(RPP)
Madrasah :
… (sesuai Madrasah
masing-masing)
Tema : Indahnya
Kebersamaan (sesuai Tema lihat silabus)
Sub Tema : Keberagaman Budaya
Bangsaku (sesuai sub tema
lihat silabus)
Kelas/Semester : IV/1 (sesuai kelas misal 1 dan 4)
Alokasi Waktu : 26 JP x 35 menit (per sub tema atau per pembelajaran)
Pembelajaran ke : 1
A.
Kompetensi Inti
(Tulis keempat KI yang sesuai mapel PPKn).
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
(Rumuskan indikator pencapaian kompetensi
untuk setiap KD).
(ambil dari hasil pemetaan sub tema tiap
pembelajaran)
Misal ada mapel PPKn
KD
|
Indikator
|
1.2 Menghargai
kewajiban dan hak
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama |
Tulis indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
1.2.1
tindakan yang
menghargai perbedaan dalam beribadah,
1.2.2
menghormati teman yang
berbeda agama
1.2.3
……
|
2.2 Menunjukkan
sikap disiplin dalam
memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air |
Tulis indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
2.2.1
mengikuti peraturan yang ada di sekolah,
2.2.2
hadir di sekolah tepat waktu,
2.2.3
melaksanakan piket kebersihan kelas,
|
3.2
Mengidentifikasi
pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
3.2.1
Menjelaskan
pengertian Kewajiban
3.2.2
Menyebutkan Contoh
kewajiban
3.2.3
Menjelaskann
pengnertian hak
3.2.4
Menyebutkan contoh
hak
3.2.5
Membedakan hak dan
kewajiban
|
4.2
Menyajikan
hasil identifikasi
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
4.2.1
Melaporkan
hasil identifikasi ... secara lesan
4.2.2
M
|
IPS
KD
|
Indikator
|
3.3
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta
hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
3.3.1
Menyebutkan
keragaman social dilingkungan sekitar
3.3.2
Mengidentifikasi
keberagaman sosial
yang ada di sekitar.
3.3.3
Mengidentifikasi
keberagaman budaya yang ada di sekitar.
3.3.4
Mengidentifikasi
keberagaman etnis yang ada di sekitar.
3.3.5
Mengidentifikasi
keberagaman agama yang ada di sekitar.
3.3.6
menyebutkan
keragaman budaya, dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa
Indonesia dengan lengkap
3.3.7
menyebutkan
keragaman etnis, dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
dengan lengkap
3.3.8
menyebutkan
keragaman agama, dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
dengan lengkap
|
4.3
Menyajikan
hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
4.3.1
Melaporkan hasil identifikasi keberagaman sosial yang ada di sekitar.
4.3.2
Melaporkan hasil identifikasi keberagaman
budaya yang ada di sekitar.
4.3.3
Melaporkan hasil identifikasi keberagaman etnis yang ada di sekitar.
4.3.4
Melaporkan
hasil identifikasi
keberagaman agama yang ada di sekitar
|
Bahasa Indonesia
3.1
Mencermati gagasan pokok
dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
|
3.1.1
menuliskan
gagasan pokok tentang keragaman budaya
3.1.2
menuliskan
gagasan pendukung tentang keragaman budaya
|
4.1
Menata informasi
yang
didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulisan.
|
4.1.1
mengomunikasikan
keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai dentitas bangsa Indonesia
secara lisan dan tulisan dengan sistematis |
IPA
3.6
Menerapkan sifat-sifat
bunyi
dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
|
3.6.1
Menyebutkan sifat-sifat bunyi
3.6.2
menjelaskan
cara menghasilkan bunyi
dari
beragam benda di sekitar dengan lengkap
|
4.6
Menyajikan
laporan hasil percobaan tentang sifatsifat bunyi.
|
4.6.1
menyajikan
laporan hasil
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis |
C. Tujuan Pembelajaran
dirumuskan berdasarkan KD, dengan
menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup
sikap, pengetahuan, dan keterampilan
1. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, peserta didik mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari
teks tersebut dengan mandiri.
2. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, peserta didik mampu menyajikan
gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraph dari teks tersebut
dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah wawancara sederhana, peserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya,
etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
dengan lengkap.
4. Setelah diskusi, peserta didik mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis,
dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan
tulisan dengan sistematis.
5. Setelah eksplorasi, peserta didik mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari
beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6. Setelah eksplorasi dan diskusi, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan
sistematis.
D. Materi Pembelajaran
memuat fakta,
konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi
(Tulis
tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang
dicakup untuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial).
1.
Materi pembelajaran reguler
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks
dan/atau butir-butir materi sebagaimana
dicakup oleh KD).
IPS
§
keberagaman sosial yang ada di sekitar.
§
keberagaman budaya yang ada di sekitar.
§
keberagaman etnis yang ada di sekitar.
§
keberagaman agama yang ada di sekitar.
§
Indonesia
terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu
wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keragaman tersebut merupakan
anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
Bahasa Indonesia
§
Teks
tentang keragaman budaya
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini
selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak
pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke
alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti.
Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku.
Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan
hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri
dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka
diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang,
namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan
menarik.
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan
dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk
seperti dua keeping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika
kedua keping ini dipadukan.
Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita
Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki
menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja
membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa
suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula
bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk
dipelajari.
dipelajari.
Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal
baru yang mereka
perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu
menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.
perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu
menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.
§
Setiap
bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraph memiliki
gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide
utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok
paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan
pokok.
. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan
gagasan pokok setiap paragraf.
1. Bacalah paragraf dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir!
- Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan
penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok?
Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok
paragraf ditemukan.
- Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf dapat terletak
di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf
gagasan pokok setiap paragraf.
1. Bacalah paragraf dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir!
- Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan
penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok?
Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok
paragraf ditemukan.
- Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf dapat terletak
di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf
IPA
§ sifat-sifat bunyi
§ cara menghasilkan
bunyi dari beragam benda di
sekitar
§ Segala macam bentuk bunyi
berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda
akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar.
Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Bunyi dapat merambat
melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.
2.
Materi pembelajaran pengayaan
… (Tulis sejumlah butir materi
(kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi
pembelajaran reguler).
§ Apabila memiliki waktu, peserta
didik dapat memainkan ansambel bunyi mereka
kepada kelas lain
kepada kelas lain
3.
Materi pembelajaran remedial
… (Tulis sejumlah butir materi reguler
yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik).
§ Peserta didik yang belum
terampil dalam menemukan gagasan utama dan
gagasan pokok dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai
latihan tambahan. Peserta didik dapat dibantu oleh peserta didik lain yang telah sangat
terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.
gagasan pokok dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai
latihan tambahan. Peserta didik dapat dibantu oleh peserta didik lain yang telah sangat
terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.
E. Metode
digunakan oleh
pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD
yang akan dicapai
·
penugasan
·
wawancara
·
diskusi
·
praktek
·
Tanya jawab
F. Media
berupa alat
bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran
a. Media/alat
Tulis
spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart,
gambar, realia, dsb.). CONTOH cara
menuliskan:
a.
Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan
tanggal pengunduhan)
Keanekaragaman Budaya Indonesia, 2016, Sunarto
Sunarto, 2016, Keanekaragaman
Budaya Indonesia, https://www.....
b.
Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal
pengunduhan)
c.
Model: Nama model yang dimaksud
d.
Gambar: Judul gambar yang dimaksud
Gambar Macam-macam tari
daerah, pakaian daerah, makanan khas daerah
e.
Realia: Nama benda yang dimaksud
peluit (ditiup) , dua
tutup panci (dipukul), sendok dan botol kaca (dipukul), kantong plastik
(diremas), botol plastik diisi benda-benda kecil (digoyang),
b. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang
diperlukan.
G.
Sumber Belajar
dapat berupa buku, media cetak dan elektronik,
alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan
Tulis
spesifikasi semua sumber belajar (buku peserta didik, buku referensi, majalah,
koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH cara menuliskan:
a.
Buku peserta didik: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota
penerbitan: Penerbit (halaman)
Anggari, Angi
St. dkk, 2016, Indahnya
Kebersamaan Edisi Revisi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI
kelas IV, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman
1 - 16)
b.
Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota
penerbitan: Penerbit (halaman).
Anggari, Angi St. dkk, 2016, Indahnya Kebersamaan Edisi Revisi Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI kelas IV, Jakarta, Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman 1 - 18)
……..
c.
Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah,
Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
d.
Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
e.
Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan
tanggal pengunduhan)
f.
Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
g.
Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian
dan/atau profesinya
Peserta didik di
sekolah sebagai narasumber kegiatan wawancara
h.
Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
H. Kegiatan Pembelajaran
(Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap
pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP
ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi
dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat
terpisah. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan
kegiatan peserta didik YANG DAPAT
dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat
terpisah. Tulis juga jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup).
1.
Pertemuan
Pertama: 4 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru wajib:
1.
menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2.
memberi motivasi belajar peserta didik
secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan
sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan
internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta
didik;
3.
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
4.
menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
5.
menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
1.
Mengucapkan salam
2.
Mengkonfirmasi kehadiran peserta
didik
3.
Membangun apersepsi, dengan melakukan
kegiatan :
-
Guru
menempelkan gambar seorang anak yang memakai baju tradisional (….). Di belakang
anak ada rumah tradisional …..
-
Guru
mengajak peserta didik untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan
makanannya.
4.
Guru
menyampaikan kepada peserta didik bahwa hari ini mereka akan belajar
banyak tentang budaya Indonesia.
banyak tentang budaya Indonesia.
b.
Kegiatan Inti (110 menit)
Kegiatan inti menggunakan model
pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang
disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan
pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau
inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang
menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning)
disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
1. Sikap
Sesuai
dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih adalah
proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, hingga
mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi
yang mendorong peserta didik untuk melakuan aktivitas tersebut.
2. Pengetahuan
Pengetahuan
dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis,
mengevaluasi, hingga mencipta. Karakteritik aktivititas belajar dalam domain pengetahuan
ini memiliki perbedaan dan kesamaan dengan aktivitas belajar dalam domain
keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan
tematik sangat disarankan untuk menerapkan belajar berbasis
penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong
peserta didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual
maupun kelompok, disarankan yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah
(project based learning).
3. Keterampilan
Keterampilan diperoleh melalui
kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh
isi materi (topik dan sub topik) mata pelajaran yang diturunkan dari
keterampilan harus mendorong peserta didik untuk melakukan proses pengamatan
hingga penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melakukan
pembelajaran yang menerapkan modus belajar berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry
learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan
masalah (project based learning).
1.
Peserta
didik mengamati tayangan video tentang budaya Indonesia, (mengamati)
2.
Peserta
didik diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia.
3.
Guru
mengajukan pertanyaan pembuka,
“siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa,
Suku Minang, dll” (menanya)
4.
Peserta
didik diminta secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang
asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. (mengumpulkan informasi)
5.
Hasil
diskusi peserta didik dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama. (mengkomunikasi)
6. Peserta didik kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil
yang terdiri dari 3-4 peserta didik dalam setiap kelompok.
7. Peserta didik bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara
berurutan. Setiap peserta didik kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan
nomor urut yang sama.
8. Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa mereka akan
mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks
bacaan yang akan dipelajari.
9. Peserta didik kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman
budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati halaman (…) (mengamati)
10.
Saat
peserta didik membaca teks, guru berkeliling kelas untuk memastikan seluruh
siswa melakukan kegiatan yang dimaksud dengan tertib.
11.
Peserta
didik kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf.
12.
Peserta
didik dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi
dari paragraf satu. (mengasosiasi)
13.
Setiap
kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok
yang lain. (mengkomunikasi)
14.
Peserta
didik dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan.
15.
Setiap
peserta didik diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk
perbaikan dari hasil diskusi mereka.(mengumpulakan informasi)
16.
Setelah
semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan
penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan
gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu
paragraf.
17.
Peserta
didik masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung paragraf kedua. (mengasosiasi)
18.
Setiap
kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan peserta
didik dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan
jawaban yang tepat.
19.
Peserta
didik kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman
suku dari teman-teman di kelas.
20.
Setiap
peserta didik diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai\ paling
sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang
daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut.
21.
Peserta
didik menuliskan informasi pada tabel yang tersedia. Motivasi peserta didik
untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari teman-teman di kelas.
22.
Usai
kegiatan wawancara, peserta didik kembali ke tempat duduk masing-masing untuk
mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.
23.
Guru
mengajukan pertanyaan terbuka:
-
“Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang
berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?”
berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?”
-
“Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang
berasal
dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!”
dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!”
24.
Beberapa
peserta didik diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
25.
Peserta
didik kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman
masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan
yang berbeda.
26.
Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman
budaya, suku, dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas
bangsa Indonesia.
27.
Peserta
didik menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai
yang terdapat di buku secara mandiri.
28.
Peserta
didik akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai
dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di
sebelahnya.
29.
Peserta
didik dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.
30.
Guru
menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
31.
Guru
mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
-
“Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan
bunyi?”
32.
Beberapa
peserta didik diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
33.
Minta
satu/beberapa peserta didik untuk menjelaskan tentang cara alat music tersebut dibunyikan.
(dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dan sebagainya.)
34.
Peserta
didik membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada di buku,
kemudian mengisi tabel yang tersedia.
35.
Peserta
didik kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang
dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
36.
Setiap
peserta didik diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan sekitarnya. (Ingatkan
peserta didik untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan
cara yang berbeda).
37.
Peserta
didik diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
38.
Peserta
didik mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi.
39.
Peserta
didik menjawab pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi.
40.
Peserta
didik dibagi dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 peserta didik.
41.
Peserta
didik dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik
yang disukai.
42.
Setiap
kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
43. Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi
mereka secara bergantian.
44. Peserta didik kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku
berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Dalam kegiatan
penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok
melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
1.
seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
2.
memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
3.
melakukan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
4.
menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
1.
Peserta didik menyimpulkan kegiatan belajar.
2.
Peserta
didik melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku peserta didik.
dalam buku peserta didik.
3.
Guru
dapat menambahkan pertanyaan refleksi.
4.
Guru
member tugas secara individu tentang menemukan gagasan utama dan gagasan
pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku
dan menuliskannya pada diagram yang tersedia
5.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya tentang
berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan dasar-dasar gerak tari daerah
2.
Pertemuan Kedua: JP
3.
dst
I. Penilaian
1.
Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1). Observasi (jurnal)
2). Penilaian diri
Penilain penunjang : Penilaian diri instrument
penilaian terlampir
3). Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1). Tes tertulis
2). Tes lisan
3). Penugasan
Penugasan diskusi berkelompok (format lembar hasil
diskusi dan instrument penilaian terlampir)
c. Keterampilan
1). Praktek
Praktek macam-macam bunyi (instrument penilaian
terlampir)
2). Proyek
3)
Produk
4). Portofolio
* Catatan:
Teknik penilaian dipilih satu atau lebih sesuai dengan tuntutan KD.
2. Instrumen
penilaian
a.
Pertemuan Pertama (sampel butir soal terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (sampel butir soal terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga (sampel butir soal terlampir)
d.
Dst.
3.
Pembelajaran Remedial
Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
4.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik
yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan
untuk perluasan dan/atau pendalaman
materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan
tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai
nara sumber.
Lampiran Penilaian
1. Penilaian sikap
Penilaian Diri (penilaian Penunjang )
2. Penilaian Diskusi
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
||
mendengarkan
|
Komunikasi non verba;
|
Partisipasi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara
|
Mendengarkan teman yang
sedang berbicara, namun seskali masih perlu ditingkatkan
|
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
|
Sering diingatkan untuk
mendengarakan teman yang sedang berbicara, naumn tidak mengindahkan
|
Komunikasi non
verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan
tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon
kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara
selama proses diksusi berlangsung. |
Penilaian (penskoran) :
3. Penilaian Bahasa Indonesia
Format : Lembar gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraph
Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
|||
Gagasan pokok.
|
Gagasan
pendukung |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan\ pendukukung
dalam peta pikiran.
|
Sikap: Mandiri
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Gagasan pokok
|
Menemukan
gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar |
Menemukan
sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar |
Menemukan
sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Belum dapat
menemukan gagsan pokok. |
Gagasan
pendukung. |
Menemukan
gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar |
Menemukan
sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar |
Menemukan
sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Belum dapat
menemukan gagasan pendukung. |
Penyajian
gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran |
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi. |
Menyajikan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan
sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat |
Belum dapat
menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran |
Sikap: Mandiri
|
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat
menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (penskoran) :
4. Penilaian IPS
Format lembar diskusi keragaman budaya
Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
|||
Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama
|
Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan
agama
|
Sikap kerjasama
|
Santun dan saling menghargai
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Informasi tentang
keragaman budaya, etnis, dan agama |
Menuliskan
informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap |
Menuliskan
sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap |
Menuliskan
sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap |
Belum dapat
menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara |
Komunikasi
lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. |
Mengomunikasikan
secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis. |
Mengomunikasikan
secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis |
Mengomunikasikan
secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis. |
Belum dapat
mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara |
Sikap kerjasama
|
Menunjukkan
sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten. |
Menunjukkan
sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten. |
Menunjukkan
sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman. |
Perlu dimotivasi
untuk dapat bekerjasama. |
Santun
dan saling menghargai. |
Menunjukkan
sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten. |
Menunjukkan
sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun belum konsisten |
Menunjukkan
sikap santun dan saling menghargai hanya dengan beberapa teman |
Perlu dimotivasi
untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman. |
Penilaian (penskoran) :
5. Penilaian IPA
a.
Pengetahuan
b.
Ketrampilan
Unjuk Kerja
Format Lembar Bunyi Benda-benda sekitar
1.
Menurutmu,
bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?
2.
Bagaimana
cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan?
3.
Apakah
bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?
4.
Apa
yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian
mainkan menghasilkan bunyi?
5.
Bagaimana
caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu
menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
||
Cara menghasilkan bunyi.
|
Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
|
Sikap rasa ingin tahu.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Cara
menghasilkan bunyi. |
Menjelaskan cara
menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap. |
Menjelaskan cara
menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap. |
Menjelaskan cara
menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap. |
Belum dapat
menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi. |
Laporan
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis. |
Belum dapat
menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi. |
Sikap rasa ingin
tahu. |
Tampak antusias
dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan |
Tampak cukup
antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan |
Tampak kurang
antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak
antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar