Senin, 16 Oktober 2017

Silabus Kelas IV K 13 Revisi 2016

Silabus Kelas IV

Tema 1             : Indahnya Kebersamaan

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4. Menerima berbagai bentuk persatuan dan kesatuan  suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4. Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan dan kesatuan
3.4. Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4. Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  dalam  masyarakat


Keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia
·        Bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
·     Sikap toleransi antar teman berbeda agama
·     Sikap kerjasama antar teman berbeda agama
·     Bentuk kerjasama dalam keberagaman
·     Bentuk-bentuk Keberagaman
·     Bentuk-bentuk kerja sama dalam permainan
Persatuan dan kesatuan bangsa
·     Makna     persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
·     Pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
·     Contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan


Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku (32 jam pelajaran)
·        Mengamati gambar dan mengidentifikasi keragaman budaya Indonesia
·        Berbagi cerita dengan teman tentang pengalaman saling menghargai di lingkungan masyarakat sekitar
·        Berdiskusi tentang keragaman budaya, etnis dan agama dalam kelompok-kelompok kecil dan mengkomunikasikan hasilnya di kelas
·        Membaca teks tentang keberagaman suku bangsa, sosial, budaya, etnis dan agama
·        Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
·        Mendiskusikan penyusunan kerangka penulisan berdasarkan gagasan pokok dan pendukung
·        Menemukan ciri-ciri segibanyak dalam permainan bentengan dan gobak sodor
·        Membedakan segibanyak beraturan dan tidak beraturan dari berbagai bentuk motif seni tradisional di lingkungan sekitar
·        Menggambar berbagai bentuk segi banyak beraturan dan tidak beraturan
·        Menggambar bentuk rumah adat dikaitkan dengan segi banyak beraturan
·        Melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dan perambatan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya
·        Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi dari berbagai alat musik dan perambatan bunyi
·        Menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb) serta berbagai alat yang menunjukkan  perambatan bunyi
·        Membaca teks/gambar/ tayangan tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia
·        Menyajikan informasi tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia dalam bentuk gambar
·        Menari tarian daerah yang merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap keberagaman budaya daerah
·        Melakukan permainan tradisional benteng-bentengan atau gobak sodor atau permainan tradisional lainnya dikaitkan dengan segi banyak pada gambar/ lapangan permainannya
·        Mempraktikkan prosedur gerak dasar jalan, lari, lompat dalam permainan benteng-bentengan dan gobak sodor atau permainan tradisional lainnya

Subtema 2: Kebersamaan dalam Keberagaman (32 jam pelajaran)
·        Menyimak teks/gambar/ paparan/video tentang sikap toleransi dan kerjasama dalam keragaman suku, budaya, dan agama
·        Menceritakan atau menuliskan pengalaman peserta didik tentang sikap toleransi yang pernah dialaminya
·        Melakukan diskusi kelompok tentang pentingnya kerjasama dalam keberagaman
·        Membaca teks tentang toleransi dan kerjasama
·        Membuat ringkasan dan peta pikiran dari teks tertulis terkait sikap toleransi dan kerjasama dalam bentuk tulisan.
·        Menentukan banyak dan besar sudut pada beragam bangun datar (segi tiga, segi  empat dan segi banyak)
·        Mengidentifikasi teknik mengukur dan mempraktikkan cara mengukur sudut dengan satuan baku busur derajat
·        Mengukur besar sudut pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·        Melakukan penaksiran dan membandingkan hasil penaksiran dan pengukuran sudut yang terdapat pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·        Melakukan percobaan sederhana untuk membukti­kan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga dan perambatan bunyi dalam medium berbeda (benda padat, cair, dan gas), pemantulan dan penyerapan bunyi, tinggi-rendah bunyi, dan keras-lemah bunyi
·        Menyimpulkan sifat-sifat bunyi dari beragam sumber bunyi secara tertulis
·        Melakukan tanya jawab dengan tokoh masyarakat yang didatangkan ke kelas tentang budaya masyarakat setempat
·        Membuat tulisan tentang keragaman budaya masyarakat setempat
·        Mengamati tari kreasi daerah melalui demonstrasi oleh guru atau video
·        Melakukan gerak dasar tari kreasi daerah
·        Mengamati variasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat melalui permainan daerah misalnya kasti/ lompat karet atau permainan daerah lainnya
·        Melakukan permainan daerah misalnya kasti/lompat karet atau permainan daerah lainnya

Subtema 3: Bersyukur atas Keberagaman (32 jam pelajaran)
·        Melakukan pendataan teman yang ada di kelas, misalnya suku bangsa, agama, dan kebiasaan.
·        Mendiskusikan tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·        Menuliskan hasil diskusi tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·        Membaca teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·        Menceritakan kembali teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·        Membuat kliping tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·        Mengamati dan menggambar berbagai bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
·        Mengklasifikasikan berbagai bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
·        Melakukan pengukuran berbagai bentuk bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan menggunakan busur derajat
·        Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang bagaimana indera pendengaran manusia bekerja dan bagaimana manusia yang tidak memiliki indera pendengaran dapat berkomunikasi
·        Mengamati dan memperagakan tari kreasi daerah dengan penuh penjiwaan
·        Memperagakan hasil belajar tentang variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif  dalam permainan sepak bola bola mini dan atau tradisional  yang dilandasi nilai-nilai tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama
Bahasa Indonesia
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulis
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan

Gagasan pokok dan gagasan pendukung
·        Teks tulis
·         Peta pikiran
·         Teks bacaan
·         Kerangka tulisan

Matematika
3.8. Menganalisis segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8. Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.12  Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat

·     Segi banyak di sekitar
·     Pengukuran sudut dengan busur derajat


Ilmu Pengetahuan Alam
3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
4.6. Menyajikan laporan hasil  pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi


Bunyi
·      Sifat-sifat bunyi
·      Syarat terjadinya bunyi
·      Sumber bunyi
·      Cara menghasilkan bunyi
·      Telinga sebagai indera pendengar dan cara merawat-nya

Ilmu Pengetahuan Sosial
3.2. Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2. Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia


Keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
·      Di lingkungan sekitar
·      Di Provinsi setempat
·      Di Indonesia

Seni Budaya dan Prakarya
3.3. Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3. Meragakan gerak tari kreasi daerah


Gerak tari kreasi daerah

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*



Variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif :
·     Permainan sepakbola ( menendang dan menghentikan bola)
·     Permainan bolavoli (passing bawah)
·     Permainan tradisional


Tema 2             : Selalu Berhemat Energi

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2. Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Menunjukkan sikap memenuhi  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2. Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2. Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


·       Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari






Subtema 1: Sumber Energi (32 jam pelajaran )
·      Mengamati gambar dan mendiskusikan tentang hak dan kewajiban penggunaan sumber energi (misalnya air dan listrik)
·      Menuliskan hak dan kewajiban individu terkait penggunaan energi (misalnya air dan listrik)
·      Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
·      Mengamati teks visual/gambar tentang sumber energi, mendiskusikan, dan menjelaskan isi teks

·      Menuliskan kembali teks visual/gambar tentang sumber energi menggunakan bahasa sendiri
·      Membaca dan mempraktikkan teks prosedur tentang membuat kincir angin sederhana sebagai sumber energi
·      Mengamati konsumsi air minum dalam botol yang dibawa teman-teman dalam satu kelas
·      Melakukan penaksiran jumlah dan selisih dengan benar, melalui konsumsi air minum
·      Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan cacah, perkalian dan pembagian (menaksir harga peralatan yang terkait dengan harga air minum dalam kemasan)
·      Mengamati tumbuhan dan cuaca, melihat keterkaitan antara tumbuhan dan sinar matahari sebagai sumber energi  (manfaat matahari dalam kehidupan)
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang  perubahan bentuk  energi matahari  dalam kehidupan dengan sistematis
·      Menuliskan manfaat sinar matahari bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran dalam bentuk tulisan maupun gambar 
·      Melakukan percobaan tentang perubahan bentuk energi angin  dalam kehidupan sehari-hari : Membuat kincir angin dan kincir air sederhana berdasarkan teks prosedur
·      Mengamati gambar, membaca teks, dan mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan untuk mengelola sumber daya alam
·      Diskusi tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah sekitar
·      Membaca teks kemudian menyanyikan lagu “Menanam jagung” sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru
·      Menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat, seperti yang dicontohkan guru
·      Mengamati cara melambungkan dan menangkap bola dengan teknik yang benar (demonstrasi oleh guru).
·      Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar (bola zig-zag)

Subtema 2: Manfaat  Energi (32 jam pelajaran)
·     Membaca teks dan berdiskusi tentang penggunaan  sumber daya alam yang terbatas (misalnya penggunaan kertas)
·     Berdiskusi tentang hak dan kewajiban terkait pemafaatan energi
·     Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar
·     Membuat poster tentang penggunaan energi yang benar sebagai hak dan kewajiban sebagai individu
·     Melakukan kampanye tentang hemat energi di lingkungan sekolah menggunakan poster
·     Mendiskusikan tentang pemanfaatan limbah
·     Mengamati gambar dan membaca teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·     Mempraktikkan teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·     Bereksplorasi mencari pecahan-pecahan senilai. dengan menggunakan kertas bekas
·     Membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai
·     Bereksplorasi dengan garis bilangan yang menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan gambar
·     Membandingkan nilai dua pecahan dengan benar
·     Menjelaskan prosedur penaksiran dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan bilangan cacah
·     Membaca teks tentang sumber energi dan perubahan bentuk energi  dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasi  penggunaan beragam benda elektronik di rumah  (daya yang dibutuhkan dan waktu yang penggunaannya)
·     Menyajikan dalam bentuk tabel penggunaan benda elektronik di rumah
·     Membaca teks/gambar/ paparan mengenai sumber daya  alam yang digunakan sebagai sumber energi (misalnya: batu bara, minyak bumi, dan gas alam)  
·     Mencari informasi untuk membuat peta sumber energi (batu bara, minyak bumi, dan gas alam) di Indonesia dengan menggunakan simbol-simbol
·     Menyanyikan lagu “Menanam Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan
·     Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada
·     Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar : bola zig-zag

Sub Tema 3: Energi Alternatif (32 jam pelajaran)
·      Membaca teks tentang ayo hemat energi
·      Melakukan pengamatan di lingkungan sekitar tentang perilaku hemat energi
·      Mendiskusikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar terkait hemat energi
·      Membaca teks/gambar/ paparan tentang ketersediaan sumber energi dari alam yang terbatas
·      Membaca teks/gambar/ paparan tentang energi alternatif
·      Membuat ringkasan tentang hubungan ketersediaan sumber energi alam dan energi alternatif
·      Membuat teks petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan
·      Bereskplorasi mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar
·      Bereksplorasi menyatakan pecahan campuran ke dalam pecahan biasa atau sebaliknya dengan benar
·      Bereksplorasi mengidentifikasi bentuk pecahan desimal dan menganalisis hubungan pecahan desimal dan pecahan biasa
·      Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan cacah, pecahan dalam bentuk soal cerita
·      Membaca teks informasi dan melakukan percobaan tentang sumber energi alternatif dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik bertegangan rendah 
·      Mengidentifikasi manfaat kentang sebagai sumber energy alternative  dengan tepat
·      Menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran  hasil pengamatan tentang  perubahan bentuk   energi  alternatif dalam kehidupan  sehari-hari

·      Menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
·      Membaca teks, mengamati gambar, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan menuliskan sumber daya alam dan manfaatnya sebagai pangan lokal dan energi alternatif
·      Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada
·      Menyanyikan syair lagu Kring Kring Ada Sepeda secara berpasangan dengan tempo dan tinggi rendah nada seperti contoh yang diberikan guru
·      Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar : bermain bola zig-zag

Bahasa Indonesia
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
4.4. Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif  





•  Gagasan pokok dan gagasan pendukung
•   Teks Informasi (visual/ gambar)
•   Teks petunjuk
Penggunaan alat


Matematika
3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai  dengan gambar  dan model konkret
4.1. Mengidentifikasi  pecahan-pecahan senilai  dengan gambar  dan model konkret
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya

4.2. Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
3.3. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3. Menyelesaikan masalah  penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan




•  Pecahan senilai
•  Perbandingan pecahan
•  Taksiran hasil penghitungan (tambah, kurang, kali, bagi)













• Pecahan senilai
• Pecahan desimal

• Pecahan campuran
• Desimal
• Persen


Ilmu Pengetahuan Alam
3.5. Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi



•   Sumber Energi dan Perubahan Bentuk Energi
•   Macam-macam sumber energi (matahari)
•   Berbagai perubahan bentuk energi (angin)
•   Macam-macam sumber energi alternatif.
•   Berbagai perubahan bentuk energi.

•   Sumber Energi dan Perubahan Bentuk Energi
•   manfaat energi alternatif





Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1. Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi







•   Letak dan luas kabupaten/ kota  dan provinsi dalam peta
•   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam




Seni Budaya dan Prakarya
3.2. Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2. Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada


• Tanda tempo
• Tinggi rendah nada




Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*





Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif permainan bolabasket:
• Melempar Bola
• Menangkap Bola
• Menendang bola
• Menghentikan bola

Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif permainan sepakbola:
• Menendang bola
• Menghentikan bola
• Melambungkan Bola
• Melempar Bola
• Menangkap Bola







Tema 3             : Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2  Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2  Menunjukkan sikap memenuhi  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2  Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


·     Hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan
·     Hak dan kewajiban ketika terhadap hewan di sekitar
·     Hak dan kewajiban dalam pelestarian sumberdaya alam
·     Hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan




Subtema 1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (32 jam pelajaran)
·       Mengamati teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·       Berdiskusi dan tanya jawab tentang hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·       Melakukan refleksi dan mendiskusikan hak dan kewajiban tentang kegiatan menanam dan merawat tumbuhan
·       Membaca dan mencermati keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara
·       Menyusun daftar pertanyaan tentang hak dan kewajiban untuk memelihara hewan dan tumbuhan
·       Melakukan simulasi wawancara kepada masyarakat sekitar sesuai pertanyaan yang telah disusun
·       Melakukan penaksiran bilangan desimal, pecahan (menggunakan media tumbuhan atau hewan yang ada disekitar)
·       Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait desimal, pecahan
·       Mengamati dan mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada di sekitar)
·       Menanam satu jenis tanaman dan merawatnya
·       Membuat jadwal merawat tanaman
·       Membuat tabel pengamatan untuk mencatat pertumbuhan tanaman yang dirawatnya. (dibutuhkan waktu untuk dapat mengisi dan melaporkannya)
·       Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia (pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
·       Menggali informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
·       Berkreasi membuat kolase  dari bahan alam tentang hewan atau tumbuhan di sekitarnya.
·       Menuliskan apresiasi dan saran  atas hasil karya temannya
·       Mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan bola zig-zag

Subtema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku (32 jam pelajaran)
·      Mengamati gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia yang dilindungi dan langka (Misalnya. Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
·      Berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·       Menuliskan saran menurut peserta didik upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·       Membaca teks tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·       Mengumpulkan gambar tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·      Membuat poster tentang upaya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi
·      Melakukan kampanye ajakan untuk meletarikan hewan menggunakan poster yang telah dibuat
·      Membaca teks tentang cara membuat pertanyaan dan hasil wawancara
·      Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara kepada pengelola kebun binatang setempat (bila memungkinkan) atau peternak atau petani tentang pemeliharaan hewan atau tanaman
·      Melakukan wawancara
·      Melakukan ekplorasi dan penaksiran operasi perkalian pecahan (menggunakan objek hewan dan tumbuhan yang ada
·      Menuliskan dalam diagram venn yang tersedia
·      Mencermati langkah-langkah dan menjelaskan konsep melakukan penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, desimal
·      Membuat soal cerita yang terkait penaksiran operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan dan menyelesaikan masalah penaksiran pecahan, desimal
·      Menyelesaikan masalah yang terkait penaksiran operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan, desimal
·      Mengamati hewan peliharaan dan menjawab pertanyaan
·       Menuliskan pengalaman merawat hewan peliharaan atau pengalaman menyayangi hewan di sekitarnya
·       Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh hewan dan fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta fungsinya dalam pelestarian lingkungan
·       Mendiskusikan ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan ciri-ciri khusus hewan dengan karakteristik tempat hidupnya
·       Berdiskusi tentang pentingnya peran hewan atau tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
·      Membaca teks tentang karakteristik tempat hidup hewan, pengaruh keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) terhadap kehidupan hewan
·      Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·      Menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·      Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam dengan tema keberagaman hewan dan tumbuhan
·      Mengapresiasi karya seni mozaik
·      mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan lompat katak.

Subtema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
·      Mengamati gambar/ paparan/tayangan tentang lingkungan hidup
·      Mendiskusikan hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
·      Memberikan contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban)
·      Mengamati gambar dan menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
·      Melakukan pengamatan dan menyajikan laporan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya
·      Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel
·      Membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan
·      Menggali informasi tentang pelestarian alam melalui kegiatan wawancara
·      Menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
·      Mencermati langkah-langkah  melakukan penaksiran operasi perkalian dan pembagian desimal, persen
·       Bereksplorasi dan menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal, persen
·       Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal, persen
·      Melakukan  observasi dan diskusi untuk  menjelaskan pentingnya penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam menanam tanaman (praktik nyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan )
·      Menjelaskan dan menyajikan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar.
·      Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
·      Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Membuat  diagram frayer untuk manyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga,  mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan sebagai bentuk kewajiban sebagai warga.
·      Membuat montase dari bahan alam dengan tema menjaga lingkungan.
·      Mempraktikkan variasi pola gerak dasar dasar jalan, lari, lompat, dan lempar pada permainan kasti atau permainan tradisional lainnya.

Bahasa Indonesia
3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3  Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis


·         Kalimat tanya
·         Ciri-ciri pertanyaan yang baik
·         Teks wawancara (kata sapaan, kalimat perkenalan, kalimat pembuka)
·         Membuat laporan tertulis
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3 Menyelesaikan masalah  penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan

·    Penaksiran desimal (operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)
·    Penaksiran pecahan dan persen
·    Bilangan pecahan

Ilmu Pengetahuan Alam
3.1  Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
4.1  Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
3.8  Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8  Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya



·       Bagian-bagaian tumbuh-tumbuhan dan fungsinya
·       Manfaat tumbuhan bagi manusia
·       Tempat hidup tumbuhan
·       Bagian- bagian tubuh hewan dan fungsinya
·       Habitat hidup hewan
·       kegunaan hewan bagi manusia
·       Hewan-hewan langka
·       Keseimbangan dan pelestarian lingkungan


Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi


·       Karakteristik tiga
bentang alam Indonesia, yaitu: pantai, dataran
rendah, dan datarn tinggi
·      Karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
·      pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
Seni Budaya dan Prakarya
3.4  Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4  Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik









·       Teknik tempel: Kolase, Mozaik, Montase
·       Apresiasi terhadap hasil karya seni
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.2 Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
4.2  Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*



Variasi pola gerak dasar non lokomotor:
·    Memutar pinggang
·    Menekuk badan, tangan, dan kaki,
·    Memiringkan badan
·    Membentang tangan dan kaki
·    Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang


Variasi pola gerak dasar lokomotor dan lokomotor melalui permainan :
·    Bola zigzag,
·    Lompat katak
·    Kasti
·    Permainan tradisional lainnya

Variasi gerak dasar jalan,lari dan lompat




Tema 4             : Berbagai pekerjaan

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1     Menerima makna  hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menerima  makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Menceritakan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari


Makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari



Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan (32 jam pelajaran)
  Mengamati burung garuda pancasila dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila.
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
  Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sila Pertama Pancasila yaitu sifat jujur.
  Mendiskusikan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya jujur.
  Menganalis dan menyampaikan pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan  dengan nilai-nilai Pancasila
  Menilai dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam cerita
  Membaca teks tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
  Menuliskan pendapat pribadi teks yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”
  Menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkrit
  Menemukan rumus luas persegi menggunakan cara lain (rumus)
  Menyelesaikan masalah tentang luas persegi.
  Menemukan rumus keliling persegi dengan cara konkrit
  Menemukan keliling persegi dengan cara lain
  Menyelesaikan masalah tentang keliling persegi
  Menjelaskan cara menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
  Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait keliling dan luas persegi dan persegi panjang
  Mendiskusikan tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan   sumber daya alam
  Menuliskan dan mempresentasikan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar.
  Menyusun 3 rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi.
  Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam, menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut  
  Membaca teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
  Mengidentifikasi jenis jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
  Mendiskusikan tentang jenis pekerjaan tertentu
  Mengidentifikasi pekerjaan di sekitar lingkungan
·   Membandingkan pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain dengan menggunakan diagram venn secara berkelompok
  Menyusun  laporan dari diagarm venn dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
  Menggali informasi (wawancara) tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
  Mempresentasikan hasil wawancara tentang kegiatan ekonomi dan  berbagai pekerjaan
  Menggambar tiga dimensi tentang bangunan idaman
  Mendiskusikan warisan budaya Indonesia, misalnya pencak silat atau beladiri tradisional lainnya
  Mengamati gambar dan mengikuti langkah gerakan kaki pada beladiri pencak silat atau beladiri tradisional lainnya
  Mempraktikkan langkah-langkah gerakan kaki pada beladiri tradisional dengan lancar
  Mempraktikkan berbagai pukulan dalam gerak dasar seni bela diri tradisional



Sub tema 2: Pekerjaan disekitar kita (32 jam pelajaran)
Mengamati  simbol dan mendeskripsikan makna sila ke dua Pancasila dengan benar
Mengidentifikasi aktifitas yang mencerminkan sila ke dua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan dengan sila kedua pancasila
Berdiskusi dan menuliskan  kesepakatan kelas tentang pengamalan sila ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
Membaca cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
Menyampaikan pendapat secara tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
Menyampaikan pendapatnya mengenai suatu cerita secara lisan maupun tulisan
Membaca cerita tentang pekerjaan tertentu dan memberikan pendapat
Menilai unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan menceritakannya
Menghitung luas dan keliling persegi panjang dari benda yang berada disekitar
Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling persegi
Menghitung luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi panjang) menggunakan benda kongkrit
Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi panjang)
Mendiskusikan dan Menjelaskan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang
   Mendiskusikan dan membandingkan penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
   Menganalisa dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemenfaatan sumber daya alam
·   Menuliskan tentang sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
  Mengidentifikasi  contoh kegiatan menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari (wawancara)
  Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di konsumsi masyarakat)
  Mendiskusikan dan mempresentasikan  dalam kelompok: Jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijual belikan, Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
  Mendiskusikan gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
  Menggambar/melukis kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila ke dua pancasila dengan kreatif
  Mempresentasikan gambar hasil karyanya sebagai seorang pelukis
  Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah di buat pada pertemuan sebelumnya
  Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 
  Mengamati penjelasan langkah gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional lainnya dengan tepat
  Mempraktikkan langkah-langkah gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional lainnya
  Mengamati gambar, membaca penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru tentang pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri
  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri

Sub tema 3: Pekerjaan orang tuaku (32 jam pelajaran)
Membaca teks tentang ‘sikap gotong royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan
Mengamati gambar simbol sila ke tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila ke tiga Pancasila 
Menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari  yang berkaitan dengan pengamalan sila ke tiga  Pancasila

Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ke tiga Pancasila
Menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka pengamalan sila ke tiga pancasila
Membaca teks tentang dongeng di daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan pendapat pribadi
Menemukan unsur-unsur cerita dalam dongeng dan menuliskannya
Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran
Menemukan rumus luas segitiga menggunakan benda kongkrit
Menyelesaikan masalah tentang luas segitiga
Menemukan rumus  keliling segitiga menggunakan benda kongkrit
Menyelesaikan masalah tentang keliling segitiga.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga
Mengamati gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan pohon dihutan kalimantan
Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
Mewarnai peta hutan Kalimantan dan menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari  dan upaya pencegahan langkanya ketersediaan sumber daya alam
Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan samapah’ dan membuat peta pikiran
· Menuliskan upaya pengolahan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab pertanyaannya
Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang dihasilkannya
Menuliskan perlengkapan dalam beladiri silat dan sumberdaya alam yang digunakan
Mengamati bagan tentang proses pembuatan sarung Samarinda
Mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar.
Menggambar perahu nelayan
Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya
Memberikan apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi  yang dibuat oleh teman-temannya
Menyajikan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 
Mengamati seluruh gerakan pada beladiri silat atau tradisional lainnya
Mempraktikkan seluruh gerakan pada beladiri silat
· Melakukan gerakan dalam pencak silat atau beladiri tradisional lainnya untuk membentuk gerak dasar langkah, pukulan, tangkisan, dan tendangan
Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan


·       Menilai sastra
·       Pendapat pribadi tentang isi buku sastra

Matematika
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga

4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga


·       Keliling dan luas daerah:
·       Persegi
·       Persegi panjang
·       Segitiga
Ilmu Pengetahuan Alam
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya


·            Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam
·            Pengertian sumber daya alam.
·            Macam-macam sumber daya alam.
·            Upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

Ilmu Pengetahuan Sosial
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi



·            Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
·           Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi
·           Lembaga ekonomi
·           Perniagaan untuk mening-katkan kesejahteraan
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi si
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi




·        Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
·        Proses pembuatan bentuk gambar tiga dimensi berdasarkan objek
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.4 Menerapkan prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
4.4 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**




·      Pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor seni bela diri pencak silat:
·      Kuda-kuda
·      Gerak langkah kaki



Tema 5             : Pahlawanku

Alokasi waktu  :96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1  Menerima makna  hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1     Menerima  makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1  Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Menceritakan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari





·      Makna sila pertama Pancasila
·      Makna sila kedua Pancasila
·      Makna sila ketiga Pancasila
·      Makna sila ke lima Pancasila
·      Kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila.



Subtema: 1 Perjuangan Para Pahlawan (32 jam pelajaran)
·      Membaca teks tentang perjuangan Raja Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas kembali tentang sikap kepahlawanannya terkait dengan makna sila ke empat Pancasila
·      Menuliskan hasil diskusi tentang sikap kepahlawanan dalam bentuk tabel
·      Mengamati gambar, membaca teks, membuat peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal di daerahnya, perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna sila Pancasila
·      Berdiskusi dan memberikan contoh tentang sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam Pancasila
Misalnya : belajar giat yang termasuk sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh
·      Membaca teks dan menceritakan kembali isi cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan didaerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
·      Menceritakan contoh sikap-sikap kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar
·      Mengamati dan bereksplorasi, menemukan dan menunjukkan
garis vertikal dan horizontal yang konkrit dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
Misalnya : benda-benda yang ada dalam tas/di kelasnya/melekat di dirinya
·      Berdiskusi mengidentifikasi garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
·      Mengamati gambar, dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan garis sejajar dan garis berpotongan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
·      Melakukan percobaan dengan senter, untuk mengidentifikasi menemukan garis sejajar dan berpotongan
·      Melakukan percobaan tentang cahaya , menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan : cahaya yang merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·      Menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait dengan cakram warna
·      Membaca prosedur tentang membuat cakram warna, kemudian melakukan percobaan membuat cakram warna, dan mengomunikasikan hasilnya dengan detail
·      Membaca teks, mengamati gambar, mengidentifikasi, berdiskusi dan mengkomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha, dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
·      Mengamati salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih  tersisa yaitu candi Muara Takus
·      Membaca teks tentang kerajaaan di zaman Hindu Budha, dan pengaruhnya pada budaya bangsa
·      Mengamati teks lagu, mengenal notasi, mengamati contoh yang diberikan guru, dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat
·      mengamati paranada dalam lagu, menemukan garis sejajar dan garis berpotongan dalam paranada
·      Membaca teks, mendengarkan penjelasan guru, dan mengidentifikasi tentang luka memar, ciri-ciri cedera luka dan lepuh, dan mempraktikkan seluruh langkah penanganan luka dengan tepat, dikaitkan dengan cerita pahlawan yang banyak cedera ketika masa berjuang

Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku (32 jam pelajaran)
·      Berdiskusi dan  menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila
·      Memberikan contoh pengamalan dari sila ke lima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·      Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke 5, dan menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila ke 5 Pancasila
·      Berdiskusi, mengamati gambar, membaca teks, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia
·      Melakukan simulasi, menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
·      Membaca teks dan menyebutkan informasi yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui, dan mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan
·      Berdiskusi dan mempresentasikan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)
·      Bereksplorasi dan menunjukkan garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus menggunakan model kongkrit
·      Mengidentifikasi sudut yang dihasilkan dari garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus menggunakan model kongkrit
·      Mengamati dan mengidentifikasi, dan mempresentasikan perbedaan garis sejajar, berpotongan
·      Melakukan eksplorasi, menemukan garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari
·      menyelesaikan masalah tentang garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari
·      Melakukan percobaan tentang lup, menyimpulkan, dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan, kemudian dipresentasikan melalui bahasa lisan dan tulisan
·      Membaca teks dan menambah informasi terhadap yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui
·      Melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, kemudian menyimpulkan dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
·      Mengamati gambar dan mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
·      Berdiskusi dan mengomunikas-ikan peninggalan kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran
·      Mengamati gambar, membaca teks, dan menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi mastarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
·      Menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi mastarakat di wilayah setempat
·      Mengamati teks lagu, mengidentifikasi, mengamati contoh yang diberikan guru, berlatih dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat
·      Membaca teks, mendengarkan penjelasan guru, dan mengidentifikasi tentang luka memar, ciri-ciri cedera luka dan lepuh, dan mempraktikkan seluruh langkah penanganan luka dengan tepat
·      Mempraktikkan penanggulangan cedera luka dan lepuh dan dalam kehidupan sehari-hari

Subtema 3: Sikap Kepahlawanan (32 jam pelajaran)
·      Berdiskusi dan menuliskan sikap kepahlawan dan menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila
·      Memberikan pendapat terhadap tindakan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·      Membaca teks non fiksi, mengamati gambar, berdiskusi, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita
·      Mempresentasikan informasi yang diketahui tentang salah sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita dalam bentuk
simulasi, mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
·      Menceritakan pengalaman diri dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila
·      Mengamati gambar peta pahlawan nasional
·      Menyebutkan informasi tentang sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
·      Mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut
·      Membaca teks tentang dan mengisi peta pikiran tentangnya
·      Mengidentifikasi sikap kepahlawanan yang dimilikinya
·      Mempresentasikan sikap kepahlawanan yang dimiliki dan yang dimiliki oleh Raja dimasa Islam serta pengaruhnya pada sikap masyarakat di sekitar dengan rinci.
·      membaca teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, menulis informasi tentang apa yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
·      berdiskusi dan mempresentasikan informasi yang ditulis melalui Bahasa lisan dan tulisan.
·      bereksplorasi dan mengidentifikasi sudut-sudut yang dihasilkan dari perpotongan garis sejajar dengan benar.
·      menunjukkan pasangan sudut yang sama besar pada perpotongan garis sejajar
·      bereskplorasi, mengidentifikasi dan menunjukkan sudut-sudut yang dihasilkan dari perpotongan garis sejajar
·      eksplorasi, menemukan garis sejajar dan berpotongan pada gambar.
·      menyelesaikan masalah
·      tentang garis sejajar dan berpotongan pada gambar.
·      Melakukan percobaan dengan berbagai jenis cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar
·      Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar. 
·      membuat periskop dan melakukan percobaan
·      menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
·      menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
·      Mempresentasikan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan sikap kepahlawanan raja-Raja di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya.
·      Mengamati gambar, membaca teks, menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.
·      Mengamati teks lagu, mengidentifikasi,  berlatih, dan menyanyikan syair lagu panjang
·      Menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan tinggi rendah dan tempo
·      Mengamati dari gambar/paparan dan mengidentifikasi ciri-ciri cedera luka dan lepuh dan bagaimana penanggulangannya.
·      Setelah berdiskusi dan mendengarkan penjelasan guru, mempraktikkan penanggulangan cedera luka dan lepuh dan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri


·         Teks non fiksi tokoh pahlawan (membaca, menggali informasi, membandingkan, menuliskan dan mempresentasikan)
·      Tabel KW(know –what do you want to know)

Matematika
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret

·      Hubungan antar garis
• Garis sejajar
• Garis berpotongan
• Garis berhimpit
·      Garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus
·      Sudut yang dihasilkan dari garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus
·      Perbedaan garis sejajar, berpotongan
·      Menyelesaikan masalah tentang garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari



Ilmu Pengetahuan Alam
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya


·      Cahaya dan penglihatan
·      Cahaya dan cermin (sifat-sifat, hubungannya dengan penglihatan)
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat



·       Kerajaan Hindu- Buddha (Kutai, Tarumanegara, Mataram kuno, Sriwijaya, Singosari, dan Majapahit).
·       Kerajaan Islam (Samudra Pasai, Demak, Mataram, Ternate, dan Tidore, Banten, Goa Tallo)

Seni Budaya dan Prakarya
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada


·      Tanda tempo dan tinggi rendah nada
Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
3.9 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
4.9 Memaparkan jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari



·      Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif permainan bola basket:
• Cidera
• Cara Penanggu-
langannya secara sederhana
·      Jenis cedera dan cara penanganan-nya
·      Ciri-ciri cedera luka dan lepuh dan bagaimana penanggulangannya


Tema 6             : Indahnya Negeriku

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima berbagai bentuk persatuan dan kesatuan  suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  dalam  masyarakat


Bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan



Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (32 jam pelajaran)
·       Menyimak cerita/gambar/tayangan  tentang keragaman hewan dan tumbuhan di Indonesia dengan penuh rasa syukur.
·       Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan dan tumbuhan yang ada.
·       Mencari informasi tentang interaksi  suku bangsa di Indonesia dengan alam (kearifan lokal).
·       Membaca teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan.
·       Tanya jawab mengenai isi dan makna puisi yang telah dibaca.
·       Membacakan teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Mengidentifikasi faktor dari bilangan yang ditentukan, paling tidak faktor dari dua bilangan yang berbeda dengan menggunakan contoh kelompok hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah.

·       Mencari FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan faktor persekutuan, pohon faktor, tabel dan pembagian Euclides dengan menggunakan hirarki pengelompokan hewan dan tumbuhan di sekitarnya. (misalnya hewan yang hidup di darat, diklasifikasikan menjadi berkaki dua atau empat, dan seterusnya sampai nama dari hewan tersebut)
·       Berkreasi mencari faktor dan FPB dari dua bilangan.
·       Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan dan tumbuhan di sekitar.
·       Membuat catatan hasil pengamatan bagian hewan dan tumbuhan di sekitar dan membuat pertanyaan untuk diskusi
·       Membaca teks tentang keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya (pertanian, perikanan, dan peternakan).
·       Mendiskusikan keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya.
·       Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
·       Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
·       Mengamati prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
·       Melakukan aktivitas gerak berirama secara individual atau berkelompok secara bergantian dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.

Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku (32 jam pelajaran)
·       Menyimak cerita/ gambar/tayangan tentang berbagai bentuk keberagaman tempat tinggal suku bangsa di  Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
·       Membaca cerita dan tanya jawab terkait berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan rasa ingin tahu.
·       Mendengarkan puisi yang menggambarkan keindahan alam Indonesia dan bertanya jawab.
·       Membacakan kembali puisi yang didengar dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Mengidentifikasi kelipatan dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan menggunakan contoh tinggi tumbuhan atau hewan di lingkungannya.
·       Mencari KPK dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan kelipatan persekutuan, pohon faktor dan table.
·       Membaca teks mengenai fungsi bagian-bagian hewan dan tumbuhan.
·       Mendiskusikan tentang perbedaan bentuk bagian tertentu dari hewan dan tumbuhan berbeda dengan fungsi yang sama.  (misalnya mengapa akar pohon mangga dan pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama).
·       Mengamati gambar/foto/tayangan dan mendiskusikan tentang keragaman sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian tradisional, dan lainnya)
·       Mengumpulkan data tentang keragaman sosial budaya peserta didik di sekolah.
·       Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi di daerah setempat dan daerah lain.
·       Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia keindahan alam dari Tuhan YME.
·       Mengamati prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
·       Melakukan aktivitas gerak berirama secara individual atau berkelompok secara bergantian dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.

Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (32 jam pelajaran)
·       Mengamati gambar/tayangan  tentang peninggalan sejarah di Indonesia.
·       Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah.
·       Mencari informasi kebermanfaatan peninggalan sejarah  Indonesia sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa.
·      Membaca puisi yang tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya

·      Mendiskusikan isi dan amanat dalam puisi yang dibaca.
·      Mencari puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah dari sumber lain dan membacakannya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Mencari FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan faktor persekutuan, pohon faktor, tabel dan pembagian Euclides.
·       Mencari KPK dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan kelipatan persekutuan, pohon faktor dan table.
·       Menyelesaikan masalah yang terkait dengan FPB dan KPK
·       Mencari informasi mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
·       Menyajikan informasi tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam suatu laporan.
·      Membaca teks tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya.
·      Mendiskusikan pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
·      Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil diskusi pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
·       Mencari informasi mengenai tari daerah yang dianggap sebagai peninggalan sejarah budaya.
·       Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai upaya melestarikan peninggalan sejarah budaya.
·       Mengamati prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
·       Melakukan aktivitas gerak berirama secara individual atau berkelompok secara bergantian dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
Bahasa Indonesia
3.6  Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
4.6  Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

·   Teks Puisi
·   Isi dan amanat dalam teks puisi
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari


FPB dan KPK
Ilmu Pengetahuan Alam
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
4. 1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dan tumbuhan.

Hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
·         Bagian tubuh hewan dan tumbuhan serta  fungsinya
·         Hubungan antara bentuk bagian tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.2   Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2   Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia





·      Keragaman sosial budaya
·      Keragaman  ekonomi,
·      Keragaman etnis
·      Keragaman agama

Seni Budaya dan Prakarya
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3 Meragakan gerak tari kreasi daerah

·      Dasar gerak tari kreasi daerah

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.7  Menerapkan prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.7 Mempraktikkan variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama



·      Variasi gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan aktivitas gerak berirama

Tema 7             : Cita - citaku

Alokasi Waktu : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1   Menerima makna  hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1    Menerima  makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1   Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1   Menceritakan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

·         Hubungan simbol dengan sila – sila Pancasila dalam kehidupan sehari – hari
·         Menceritakan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari




Subtema 1: Aku dan cita - citaku(32 jam pelajaran)
·      Bermain kartu kata dan kartu gambar tentang simbol dan sila-sila Pancasila serta maknanya
·      Menyimak cerita/mengamati video/film/ gambar  tentang berbagai macam profesi dikaitkan dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·      Menggali informasi melalui wawancara di rumah tentang berbagai macam profesi orang tua masing-masing
·      Menuliskan hasil wawancara dengan bahasa sendiri, dapat dilengkapi dengan foto/video, dan lainnya dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila
·      Membaca teks fiksi dengan tema cita-cita dan profesi
·      Menuliskan isi dan menceritakan dengan bahasa sendiri tentang tokoh dan watak dalam teks fiksi
·      Menuliskan peta pikiran tentang kesukaan diri dan cita-cita, dalam bentuk tulisan dan gambar, kemudian dipajang di kelas
·      Wawancara untuk mendapatkan data tentang cita-cita teman-teman di lingkungan sekolah
·      Menyajikan hasil laporan wawancara tentang cita-cita dalam bentuk diagram batang
·      Membawa mainan dari rumah/yang ada di lingkungan sekolah, bermain bersama dan mengidentifikasi berbagai macam gaya yang didapatkan dari permainan tersebut. Misalnya : mobil-mobilan menghasilkan gaya dorong
·      Menuliskan hasil identifikasi, benda (dari mainan yang dimainkan) dan gaya yang dihasilkan
·      Mengumpulkan data identifikasi, menuliskan kembali di papan tulis dan mempresentasikan hasil temuan dalam bentuk tabel data
·      Menyimpulkan bahwa gaya terjadi antara dua benda.
·      Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: berbagai profesi dan kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
·      Menghadirkan orang tua/beberapa narasumber yang mempunyai profesi tertentu untuk menceritakan tentang kegiatan ekonomi yang dilakukannya
·      Berdiskusi dengan orang tua/beberapa narasumber tentang bagaimana pengelolaan kegiatan ekonominya
·      Membat kesimpulan sderhana terkait sumber-sumber ekonomi dari hasil wawancara dengan orang tua atau beberapa narasumber
·      Mengamati gambar/video/contoh dari guru, tentang bentuk-bentuk gambar tiga dimensi
·      Menggambar bentuk tiga dimensi yang berkaitan cita-cita diri dengan teknik bebas
·      Membaca cerita tentang “ayo bermain bola”
·      Mempraktikkan variasi pola dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui bermain bola

Subtema 2: Hebatnya cita – citaku (32 jam pelajaran)
·      Menggali informasi melalui wawancara tentang cita-cita yang sudah dicapai dengan orang-orang di lingkungan sekolah/diluar sekolah
·      Menuliskan hasil laporan wawancara tentang “hebatnya cita-cita” dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila
·      Menceritakan tentang hebatnya cita-cita diri dengan bahasa sederhana
·      Membaca teks tentang tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi dengan tema hebatnya cita-cita
·      Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi dan menuliskan temuan watak/karakter tokoh di kertas yang di tempel di mading
·      Misalnya : malas, pekerja keras, giat belajar, bersungguh-sungguh
·      Membaca bersama data cita-cita teman di sekolah yang disajikan dalam bentuk diagram batang
·      Mengamati gambar/ kejadian nyata yang ada di sekitarnya atau melakukan demonstrasi tentang gaya. Contoh: mendorong kursi, mengerek bendera, mainan magnet, menjatuhkan bola, mainan mobil bergerak di atas permukaan kasar dan licin, dan lain-lain.
    Melaporkan hasil identifikasi gaya yang sudah dipraktekkan. gaya otot, gaya pegas, gaya listrik dengan benda-benda yang ada di sekitarnya
·      Mengumpulkan data/wawancara dengan beberapa narasumber (lembaga atau perorangan) tentang kegiatan ekonominya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat sekitar
·      Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan perniagaan, lapangan kerja, lembaga ekonomi
·      Mengamati gambar/ video tentang sketsa gambar bentuk hasil karya seniman, kemudian mengamati benda-benda 3 dimensi yang ada dilingkungan kelas
·      Membuat gambar bentuk dengan memasukkan unsur nilai estetis, proporsi, gelap terang, dan komposi pada  gambar
·      Model gambar bentuk, misalnya : benda-benda 3 dimensi yang ada di dalam kelas, mainan dengan bentuk sederhana
·      Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor,) dalam aktivitas senam lantai

Subtema 3 : Giat berusaha meraih cita – cita (32 jam pelajaran)
·      Membaca teks singkat dan mengamati gambar orang-orang sukses, kemudian mendiskusikan bersama tentang karakter-karakter positif yang diperlukan dalam meraih cita-cita dikaitkan dengan sila-sila dalam Pancasila
·      Membaca teks tentang cerita petualangan dalam meraih cita-cita, mengidentifikasi karakter/watak dalam teks dengan tulisan/bahasa sederhana
·      Bermain peran tentang teks cerita petualangan dalam meraih cita-cita dengan menggunakan kosakata baku dengan benar.
·      Membuat daftar cita-cita dan usaha yang perlu diraih untuk mencapainya dengan benar dalam bentuk diagram
·      Mendemonstrasikan dan mengidentifikasi manfaat gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan  dalam kehidupan sehari-hari.
·      Membuat karya 3 dimensi dari bahan limbah (bahan daur ulang yang ada di sekitar sekolah), yang dikaitkan dengan atribut sesuai cita-cita kemudian dipajang di depan kelas, diapresiasi bersama
·      Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan  (tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai

Bahasa Indonesia
3.9      Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9      Menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi
3.10     Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10     Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan


·           Teks fiksi
·           Membandingkan tokoh dan watak teks fiksi
Matematika
3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
4.11   Membaca data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

Data dan pengukuran
Ilmu Pengetahuan Alam
3.3 Memahami macam-macam gaya, antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan


Gaya dan manfaatnya
· Pengertian gaya
· Macam-macam gaya
· Manfaat gaya
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.3  Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3  Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi



·    Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
·  Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)
·  Lembaga ekonomi
·  Perniagaan untuk mening-katkan kesejahteraan

Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi dimensi
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi


· Gambar tiga dimensi
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
· Proses pembuatan bentuk dan tiga dimensi berdasarkan objek

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.3  Memahami prosedur variasi gerak dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
4.3  Mempraktikkan variasi pola dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
3.6  Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.6  Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai



Variasi pola gerak dasar pembelajaran atletik jalan cepat
·         Start
·         Gerakan jalan
·         Finish

Variasi pola greak dasar pembelajaran atletik jarak pendek
·         Posisi badan/togok
·         Ayunan lengan
·         Ayunan langkah kaki
·         Mendarat
·         Memasuki garis finish







Tema 8             : Tempat Tinggalku

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Menerima dengan tulus keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika 
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika
3.3     Mencirikan keberagaman umat beragama dalam masyarakat 
4.3     Bekerja sama dalam keberagaman umat beragama dalam masyarakat 


Keberagaman umat beragama di masyarakat



Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku  (32 jam pelajaran)
·      Mengamati gambar/video/film  yang menunjukkan toleransi antar umat beragama di suatu lingkungan.
·      Membaca wacana dan menyimak penjelasan tentang keberagaman umat beragama di masyarakat dengan rasa peduli dan toleransi.
·      Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal dan contoh perilaku toleransi terhadap pemeluk agama lain.
·      Mencari informasi dari berbagai sumber  tentang keberagaman umat beragama di lingkungan tempat tinggal dengan rasa ingin tahu dan peduli
·      Mendiskusikan bagaimana berinteraksi dengan orang sekitar tempat tinggal dengan rasa peduli dan toleransi
·      Membuat tulisan mengenai tokoh yang diidolakan peserta didik di keluarga atau lingkungan sekitar
·      Membaca teks tentang tokoh fiksi yang dikenal di lingkungan tempat tinggalnya
·      Menuliskan perwatakan tokoh dalam teks yang dibaca
·      Mengidentifikasi cara pembulatan kebawah, contoh: 12,4 cm dibulatkan menjadi 12 cm dan 24,7 kg dibulatkan menjadi 25 kg
·      Mengidentifikasi cara pembulatan ke atas, contoh: 12,6 cm dibulatkan menjadi 13 cm; 28,9 kg dibulatkan menjadi 29 kg
·      Memperkirakan jarak antar kelas atau rumah di lingkungan sekitar
·      Mengukur benda-benda di sekitar kelas atau tempat tinggal menggunakan alat ukur seperti meteran, timbangan dan melakukan pembulatan pada hasil pengukurannya
·      Menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat
·      Mengamati benda-benda yang bergerak di sekitarnya (bergerak akibat dorongan/ tarikan, dilempar, pengaruh magnet, dan lainnya)
·      Membuat daftar benda-benda yang bergerak dan bagaimana pergerakannya
·      Menggambarkan tempat tinggal peserta didik dengan teknis kolase.
·      Menceritakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang di sekitar tempat tinggal peserta didik/ lingkungan sekolah
·      Memperagakan berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada (gerakan kaki dan gerakan lengan)


Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (32 jam pelajaran)
·      Wacana dan menyimak penjelasan tentang keberagaman umat beragama di masyarakat dengan rasa peduli dan toleransi di daerah tempat tinggalku
·      Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh umat beragama yang menjadi ciri khas daerah.
·      Membaca teks fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah peserta didik
·      Membandingkan sifat tokoh dalam legenda yang dibaca.
·      Menuliskan kembali teks fiksi yang berhubungan dengan legenda di daerah peserta didik menggunakan bahasa sendiri
·      Mengenal satuan untuk menghitung panjang
·      Membuat denah tempat tinggal menggunakan perkiraan panjang
·      Menyelesaikan soal-soal berhubungan dengan panjang dan berat.
·      Melakukan percobaan dan melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
·      Melihat gambar/video/film yang menggambarkan potensi daerah kabupaten/kota di tempat tinggal peserta didik.
·      Mencari informasi mengenai keunikan penduduk dan karakteritik alam yang ada di daerah tempat tinggal peserta didik
·      Membuat klasifikasi karakteristik alam yang ada didaerahnya
·      Membuat montase mengenai penduduk dan karakteristik alam di daerah tempat tinggalku
·      Membahas prilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda) untuk menumbuhkan rasa peduli dan toleransi  
·      Mempraktikkan berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada dan memberikan komando sesuai dengan gilirannya.

Subtema 3: Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku (32 JP)
·      Mengamati gambar/video/film terkait keragaman daerah di Indonesia.
·      Membaca teks mengenai keragaman karakteristik alam di daerah tempat tinggal peserta didik.
·      Menuliskan karakteristik alam di daerah tempat tinggal dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan YME.
·     Membaca teks fiksi mengenai legenda dari suatu daerah
·     Mempresentasikan  hal-hal yang menumbuhkan rasa bangga terhadap daerah berdasarkan legenda yang dibaca.
·     Mengukur benda-benda dan tumbuhan di sekitar kelas atau sekolah menggunakan alat ukur seperti meteran, timbangan dan melakukan pembulatan pada hasil pengukurannya
·     Membulatkan hasil pengukuran ke satuan terdekat
·     Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan pembulatan
·     Melakukan percobaan dan melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
·     Membaca teks informasi mengenai kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) dan kegiatan ekonomi penduduk di provinsi tempat tinggal peserta didik
·     Membuat ringkasan (bisa dalam bentuk tabel) mengenai informasi kependudukan dan ekonomi di provinsinya.
·     Membuat karya seni yang menggambarkan aktivitas ekonomi di lingkungan sekitarnya dengan aplikasi dan mozaik dengan teknik menempel
·     Mempraktikkan berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada dan memberikan komando sesuai dengan gilirannya

Bahasa Indonesia
3.9  Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9  Menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi
3.10 Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10 Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan


Teks fiksi
Matematika
3.7   Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.7   Menyelesaikan masalah  pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat


Pembulatan hasil pengukuran ke satuan, puluhan, atau ratusan terdekat.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.4     Memahami hubungan antara gaya dan gerak
4.4     Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak
Gaya dan Gerak    

·         Pengertian gerak
·         Pengaruh gaya terhadap gerak benda.
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi


·   Letak dan luas kabupaten/ kota  dan provinsi dalam peta
·   Kondisi/karak-teristik alam (iklim,  bentuk muka bumi, flora, fauna)
·   Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)
·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam

Seni Budaya dan Prakarya
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik

·      Teknik tempel dalam berkarya (kolase, montase, aplikasi dan mozaik)

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.8  Memahami prosedur gerak dasar satu gaya renang***
4.8  Mempraktikkan gerak dasar satu gaya renang ***
3.10   Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda)
4.10   Memaparkan perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda)


Gerak dasar renang:
·      Gerakan kaki renang gaya dada
·      Gerakan lengan renang gaya dada

Perilaku terpuji dalam pergaulan serhari-hari:
·      Perilaku terpuji antar teman sebaya
·      Prilaku terpuji dengan orang yang lebih tua
·      Prilaku terpuji dengan orang yang lebih muda


Tema 9             : Makananku Sehat dan Bergizi

Alokasi waktu  : 96 JP


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2     Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2     Menunjukkan sikap memenuhi  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2     Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2     Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari



Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


Subtema 1: Mengenal Makanan Sehat dan Bergizi (32 jam pelajaran)
·       Mengamati gambar atau menyimak kisah inspiratif  tentang hak anak memperoleh makanan sehat dan bergizi sebagai bentuk kasih sayang orang tua
·       Tanya jawab tentang kewajiban anak (tata tertib/adab) sebelum dan sesudah makan
·       Membaca teks dan menjawab pertanyaan tentang makanan sehat dan bergizi
·       Mencari informasi dan berdiskusi tentang makanan sehat dan bergizi
·       Menuliskan dan mempresentasi­kan hasil diskusi tentang makanan sehat dan bergizi serta memberikan tanggapan
·       Mencermati bentuk pecahan biasa dengan menggunakan makanan yang dapat dipotong simetris, misalnya buah semangka, melon, kue bolu, martabak, atau makanan khas yang ada di lingkungan sekitarnya
·       Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan terkait dengan pecahan biasa
·       Mengidentifikasi hubungan pecahan dengan desimal dimulai dengan pecahan berpenyebut 10 dituliskan sebagai bilangan desimal satuangka di belakang koma,misalnya
·       Mengidentifikasi hubungan pecahan dengan desimal untuk pecahan yang berpenyebut 100, 1.000, dan seterusnya
·       Mengamati dan mengidentifika­si proses siklus hidup pada beberapa hewan
·       Mengamati dan membandingkan pengaruh asupan makanan terhadap pertumbuhan makhluk hidup
·       Menggali informasi tentang siklus hidup pada beberapa hewan yang mengalami metamorfosis di sekitar
·       Mencari informasi  dan mengidentifikasi tentang potensi sumber daya alam yang ada di daerahnya (pertanian dan perikanan)
·       Membuat peta sederhana tentang persebaran sumber daya alam (pertanian dan perikanan) di daerahnya
·      Menarikan tari kreasi daerah setempat dan daerah lain, yang mengungkapkan rasa syukur karunia makanan yang berlimpah dari Tuhan
·       Membaca tabel tentang kebutuhan gizi disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, usia
·       Menyimpulkan berdasarkan hasil praktek mengukur tinggi badan dan menimbang berat badan yang hasilnya dibandingkan dengan tabel.
·       Mengamati dan mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (handstand dan kopstand) dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi

Subtema 2: Manfaat Makanan Sehat dan Gizi (32 jam pelajaran)
·       Mengamati gambar/video dan mengidentifikasi anak yang kekurangan gizi, anak obesitas (kebihan gizi), dan normal
·       Menceritakan pengalaman berbagi makanan dengan teman dan tetangga sebagai warga masyarakat terkait dengan kewajiban dan hak
·       Mengidentifikasi manfaat makanan sehat dan bergizi bagi pertumbuhan 
·       Menggali informasi melalui wawancara dengan nara sumber tentang manfaat makanan sehat dan bergizi yang khas di daerah sekitar
·       Mengubah pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa, pecahan biasa ke bentuk decimal dan sebaliknya
·       Menjelaskan strategi penyelesaian masalah yang terkait dengan pecahan (biasa, campuran, dan decimal)
·       Mendiskusikan hubungan proses metamorfosis hewan dengan fungsinya di alam serta upaya pelestariannya.
·       Mendiskusikan/mengumpulkan data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam, yang terkait dengan sumber pangan  
·      Menarikan tari kreasi daerah setempat dan daerah lain, yang mengungkapkan rasa syukur karunia makanan yang berlimpah dari Tuhan
·      Mengamati dan mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (kayang dan sikap lilin,) dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi

Subtema 3: Kebiasaan Makanku (32 jam pelajaran)
·       Merancang dan melaksanakan kegiatan berbagi makanan dalam menunaikan  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat.  
·       Mempresentasikan hasil wawancara dan memberikan tanggapan dari kelompok lain
·       Membandingkan hal yang sudah diketahui dan yang baru diketahui
tentang kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi secara tertulis dengan bahasa sendiri
·       Mengubah bilangan pecahan ke desimal dan persen
·       Menjelaskan strategi penyelesaian masalah yang terkait dengan pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen)
·       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan biasa, pecahan campuran, desimal, dan persen.
·       Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pecahan biasa, pecahan campuran, desimal, dan persen.
Contoh aktivitas menimbang (jika memungkinkan) dan menghitung persentase berat bahan dalam resep makanan yang dibawa oleh siswa
·       Menampilkan hasil karya skema siklus hidup beberapa hewan yang ada di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan ketersediaan makanan
·       Membuat slogan pelestarian hewan dan tumbuhan serta dipajang di  dinding kelas atau sekolah.
·       Mengidentifikasi dan menyimpulkan tentang
makanan yang dikonsumsi sehari-hari di lingkungan setempat
·       Mendiskusikan keberagaman pemanfaatan sumber daya alam (pengolahan bahan pangan menjadi berbagai produk yang berbeda) di lingkungan sekitar
·       Memeragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah dikaitkan dengan tema makanan sehat dan bergizi
·      Mengamati dan mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (berguling dan meroda,) dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar