(RPP)
Madrasah :
MI Negeri
Tirto Salam
Tema : Kegiatanku
Sub Tema : Kegiatan
di Pagi Hari
Kelas/Semester : I / I
Alokasi Waktu : 4 JP x 35 menit
Pembelajaran ke : 1
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
PPKN
KD
|
Indikator
|
1.2. Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
1.2.1 perilaku patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya,
1.2.2 melaksanakan
ibadah sesuai ajaran agama, misalnya: sholat, puasa.
|
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
2.2.1
mengerjakan tugas/pekerjaan rumah dengan baik,,
2.2.2
menyelesaikan tugas yang diberikan,
|
3.2. Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.1 Siswa mampu
mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah
3.2.2 Siswa mampu menunjukkan
kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
|
4.1. Menceritakan kegiatan
sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.1.1 Siswa mampu menceritakan
peraturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
Bahasa Indonesia
KD
|
Indikator
|
3.7 Menentukan
kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek
(gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan..
|
3.7.1. Siswa dapat menemukan kosa kata tentang kegiatan siang hari dengan tepat.
3.7.2. Siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai
dengan aturan di rumah
|
4.7 Menyampaikan
penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah
mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
|
4.7.1 Siswa dapat menyusun Kosa kata
terkait kegiatan siang hari dengan tepat
4.7.2 Siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan Siang hari
dengan tepat.
|
SBDP
3.3 Mengenal gerak cepat dan Gerak lambat
pada sebuah tari
|
3.3.1 Siswa mampu mengidentifikasi gerak cepat dalam sebuah
tari.
|
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
|
4.2.1 Siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada sebuah
tarian
|
B. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak gambar dan
teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi
kata, siswa dapat menemukan kosa kata tentang kegiatan siang hari dengan tepat.
2. Dengan menggunakan kartu-kartu
huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
3. Melalui diskusi siswa mampu
mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
4. Dengan bercerita siswa mampu
menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
5. Dengan memperhatikan contoh
yang ditunjukkan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak cepat dalam sebuah
tari.
6. Dengan mengikuti petunjuk
guru, siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada sebuah tarian.
C. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran reguler
PPKn
§
Aturan
yang ada di rumah.
§
Kegiatan
yang dilakukan setelah tiba di rumah
§
Kebiasaan
yang baik di rumah.
§
Kebiasaan
yang tidak baik di rumah.
Bahasa Indonesia
§
Teks
tentang Kegiatan setelah tiba di rumah
Dayu pulang sekolah.
Setiba di rumah, Dayu
mengetuk pintu.
Ibu menyambut Dayu
dengan gembira.
Dayu tampak lelah.
Dayu membuka sepatu
dan merapikannya.
Dayu meletakkan tas
dan berganti baju.
Dayu cuci tangan lalu
makan.
Setelah makan Dayu
istirahat sejenak.
Ibu menyuruh Dayu
tidur siang.
Dayu patuh kepada
ibunya.
§
Membaca
dengan nyaring
siang hari
si - ang ha - ri
pulang sekolah
pu - lang se - ko – lah
cuci tangan
cu – ci ta – ngan
makan siang
ma – kan si – ang
SBDP
Salah satu kegiatan Dayu di siang hari adalah
menari.
Dalam tari ada gerakan cepat dan lambat.
Gerak tari cepat, iringannya cepat.
Gerak tari lambat, iringannya lambat.
Kali ini kita akan belajar gerak cepat dalam tari.
Iringan musik cepat untuk latihan gerak cepat.
Iringan musik lambat untuk latihan gerak lambat.
Contoh tarian tradisional yang geraknya cepat yaitu
Tari Saman dari Aceh.
Dayu dapat berlatih gerak cepat dalam tari dengan
mengikuti gerak Tari Ayam.
2. Materi pembelajaran pengayaan
Apabila memiliki waktu, peserta didik
dapat mempraktekkan gerakan tari ayam dengan iringan musik
3. Materi pembelajaran remedial
§ Peserta didik yang belum
terampil dalam menyusun huruf-huruf menjadi kata dan
kata-kata menjadi kalimat dapat diberikan kegiatan menyalin kata atau kalimat sebagai
latihan tambahan. Peserta didik dapat dibantu oleh peserta didik lain yang telah sangat
terampil dalam merangkai dan menulis huruf menjadi kata.
latihan tambahan. Peserta didik dapat dibantu oleh peserta didik lain yang telah sangat
terampil dalam merangkai dan menulis huruf menjadi kata.
D. Metode
·
Picture and picture
·
penugasan
·
Card Sort
·
diskusi Kelompok
·
praktek
·
Tanya jawab
E. Media
a. Media/alat
a. Gambar
§ Gambar kegiatan yang
dilakukan setelah tiba di rumah
§ gambar kebiasaan yang
baik di rumah
§ gambar kebiasan yang
tidak baik di rumah
b. Kartu-kartu huruf
c.
Video atau gambar tarian yang gerakannya cepat
b. Bahan
Kertas HVS ukuran F4,
lem, gunting Isolatip.
F.
Sumber Belajar
a. Buku peserta didik:
Nurhasanah dan Lubna
Assagaf.dkk, 2016, Kegiatanku Edisi Revisi Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI kelas I, Jakarta, Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (halaman 42 - 49)
b.
Buku
referensi:
c.
Nurhasanah dan Lubna
Assagaf.
dkk, 2016, Kegiatanku Edisi Revisi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku
Guru SD/MI kelas I, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemdikbud (halaman 36 - 42)
G. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
2.
Mengucapkan salam
3.
Mengkonfirmasi kehadiran peserta didik
4.
Megajak anak-anak untuk menyanyikan lagu “”
Pulang sekolah” dilanjutkan dengan tepuk The best, tepuk semangat dan yel-yel
kelas
5.
Membangun apersepsi, dengan melakukan kegiatan :
-
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya
kegiatan Pagi hari ) dengan materi yang akan dipelajari (Kegiatan di siang
hari);
6.
Guru
menyampaikan kepada peserta didik bahwa hari ini mereka akan belajar
banyak tentang kegiatan di siang hari.
banyak tentang kegiatan di siang hari.
b.
Kegiatan Inti (110 menit)
1.
Peserta
didik mengamati gambar dan suasana siang hari yang ditunjukkan oleh guru , (mengamati)
2.
Peserta didik diminta mengajukan
pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap
kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari
gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
3.
Peserta
didik diajak berdiskusi tentang kegiatan-kegiatan di siang hari.
4. Peserta
didik diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan siang
hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan Peserta didik di papan tulis agar
dapat di baca oleh Peserta didik lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan,
guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan
pertanyaan yang memancing ingatan Peserta didik.
5. Untuk
memperkuat pemahaman tentang kosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan
menyusun kartu huruf menjadi kata.
6. Guru
meminta peserta didik berkelompok
7. Guru
membagikan kartu-kartu huruf kepada peserta didik
8. Peserta
didik menyusun kartu-kartu huruf menjadi kata yang berhubungan dengan kegiatan
di siang hari.
9. Setelah
itu peserta didik diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa
kata yang berhubungan dengan kegiatan siang hari.
10. Guru
melanjutkan dengan diskusi berkaitan dengan kegiatan siang hari di rumah.
Diskusi juga diarahkan untuk membahas aturan-aturan yang harus diikuti saat
berada di rumah, khususnya pada siang hari.
11. Bersama kelompok
masing-masing Peserta didik diminta mendiskusikan kegiatan-kegiatan pada siang
hari sepulang sekolah yang sesuai dengan aturan di rumah.
12. Setelah
waktu yang diberikan habis, guru memberi kesempatan kepada Peserta didik yang
mau menceritakan kepada temannya di depan kelas.
13. Selesai
diskusi guru mengajak peserta didik bermain sambil melakukan gerak cepat dalam
tari.
14. Guru
menggunakan musik yang temponya cepat. Seperti lagu Tarian Ayam (Chicken Dance)
yang bisa di lihat di internet.
15. Peserta
didik diminta menirukan gerakan tari Ayam yang diperagakan guru
16. Peserta
didik diminta memeragakanTarian Ayam secara mandiri atau berkelompok.
17. Setelah
semua Peserta didik selesai mencoba memeragakan,
guru meminta seluruh kelas melakukan gerakan Tarian Ayam (Chicken Dance).
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
1.
Guru
menanyakan bagaimana perasaan Peserta didik selama mengikuti
kegiatan pada hari ini
2.
Guru
menanyakan apa yang sudah di mengerti dan apa yang belum dimengerti
3.
Peserta
didik menyimpulkan kegiatan belajar.
4.
Peserta
didik melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
5.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya tentang kebiasan
yang baik dan tidak baik yang dilakukan di rumah pada siang hari.
H. Penilaian
1.
Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual
dan sosial)
1). Observasi selama kegiatan(jurnal)
b. Pengetahuan
1). Tes tertulis
Menyelesaikan
Lembar Kerja tentang kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan siang hari.
2). Penugasan
Penugasan diskusi berkelompok (format lembar hasil
diskusi dan instrument penilaian terlampir)
c. Keterampilan
1). Praktek
Praktek memeragakan gerak cepat dalam tarian (instrument
penilaian terlampir)
2) Produk
Menyusun Kartu huruf menjadi kata.
2. Instrumen
penilaian
a.
Sampel butir soal (Terlampir )
3.
Pembelajaran Remedial
•
melakukan pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
4.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik
yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan
untuk perluasan dan/atau pendalaman
materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugas membuat kalimat dengan
menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan di siang hari.
Lampiran Penilaian
1. Penilaian sikap
Penilaian Diri /Observasi (penilaian Penunjang )
No
|
Waktu
|
Nama
Anak
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Bahasa Indonesia
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Nilai ( Skor
|
1
|
….i…..n g
|
Siang
|
10
|
2
|
P….l a….g
|
Pulang
|
10
|
3
|
….a k ….n
|
Makan
|
10
|
4
|
T…..d u …
|
Tidur
|
10
|
5
|
S e …o l….h
|
Sekolah
|
10
|
6
|
p…..n….s
|
Panas
|
10
|
7
|
B e….m a….n
|
Bermain
|
10
|
8
|
I s ….i r a h….
|
Istirahat
|
10
|
9
|
….u m ….h
|
Rumah
|
10
|
10
|
T …. n….an
|
Tangan
|
10
|
|
|
Jumlah
|
100
|
b. PPKN
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Nilai ( Skor
|
1
|
Setelah pulang sekolah dayu meletakkan sepatu di…
|
Rak sepatu
|
20
|
2
|
Seragam sekolah tidak boleh dipakai untuk…
|
Bermain
|
20
|
3
|
Sebelum makan kita harus mencuci..
|
Tangan
|
20
|
4
|
Nasehat orang tua harus kita…
|
Patuhi
|
20
|
5
|
Tidur siang membuat badan kita menjadi…
|
Segar
|
20
|
|
|
Jumlah
|
100
|
c.
SBDP
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Nilai ( Skor
|
1
|
Tarian ayam merupakan gerak tarian yang dilakukan
dengan…
|
Cepat
|
20
|
2
|
Gerakan yang iringannya lambat maka gerakan harus
dilakukan dengan…
|
Lambat
|
20
|
3
|
Tari saman berasal dari…
|
Aceh
|
20
|
4
|
Dalam menari
kita diiringi dengan irama..
|
Musik
|
20
|
5
|
Dayu melakukan tari ayam dengan hati…
|
gembira
|
20
|
|
|
Jumlah
|
100
|
3.
Penilaian Ketrampilan
Ketrampilan
|
Kriteria
|
|||
Sangat baik
|
baik
|
cukup
|
Perlu pendampingan
|
|
Menyusun kartu huruf
menjadi kata
|
Hanya terdapat palig
banyak 1 kesalahan
|
Terdapat 2-3 kesalahan
|
Terdapat 4-5 Kesalahan
|
Terdapat lebih dari 5
kesalahan
|
Memeragakan gerak cepat
dalam tarian
|
Melakukan gerakan dengan
sempurna dari awal sampai akhir tanpa interval
|
Melakukan gerakan dengan
sempurna dari awal sampai akhir dengan sedikit interval
|
Gerakan tidak sempurna
dan butuh asistensi khusus yang cukup
|
Belum mampu melakukan
gerakan
|
- Menyusun kartu huruf
menjadi kata
No
|
Nama siswa
|
Hanya terdapat paling banyak 1 kesalahan
|
Terdapat 2-3 kesalahan
|
Terdapat 4-5 Kesalahan
|
Terdapat lebih dari 5 kesalahan
|
Predikat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Memeragakan gerak
cepat dalam tarian
No
|
Nama
|
Melakukan gerakan dengan
sempurna dari awal sampai akhir tanpa interval
|
Melakukan gerakan dengan
sempurna dari awal sampai akhir dengan sedikit interval
|
Gerakan tidak sempurna
dan butuh asistensi khusus yang cukup
|
Belum mampu melakukan
gerakan
|
Predikat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Tirto,
16 Oktober 2017
Kepala Madrasah Guru
Kelas I B
Abdul Aziz, S.Ag Tri
Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP. 19690604199803 1 002 NIP.
19780419 200710 2 001
Lampiran 1
Lembar
Penilaian Sikap anak
No
|
Waktu
|
Nama
Anak
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2
Lembar
Kerja Siswa
No
|
Soal
|
Jawaban
|
1
|
….i…..n g
|
|
2
|
P….l a….g
|
|
3
|
….a k ….n
|
|
4
|
T…..d u …
|
|
5
|
S e …o l….h
|
|
6
|
p…..n….s
|
|
7
|
B e….m a….n
|
|
8
|
I s ….i r a h….
|
|
9
|
….u m ….h
|
|
10
|
T …. n….an
|
|
|
|
|
Nama :
|
||
No :
|
||
Nilai
|
Paraf
Guru
|
Paraf
Ortu
|
|
|
|
Lampiran 3
Lembar
Kerja Siswa
PPKN
No
|
Soal
|
Jawaban
|
1
|
Setelah pulang sekolah dayu meletakkan sepatu di…
|
|
2
|
Seragam sekolah tidak boleh dipakai untuk…
|
|
3
|
Sebelum makan kita harus mencuci..
|
|
4
|
Nasehat orang tua harus kita…
|
|
5
|
Tidur siang membuat badan kita menjadi…
|
|
|
|
|
SBDP
No
|
Soal
|
Jawaban
|
1
|
Tarian ayam merupakan gerak tarian yang dilakukan
dengan…
|
|
2
|
Gerakan yang iringannya lambat maka gerakan harus
dilakukan dengan…
|
|
3
|
Tari saman berasal dari…
|
|
4
|
Dalam menari
kita diiringi dengan irama..
|
|
5
|
Dayu melakukan tari ayam dengan hati…
|
|
|
|
|
Nama :
|
||
No :
|
||
Nilai
|
Paraf
Guru
|
Paraf
Ortu
|
|
|
|
Lampiran 4
Lembar
Penilaian Menyusun kartu-kartu huruf menjadi kata
No
|
Nama siswa
|
Hanya terdapat paling banyak 1 kesalahan
|
Terdapat 2-3 kesalahan
|
Terdapat 4-5 Kesalahan
|
Terdapat lebih dari 5 kesalahan
|
Predikat
|
1
|
Afizah
|
|
|
|
|
|
2
|
Albir
|
|
|
|
|
|
3
|
Aqila
|
|
|
|
|
|
4
|
Brillian
|
|
|
|
|
|
5
|
Burhan
|
|
|
|
|
|
6
|
Dita
|
|
|
|
|
|
7
|
Firhan
|
|
|
|
|
|
8
|
Dova
|
|
|
|
|
|
9
|
Putri
|
|
|
|
|
|
10
|
Keysha
|
|
|
|
|
|
11
|
Lukman
|
|
|
|
|
|
12
|
Fathur
|
|
|
|
|
|
13
|
Achya
|
|
|
|
|
|
14
|
Habibi
|
|
|
|
|
|
15
|
Nabilla
|
|
|
|
|
|
16
|
Anggita
|
|
|
|
|
|
17
|
Naufal
|
|
|
|
|
|
18
|
Raffa
|
|
|
|
|
|
19
|
Rasya
|
|
|
|
|
|
20
|
Qorisya Raykhatus S
|
|
|
|
|
|
21
|
Rayga Ammar Saputra
|
|
|
|
|
|
22
|
Siti Lusiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
5
Lembar
penilaian memeragakan tari Ayam
No
|
Nama
|
Melakukan gerakan dengan
sempurna dari awal sampai akhir tanpa interval
|
Melakukan gerakan dengan
sempurna dari awal sampai akhir dengan sedikit interval
|
Gerakan tidak sempurna
dan butuh asistensi khusus yang cukup
|
Belum mampu melakukan
gerakan
|
Predikat
|
1
|
Afizah
|
|
|
|
|
|
2
|
Albir
|
|
|
|
|
|
3
|
Aqila
|
|
|
|
|
|
4
|
Brillian
|
|
|
|
|
|
5
|
Burhan
|
|
|
|
|
|
6
|
Dita
|
|
|
|
|
|
7
|
Firhan
|
|
|
|
|
|
8
|
Dova
|
|
|
|
|
|
9
|
Putri
|
|
|
|
|
|
10
|
Keysha
|
|
|
|
|
|
11
|
Lukman
|
|
|
|
|
|
12
|
Fathur
|
|
|
|
|
|
13
|
Achya
|
|
|
|
|
|
14
|
Habibi
|
|
|
|
|
|
15
|
Nabilla
|
|
|
|
|
|
16
|
Anggita
|
|
|
|
|
|
17
|
Naufal
|
|
|
|
|
|
18
|
Raffa
|
|
|
|
|
|
19
|
Rasya
|
|
|
|
|
|
20
|
Qorisya Raykhatus S
|
|
|
|
|
|
21
|
Rayga Ammar Saputra
|
|
|
|
|
|
22
|
Siti Lusiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 6
Lembar
Diskusi
No
|
Nama Kegiatan
|
Keterangan
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar