STANDAR ISI MUATAN LOKAL BAHASA JAWA KELAS 2 SD/MI
KURIKULUM 2013
Kelas II semester I
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menerima dan bangga akan anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
Bahasa
Jawa sebagai bahasa Ibu
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab, santun dan percaya diri dalam mengungkapkan keinginan dan
pendapat menggunakan bahasa Jawa.
Menunjukkan perilaku
berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan
ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah-ungguh
basa).
Menunjukkan perilaku,
tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan
kepribadian Jawa.
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di
sekolah.
|
Mengenal tokoh Pandawa dan Punakawan
Memahami
teks pendek nonsastra tentang kegiatan sehari-hari
Mengenal nama instrumen gamelan
Memahami tembang dolanan bertema disiplin
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak
beriman dan berakhlak mulia
|
Mendeskripsikan tokoh
Pandawa secara lisan dengan ragam ngoko
Menceritakan kegiatan
sehari-hari secara lisan dengan ragam ngoko
Mendeskripsikan nama gamelan secara lisan
dan tertulis
Menceritakan
isi tembang dolanan bertema disiplin, secara lisan atau tulis
|
Kelas II semester II
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menerima dan bangga akan anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
Bahasa
Jawa sebagai bahasa Ibu
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab, santun dan percaya diri dalam mengungkapkan keinginan dan
pendapat menggunakan bahasa Jawa.
Menunjukkan perilaku
berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam
bahasa (unggah-ungguh basa).
Menunjukkan perilaku, tindakan, dan
perbuatan yang mencerminkan kepribadian
Jawa.
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di
sekolah.
|
Memahami tembang dolanan bertema kejujuran.
Mengenal cerita 5 (lima) tokoh wayang Pandawa.
Memahami dongeng (fabel) bertema tolong
menolong ragam ngoko.
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak
beriman dan berakhlak mulia
|
Menceritakan kembali isi tembang dolanan
bertema kerja sama dalam ragam
ngoko.
Menceritakan kembali cerita tokoh Pandawa
menggunakan ragam ngoko.
Menceritakan kembali isi dongeng (fabel)
bertema tolong menolong ragam ngoko.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar