjar untuk bermain pesan berantai.
6)        Peserta didik memilih salah satu temannya untuk menjadi ketua kelompok.
7)        Setiap ketua kelompok diberi petunjuk untuk menghafal satu kalimat yang berkaitan dengan haji, misalnya : haji rukun Islam kelima, baitullah di kota Mekah, Ka’bah kiblat umat Islam dan seterusnya.
8)        Ketua kelompok membisikkan pesan tersebut kepada teman di sampingnya kemudian teman kedua menyampaikannya kepada teman selanjutnya, dan seterusnya sampai teman yang terakhir .
9)        Peserta didik terakhir  langsung mengucapkan “alhamdulillah  aku tahu” setelah pesan tersebut sampai kepadanya.
10)     Guru meminta peserta didik untuk mengingat pesan tersebut sampai seluruh kelompok menyelesaikan permainan.11)Peserta    didik    terakhir yang menerima pesan diminta  untuk  menyampaikan isi pesan tersebut secara bergantian.
11)     Seluruh peserta didik menilai kelompok yang isi pesannya paling tepat.
12)     Kelompok yang isi pesannya paling tepat itulah pemenangnya.
13)     Pada kolom “insyaallah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku sudah tahu rukun Islam kelima”.
14)     Pada kolom “tugasku”guru menugaskan peserta didik untuk menanyakan kepada orang tua siapa saja saudara di keluarganya yang telah melaksanakan haji.

c.  Penutup
1)        Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian haji.
2)        Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

d.  Penilaian
1)  Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik .
Hubungkan pertanyaan pada lajur kiri dengan jawaban pada lajur kanan!
a)  Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke....
b)  Baitullah berada di kota....
c)  Haji wajib bagi orang yang....
d)  Kiblat umat Islam adalah....

2)  Kunci Jawaban
a)    Lima
b)    Mekah
c)    Mampu
d)    Kakbah

3)  Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 25
Skor maksimal 4 × 25 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal

e.  Pengayaan
Peserta didik diminta untuk mencari gambar yang berkaitan dengan haji dari buku sumber yang berbeda di perpustakaan.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama dengan soal yang telah dikerjakan.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Peserta didik diminta untuk menanyakan kepada orang tua siapa saja saudara di keluarga yang telah melaksanakan haji.

6.  Uji kompetensi pelajaran 1
Pada kolom ayo berlatih siswa diminta untuk mengurutkan gambar sesuai dengan rukun Islam
Skor maksimal        = 100 (urutannya tepat)
Salah satu                = 75
Salah dua                 = 50
Salah tiga                 = 25




Mengetahui
Kepala MI,



( Abdul Aziz,S.Ag )
NIP.19690604 199803 1002

Tirto,  Juli 2015
Guru Kelas



( Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I )
NIP.19780419 200710 2 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    :    MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester        :    I (Satu) / 1
Mata Pelajaran            :    Fiqih
Pelajaran 2                   :    Allah Tuhanku Muhammad Nabiku
Alokasi Waktu             :    2x3 Jam Pelajaran


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI- 1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI- 3     Memahami  pengetahuan  faktual dengan  cara   mengamati    (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI- 4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar (KD)
1.2     Meyakini kebenaran kalimat syahadatain.
2.2     Mengamalkan ketentuan syahadatain.
3.2     Memahami syahadatain.
4.2     Menyajikan arti kalimat syahadatain.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.2.1    Menyadari kalimat syahadatain datang dari Allah Swt dan Rasul-Nya.
1.2.2    Menghafal syahadatain dengan benar.
2.2.1    Menghafal syahadat tauhid beserta artinya dengan baik.
2.2.2    Menghafal syahadat rasul beserta artinya dengan baik.
3.2.1    Mengetahui manfaat membaca kalimat syahadatain.
4.2.1    Menghayati  hikmah bacaan kalimat syahadatain.

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Menghafal dua kalimat syahadat beserta artinya dengan baik dan benar dan mengetahui manfaat serta hikmah membaca dua kalimat syahadatain.

E.    Materi Pokok
§  Syahadatain

F.    Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
a.   Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
b.  Guru  memeriksa kehadiran, posisi dan  tempat  duduk  peserta didik  yang menunjang kegiatan pembelajaran.
c.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.  Guru menanyakan sekilas tentang pelajaran sebelumnya.
e.  Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
f.    Guru dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

2.  Kegiatan Inti
a.      Guru meminta peserta didik mengamati gambar orang yang sedang menyembah berhala.
b.      Peserta didik diminta  satu persatu memberikan pendapat  tentang  kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut.
c.      Guru memberikan penguatan dan tambahan penjelasan tentang pengertian dua kalimat syahadat dari setiap pendapat peserta didik yang berhubungan dengan gambar.
d.      Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Allah Satu”.
e.      Guru menuntun peserta didik untuk menghafal kalimat syahadat tauhid beserta artinya secara bersama-sama.
f.       Guru meminta peserta didik mengulang lafal syahadat tauhid secara berkelompok kemudian dilanjutkan secara individu.
g.      Guru kembali menuntun peserta didik untuk menghafal kalimat syahadat rasul beserta artinya secara bersama-sama.
h.      Guru meminta peserta didik mengulang lafal syahadat rasul secara berkelom- pok kemudian dilanjutkan secara individu
i.        Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar orang tasyahud akhir
j.        Peserta didik diajak tanya jawab tentang gambar tersebut
k.      Guru menguatkan pendapat peserta didik dengan manfaat membaca dua kali- mat syahadat
l.        Peserta didik secara individu diminta untuk menghafal sau persatu di depan kelas.
m.     Pada kolom “Insya Allah aku bisa”  peserta didik diminta untuk melafalkan kalimat syahadat tauhid dan syahadat rasul beserta artinya secara bersama- sama.
n.      Pada kolom “Hati-hati” peserta didik diminta untuk menguatkan keyakinan bahwa penyembahan seorang muslim hanyalah kepada Allah Swt.
o.      Pada kolom “Tugasku” peserta didik ditugaskan untuk menebalkan tulisan arab lafal syahadatain.

3.  Penutup
a.  Peserta didik membuat kesimpulan tentang pentingnya syahadatain dan rela melaksanakannya.
b.  Guru meminta peserta didik mempraktikkan dua kalimat syahadatain dalam kegiatan salat di rumah masing-masing.
c.  Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

G.   Penilaian
1.    Pada kolom “Ayo Menjawab” peserta didik diminta untuk mengerjakan 2 buah soal.
a.  Kunci Jawaban
1)  Allah
2)  Nabi Muhammad

b.  Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai       = 50
Benar dan lengkap                 = 100
Benar dengan 1 jawaban      = 50
Tidak menjawab/salah           = 0

2.    Pada kolom “ayo berlatih” peserta didik diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan
a.  Kunci Jawaban
1)  Satu
2)  Tauhid
3)  Persaksian/Pengakuan
4)  Rasul
5)  Syahadatain

b.  Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai       = 20
Benar dan lengkap                 = 100
Benar dengan 1 jawaban      = 20
Benar dengan 2 jawaban      = 40
Benar dengan 3 jawaban      = 60
Benar dengan 4 jawaban      = 80
Tidak menjawab/salah           = 0

H.   Pengayaan
Peserta didik yang sudah hafal syahadatain diminta untuk membantu teman yang belum lancar melafalkannya.

I.   Remedial
Peserta didik yang masih belum lancar menghafal bunyi kalimat syahadatain ditugaskan untuk belajar pada teman yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal.

J.   Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta laporan secara tertulis tentang keaktifan dan kelancaran siswa dalam menghafal dan melaksanakan syahadat (contoh waktu pengecekan saat pelaksanaan tasyahud akhir dalam salat).




Mengetahui
Kepala MI,



( Abdul Aziz,S.Ag )
NIP.19690604 199803 1002

Tirto,  Juli 2015
Guru Kelas



( Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I )
NIP.19780419 200710 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar