Silabus Kelas IV
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4. Menerima
berbagai bentuk persatuan dan kesatuan
suku bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4. Bekerja
sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dan kesatuan
3.4. Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4. Bekerja
sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya dalam
masyarakat
|
Keberagaman
suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia
·
Bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
· Sikap toleransi antar teman berbeda agama
· Sikap
kerjasama antar teman berbeda agama
· Bentuk
kerjasama dalam keberagaman
·
Bentuk-bentuk Keberagaman
·
Bentuk-bentuk kerja sama dalam permainan
Persatuan dan kesatuan bangsa
·
Makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
·
Pentingnya
sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
·
Contoh-contoh
sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan
|
Subtema 1: Keberagaman
Budaya Bangsaku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar dan mengidentifikasi keragaman
budaya Indonesia
·
Berbagi cerita dengan teman tentang
pengalaman saling menghargai di lingkungan masyarakat sekitar
·
Berdiskusi tentang keragaman budaya, etnis dan agama dalam kelompok-kelompok kecil dan
mengkomunikasikan hasilnya di kelas
·
Membaca teks tentang keberagaman suku bangsa,
sosial, budaya, etnis dan agama
·
Menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung dari teks yang dibaca
·
Mendiskusikan penyusunan
kerangka penulisan berdasarkan gagasan pokok dan pendukung
·
Menemukan ciri-ciri segibanyak dalam permainan
bentengan dan gobak sodor
·
Membedakan segibanyak beraturan dan tidak beraturan dari berbagai bentuk motif
seni tradisional di lingkungan sekitar
·
Menggambar berbagai bentuk segi banyak beraturan dan
tidak beraturan
·
Menggambar bentuk rumah adat dikaitkan dengan segi
banyak beraturan
·
Melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan
benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dan perambatan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya
·
Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi dari berbagai alat musik dan
perambatan bunyi
·
Menjelaskan tentang cara alat musik tersebut
dibunyikan (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb) serta berbagai alat yang
menunjukkan perambatan bunyi
·
Membaca teks/gambar/ tayangan tentang keberagaman
budaya dan etnis di Indonesia
·
Menyajikan informasi tentang keberagaman budaya dan
etnis di Indonesia dalam bentuk gambar
·
Menari tarian daerah yang merupakan
salah satu bentuk kecintaan terhadap keberagaman budaya daerah
·
Melakukan permainan tradisional benteng-bentengan
atau gobak sodor atau permainan tradisional lainnya dikaitkan dengan segi
banyak pada gambar/ lapangan permainannya
·
Mempraktikkan prosedur gerak dasar jalan, lari,
lompat dalam permainan benteng-bentengan dan gobak sodor atau permainan
tradisional lainnya
Subtema 2: Kebersamaan dalam Keberagaman (32 jam pelajaran)
·
Menyimak
teks/gambar/ paparan/video tentang sikap toleransi dan kerjasama dalam
keragaman suku, budaya, dan agama
·
Menceritakan
atau menuliskan pengalaman peserta didik tentang sikap toleransi yang pernah
dialaminya
·
Melakukan
diskusi kelompok tentang pentingnya kerjasama dalam keberagaman
·
Membaca
teks tentang toleransi dan kerjasama
·
Membuat
ringkasan dan peta pikiran dari teks tertulis terkait sikap toleransi dan
kerjasama dalam bentuk tulisan.
·
Menentukan
banyak dan besar sudut pada beragam bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·
Mengidentifikasi
teknik mengukur dan mempraktikkan cara mengukur sudut dengan satuan baku
busur derajat
·
Mengukur
besar sudut pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·
Melakukan
penaksiran dan membandingkan hasil penaksiran dan pengukuran sudut yang
terdapat pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·
Melakukan
percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal sumber bunyi hingga
sampai ke telinga dan perambatan bunyi dalam medium berbeda (benda padat,
cair, dan gas), pemantulan dan penyerapan bunyi, tinggi-rendah bunyi, dan
keras-lemah bunyi
·
Menyimpulkan
sifat-sifat bunyi dari beragam sumber bunyi secara tertulis
·
Melakukan
tanya jawab dengan tokoh masyarakat yang didatangkan ke kelas tentang budaya
masyarakat setempat
·
Membuat
tulisan tentang keragaman budaya masyarakat setempat
·
Mengamati
tari kreasi daerah melalui demonstrasi oleh guru atau video
·
Melakukan
gerak dasar tari kreasi daerah
·
Mengamati
variasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat melalui permainan
daerah misalnya kasti/ lompat karet atau permainan daerah lainnya
·
Melakukan
permainan daerah misalnya kasti/lompat karet atau permainan daerah lainnya
Subtema 3: Bersyukur atas
Keberagaman (32 jam pelajaran)
·
Melakukan pendataan teman
yang ada di kelas, misalnya suku bangsa, agama, dan kebiasaan.
·
Mendiskusikan tentang
bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·
Menuliskan hasil diskusi
tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·
Membaca teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·
Menceritakan
kembali teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di
Indonesia
·
Membuat kliping tentang
keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada
di Indonesia
·
Mengamati dan menggambar berbagai bentuk segitiga,
segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
·
Mengklasifikasikan berbagai bentuk segitiga, segi
empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
·
Melakukan pengukuran berbagai bentuk bentuk
segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
dengan menggunakan busur derajat
·
Mendiskusikan dan
mempresentasikan hasil diskusi tentang bagaimana indera pendengaran manusia
bekerja dan bagaimana manusia yang tidak memiliki indera pendengaran dapat
berkomunikasi
·
Mengamati dan memperagakan tari kreasi daerah dengan
penuh penjiwaan
·
Memperagakan hasil belajar
tentang variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
dalam permainan sepak bola bola mini dan atau tradisional yang dilandasi nilai-nilai tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama
|
Bahasa
Indonesia
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan
keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulis
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan
antargagasan ke dalam tulisan
|
Gagasan
pokok dan gagasan pendukung
·
Teks
tulis
·
Peta
pikiran
·
Teks
bacaan
·
Kerangka
tulisan
|
|
Matematika
3.8. Menganalisis
segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8. Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak
tidak beraturan
3.12 Menjelaskan dan
menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan
menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur sudut pada
bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
|
·
Segi
banyak di sekitar
·
Pengukuran sudut dengan busur derajat
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya
dengan indera pendengaran
4.6. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang
sifat-sifat bunyi
|
Bunyi
·
Sifat-sifat
bunyi
· Syarat terjadinya bunyi
· Sumber bunyi
·
Cara
menghasilkan bunyi
·
Telinga sebagai indera pendengar dan cara
merawat-nya
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2. Mengidentifikasi
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2. Menyajikan
hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
|
Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
·
Di
lingkungan sekitar
·
Di
Provinsi setempat
·
Di
Indonesia
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3. Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3. Meragakan
gerak tari kreasi daerah
|
Gerak
tari kreasi daerah
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
|
Variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif :
·
Permainan sepakbola ( menendang dan menghentikan
bola)
·
Permainan bolavoli (passing bawah)
·
Permainan tradisional
|
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Alokasi waktu : 96
jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2. Menerima kewajiban dan hak sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2. Memahami
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
4.2. Melaksanakan
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
· Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Sumber Energi (32 jam pelajaran )
·
Mengamati gambar dan
mendiskusikan tentang hak dan kewajiban penggunaan sumber energi (misalnya
air dan listrik)
·
Menuliskan hak dan kewajiban
individu terkait penggunaan energi (misalnya air dan listrik)
·
Mengomunikasikan pentingnya
kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengamati teks visual/gambar
tentang sumber energi, mendiskusikan, dan menjelaskan isi teks
·
Menuliskan kembali teks
visual/gambar tentang sumber energi menggunakan bahasa sendiri
·
Membaca dan mempraktikkan
teks prosedur tentang membuat kincir angin sederhana sebagai sumber energi
·
Mengamati konsumsi air minum
dalam botol yang dibawa teman-teman dalam satu kelas
·
Melakukan penaksiran jumlah
dan selisih dengan benar, melalui konsumsi air minum
·
Menyelesaikan masalah yang
terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan cacah, perkalian dan
pembagian (menaksir harga peralatan yang terkait dengan harga air minum dalam
kemasan)
·
Mengamati tumbuhan dan cuaca,
melihat keterkaitan antara tumbuhan dan sinar matahari sebagai sumber
energi (manfaat matahari dalam
kehidupan)
·
Menuliskan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis
·
Menuliskan manfaat sinar
matahari bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran dalam bentuk
tulisan maupun gambar
·
Melakukan percobaan tentang
perubahan bentuk energi angin dalam
kehidupan sehari-hari : Membuat kincir angin dan kincir air sederhana
berdasarkan teks prosedur
·
Mengamati gambar, membaca
teks, dan mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan untuk mengelola
sumber daya alam
·
Diskusi tentang sumber daya
alam dan pemanfaatannya di daerah sekitar
·
Membaca teks kemudian
menyanyikan lagu “Menanam jagung” sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba
ketukan dari guru
·
Menyanyikan lagu Menanam
Jagung dengan nada dan tempo yang tepat, seperti yang dicontohkan guru
·
Mengamati cara melambungkan
dan menangkap bola dengan teknik yang benar (demonstrasi oleh guru).
·
Mempraktikkan
prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dalam permainan bola besar (bola zig-zag)
Subtema 2: Manfaat
Energi (32 jam pelajaran)
·
Membaca teks dan berdiskusi
tentang penggunaan sumber daya alam
yang terbatas (misalnya penggunaan kertas)
·
Berdiskusi tentang hak dan
kewajiban terkait pemafaatan energi
·
Menceritakan pengalaman diri
melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat
dengan benar
·
Membuat poster tentang
penggunaan energi yang benar sebagai hak dan kewajiban sebagai individu
·
Melakukan kampanye tentang
hemat energi di lingkungan sekolah menggunakan poster
·
Mendiskusikan tentang
pemanfaatan limbah
·
Mengamati gambar dan membaca
teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·
Mempraktikkan teks prosedur
tentang membuat produk dari limbah
·
Bereksplorasi mencari
pecahan-pecahan senilai. dengan menggunakan kertas bekas
·
Membuktikan hubungan
pembilang dan penyebut antar pecahan senilai
·
Bereksplorasi dengan garis
bilangan yang menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan
gambar
·
Membandingkan nilai dua
pecahan dengan benar
·
Menjelaskan prosedur
penaksiran dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan bilangan cacah
·
Membaca teks tentang sumber
energi dan perubahan bentuk energi dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengidentifikasi penggunaan beragam benda elektronik di
rumah (daya yang dibutuhkan dan waktu
yang penggunaannya)
·
Menyajikan dalam bentuk tabel
penggunaan benda elektronik di rumah
·
Membaca teks/gambar/ paparan
mengenai sumber daya alam yang
digunakan sebagai sumber energi (misalnya: batu bara, minyak bumi, dan gas
alam)
·
Mencari informasi untuk
membuat peta sumber energi (batu bara, minyak bumi, dan gas alam) di
Indonesia dengan menggunakan simbol-simbol
·
Menyanyikan lagu “Menanam
Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan
·
Menyanyikan lagu Aku Anak
Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada
·
Mempraktikkan prosedur
variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam
permainan bola besar : bola zig-zag
Sub
Tema 3: Energi Alternatif (32 jam pelajaran)
·
Membaca teks tentang ayo
hemat energi
·
Melakukan pengamatan di
lingkungan sekitar tentang perilaku hemat energi
·
Mendiskusikan pelaksanaan hak
dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar terkait hemat
energi
·
Membaca teks/gambar/ paparan
tentang ketersediaan sumber energi dari alam yang terbatas
·
Membaca teks/gambar/ paparan
tentang energi alternatif
·
Membuat ringkasan
tentang hubungan ketersediaan sumber energi alam dan energi alternatif
·
Membuat teks petunjuk hemat
energi sesuai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan
·
Bereskplorasi
mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar
·
Bereksplorasi menyatakan
pecahan campuran ke dalam pecahan biasa atau sebaliknya dengan benar
·
Bereksplorasi
mengidentifikasi bentuk pecahan desimal dan menganalisis hubungan pecahan
desimal dan pecahan biasa
·
Menyelesaikan masalah yang
terkait dengan penaksiran bilangan cacah, pecahan dalam bentuk soal cerita
·
Membaca teks informasi dan
melakukan percobaan tentang sumber energi alternatif dari kentang yang mampu
menghasilkan arus listrik bertegangan rendah
·
Mengidentifikasi manfaat
kentang sebagai sumber energy alternative
dengan tepat
·
Menyajikan laporan dalam
bentuk peta pikiran hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi
alternatif dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menemukan dan menuliskan
informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan
dataran tinggi
·
Membaca teks, mengamati
gambar, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan menuliskan sumber daya alam dan
manfaatnya sebagai pangan lokal dan energi alternatif
·
Menyanyikan lagu “Aku Anak
Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah
nada
·
Menyanyikan syair lagu Kring
Kring Ada Sepeda secara berpasangan dengan tempo dan tinggi rendah nada
seperti contoh yang diberikan guru
·
Mempraktikkan prosedur
variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam
permainan bola besar : bermain bola zig-zag
|
Bahasa
Indonesia
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan
antargagasan ke dalam tulisan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama
dan berbeda
4.4. Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk
teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
• Gagasan pokok dan
gagasan pendukung
• Teks Informasi
(visual/ gambar)
• Teks petunjuk
Penggunaan alat |
|
Matematika
3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
4.1. Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran,
desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
4.2. Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran,
desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
3.3. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah,
selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3. Menyelesaikan masalah
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan
|
• Pecahan senilai
• Perbandingan pecahan
• Taksiran hasil
penghitungan (tambah, kurang, kali, bagi)
• Pecahan senilai
• Pecahan desimal
• Pecahan campuran
• Desimal
• Persen
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.5. Memahami berbagai sumber energi,
perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari,
panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
|
• Sumber Energi dan
Perubahan Bentuk Energi
• Macam-macam sumber
energi (matahari)
• Berbagai perubahan
bentuk energi (angin)
• Macam-macam sumber
energi alternatif.
• Berbagai perubahan
bentuk energi.
• Sumber Energi dan
Perubahan Bentuk Energi
• manfaat energi
alternatif
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1. Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1. Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi
|
• Letak dan luas
kabupaten/ kota dan provinsi dalam
peta
• Kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2. Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah
nada
4.2. Menyanyikan lagu dengan memperhatikan
tempo dan tinggi rendah nada
|
• Tanda tempo
• Tinggi rendah nada
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional*
|
Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif permainan bolabasket:
• Melempar Bola • Menangkap Bola
• Menendang bola
• Menghentikan bola
Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif permainan sepakbola:
• Menendang bola • Menghentikan bola
• Melambungkan Bola
• Melempar Bola • Menangkap Bola |
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2
Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2 Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
memanfaatkan tumbuhan
·
Hak dan kewajiban ketika terhadap hewan di sekitar
·
Hak dan kewajiban dalam
pelestarian sumberdaya alam
·
Hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
|
Subtema 1:
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di
lingkungan sekitar
·
Berdiskusi dan tanya jawab tentang hak dan kewajiban
secara seimbang ketika memanfaatkan hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·
Melakukan refleksi dan mendiskusikan hak dan
kewajiban tentang kegiatan menanam dan merawat tumbuhan
·
Membaca dan mencermati keterampilan dan sikap yang
baik dalam melakukan wawancara
·
Menyusun daftar pertanyaan tentang hak dan kewajiban
untuk memelihara hewan dan tumbuhan
·
Melakukan simulasi wawancara kepada masyarakat
sekitar sesuai pertanyaan yang telah disusun
·
Melakukan penaksiran bilangan desimal, pecahan
(menggunakan media tumbuhan atau hewan yang ada disekitar)
·
Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait desimal,
pecahan
·
Mengamati dan mengidentifikasi bagian-bagian
tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada di sekitar)
·
Menanam satu jenis tanaman dan merawatnya
·
Membuat jadwal merawat tanaman
·
Membuat tabel pengamatan untuk mencatat pertumbuhan
tanaman yang dirawatnya. (dibutuhkan waktu untuk dapat mengisi dan
melaporkannya)
·
Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia
(pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
·
Menggali informasi tentang karakteristik tempat
tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
·
Berkreasi membuat kolase dari bahan alam tentang hewan atau tumbuhan
di sekitarnya.
·
Menuliskan apresiasi dan saran atas hasil karya temannya
·
Mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan
bola zig-zag
Subtema 2 :
Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia
yang dilindungi dan langka (Misalnya. Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
·
Berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian
hewan dan tumbuhan
·
Menuliskan saran menurut peserta didik upaya yang
dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·
Membaca teks tentang hewan dan tumbuhan langka yang
dilindungi
·
Mengumpulkan gambar tentang hewan dan tumbuhan
langka yang dilindungi
·
Membuat poster tentang upaya menjaga kelestarian
hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi
·
Melakukan kampanye ajakan untuk meletarikan hewan
menggunakan poster yang telah dibuat
·
Membaca teks tentang cara membuat pertanyaan dan
hasil wawancara
·
Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara
kepada pengelola kebun binatang setempat (bila memungkinkan) atau peternak
atau petani tentang pemeliharaan hewan atau tanaman
·
Melakukan wawancara
·
Melakukan ekplorasi dan penaksiran operasi perkalian
pecahan (menggunakan objek hewan dan tumbuhan yang ada
·
Menuliskan dalam diagram venn yang tersedia
·
Mencermati langkah-langkah dan menjelaskan konsep
melakukan penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, desimal
·
Membuat soal cerita yang terkait penaksiran operasi
jumlah, selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan dan menyelesaikan masalah
penaksiran pecahan, desimal
·
Menyelesaikan masalah yang terkait penaksiran
operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan, desimal
·
Mengamati hewan peliharaan dan menjawab pertanyaan
·
Menuliskan pengalaman merawat hewan peliharaan atau
pengalaman menyayangi hewan di sekitarnya
·
Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh hewan dan
fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta fungsinya dalam pelestarian
lingkungan
·
Mendiskusikan ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan ciri-ciri
khusus hewan dengan karakteristik tempat hidupnya
·
Berdiskusi tentang pentingnya peran hewan atau
tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
·
Membaca teks tentang karakteristik tempat hidup
hewan, pengaruh keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) terhadap kehidupan
hewan
·
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·
Menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·
Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam dengan tema
keberagaman hewan dan tumbuhan
·
Mengapresiasi karya seni mozaik
·
mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan
lompat katak.
Subtema 3 :
Ayo Cintai Lingkungan
·
Mengamati gambar/ paparan/tayangan tentang
lingkungan hidup
·
Mendiskusikan hak dan kewajiban masyarakat terhadap
lingkungan
·
Memberikan contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk
menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban)
·
Mengamati gambar dan menjelaskan dampak dari
melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
·
Melakukan pengamatan dan menyajikan laporan
kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya
·
Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan
sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel
·
Membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih
menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan
·
Menggali informasi tentang pelestarian alam melalui
kegiatan wawancara
·
Menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata
baku dan kalimat efektif
·
Mencermati langkah-langkah melakukan penaksiran operasi perkalian dan
pembagian desimal, persen
·
Bereksplorasi dan menjelaskan cara melakukan
penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal, persen
·
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran
jumlah dan selisih bilangan desimal, persen
·
Melakukan
observasi dan diskusi untuk
menjelaskan pentingnya penghijauan sebagai salah satu upaya
pelestarian sumber daya alam menanam tanaman (praktik nyata untuk
melestarikan sumber daya alam dan lingkungan )
·
Menjelaskan dan menyajikan informasi pemanfaatan dan
pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan
sumber daya alam dan lingkungan
·
Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati
bagi kesejahteraan masyarakat
·
Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan
sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·
Membuat
diagram frayer untuk manyebutkan contoh sikap dalam melestarikan
lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga,
mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan sebagai bentuk kewajiban
sebagai warga.
·
Membuat montase dari bahan alam dengan tema menjaga
lingkungan.
·
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar dasar jalan,
lari, lompat, dan lempar pada permainan kasti atau permainan tradisional
lainnya.
|
Bahasa
Indonesia
3.3 Menggali
informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan
hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk
teks tulis
|
·
Kalimat
tanya
·
Ciri-ciri
pertanyaan yang baik
·
Teks
wawancara (kata sapaan, kalimat perkenalan, kalimat pembuka)
·
Membuat
laporan tertulis
|
|
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil
kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3 Menyelesaikan masalah
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan
|
·
Penaksiran
desimal (operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)
·
Penaksiran
pecahan dan persen
·
Bilangan
pecahan
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.1 Menganalisis
hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
4.1 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan
tumbuhan
3.8 Memahami
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya
4.8 Melakukan
kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya
|
·
Bagian-bagaian tumbuh-tumbuhan dan fungsinya
·
Manfaat tumbuhan bagi manusia
·
Tempat hidup tumbuhan
·
Bagian-
bagian tubuh hewan dan fungsinya
·
Habitat
hidup hewan
·
kegunaan
hewan bagi manusia
·
Hewan-hewan
langka
·
Keseimbangan
dan pelestarian lingkungan
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi
|
·
Karakteristik tiga
bentang alam
Indonesia, yaitu: pantai, dataran
rendah, dan datarn tinggi
· Karakteristik
tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
·
pemanfatan sumber daya alam hayati bagi
kesejahteraan masyarakat
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat
karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
|
·
Teknik
tempel: Kolase, Mozaik, Montase
·
Apresiasi
terhadap hasil karya seni
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.2 Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
|
Variasi pola gerak dasar non lokomotor:
·
Memutar pinggang
·
Menekuk badan, tangan, dan kaki,
·
Memiringkan badan
·
Membentang tangan dan kaki
· Memutar badan
menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang
Variasi pola
gerak dasar lokomotor dan lokomotor melalui permainan :
· Bola zigzag,
· Lompat katak
· Kasti
· Permainan
tradisional lainnya
Variasi gerak
dasar jalan,lari dan lompat
|
Tema 4 : Berbagai pekerjaan
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1
Menerima
makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menerima
makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengasosiasikan makna hubungan simbol
dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan (32 jam pelajaran)
• Mengamati
burung garuda pancasila dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila.
• Mendiskusikan
dalam kelompok tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam
kegiatan sehari hari
• Menuliskan
pengalaman diri melaksanakan sila Pertama Pancasila yaitu sifat jujur.
• Mendiskusikan
nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya
jujur.
• Menganalis
dan menyampaikan pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang
berhubungan dengan nilai-nilai
Pancasila
• Menilai dan
mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam cerita
• Membaca teks tentang
“pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya dihubungkan dengan
sila pertama Pancasila
• Menuliskan
pendapat pribadi teks yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin
yang Jujur”
• Menemukan
rumus luas persegi menggunakan benda kongkrit
• Menemukan
rumus luas persegi menggunakan cara lain (rumus)
• Menyelesaikan
masalah tentang luas persegi.
• Menemukan
rumus keliling persegi dengan cara konkrit
• Menemukan
keliling persegi dengan cara lain
• Menyelesaikan
masalah tentang keliling persegi
• Menjelaskan
cara menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
• Menyelesaikan
masalah sehari-hari terkait keliling dan luas persegi dan persegi panjang
• Mendiskusikan
tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga
keseimbangan sumber daya alam
• Menuliskan
dan mempresentasikan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan
kelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar.
• Menyusun 3
rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar
lingkungan agar terlindungi.
• Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam, menuliskan
laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut
• Membaca teks tentang
pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
• Mengidentifikasi
jenis jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
• Mendiskusikan
tentang jenis pekerjaan tertentu
• Mengidentifikasi
pekerjaan di sekitar lingkungan
·
Membandingkan pekerjaan yang ada di lingkungan
tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain dengan menggunakan diagram venn
secara berkelompok
• Menyusun laporan dari diagarm venn dalam bentuk
tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
• Menggali
informasi (wawancara) tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang
ada dilingkungan sekitar
•
Mempresentasikan hasil wawancara tentang
kegiatan ekonomi dan berbagai
pekerjaan
• Menggambar
tiga dimensi tentang bangunan idaman
• Mendiskusikan warisan
budaya Indonesia, misalnya pencak silat atau beladiri tradisional lainnya
• Mengamati gambar dan
mengikuti langkah gerakan kaki pada beladiri pencak
silat atau beladiri tradisional lainnya
• Mempraktikkan
langkah-langkah gerakan kaki
pada beladiri tradisional dengan lancar
• Mempraktikkan
berbagai pukulan dalam gerak dasar seni bela diri tradisional
Sub tema 2: Pekerjaan disekitar kita (32 jam pelajaran)
• Mengamati simbol dan mendeskripsikan makna sila ke
dua Pancasila dengan benar
• Mengidentifikasi
aktifitas yang mencerminkan sila ke dua Pancasila dan juga aktifitas yang
bertentangan dengan sila kedua pancasila
• Berdiskusi
dan menuliskan kesepakatan kelas
tentang pengamalan sila ke dua Pancasila
· Membedakan
sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung
dalam Pancasila
• Membaca
cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
• Menyampaikan
pendapat secara tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
• Menyampaikan
pendapatnya mengenai suatu cerita secara lisan maupun tulisan
• Membaca
cerita tentang pekerjaan tertentu dan memberikan pendapat
• Menilai unsur
cerita (pesan moral), menuliskan dan menceritakannya
• Menghitung
luas dan keliling persegi panjang dari benda yang berada disekitar
• Menyelesaikan
masalah tentang luas dan keliling persegi
• Menghitung
luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi panjang) menggunakan
benda kongkrit
• Menyelesaikan
masalah tentang luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi
panjang)
• Mendiskusikan
dan Menjelaskan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang
keliling dan luas persegi dan persegi panjang
• Mendiskusikan
dan membandingkan penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional
ataupun modern
• Menganalisa
dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemenfaatan sumber
daya alam
· Menuliskan
tentang sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi
penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi contoh kegiatan menjaga kelestarian alam
dalam kehidupan sehari-hari (wawancara)
• Mengamati
gambar kegiatan ekonomi mulai dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan
yang ditangkap nelayan sampai di konsumsi masyarakat)
• Mendiskusikan
dan mempresentasikan dalam kelompok:
Jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijual belikan, Jenis pekerjaan
yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
• Mendiskusikan
gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang
terlibat
• Mempresentasikan
hasil diskusi tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan
yang terlibat
• Menggambar/melukis
kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila ke dua pancasila dengan kreatif
• Mempresentasikan
gambar hasil karyanya sebagai seorang pelukis
• Mengamati
karya gambar tiga dimensi yang telah di buat pada pertemuan sebelumnya
• Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya
gambar tiga dimensi
• Mengamati
penjelasan langkah gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional
lainnya dengan tepat
• Mempraktikkan
langkah-langkah gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional
lainnya
• Mengamati
gambar, membaca penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru tentang pola
gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri
• Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri
Sub tema 3: Pekerjaan orang tuaku (32 jam pelajaran)
• Membaca teks
tentang ‘sikap gotong royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan
• Mengamati
gambar simbol sila ke tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila ke
tiga Pancasila
•
Menganalisis masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan
pengamalan sila ke tiga Pancasila
•
Menghubungkan sikap tokoh dengan
pengamalan sila ke tiga Pancasila
• Menceritakan
kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka
pengamalan sila ke tiga pancasila
• Membaca
teks tentang dongeng di daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
•
Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan pendapat
pribadi
• Menemukan
unsur-unsur cerita dalam dongeng dan menuliskannya
•
Mengidentifikasi unsur instrinsik dari
cerita yang dibaca dan menuliskannya
dalam bentuk peta pikiran
•
Menemukan rumus luas segitiga
menggunakan benda kongkrit
• Menyelesaikan
masalah tentang luas segitiga
•
Menemukan rumus keliling segitiga menggunakan benda
kongkrit
•
Menyelesaikan masalah tentang keliling
segitiga.
•
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari tentang keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga
•
Mengamati gambar kenampakan hutan di
Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan pohon dihutan kalimantan
• Mengidentifikasi
kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
• Mewarnai peta
hutan Kalimantan dan menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam
yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari dan upaya pencegahan langkanya ketersediaan
sumber daya alam
•
Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera
mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca teks
tentang ‘Pengolahan samapah’ dan membuat peta pikiran
· Menuliskan
upaya pengolahan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam
kehidupan sehari-hari
•
Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab
pertanyaannya
•
Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan
kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang
dihasilkannya
• Menuliskan
perlengkapan dalam beladiri silat dan sumberdaya alam yang digunakan
• Mengamati
bagan tentang proses pembuatan sarung Samarinda
• Mengidentifikasi
berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar.
•
Menggambar perahu nelayan
• Mengamati
karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya
•
Memberikan apresiasi terhadap karya
gambar tiga dimensi yang dibuat oleh
teman-temannya
•
Menyajikan hasil apresiasi terhadap
karya gambar tiga dimensi
• Mengamati
seluruh gerakan pada beladiri silat atau tradisional lainnya
• Mempraktikkan
seluruh gerakan pada beladiri silat
· Melakukan
gerakan dalam pencak silat atau beladiri tradisional lainnya untuk membentuk gerak dasar langkah,
pukulan, tangkisan, dan tendangan
|
Bahasa
Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra
(cerita, dongeng, dan sebagainya)
4.5 Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang
dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan
|
·
Menilai
sastra
·
Pendapat
pribadi tentang isi buku sastra
|
|
Matematika
3.9 Menjelaskan
dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
4.9 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan keliling dan
luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
|
·
Keliling
dan luas daerah:
·
Persegi
·
Persegi
panjang
·
Segitiga
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.8 Memahami
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya
4.8 Melakukan
kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya
|
·
Keseimbangan
dan Pelestarian Sumber Daya Alam
·
Pengertian
sumber daya alam.
·
Macam-macam
sumber daya alam.
·
Upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.3 Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan,
sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3 Menyajikan
hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
|
·
Ketersediaan
sumber-sumber ekonomi
·
Kegiatan
ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi
·
Lembaga
ekonomi
·
Perniagaan
untuk mening-katkan kesejahteraan
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga
dimensi si
4.1 Menggambar
dan membentuk tiga dimensi
|
·
Gambar
bentuk dan membentuk berdasarkan objek
·
Proses
pembuatan bentuk gambar tiga dimensi berdasarkan objek
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.4 Menerapkan prosedur gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
4.4 Mempraktikkan
gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni
beladiri**
|
·
Pola gerak dasar lokomotor
dan non lokomotor seni bela diri pencak silat:
·
Kuda-kuda
·
Gerak langkah kaki
|
Tema 5 :
Pahlawanku
Alokasi waktu :96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Menerima
makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menerima
makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengasosiasikan makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan
makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Makna sila pertama Pancasila
·
Makna sila kedua Pancasila
·
Makna sila ketiga Pancasila
·
Makna sila ke lima Pancasila
·
Kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila
Pancasila.
|
Subtema: 1 Perjuangan Para Pahlawan (32 jam
pelajaran)
·
Membaca teks tentang
perjuangan Raja Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas
kembali tentang sikap kepahlawanannya terkait dengan makna sila ke empat
Pancasila
·
Menuliskan hasil diskusi
tentang sikap kepahlawanan dalam bentuk tabel
·
Mengamati gambar, membaca
teks, membuat peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal
di daerahnya, perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna
sila Pancasila
·
Berdiskusi dan memberikan
contoh tentang sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam
Pancasila
Misalnya : belajar giat yang
termasuk sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh
·
Membaca teks dan menceritakan
kembali isi cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan
didaerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
·
Menceritakan contoh
sikap-sikap kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar
·
Mengamati dan bereksplorasi,
menemukan dan menunjukkan
garis vertikal dan horizontal
yang konkrit dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
Misalnya : benda-benda yang
ada dalam tas/di kelasnya/melekat di dirinya
·
Berdiskusi mengidentifikasi
garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
·
Mengamati
gambar, dan menyelesaikan
masalah yang berhubungan dengan garis sejajar dan garis berpotongan dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar
·
Melakukan percobaan dengan
senter, untuk mengidentifikasi menemukan garis sejajar dan berpotongan
·
Melakukan percobaan tentang
cahaya , menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan :
cahaya yang merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan
·
Menulis laporan tentang sifat
cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·
Menyebutkan sifat-sifat
cahaya terkait dengan cakram warna
·
Membaca prosedur tentang
membuat cakram warna, kemudian melakukan percobaan membuat cakram warna, dan
mengomunikasikan hasilnya dengan detail
·
Membaca teks, mengamati
gambar, mengidentifikasi, berdiskusi dan mengkomunikasikan peninggalan
kerajaan di masa Hindu, Budha, dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah
setempat
·
Mengamati salah
satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih tersisa yaitu candi Muara Takus
·
Membaca teks tentang
kerajaaan di zaman Hindu Budha, dan pengaruhnya pada budaya bangsa
·
Mengamati teks lagu, mengenal
notasi, mengamati contoh yang diberikan guru, dan menyanyikan lagu Maju Tak
Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat
·
mengamati
paranada dalam lagu,
menemukan garis sejajar dan garis berpotongan dalam paranada
·
Membaca teks, mendengarkan
penjelasan guru, dan mengidentifikasi tentang luka memar, ciri-ciri cedera
luka dan lepuh, dan mempraktikkan seluruh langkah penanganan luka dengan
tepat, dikaitkan dengan cerita pahlawan yang banyak cedera ketika masa
berjuang
Subtema 2:
Pahlawanku Kebanggaanku (32 jam pelajaran)
·
Berdiskusi dan
menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila
·
Memberikan contoh pengamalan dari sila ke lima
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan
makna sila ke 5, dan menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila ke 5
Pancasila
·
Berdiskusi, mengamati gambar, membaca teks, dan
menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional
Indonesia
·
Melakukan simulasi, menjelaskan kaitan sikap
kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
·
Membaca teks dan menyebutkan informasi yang sudah
diketahui dan yang ingin diketahui, dan mempresentasikannya melalui bahasa
lisan dan tulisan
·
Berdiskusi dan mempresentasikan informasi dengan
menggunakan tabel KW (know –what do you
want to know)
·
Bereksplorasi dan menunjukkan garis berpotongan
tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus menggunakan model kongkrit
·
Mengidentifikasi sudut yang dihasilkan dari garis
berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus menggunakan model
kongkrit
·
Mengamati dan mengidentifikasi, dan mempresentasikan
perbedaan garis sejajar, berpotongan
·
Melakukan eksplorasi, menemukan garis sejajar dan
berpotongan dalam kehidupan sehari-hari
·
menyelesaikan masalah tentang garis sejajar dan
berpotongan dalam kehidupan sehari-hari
·
Melakukan percobaan tentang lup, menyimpulkan, dan
menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan
penglihatan, kemudian dipresentasikan melalui bahasa lisan dan tulisan
·
Membaca teks dan menambah informasi terhadap yang
sudah diketahui dan yang ingin diketahui
·
Melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin,
kemudian menyimpulkan dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan
hubungannya dengan penglihatan
·
Mengamati gambar dan mengidentifikasi peninggalan
kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
·
Berdiskusi dan mengomunikas-ikan peninggalan
kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan
peta pikiran
·
Mengamati gambar, membaca teks, dan menyajikan
informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi
mastarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
·
Menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran
tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi mastarakat
di wilayah setempat
·
Mengamati teks lagu,
mengidentifikasi, mengamati contoh yang diberikan guru, berlatih dan
menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang
tepat
·
Membaca teks, mendengarkan
penjelasan guru, dan mengidentifikasi tentang luka memar, ciri-ciri cedera
luka dan lepuh, dan mempraktikkan seluruh langkah penanganan luka dengan
tepat
·
Mempraktikkan penanggulangan cedera luka dan lepuh
dan dalam kehidupan sehari-hari
Subtema 3: Sikap Kepahlawanan (32 jam pelajaran)
·
Berdiskusi dan menuliskan sikap kepahlawan dan
menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila
·
Memberikan pendapat terhadap tindakan sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila
·
Membaca teks non fiksi, mengamati gambar,
berdiskusi, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu sosok
yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita
·
Mempresentasikan informasi yang diketahui tentang
salah sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita dalam bentuk
simulasi,
mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
·
Menceritakan pengalaman diri dalam mengamalkan
nilai-nilai Pancasila
· Mengamati gambar
peta pahlawan nasional
· Menyebutkan
informasi tentang sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional yang sudah
diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
· Mengumpulkan
informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut
· Membaca teks
tentang dan mengisi peta pikiran tentangnya
·
Mengidentifikasi sikap kepahlawanan yang
dimilikinya
· Mempresentasikan
sikap kepahlawanan yang dimiliki dan yang dimiliki oleh Raja dimasa Islam
serta pengaruhnya pada sikap masyarakat di sekitar dengan rinci.
·
membaca teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,
menulis informasi tentang apa yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui
lebih lanjut
·
berdiskusi dan mempresentasikan informasi yang
ditulis melalui Bahasa lisan dan tulisan.
·
bereksplorasi dan mengidentifikasi sudut-sudut yang
dihasilkan dari perpotongan garis sejajar dengan benar.
·
menunjukkan pasangan sudut yang sama besar pada
perpotongan garis sejajar
·
bereskplorasi, mengidentifikasi dan menunjukkan
sudut-sudut yang dihasilkan dari perpotongan garis sejajar
·
eksplorasi, menemukan garis sejajar dan berpotongan
pada gambar.
·
menyelesaikan masalah
·
tentang garis sejajar dan berpotongan pada gambar.
·
Melakukan percobaan dengan berbagai
jenis cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar
·
Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan
hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
·
Menulis laporan tentang sifat cahaya dan
hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.
·
membuat periskop dan melakukan percobaan
·
menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan
·
menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya
dengan penglihatan
·
Mempresentasikan sikap kepahlawanan
sebagai peninggalan sikap kepahlawanan raja-Raja di masa Hindu, Budha dan
Islam serta pengaruhnya.
·
Mengamati gambar, membaca teks, menyajikan informasi
tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat
di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.
·
Mengamati teks lagu, mengidentifikasi, berlatih, dan menyanyikan syair lagu
panjang
·
Menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan tinggi rendah
dan tempo
·
Mengamati dari gambar/paparan dan mengidentifikasi
ciri-ciri cedera luka dan lepuh dan bagaimana penanggulangannya.
·
Setelah berdiskusi dan mendengarkan penjelasan guru,
mempraktikkan penanggulangan cedera luka dan lepuh dan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Bahasa
Indonesia
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada
teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi
ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan
yang baru diketahui dari teks nonfiksi
4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan
lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri
|
·
Teks
non fiksi tokoh pahlawan (membaca, menggali informasi, membandingkan,
menuliskan dan mempresentasikan)
·
Tabel
KW(know –what do
you want to know)
|
|
Matematika
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
|
· Hubungan antar garis
• Garis sejajar • Garis berpotongan • Garis berhimpit
·
Garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak
tegak lurus
·
Sudut yang dihasilkan dari garis berpotongan tegak
lurus dan berpotongan tidak tegak lurus
·
Perbedaan garis sejajar, berpotongan
·
Menyelesaikan masalah tentang garis sejajar dan
berpotongan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya
dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau
percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
|
· Cahaya dan penglihatan
·
Cahaya
dan cermin (sifat-sifat, hubungannya dengan penglihatan)
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan
Islam serta pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat masa kini di lingkungan
daerah setempat
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu,
Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada
kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat
|
·
Kerajaan Hindu-
Buddha (Kutai, Tarumanegara, Mataram kuno, Sriwijaya, Singosari, dan
Majapahit).
·
Kerajaan Islam
(Samudra Pasai, Demak, Mataram, Ternate, dan Tidore, Banten, Goa Tallo)
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan
tinggi rendah nada
|
·
Tanda
tempo dan tinggi rendah nada
|
|
Pendidikan
Jasmani
Olahraga
dan Kesehatan
3.9 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya
secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan
sehari-hari
4.9 Memaparkan jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Variasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif permainan bola basket:
• Cidera • Cara Penanggu-langannya secara sederhana
·
Jenis cedera dan cara
penanganan-nya
·
Ciri-ciri cedera luka dan lepuh dan bagaimana
penanggulangannya
|
Tema 6 : Indahnya Negeriku
Alokasi waktu : 96
jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima berbagai bentuk
persatuan dan kesatuan suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia
yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4
Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya dalam masyarakat
|
Bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
|
Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (32 jam
pelajaran)
· Menyimak cerita/gambar/tayangan tentang keragaman hewan dan tumbuhan di
Indonesia dengan penuh rasa syukur.
· Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai
manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan dan tumbuhan yang ada.
· Mencari informasi tentang interaksi suku bangsa di Indonesia dengan alam
(kearifan lokal).
· Membaca teks puisi berkaitan dengan
keanekaragaman hewan dan tumbuhan.
· Tanya jawab mengenai isi dan makna puisi yang
telah dibaca.
· Membacakan teks puisi berkaitan dengan
keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Mengidentifikasi
faktor dari bilangan yang ditentukan, paling tidak faktor dari dua bilangan
yang berbeda dengan menggunakan contoh kelompok hewan dan tumbuhan yang ada
di lingkungan sekolah.
· Mencari FPB dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan faktor persekutuan,
pohon faktor, tabel dan pembagian Euclides dengan menggunakan hirarki
pengelompokan hewan dan tumbuhan di sekitarnya. (misalnya hewan yang hidup di
darat, diklasifikasikan menjadi berkaki dua atau empat, dan seterusnya sampai
nama dari hewan tersebut)
· Berkreasi mencari faktor dan FPB dari dua
bilangan.
· Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan dan
tumbuhan di sekitar.
· Membuat catatan hasil pengamatan bagian hewan dan
tumbuhan di sekitar dan membuat pertanyaan untuk diskusi
· Membaca teks tentang keragaman kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh
masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya
(pertanian, perikanan, dan peternakan).
· Mendiskusikan keragaman kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh
masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya.
· Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui
kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari
kreasi yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan
daerah lain.
· Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah
yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah
lain.
· Mengamati
prosedur variasi gerak dasar langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama.
· Melakukan aktivitas gerak berirama secara
individual atau berkelompok secara bergantian dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri.
Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku (32 jam
pelajaran)
· Menyimak cerita/ gambar/tayangan
tentang berbagai bentuk keberagaman tempat tinggal suku bangsa di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
· Membaca
cerita dan tanya jawab terkait berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan
rasa ingin tahu.
· Mendengarkan puisi yang
menggambarkan keindahan alam Indonesia dan bertanya jawab.
· Membacakan kembali puisi yang
didengar dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Mengidentifikasi kelipatan dari bilangan
yang ditentukan sekurangnya dua bilangan menggunakan contoh tinggi tumbuhan
atau hewan di lingkungannya.
· Mencari KPK dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan kelipatan persekutuan,
pohon faktor dan table.
· Membaca teks mengenai fungsi
bagian-bagian hewan dan tumbuhan.
· Mendiskusikan tentang perbedaan
bentuk bagian tertentu dari hewan dan tumbuhan berbeda dengan fungsi yang
sama. (misalnya mengapa akar pohon
mangga dan pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama).
· Mengamati
gambar/foto/tayangan dan mendiskusikan tentang keragaman sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian
tradisional, dan lainnya)
· Mengumpulkan
data tentang keragaman sosial budaya peserta didik di sekolah.
· Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui
kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari
kreasi di daerah setempat dan daerah lain.
· Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah
sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia keindahan alam dari Tuhan YME.
· Mengamati
prosedur variasi gerak dasar langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama.
· Melakukan aktivitas gerak berirama secara
individual atau berkelompok secara bergantian dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri.
Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (32 jam
pelajaran)
· Mengamati gambar/tayangan tentang peninggalan sejarah di Indonesia.
· Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai
manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah.
· Mencari informasi kebermanfaatan peninggalan
sejarah Indonesia sebagai salah satu
sarana pemersatu bangsa.
·
Membaca puisi yang tentang kemegahan peninggalan
sejarah di daerahnya
·
Mendiskusikan isi dan amanat dalam puisi yang
dibaca.
·
Mencari puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah
dari sumber lain dan membacakannya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Mencari FPB dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan faktor persekutuan,
pohon faktor, tabel dan pembagian Euclides.
· Mencari KPK dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan dengan menggunakan himpunan kelipatan persekutuan,
pohon faktor dan table.
·
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan FPB dan
KPK
·
Mencari
informasi mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
·
Menyajikan
informasi tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam
suatu laporan.
·
Membaca
teks tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya.
·
Mendiskusikan
pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
·
Menyajikan
secara lisan maupun tertulis hasil diskusi pengaruh kemegahan peninggalan
sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
· Mencari informasi mengenai tari daerah yang
dianggap sebagai peninggalan sejarah budaya.
· Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah
sebagai upaya melestarikan peninggalan sejarah budaya.
· Mengamati
prosedur variasi gerak dasar langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama.
· Melakukan aktivitas gerak berirama secara
individual atau berkelompok secara bergantian dilandasi nilai-nilai kerja sama, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri.
|
Bahasa
Indonesia
3.6 Menggali
isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan
untuk kesenangan
4.6 Melisankan
puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
sebagai bentuk ungkapan diri
|
·
Teks Puisi
·
Isi dan amanat dalam teks puisi
|
|
Matematika
3.6
Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar
(FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari
dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB),
kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua
bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
|
FPB dan KPK
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan
fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
4. 1 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan
tumbuhan dan tumbuhan.
|
Hubungan antara bentuk dan fungsi
bagian tubuh hewan dan tumbuhan
·
Bagian
tubuh hewan dan tumbuhan serta
fungsinya
·
Hubungan
antara bentuk bagian tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia
|
·
Keragaman sosial budaya
· Keragaman
ekonomi,
· Keragaman etnis
· Keragaman agama
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3 Meragakan
gerak tari kreasi daerah
|
· Dasar gerak tari kreasi daerah
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.7 Menerapkan
prosedur variasi gerak dasar langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
4.7 Mempraktikkan variasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
· Variasi gerak dasar langkah kaki dan ayunan
lengan aktivitas gerak berirama
|
Tema 7 : Cita - citaku
Alokasi Waktu
: 96
jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Menerima makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai
satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menerima
makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan
makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Hubungan simbol dengan sila – sila
Pancasila dalam kehidupan sehari – hari
·
Menceritakan makna hubungan simbol
dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Aku dan
cita - citaku(32 jam
pelajaran)
· Bermain kartu kata dan kartu gambar tentang simbol dan sila-sila
Pancasila serta maknanya
· Menyimak cerita/mengamati video/film/ gambar tentang berbagai macam profesi dikaitkan dengan sila-sila
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·
Menggali informasi melalui wawancara di rumah
tentang berbagai macam profesi orang tua masing-masing
·
Menuliskan hasil wawancara dengan bahasa sendiri,
dapat dilengkapi dengan foto/video, dan lainnya dikaitkan dengan sila-sila
dalam Pancasila
· Membaca teks fiksi dengan tema cita-cita dan profesi
· Menuliskan isi dan menceritakan dengan bahasa sendiri tentang
tokoh dan watak dalam teks fiksi
· Menuliskan peta pikiran tentang kesukaan diri dan cita-cita,
dalam bentuk tulisan dan gambar, kemudian dipajang di kelas
· Wawancara untuk
mendapatkan data tentang cita-cita teman-teman di lingkungan sekolah
· Menyajikan
hasil laporan wawancara tentang cita-cita dalam bentuk diagram batang
· Membawa mainan
dari rumah/yang ada di lingkungan sekolah, bermain bersama dan
mengidentifikasi berbagai macam gaya yang didapatkan dari permainan tersebut.
Misalnya : mobil-mobilan menghasilkan gaya dorong
· Menuliskan hasil identifikasi, benda (dari mainan
yang dimainkan) dan gaya yang dihasilkan
· Mengumpulkan data identifikasi, menuliskan
kembali di papan tulis dan mempresentasikan hasil temuan dalam bentuk tabel
data
· Menyimpulkan bahwa gaya terjadi antara dua benda.
·
Mengamati
gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: berbagai profesi dan kegiatan ekonomi
dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
· Menghadirkan
orang tua/beberapa narasumber yang mempunyai profesi tertentu untuk
menceritakan tentang kegiatan ekonomi yang dilakukannya
· Berdiskusi
dengan orang tua/beberapa narasumber tentang bagaimana pengelolaan kegiatan ekonominya
· Membat
kesimpulan sderhana terkait sumber-sumber ekonomi dari hasil wawancara dengan
orang tua atau beberapa narasumber
· Mengamati gambar/video/contoh dari guru,
tentang bentuk-bentuk gambar tiga dimensi
· Menggambar bentuk tiga dimensi yang berkaitan
cita-cita diri dengan teknik bebas
· Membaca cerita tentang “ayo bermain bola”
· Mempraktikkan variasi pola dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui bermain bola
Subtema 2: Hebatnya cita – citaku (32 jam pelajaran)
·
Menggali informasi melalui wawancara tentang
cita-cita yang sudah dicapai dengan orang-orang di lingkungan sekolah/diluar
sekolah
· Menuliskan
hasil laporan wawancara tentang “hebatnya cita-cita” dikaitkan dengan
sila-sila dalam Pancasila
· Menceritakan
tentang hebatnya cita-cita diri dengan bahasa sederhana
· Membaca teks
tentang tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi dengan
tema hebatnya cita-cita
· Membandingkan
watak masing-masing tokoh pada teks fiksi dan
menuliskan temuan watak/karakter tokoh di kertas yang di tempel di mading
· Misalnya : malas, pekerja keras, giat belajar,
bersungguh-sungguh
· Membaca bersama
· Mengamati gambar/ kejadian nyata yang ada di
sekitarnya atau melakukan demonstrasi tentang gaya. Contoh: mendorong kursi,
mengerek bendera, mainan magnet, menjatuhkan bola, mainan mobil bergerak di
atas permukaan kasar dan licin, dan lain-lain.
•
Melaporkan
hasil identifikasi gaya yang sudah dipraktekkan. gaya otot, gaya pegas, gaya
listrik dengan benda-benda yang ada di sekitarnya
·
Mengumpulkan
data/wawancara dengan beberapa narasumber (lembaga atau perorangan) tentang
kegiatan ekonominya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat sekitar
· Menyajikan
secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan
perniagaan, lapangan kerja, lembaga
ekonomi
· Mengamati gambar/ video tentang sketsa gambar
bentuk hasil karya seniman, kemudian mengamati benda-benda 3 dimensi yang ada
dilingkungan kelas
· Membuat gambar bentuk dengan memasukkan unsur
nilai estetis, proporsi, gelap terang, dan komposi pada gambar
·
Model
gambar bentuk, misalnya : benda-benda 3 dimensi yang ada di dalam kelas,
mainan dengan bentuk sederhana
· Mempraktikkan variasi
dan kombinasi berbagai pola gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor,) dalam
aktivitas senam lantai
Subtema
3 : Giat berusaha meraih cita – cita (32 jam pelajaran)
·
Membaca teks singkat dan mengamati gambar
orang-orang sukses, kemudian mendiskusikan bersama tentang karakter-karakter
positif yang diperlukan dalam meraih cita-cita dikaitkan dengan sila-sila
dalam Pancasila
· Membaca teks tentang cerita petualangan dalam
meraih cita-cita, mengidentifikasi karakter/watak dalam teks dengan
tulisan/bahasa sederhana
· Bermain peran
tentang teks cerita petualangan dalam meraih cita-cita dengan menggunakan kosakata baku
dengan benar.
· Membuat daftar
cita-cita dan usaha yang perlu diraih untuk mencapainya dengan benar dalam
bentuk diagram
· Mendemonstrasikan dan mengidentifikasi manfaat
gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
dalam kehidupan sehari-hari.
· Membuat karya 3
dimensi dari bahan limbah (bahan daur ulang yang ada di sekitar sekolah),
yang dikaitkan dengan atribut sesuai cita-cita kemudian dipajang di depan
kelas, diapresiasi bersama
· Mempraktikkan variasi
dan kombinasi berbagai pola gerak dominan
(tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas
senam lantai
|
Bahasa
Indonesia
3.9 Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9 Menyampaikan
hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan
antartokoh pada cerita fiksi
3.10 Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10 Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi
dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
|
·
Teks
fiksi
·
Membandingkan
tokoh dan watak teks fiksi
|
|
Matematika
3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan
dalam bentuk diagram batang
4.11 Membaca data diri peserta
didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
|
Data dan pengukuran
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.3 Memahami
macam-macam gaya, antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam
kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan
|
Gaya dan manfaatnya
· Pengertian gaya
· Macam-macam gaya
· Manfaat gaya
|
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam
meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di
lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial
dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
|
·
Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
· Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
(produksi, distribusi, konsumsi)
· Lembaga ekonomi
· Perniagaan untuk mening-katkan
kesejahteraan
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui
gambar dan bentuk tiga dimensi dimensi
4.1 Menggambar
dan membentuk tiga dimensi
|
· Gambar tiga dimensi
· Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
· Proses pembuatan bentuk dan tiga dimensi
berdasarkan objek
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
3.3 Memahami
prosedur variasi gerak dasar jalan,
lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi pola
dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
3.6 Menerapkan
prosedur variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam
aktivitas senam lantai
4.6 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam
aktivitas senam lantai
|
Variasi pola gerak
dasar pembelajaran atletik jalan cepat
·
Start
·
Gerakan jalan
·
Finish
Variasi pola greak dasar pembelajaran atletik jarak pendek
·
Posisi badan/togok
·
Ayunan lengan
·
Ayunan langkah kaki
·
Mendarat
·
Memasuki garis finish
|
Tema 8 :
Tempat Tinggalku
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3
Menerima dengan tulus keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam
konteks Bhinneka Tunggal Ika
3.3 Mencirikan keberagaman umat beragama dalam
masyarakat
4.3 Bekerja sama dalam keberagaman umat
beragama dalam masyarakat
|
Keberagaman umat beragama
di masyarakat
|
Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati
gambar/video/film yang menunjukkan
toleransi antar umat beragama di suatu lingkungan.
·
Membaca wacana
dan menyimak penjelasan tentang keberagaman umat beragama di masyarakat
dengan rasa peduli dan toleransi.
· Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan keagamaan yang dilakukan
oleh masyarakat sekitar tempat tinggal
dan contoh perilaku toleransi terhadap
pemeluk agama lain.
· Mencari informasi
dari berbagai sumber tentang keberagaman umat beragama di
lingkungan tempat tinggal dengan rasa ingin tahu dan peduli
·
Mendiskusikan bagaimana berinteraksi dengan orang
sekitar tempat tinggal dengan rasa peduli dan toleransi
·
Membuat tulisan
mengenai tokoh yang diidolakan peserta didik di keluarga atau lingkungan
sekitar
·
Membaca teks tentang tokoh fiksi
yang dikenal di lingkungan tempat tinggalnya
·
Menuliskan perwatakan tokoh
dalam teks yang dibaca
· Mengidentifikasi cara pembulatan kebawah, contoh:
12,4 cm dibulatkan menjadi 12 cm dan 24,7 kg dibulatkan menjadi 25 kg
· Mengidentifikasi cara pembulatan ke atas, contoh:
12,6 cm dibulatkan menjadi 13 cm; 28,9 kg dibulatkan menjadi 29 kg
· Memperkirakan jarak antar kelas atau rumah di
lingkungan sekitar
· Mengukur benda-benda di sekitar kelas atau tempat tinggal
menggunakan alat ukur seperti meteran, timbangan dan melakukan pembulatan
pada hasil pengukurannya
· Menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan
pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat
· Mengamati benda-benda yang bergerak di sekitarnya
(bergerak akibat dorongan/ tarikan, dilempar, pengaruh magnet, dan lainnya)
· Membuat daftar benda-benda yang bergerak dan
bagaimana pergerakannya
· Menggambarkan
tempat tinggal peserta didik dengan teknis kolase.
· Menceritakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh
orang di sekitar tempat tinggal peserta didik/ lingkungan sekolah
· Memperagakan berbagai gerak aktivitas air renang
gaya dada (gerakan kaki dan
gerakan lengan)
Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku (32 jam
pelajaran)
·
Wacana dan menyimak penjelasan tentang keberagaman
umat beragama di masyarakat dengan rasa peduli dan toleransi di daerah tempat
tinggalku
·
Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan keagamaan yang
dilakukan oleh umat beragama yang menjadi ciri khas daerah.
·
Membaca teks fiksi yang berhubungan dengan legenda
di daerah peserta didik
·
Membandingkan sifat tokoh dalam legenda yang dibaca.
·
Menuliskan kembali teks fiksi yang berhubungan
dengan legenda di daerah peserta didik menggunakan bahasa sendiri
·
Mengenal satuan untuk menghitung panjang
·
Membuat denah tempat tinggal menggunakan perkiraan
panjang
·
Menyelesaikan soal-soal berhubungan dengan panjang
dan berat.
·
Melakukan percobaan dan
melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
·
Melihat gambar/video/film yang menggambarkan potensi
daerah kabupaten/kota di tempat tinggal peserta didik.
·
Mencari informasi mengenai keunikan penduduk dan karakteritik
alam yang ada di daerah tempat tinggal peserta didik
·
Membuat klasifikasi karakteristik alam yang ada
didaerahnya
·
Membuat montase mengenai penduduk dan karakteristik
alam di daerah tempat tinggalku
·
Membahas prilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari
(antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda) untuk
menumbuhkan rasa peduli dan toleransi
· Mempraktikkan
berbagai gerak aktivitas air renang gaya dada dan memberikan komando sesuai
dengan gilirannya.
Subtema 3: Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku
(32 JP)
·
Mengamati gambar/video/film terkait keragaman daerah
di Indonesia.
·
Membaca teks mengenai keragaman karakteristik alam
di daerah tempat tinggal peserta didik.
·
Menuliskan karakteristik alam di daerah tempat
tinggal dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan YME.
· Membaca teks fiksi mengenai legenda dari suatu
daerah
· Mempresentasikan
hal-hal yang menumbuhkan rasa bangga terhadap daerah berdasarkan
legenda yang dibaca.
· Mengukur benda-benda dan tumbuhan di
sekitar kelas atau sekolah menggunakan alat ukur seperti meteran, timbangan
dan melakukan pembulatan pada hasil pengukurannya
· Membulatkan hasil pengukuran ke satuan
terdekat
· Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan
pembulatan
· Melakukan
percobaan dan melaporkannya untuk menunjukkan perubahan gerak akibat gaya.
· Membaca
teks informasi mengenai kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) dan
kegiatan ekonomi penduduk di provinsi tempat tinggal peserta didik
· Membuat
ringkasan (bisa dalam bentuk tabel) mengenai informasi kependudukan dan
ekonomi di provinsinya.
·
Membuat karya seni yang
menggambarkan aktivitas ekonomi di lingkungan sekitarnya dengan aplikasi dan
mozaik dengan teknik menempel
·
Mempraktikkan berbagai gerak
aktivitas air renang gaya dada dan memberikan komando sesuai dengan
gilirannya
|
Bahasa
Indonesia
3.9 Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
4.9 Menyampaikan hasil
identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh
pada cerita fiksi
3.10 Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi
4.10 Menyajikan cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi
dalam memperjuangkan atau mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
|
Teks fiksi
|
|
Matematika
3.7
Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan
berat ke satuan terdekat
4.7 Menyelesaikan
masalah pembulatan hasil pengukuran
panjang dan berat ke satuan terdekat
|
Pembulatan
hasil pengukuran ke satuan, puluhan, atau ratusan terdekat.
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.4 Memahami hubungan antara gaya dan gerak
4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan
antara gaya dan gerak
|
Gaya dan Gerak
·
Pengertian
gerak
·
Pengaruh
gaya terhadap gerak benda.
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
|
·
Letak dan luas kabupaten/ kota dan provinsi dalam peta
· Kondisi/karak-teristik alam (iklim, bentuk muka bumi, flora, fauna)
· Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan,
persebaran)
· Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya
alam
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan
mozaik
|
· Teknik tempel dalam berkarya (kolase, montase,
aplikasi dan mozaik)
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.8 Memahami
prosedur gerak dasar satu gaya renang***
4.8 Mempraktikkan
gerak dasar satu gaya renang ***
3.10 Menganalisis
perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang
lebih tua, dan orang yang lebih muda)
4.10 Memaparkan
perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang
lebih tua, dan orang yang lebih muda)
|
Gerak dasar renang:
· Gerakan kaki renang gaya dada
· Gerakan lengan renang gaya dada
Perilaku terpuji dalam pergaulan serhari-hari:
· Perilaku terpuji antar teman sebaya
· Prilaku terpuji dengan orang yang lebih tua
· Prilaku terpuji dengan orang yang lebih muda
|
Tema 9 : Makananku Sehat dan Bergizi
Alokasi waktu : 96 JP
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2 Menerima
kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2 Memahami
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
|
Pelaksanaan kewajiban dan hak
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Mengenal Makanan Sehat dan Bergizi (32 jam pelajaran)
· Mengamati gambar
atau menyimak kisah inspiratif tentang hak anak memperoleh makanan sehat dan
bergizi sebagai bentuk kasih sayang orang tua
· Tanya jawab
tentang kewajiban anak (tata tertib/adab) sebelum dan sesudah makan
· Membaca
teks dan menjawab pertanyaan tentang makanan sehat dan bergizi
· Mencari
informasi dan berdiskusi tentang makanan sehat dan bergizi
· Menuliskan
dan mempresentasikan hasil diskusi tentang makanan sehat dan bergizi serta
memberikan tanggapan
· Mencermati
bentuk pecahan biasa dengan menggunakan makanan yang dapat dipotong simetris,
misalnya buah semangka, melon, kue bolu, martabak, atau makanan khas yang ada
di lingkungan sekitarnya
· Menyelesaikan
masalah penjumlahan dan pengurangan terkait dengan pecahan biasa
· Mengidentifikasi
hubungan pecahan dengan desimal dimulai dengan pecahan berpenyebut 10
dituliskan sebagai bilangan desimal satuangka di belakang koma,misalnya
· Mengidentifikasi
hubungan pecahan dengan desimal untuk pecahan yang berpenyebut 100, 1.000,
dan seterusnya
· Mengamati dan mengidentifikasi proses siklus
hidup pada beberapa hewan
· Mengamati dan membandingkan pengaruh asupan
makanan terhadap pertumbuhan makhluk hidup
· Menggali informasi tentang siklus hidup pada
beberapa hewan yang mengalami metamorfosis di sekitar
· Mencari informasi dan mengidentifikasi tentang potensi sumber
daya alam yang ada di daerahnya (pertanian dan perikanan)
· Membuat peta sederhana tentang
persebaran sumber daya alam (pertanian dan perikanan) di daerahnya
· Menarikan tari kreasi daerah setempat
dan daerah lain, yang mengungkapkan rasa syukur karunia makanan yang
berlimpah dari Tuhan
· Membaca tabel tentang
kebutuhan gizi disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, usia
· Menyimpulkan
berdasarkan hasil praktek mengukur tinggi badan dan menimbang berat badan
yang hasilnya dibandingkan dengan tabel.
· Mengamati dan
mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (handstand dan kopstand)
dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi
Subtema 2:
Manfaat Makanan Sehat dan Gizi (32 jam
pelajaran)
· Mengamati gambar/video
dan mengidentifikasi anak yang kekurangan gizi, anak obesitas (kebihan gizi),
dan normal
· Menceritakan
pengalaman berbagi makanan dengan teman dan tetangga sebagai warga masyarakat
terkait dengan kewajiban dan hak
· Mengidentifikasi
manfaat makanan sehat dan bergizi bagi pertumbuhan
· Menggali
informasi melalui wawancara dengan nara sumber tentang manfaat makanan sehat
dan bergizi yang khas di daerah sekitar
· Mengubah pecahan
campuran ke bentuk pecahan biasa, pecahan biasa ke bentuk decimal dan sebaliknya
· Menjelaskan strategi penyelesaian masalah yang
terkait dengan pecahan (biasa, campuran, dan decimal)
· Mendiskusikan hubungan proses metamorfosis hewan
dengan fungsinya di alam serta upaya pelestariannya.
· Mendiskusikan/mengumpulkan data yang berhubungan
dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam, yang terkait
dengan sumber pangan
· Menarikan tari kreasi daerah setempat
dan daerah lain, yang mengungkapkan rasa syukur karunia makanan yang
berlimpah dari Tuhan
· Mengamati dan mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (kayang dan sikap lilin,) dikaitkan dengan
asupan makanan sehat dan bergizi
Subtema 3:
Kebiasaan Makanku (32 jam
pelajaran)
· Merancang dan
melaksanakan kegiatan berbagi makanan dalam menunaikan kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat.
· Mempresentasikan
hasil wawancara dan memberikan tanggapan dari kelompok lain
· Membandingkan hal yang sudah diketahui dan yang
baru diketahui
tentang kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi secara
tertulis dengan bahasa sendiri
· Mengubah
bilangan pecahan ke desimal dan persen
· Menjelaskan strategi penyelesaian masalah yang
terkait dengan pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen)
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan biasa, pecahan campuran, desimal, dan persen.
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan pecahan biasa, pecahan campuran, desimal, dan persen.
Contoh aktivitas menimbang (jika memungkinkan) dan menghitung
persentase berat bahan dalam resep makanan yang dibawa oleh siswa
· Menampilkan hasil karya skema siklus hidup
beberapa hewan yang ada di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan
ketersediaan makanan
· Membuat slogan pelestarian hewan dan tumbuhan
serta dipajang di dinding kelas atau
sekolah.
· Mengidentifikasi dan menyimpulkan tentang
makanan yang dikonsumsi sehari-hari di lingkungan setempat
· Mendiskusikan keberagaman pemanfaatan sumber daya
alam (pengolahan bahan pangan menjadi berbagai produk yang berbeda) di
lingkungan sekitar
· Memeragakan dasar-dasar gerak tari
kreasi daerah dikaitkan dengan tema makanan sehat dan bergizi
· Mengamati dan mempraktekkan gerak dasar dominan senam lantai (berguling dan meroda,) dikaitkan dengan
asupan makanan sehat dan bergizi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar