Silabus Kelas V
Tema 1 :
Organ Gerak Hewan dan Manusia
Alokasi Waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
1.1 Menerima
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap jujur sesuai nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memilah nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan penerapan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Nilai-nilai yang terkandung
dalam sila Pancasila
|
Subtema 1: Di Kandang Kelinci
(32 jam pelajaran)
·
Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia
·
Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
·
Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf
·
Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan
·
Menyelesaikan soal tentang pangkat dua bilangan cacah
·
Mengamati dan menceritakan gambar cerita tentang kelinci
·
Mengamati rangka organ gerak kelinci, burung, katak,
ikan, dan kadal
·
Membaca bacaan gerak hewan
·
Mengidentifikasi dan menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila
·
Melakukan operasi pangkat tiga bilangan cacah
·
Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia
·
Mengidentifikasi dan menemukan contoh perilaku-perilaku yang
sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila
·
Merangkai sebuah cerita berdasarkan gambar
·
Melakukan gerakan menirukan gerakan
kelinci
·
Membaca teks berkaitan dengan gerak hewan
·
Menyusun cerita dengan menentukan ide pokok
·
Menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk gambar cerita
·
Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata
Subtema 2: Sehat dan
Bermanfaat (32 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia
·
Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia
·
Menentukan ide pokok setiap paragraph dalam bacaan.
·
Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf
·
Menyelesaikan soal tentang pangkat tiga bilangan cacah
·
Mengamati gambar tulang sebagai salah satu organ gerak manusia
·
Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf
·
Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia
·
Mengidentifikasi manfaat keragaman flora dan fauna sebagai sumber makanan bagi kesehatan organ gerak
·
Melakukan gerakan menendang, menerima, dan menggiring bola
·
Diskusi untuk memahami fungsi masing-masing tulang pada manusia
·
Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia
·
Mengamati peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi
·
Mencari data tentang jumlah penduduk di daerah tempat tinggalnya
·
Membaca dan menulis untuk menentukan ide pokok dari bacaan
·
Melakukan operasi pangkat dua bilangan cacah
·
Mengamati gambar kenampakan alam dan buatan
·
Menyebutkan kondisi geografis masing-masing pulau besar di Indonesia
·
Memahami kondisi iklim di Indonesia
·
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·
Melakukan operasi pangkat dua bilangan cacah
·
Mengidentifikasi manfaat organ gerak manusia
·
Melakukan gerakan-gerakan menyundul, mengontrol
bola dengan dada, dan menghentikan bola yang
datangnya dari atas
·
Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf
·
Menggambar bentuk dan letak otot-otot pada manusia
·
Menyebutkan macam-macam gerak otot
·
Menggambar organ gerak manusia
Subtema 3: Berkubang Tanah
Mencari Nafkah (32 jam pelajaran)
·
Menentukan ide pokok setiap paragraph dalam bacaan
·
Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
·
Menentukan hasil akar pangkat tiga bilangan cacah
·
Mengamati gambar tulang manusia
·
Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf
·
Menyebutkan berbagai jenis tulang manusia
·
Melakukan gerakan menendang, menerima, dan menggiring bola
·
Diskusi mengenai fungsi tulang pada manusia
·
Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia
·
Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat
·
Membuat kliping pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat
·
Membuat laporan tentang perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·
Melakukan operasi akar pangkat tiga bilangan cacah
·
Menyebutkan asal daerah beberapa identitas budaya
·
Menjelaskan fungsi bandara dan pelabuhan yang ada di daerahnya
·
Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya masyarakat
·
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·
Melakukan gerakan-gerakan service, smash, dan block bola
·
Menyebutkan kelainan otot akibat kesalahan gerak
·
Menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk gambar cerita
·
Membuat komik atau cerita bergambar berdasarkan teks
|
Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
4.1 Menyajikan pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan
secara lisan, tulis, dan visual
|
·
Teks tentang organ gerak
hewan dan manusia
·
Ide pokok dari paragraf
·
Cerita berdasarkan gambar
|
|
Matematika
3.1 Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan
tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan
(pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
|
·
Operasi pangkat dua
bilangan cacah
·
Operasi pangkat tiga bilangan cacah
·
Akar pangkat tiga bilangan cacah
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.1 Memahami alat gerak dan fungsinya
pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
4.1 Membuat model sederhana alat
gerak manusia atau hewan
|
Rangka organ
gerak hewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal)
Organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata
Organ gerak manusia:
·
Gambar tulang
·
Jenis Tulang
·
Fungsi Tulang
·
Manfaat organ gerak
manusia
Otot manusia:
·
Bentuk dan letak otot manusia
·
Macam-macam gerak otot
·
Kelainan/ gangguan otot pada manusia
|
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi
|
· Kondisi geografis Indonesia
· Potensi kekayaan alam Indonesia
· Kepadatan penduduk tiap provinsi
· Keberagaman penduduk di daerah tempat tinggalnya
· Kenampakan alam dan buatan
· Keragaman flora dan fauna di Indonesia
· Kebudayaan daerah
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1
Memahami gambar cerita
4.1 Membuat gambar cerita
|
· Gambar cerita/komik tentang organ gerak manusia
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan
3.1 Menerapkan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
|
· Gerakan dasar dalam bola basket (melempar, menerima umpan, dan menggiring)
· Gerakan dasar dalam sepak bola (menendang,
menerima, dan menggiring bola, menyundul, mengontrol bola dengan dada, dan menghentikan bola)
· Gerakan dasar dalam bola voli (service, smash, dan block bola)
|
Tema 2 :
Udara Bersih
Alokasi Waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
1.2 Menerima
dengan tulus makna kewajiban, hak dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat
3.2 Mengemukakan
pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Kewajiban,
hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Bagaimana Tubuh
Mengolah Udara Bersih (32 jam pelajaran)
·
Menyebutkan dan
mempresentasikan informasi terkait dengan pertanyaan apa, di mana, kapan, dan siapa
·
Menemukan informasi
dan membuat bagan cara kerja
tentang organ-organ pernapasan hewan
·
Menghitung dan
menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan pecahan dengan
penyebut berbeda
·
Menjelaskan dan mempraktikkan prosedur kombinasi lempar-tangkap dan berjalan dalam permainan bola kecil
·
Mendeskripsikan dan membuat bagan cara kerja organ-organ
pernapasan pada manusia
·
Menjelaskan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor
·
Menyanyikan lagu “Hari Merdeka”
·
Bermain alat musik sederhana
·
Membaca informasi dan menjelaskan makna tanggung jawab
sebagai warga masyarakat
·
Mengamati gambar atau membaca teks tentang pelaksanaan pengambilan
keputusan dalam pemilihan ketua RT,
Ketua RW, atau kepala desa
·
Menjelaskan prosedur, menghitung, dan menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan penjumlahan pecahan campuran dan pecahan biasa dengan
penyebut berbeda
·
Melakukan kegiatan wawancara jenis-jenis usaha dan kegiatan
ekonomi
·
Membaca informasi, mengidentifikasi, dan mempresentasikan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia
dalam bidang: pertanian, peternakan, perkebunan dan kehutanan, perikanan, pertambangan
dan perindustrian
·
Membaca teks dalam buku.
·
Membaca informasi,
mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia
dalam bidang jasa
·
Melakukan presentasi dan
menyajikan satu
produk unggulan dari daerah setempat yang merepresentasikan jenis-jenis usaha
dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat
·
Melakukan presentasi dan
menceritakan hasil pengamatannya atas pelaksanaan pengambilan keputusan
dalam pemilihan ketua RT, ketua RW,
atau kepala desa sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Menjelaskan dan mempraktikkan prosedur kombinasi lempar-tangkap dan berjalan dalam permainan bola kecil
·
Mempraktikkan
permainan kiper
·
Membaca teks, mengidentifikasi,
dan membuat bagan fungsi organ pernapasan pada manusia
·
Melakukan praktik/ memainkan
alat musik sederhana
·
Membaca teks dan
mengidentifikasi ciri-ciri lagu bertangga nada minor
·
Menyimak penjelasan guru,
membaca teks dan menjelaskan
jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Melakukan diskusi dan mengambil
keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Menyanyikan lagu
bertangga nada mayor dan minor
Subtema 2: Udara Bersih Bagi Pernapasan (32 jam pelajaran)
·
Membaca teks berkaitan dengan
penyebab gangguan pernapasan
·
Membuat kalimat yang berhubungan
dengan kata tanya apa, siapa, dimana,
bagaimana, mengapa
·
Menghitung dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penjumlahan pecahan campuran dengan penyebut berbeda
·
Menendang bola secara
berpasangan
·
Melakukan gerak tari menggunakan
properti
·
Menghubungkan hak, kewajiban dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Menghitung dan memecahkan
masalah berkaitan dengan pengurangan dua pecahan biasa berpenyebut berbeda
·
Mengidentifikasi jenis-jenis
usaha ekonomi baik perorangan maupun kelompok
·
Membaca cerpen berkaitan dengan
tanggung jawab
·
Menjawab pertanyaan dari teks
yang berkaitan dengan kata tanya apa,
berapa, siapa, bagaimana, mengapa , dimana
·
Membaca pengaruh kegiatan
ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat (produksi, distribusi dan konsumsi)
·
Melakukan gerakan menggiring dan
menendang bola kecil
·
Mengamati tarian daerah yang
menggunakan properti
·
Memberikan contoh nilai-nilai
penting dalam pengambilan keputusan secara musyawarah dan mufakat
Subtema 3: Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
(32 jam pelajaran)
·
Membaca teks yang berkaitan
dengan hal-hal yang menyebabkan kerusakan organ pernapasan
·
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan bilangan pecahan
·
Mencari ciri-ciri dari karya
gambar cerita
·
Membuat gambar cerita
tentang cara memelihara organ
pernapasan manusia
·
Membaca teks berkaitan dengan
cara memelihara organ pernapasan
·
Membuat poster tentang cara
merawat organ pernapasan
·
Memantulkan dan menangkap bola
kecil
·
Memecahkan masalah dari soal
cerita yang berkaitan dengan bilangan pecahan campuran
·
Menjawab pertanyaan dari teks
yang berkaitan dengan memelihara kesehatan
·
Menjelaskan pemanfaatan barang
bekas
·
Melakukan gerak mengambil bola
kecil dengan permainan daerah
·
Membuat cerita bergambar
diwarnai
·
Melakukan teknik pewarnaan
gambar
|
Bahasa Indonesia
3.2 Mengklasifikasi
informasi yang didapat dari buku ke dalam
aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana
4.2 Menyajikan hasil klasifikasi
informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa,
dan bagaimana menggunakan kosakata
baku
|
·
Teks/informasi terkait
dengan pertanyaan: apa, di mana, kapan,
dan siapa
·
Wawancara
|
|
Matematika
3.2 Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan
penyebut berbeda
|
Penjumlahan dan pengurangan
pada pecahan dengan penyebut berbeda:
·
Pecahan biasa
·
Pecahan campuran
·
Desimal
·
Persen
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.2. Memahami
organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara
kesehatan organ pernapasan manusia
4.2.Membuat model sederhana organ pernapasan manusia
|
· Organ
pernapasan pada manusia
·
Organ pernapasan pada hewan
·
Cara memelihara organ pernapasan
pada manusia
|
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.3.Menganalisis peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
|
Kegiatan ekonomi untuk
meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dalam bidang:
·
Pertanian
·
Peternakan
·
Perkebunan dan kehutanan
·
Perikanan
·
Pertambangan
·
Perindustrian
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Memahami gambar
cerita
4.1 Membuat gambar
cerita
3.2 Memahami tangga
nada
4.2 Menyanyikan
lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik
3.3 Memahami Pola
lantai dalam Tari kreasi daerah
4.3 Mempraktekkan Pola lantai dalam Tari kreasi daerah
|
· Gambar ilustrasi (komik,
karikatur, kartun)
· Tangga nada
· Lagu-lagu berbagai tangga nada
dengan iringan musik
· Pola lantai tari kreasi daerah
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
3.2 Menerapkan prosedur kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
|
Kasti:
·
Melambungkan bola
·
Melempar bola
·
Menangkap bola
·
Memukul bola
Rounders:
·
Melambungkan bola
·
Melemparkan bola
·
Menangkap bola
·
Memukul bola
|
Tema 3 :
Makanan Sehat
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Menerima dengan tulus keberagaman sosial budaya masyarakat sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam
keberagaman sosial budaya
masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika
3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya
masyarakat
4.3
Menyelenggarakan kegiatan yang
mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat
|
· Keberagaman sosial budaya masyarakat
|
Subtema
1: Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan (32 jam pelajaran)
· Mengamati
gambar iklan tentang makanan sehat
· Mengidentifikasikan
struktur kalimat pada iklan media cetak
· Menuliskan
hasil pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran
· Melaporkan
hasil pengamatan
· Mencermati
teks bacaan tentang organ-organ pencernaan hewan
· Mencari
informasi dalam kelompok tentang organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya
· Mencermati
penjelasan guru tentang prosedur dan menghitung hasil perkalian pecahan biasa
· Memecahkan
soal cerita yang berkaitan dengan perkalian pecahan biasa
· Mencermati
penjelasan guru tentang prosedur kombinasi jalan dan lari dalam
permainan/olah raga
· Melakukan
gerak kombinasi jalan dan lari dalam permainan/olah raga
· Mengamati
iklan media cetak tentang pentingnya air
· Menyebutkan
unsur-unsur iklan
· Menggali
informasi dari teks bacaan
· Mendeskripsikan
organ-organ pencernaan pada manusia
· Membuat
poster tentang sistem pencernaan manusia
· Membedakan
organ pencernaan hewan dan manusia
· Mencermati
teks informasi tentang lagu bertangga nada mayor dan minor
· Menjelaskan
ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor
· Menyanyikan
Lagu “Mars Hidup Sehat”
· Mengamati
dan melaporkan interaksi sosial budaya lingkungan sekitar
· Membuat
cerita sederhana tentang interaksi yang memiliki tingkat keragaman agama,
budaya, dan adat istiadat
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perkalian pecahan campuran
· Mengidentifikasi
interaksi manusia dengan lingkungan
alam dan sosial sekitarnya
· Menjelaskan
makna keanekaragaman yang tercermin dari cerita yang disajikan
· Melakukan
kombinasi gerak lari dan lompat
· Melengkapi
diagram sistem pencernaan manusia
· Melengkapi
informasi fungsi organ pencernaan manusia
· Memainkan
alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor
· Merancang
iklan media cetak bersama kelompok
· Menyajikan
kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual
· Mendiskusikan
makna keragaman dalam proses kerjasama
·
Menyanyikan
lagu “Mars Hidup Sehat” diiringi alat musik ritmis sederhana
Subtema
2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh (32 jam pelajaran)
·
Mengamati iklan media
elektronik
·
Mendemonstrasikan iklan media
elektronik hasil pengamatan
·
Mengidentifikasi ciri-ciri
bahasa iklan elektronik
·
Mencermati teks bacaan
tentang makanan sehat
·
Menjelaskan macam-macam
gangguan pada organ pencernaan
·
Membuat poster yang menggambarkan dampak makanan
kurang sehat terhadap organ pencernaan
·
Membuat larutan elektrolit
dengan komposisi tertentu
·
Melakukan gerak kombinasi
lari dan lempar
·
Membaca teks bacaan tentang penyebab gangguan pada organ
pencernaan
·
Mencari informasi tentang
properti tari
·
Mengidentifikasi aktivitas
masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya
·
Membuat laporan hasil
pengamatan tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan
sosial budaya
·
Menceritakan keanekaragaman
adat istiadat di lingkungan sekitar
·
Mencermati percakapan tentang
takaran bahan untuk membuat kue
·
Berlatih mengerjakan
soal yang berkaitan dengan pembagian
pecahan campuran
·
Menuliskan alasan perlunya
gotong royong walaupun memiliki perbedaan dalam hal agama, suku bangsa,
pekerjaan, dan usia
·
Menceritakan
tentang keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya
·
Mengamati
lingkungan sekitar dalam upaya
pembangunan sosial budaya Indonesia
·
Mengidentifikasi
aktivitas masyarakat sekitar dalam
upaya pembangunan sosial budaya Indonesia.
·
Melaporkan
aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia
·
Mengamati
iklan tentang kesehatan
·
Mengidentifikasi
struktur kalimat iklan yang diamatinya
·
Mencatat
informasi yang disampaikan iklan tentang kesehatan pada organ pencernaan
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pembagian pecahan campuran
·
Mempraktikkan
kombinasi gerak lari dan lempar dalam permainan
·
Melengkapi
peta pikiran tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan
·
Mengidentifikasi
penyebab gangguan pada organ pencernaan
·
Membuat
model dan mengulas kembali tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan
manusia
·
Memeragakan
gerak tari daerah menggunakan properti dengan iringan tari
·
Menjawab
pertanyaan berdasarkan bacaan tentang keanekaragaman adat istiadat sosial budaya dalam masyarakat
·
Membuat booklet yang menceritakan keberagaman
adat istiadat dan memberikan contoh kegiatan yang mendukung keberagaman
sosial budaya dalam masyarakat
Subtema
3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan
Sehat (32 jam pelajaran)
·
Menjelaskan
iklan elektronik
·
Mendemonstrasikan
keunggulan produk/jasa dari iklan tersebut
·
Menghitung dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan desimal
·
Membuat
karya poster berbagai macam penyakit yang mengganggu organ pencernaan manusia
·
Menjelaskan
berbagai macam penyakit yang mengganggu organ pencernaan manusia
·
Mencermati
gambar prosedur kombinasi gerak lompat dan lempar dalam permainan
·
Mempraktikkan
kombinasi gerak lompat dan lempar dalam permainan
·
Mencermati
teks informasi dan mengidentifikasi jenis dan fungsi karya seni rupa daerah
·
Menggali
informasi dan mengidentifikasi pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya di
Indonesia
·
Mencermati
informasi dari artikel tentang nilai-nilai kebersamaan dalam keanekaragaman
·
Membuat
gambar yang menceritakan kebersamaan dalam keanekaragaman
·
Melakukan
diskusi tentang pentingnya nilai kebersamaan dalam keanekaragaman sosial
budaya
·
Mempresentasikan
informasi produk iklan dari media cetak atau elektronik dengan lisan, tulis,
dan visual (gambar, film)
·
Mencermati penjelasan dan
menyebutkan prosedur pembagian pecahan desimal
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pembagian pecahan desimal
·
Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar jalan, lari, dan lompat melalui permainan
·
Mengidentifikasi berbagai
macam penyakit yang mempengaruhi organ pencernaan manusia
·
Mempresentasikan berbagai
penyakit yang mempengaruhi organ pencernaan manusia
·
Merancang karya motif batik
|
Bahasa
Indonesia
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan
dari media cetak atau elektronik
4.4 Memeragakan informasi yang disampaikan paparan iklan dari
media cetak atau elektronik
|
· Teks iklan
· Struktur kalimat iklan
· Informasi dari iklan media cetak/elektronik
|
|
Matematika
3.3
Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan
|
Perkalian
dan pembagian pada
pecahan:
· Pecahan biasa
· Pecahan campuran
· Desimal
· Persen
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.3 Memahami organ pencernaan dan
fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ
pencernaan manusia
4.3 Menyajikan karya (misalnya
poster, model, atau bermain peran) tentang konsep organ dan fungsi pencernaan
pada hewan atau manusia
|
Organ Pencernaan pada manusia dan hewan
· Organ pencernaan pada manusia
· Organ pencernaan pada hewan
· Cara menjaga kesehatan organ pencernaan
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2
Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya
terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat
Indonesia
|
· Interaksi sosial budaya
· Sosialisasi/enkulturasi
· Pembangunan sosial budaya
· Pembangunan ekonomi
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2
Memahami tangga nada
4.2
Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik
3.3
Memahami pola lantai dalam tari
kreasi daerah
4.3
Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi dearah
3.4
Memahami karya seni rupa daerah
4.4
Membuat karya seni rupa daerah
|
· Tangga nada
· Lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan
iringan musik
· Pola lantai
tari kreasi daerah
· Jenis dan bentuk karya seni rupa daerah
· Pembuatan
karya topeng, wayang, ukiran batik, ronce, dan lain-lain
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.3 Menerapkan prosedur kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/
olahraga yang dimodifikasi dan/atau olahraga tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
|
Kombinasi
pola gerak dasar pembelajaran atletik lompat jauh:
· Awalan
· Tumpuan
· Melayang di udara
· Mendarat
Lempar:
· Awalan
· Tolakan
· Gerak ikutan
|
Tema 4 :
Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2 Menerima dengan tulus makna kewajiban, hak
dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2 Mengemukakan
pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Kewajiban, hak dan tanggung
jawab sebagai sebagai warga masyarakat
|
Subtema 1: Peredaran Darahku Sehat (32 jm pelajaran)
· Menganalisis ciri-ciri dan bagian-bagian pantun
· Menyimak isi dan amanat yang terdapat pada pantun
· Menggolongkan pantun yang dibaca (pantun anak,
muda, tua) dan jenisnya (nasehat, suka cita )
· Membaca wacana tentang kewajiban, hak, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
· Mencoba mencari solusi pemecahan masalah tentang
hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat sebagai keputusan bersama
· Menyebutkan interaksi sosial yang terjadi di
masyarakat
· Mengidentifikasi dampak dari permasalahan yang
terjadi dalam kehidupan bermasyarakat
terhadap pembangunan (sosial, ekonomi, dan budaya)
· Mencari informasi organ-organ yang berkaitan
dengan peredaran darah manusia dan hewan
· Mengamati gambar alur peredaran darah manusia dan
hewan
· Melengkapi gambar dan membuat gambar alur
peredaran darah manusia dan hewan
· Menghitung detak jantung teman dengan atau tanpa
alat
· Melompat, berlari dengan waktu dan jarak tertentu
· Merumuskan dengan kalimat sendiri bahwa kecepatan
sebagai pembagian jarak dan waktu tempuh
· Menggali informasi tentang gerak lokomotor
(disertai perpindahan tempat, contoh berlari ) dan gerak non lokomotor (tanpa
perpindahan tempat,contoh: lompat )
· Menyebutkan contoh gerak lokomotor dan non
lokomotor
· Mempraktikkan gerak lokomotor dan non lokomotor
sambil bernyanyi dengan menggunakan berbagai tangga nada
Subtema 2 : Gangguan Kesehatan Pada Peredaran
Darah (32 jam pelajaran)
· Membaca contoh pantun tentang kesehatan tubuh
· Membuat pantun bertema kesehatan tubuh
· Mencari berbagai informasi tentang darah dan
penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia dari sumber belajar
·
Menjelaskan penggunaan
jarak, waktu, dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari
· Menyelesaikan soal cerita tentang jarak, waktu, dan kecepatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
·
Melakukan
pengamatan aktivitas masyarakat di sekitarnya dalam pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi
· Mengidentifikasi interaksi manusia dan lingkungan
melalui cerita
· Menyimak cerita/video/film/gambar tentang
pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mencari informasi dari
berbagai sumber belajar tentang pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
· Mengidentifikasi cara pengambilan keputusan
bersama
·
Melakukan
gerak dasar kuda-kuda (depan, belakang, samping, dan
silang) dan gerak langkah (lurus,
zig-zag, huruf U, segitiga, segi
empat, dan huruf S) dalam bela diri
Subtema 3 : Cara Memelihara Kesehatan Peredaran
Darah (32 jam pelajaran)
·
Mengidentifikasi
hal-hal yang termasuk hak dan kewajiban dari tayangan video/film/gambar
·
Membuat
pantun yang bertema hak dan kewajiban dalam bermasyarakat serta membacakannya
·
Bermain
peran tentang mengambil keputusan bersama sebagai wujud tanggung jawab dalam
kehidupan sehari- hari
·
Mengisi
tabel hak dan kewajiban yang sudah/belum dilakukan di rumah, sekolah, dan
masyarakat
·
Mengisi
tabel jarak dari rumah ke sekolah, waktu berangkat, kendaraan yang digunakan
dan waktu tiba selama 1 minggu
·
Menghitung
kecepatan rata-rata selama 1 minggu datang ke sekolah berdasarkan tabel yang
dibuatnya
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
·
Mengkonversikan
satuan kecepatan berdasarkan tabel yang dibuat
·
Mendata
cara ke sekolah dan mengaitkan dengan cara menjaga kesehatan
·
Melakukan
diskusi mengenai cara menjaga kesehatan khususnya organ peredaran darah
·
Mempraktikkan
gerakan pencak silat (kuda-kuda dan gerak langkah kaki) berdasarkan model
·
Membuat
dan mempresentasikan karya komik tentang dirinya dikaitkan dengan hak dan
kewajiban
|
Bahasa
Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan
dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
|
Pantun:
·
Bagian-bagian pantun
·
Ciri-ciri pantun
·
Membuat pantun dengan tema
tertentu
·
Menggolongkan pantun
|
|
Matematika
3.4 Menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan
jarak dengan waktu
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan, jarak, dan waktu
|
Jarak,
Kecepatan dan Waktu:
· Pengertian Jarak, Kecepatan dan Waktu
· Rumus Jarak, Kecepatan dan Waktu
· Menyelesaikan soal cerita
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.4
Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta
cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
4.4
Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
|
· Organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia
· Organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan
· Peredaran darah besar dan Peredaran
darah kecil
· Cara menjaga kesehatan peredaran
darah Manusia
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
|
·
Interaksi manusia dan
lingkungannya
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1
Memahami gambar cerita
4.1
Membuat gambar cerita
3.2
Memahami tangga nada.
4.2
Menyanyikan lagu-lagu alam berbagai tangga nada dengan iringan musik
3.3
Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah
4.3
Mempraktikkan pola lantai pada tari kreasi daerah
|
·
Tangga
nada dalam musik
· Ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor
· Menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor
· Bermain alat musik sederhana
· Pola lantai dalam tari kreasi daerah
· Gambar ilustrasi (komik,
karikatur, kartun)
· Proses pembuatan gambar ilustrasi (komik,
karikatur, kartun)
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.4 Menerapkan prosedur variasi gerak
dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
4.4 Mempraktikkan
variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar
seni beladiri**
|
·
Variasi
gerak sikap kuda-kuda/pasang dalam seni bela diri
|
Tema 5 :
Ekosistem
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima
dengan tulus manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
2.4 Bersikap jujur dalam penerapan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya
3.4 Menggali manfaat
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup
4.4 Menceritakan manfaat
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
|
·
Peristiwa
Sumpah Pemuda 1928
·
Usaha
yang dilakukan para pemimpin bangsa demi terciptanya NKRI
·
Peta
wilayah NKRI
|
Subtema 1 :
Komponen Ekosistem (32 jam pelajaran)
·
Mencermati teks non fiksi
yang disajikan dalam bacaan
·
Menyimak penjelasan dan
mencermati teks bacaan, serta membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan
bacaan
·
Membuat bagan penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya
·
Membuat teks non fiksi
tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
·
Mengidentifikasi delapan arah
mata angin dalam teks bacaan
·
Menggambarkan delapan arah
mata angin menggunakan busur derajat
·
Mempraktikkan gerakan-gerakan
yang menambah daya tahan jantung dan paru-paru
·
Menemukan pokok pikiran dalam
bacaan teks non fiksi
·
Membuat pertanyaan-pertanyaan
sehubungan dengan teks bacaan
·
Melengkapi bagan klasifikasi
hewan berdasarkan jenis makanannya
·
Membuat teks non fiksi
tentang hewan pilihannya dilihat berdasarkan
jenis makanannya
·
Mengenal perbedaan tangga
nada mayor dan minor dengan menyanyikan lagu bertema hewan
Subtema
2 :
Hubungan
antar Mahkluk Hidup dalam Ekosistem
(32 jam pelajaran)
·
Menyebutkan
informasi penting dari setiap paragraf dalam teks nonfiksi yang
disajikan
·
Menjelaskan rantai makanan
yang ada pada suatu ekosistem
·
Menyatakan letak suatu benda
terhadap benda lain berdasarkan arah mata angin
·
Menggambar arah mata angin
·
Menjelaskan prosedur melakukan aktivitas fisik dari
sisi rentang waktu yang lama untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru
·
Mempraktikkan prosedur melakukan aktivitas fisik
dari sisi rentang waktu yang lama untuk meningkatkan daya tahan jantung dan
paru
·
Menyebutkan
peristiwa-peristiwa bersejarah penting dalam upaya pembentukan NKRI
·
Bermain
peran peristiwa penting yang terjadi dalam proses pembentukan NKRI
Subtema 3:
Keseimbangan Ekosistem (32 jam pelajaran)
·
Menjelaskan hubungan antar
komponen ekosistem pada teks nonfiksi yang disajikan
·
Menjelaskan hubungan antar
mahkluk hidup dalam jaring-jaring
makanan pada suatu ekosistem
·
Menyatakan letak suatu benda
terhadap benda lain berdasarkan arah mata angin
·
Mengidentifikasikan berbagai
jenis karya seni rupa daerah
·
Memperagakan gerak tari
daerah dengan menggunakan properti
·
Menjelaskan prosedur melakukan aktivitas fisik dari
sisi jarak tempuh untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru
·
Menjabarkan
makna kesatuan wilayah sosial budaya
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang makna kesatuan wilayah ekonomi
|
Bahasa
Indonesia
3.7 Menguraikan konsep-konsep yang
saling berkaitan pada teks nonfiksi
4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling
berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
|
·
Informasi penting dari setiap
paragraph dalam teks nonfiksi
|
|
Matematika
3.5 Menjelaskan posisi suatu benda
dengan menggunakan arah mata angin
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan posisi suatu benda dengan menggunakan arah mata angin
|
·
Arah
mata angin
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen
ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5. Membuat
karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
|
·
Jenis
makanan hewan
·
Klasifikasi
hewan-hewan yang termasuk dalam kornivora, herbivora dan omnivora
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi
|
·
Letak,
luas, dan karakteristik kondisi geografis Indonesia melalui peta
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2
Memahami tangga nada
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai
tangga nada dengan iringan musik
|
·
Ciri-ciri
lagu bertangga nada mayor dan minor
·
Alat musik sederhana
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.5 Memahami
prosedur aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio
respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5 Mempraktikkan
aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani
|
·
Prosedur aktivitas fisik untuk meningkatkan daya
tahan jantung dan paru
|
Tema 6 : Kalor dan Perpindahannya
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1
Menerima nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Bersikap jujur sesuai nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1
Memilah nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
|
Subtema
1:
Benda-Benda
Penghantar Panas (32 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar urutan proses pembuatan makanan
yang diacak
·
Mengurutkan urutan gambar pembuatan makanan
dengan tepat
·
Membuat narasi berdasarkan gambar
·
Menganalisis gambar pada saat proses
memasak
·
Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang
dapat menghantarkan panas
·
Mendemonstrasikan kegiatan untuk membedakan suhu
dan kalor
·
Mendiskusikan perubahan suhu
benda dengan konsep kalor dilepaskan dan kalor diterima oleh benda
·
Tanya jawab tentang letak geografis Indonesia
dikaitkan dengan suhu udara sesuai dengan wilayahnya
·
Melakukan berbagai pola gerak dasar dalam senam
·
Memahami perbedaan suhu dan kalor
·
Mengamati peta tentang karakteristik geografis Indonesia
melalui peta sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris
·
Mengamati
karakteristik
kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi
·
Mendiskusikan karekteristik kependudukan yang
berbeda –beda di setiap propinsi dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila
·
Mengidentifikasi skala pada peta tentang wilayah
geografis Indonesia
·
Membaca dan memahami konsep skala
·
Mendiskusikan hubungan antara
skala dan jarak yang sebenarnya
Subtema 2 :
Jenis – Jenis Perpindahan Kalor (32 jam
pelajaran)
·
Mengamati gambar cerita kehidupan sehari-hari
·
Mencocokkan gambar cerita kehidupan
sehari-hari dengan kelima sila
Pancasila
·
Membaca teks narasi tentang karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan,
persebaran,
dan pertumbuhan)
·
Mendiskusikan pengaruh
negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi
·
Memahami deskripsi tugas
gerak kepada setiap pasangan kombinasi pola gerak dominan (melompat, menggantung,
mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan gerak dasar senam
menggunakan alat (melompat punggung teman dan melompat boxs lompat, dan kuda-kuda lompat)
·
Mempraktikkan pola gerak dominan senam
lantai yang dimodifikasi dilandasi nilai-nilai sportivitas, kerja sama, disiplin, dan tanggung jawab
·
Mendiskusikan
jenis- jenis perpindahan kalor
·
Melihat kartu undangan bergambar denah tentang lokasi
suatu tempat
·
Menjelaskan konsep denah dengan menggunakan
skala
· Memahami proses pembuatan gambar ilustrasi
(komik, karikatur, kartun)
Subtema 3: Manfaat Perpindahan Kalor dalam
Kehidupan Sehari-hari (32 jam pelajaran)
· Menggambar
ilustrasi (komik, karikatur, kartun) yang berkaitan dengan nilai-nilai
Pancasila
·
Menceritakan
kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita (komik, karikatur, kartun) yang berkaitan dengan
nilai – nilai Pancasila
·
Mencocokkan gambar yang berkaitan dengan
perpindahan kalor
·
Menjelaskan konsep perpindahan kalor secara
terurut
·
Menjelaskan pemanfaatan perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mengukur panjang dan lebar beberapa ruang di
sekolah
·
Membuat denah beberapa ruang di sekolah dengan
menggunakan skala tertentu
·
Melihat peta luas wilayah Indonesia dengan
menggunakan skala tertentu
·
Menghitung luas wilayah sebagian provinsi tertentu dengan menggunakan penghitungan skala
·
Menonton tayangan video/gambar senam
·
Membuat kreasi pola gerakan senam sesuai dengan
iringan musik
·
Mempraktikkan gerakan senam sesuai iringan musik
|
Bahasa
Indonesia
3.8 Menguraikan
urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8 Menyajikan
kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang
terdapat pada teks fiksi
|
·
Teks nonfiksi
|
|
Matematika
3.6
Menjelaskan skala melalui denah
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan skala pada denah
|
Denah
dan Skala
·
Menentukan skala dari suatu denah
·
Membuat denah yang skalanya
diketahui
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan
sehari-hari
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor
|
Kalor
dan Perpindahannya
·
Suhu dan kalor
·
Perpindahan kalor
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
|
·
Letak
dan luas Indonesia dalam peta
·
Kondisi
alam wilayah Indonesia (iklim, geologi, bentuk muka bumi, flora, fauna)
·
Karakteristik
kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran, dan pertumbuhan)
·
Pengaruh
negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan
transportasi
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Memahami gambar cerita
4.1 Membuat gambar cerita
|
· Gambar ilustrasi (komik,
karikatur, kartun)
· Proses pembuatan gambar ilustrasi (komik,
karikatur, kartun)
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3.6 Menerapkan prosedur
kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk
membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
4.6 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor,
tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk
keterampilan dasar senam menggunakan alat
|
Kombinasi pola gerak dominan senam lantai:
· Melompat
· Menggantung
· Mengayun
· Meniti
· Mendarat
|
Tema 7 :
Benda-benda di Sekitar
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2 Menerima
dengan tulus makna kewajiban, hak, dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat
3.2 Mengemukakan
pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai
sebagai warga masyarakat
|
Subtema 1: Jenis – jenis benda di Lingkungan
Sekitar (32 jam pelajaran)
· Menyimak
cerita/video/film/ gambar tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu
dan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
·
Membaca wacana tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin
tahu dan tanggung jawab
· Membaca teks fiksi dan teks non fiksi
· Membedakan konsep teks fiksi dan non fiksi
· Menuliskan konsep-konsep penting pada teks
nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
·
Mengamati
jenis-jenis benda di sekitarnya
·
Membuat
bangun ruang balok dan kubus dari kertas karton
· Menghitung volume bangun ruang balok dan kubus
menggunakan rumus
·
Mengamati fenomena pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan wujud benda
·
Mengidentifikasi perubahan
wujud benda
· Mengamati
gambar/foto/video/ teks bacaan tentang interaksi sosial dan hasil-hasil pembangunan di lingkungan masyarakat,
serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
· Mengamati beberapa gambar cerita
· Membuat ide baru tentang gambar cerita
· Membuat sketsa gambar cerita berdasarkan ide yang
sudah dibuat
· Mempraktikkan gerak melangkah ke berbagai arah
dan mengayunkan lengan ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk tangan
Subtema
2:
Perubahan
Benda (32 jam pelajaran)
·
Mencari informasi dari
berbagai sumber belajar tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin
tahu dan percaya diri
·
Berdiskusi tentang
pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari dengan kerja sama dan toleransi
· Membaca teks bacaaan non fiksi
· Membuat catatan tentang konsep penting yang
ditemukan dari setiap paragraf
· Memaparkan konsep penting yang ditemukan dari
setiap paragraf pada teks bacaan non fiksi
· Mengumpulkan informasi dari sumber lain tentang interaksi sosial di lingkungan masyarakat serta pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
· Membuat bangun ruang balok dan kubus dari kertas
karton
· Mengenal rumus volume balok dan volume kubus
·
Melakukan
percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
perubahan suhu dan wujud benda akibat perpindahan kalor
·
Melaporkan
hasil percobaan pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu dan wujud benda
·
Mengidentifikasi
jenis perubahan wujud benda
· Memainkan alat musik sederhana untuk mengiringi
lagu bertangga nada mayor dan minor
· Mempraktikkan gerak melangkahkan kaki ke berbagai
arah dan mengayun ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk tangan
Subtema 3:
Manfaat Perubahan Benda dalam kehidupan (32
jam pelajaran)
·
Bermain
peran tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
·
Melakukan permainan
tradisional untuk membentuk rasa tanggung jawab
·
Membaca teks bacaaan non
fiksi
·
Membuat catatan tentang
konsep penting dari setiap paragraf teks bacaan non fiksi
· Memaparkan konsep penting dari setiap paragraf
teks bacaan non fiksi
·
Mendiskusikan
penyelesaian masalah sehari-hari dengan menggunakan kalor, contoh
mendinginkan air panas dengan memberikan air dingin atau es
·
Mengidentifikasi
manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyajikan secara lisan dan/atau tertulis hasil diskusi tentang: interaksi sosial di lingkungan masyarakat
serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
· Memperagakan gerak tari daerah dengan menggunakan
properti
· Mempraktikkan gerak kombinasi melangkahkan kaki dan mengayun ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk
tangan
|
Bahasa
Indonesia
3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks
nonfiksi
4.7 Menyajikan konsep konsep yang saling berkaitan pada teks
nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
|
· Menjawab pertanyaan berkaitan dengan konsep-konsep yang saling berkaitan pada
teks non fiksi yang disajikan
· Menuliskan konsep-konsep penting pada teks
nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
|
|
Matematika
3.7 Menjelaskan dan
menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti
kubus satuan)
4.7 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
(seperti kubus satuan)
|
· Volume bangun ruang sederhana (balok dan kubus)
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.7 Memahami
pengaruh kalor terhadap perubahan
suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Melaporkan
hasil percobaan pengaruh kalor pada benda
|
Pengaruh
kalor terhadap suhu dan wujud benda
·
Pengaruh
kalor terhadap suhu
· Pengaruh kalor terhadap wujud benda
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2 Menganalisis bentuk- bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia
|
· Interaksi sosial budaya
· Sosialisasi/ enkulturasi
· Pembangunan sosial budaya
· Pembangunan ekonomi
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1
Memahami gambar cerita
4.1
Membuat gambar cerita
3.2 Memahami tangga nada
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam
berbagai tangga nada dengan iringan musik
3.3 Memahami pola lantai
dalam tari kreasi daerah
4.3 Mempraktikkan pola
lantai pada gerak tari kreasi dearah
|
· Membuat gambar cerita.
· Memainkan alat musik
sederhana
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.7 Menerapkan prosedur penggunaan kombinasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.7 Mempraktikkan pengunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
· Gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti
irama (ketukan)
|
Tema 8 : Peristiwa dalam Kehidupan
Alokasi Waktu : 96 Jam Pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Menerima dengan tulus
keberagaman sosial budaya masyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman
sosial budaya masyarakat dalam
konteks Bhinneka Tunggal Ika
3.3
Menelaah keberagaman sosial budaya
masyarakat
4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya
masyarakat
|
· Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat
|
Subtema
1:
Peristiwa
Alam (32 jam pelajaran)
·
Menyimak
bacaan tentang
keberagaman sosial budaya masyarakat
·
Menyusun
pertanyaan tentang keberagaman sosial budaya
masyarakat
· Membaca informasi tentang teks narasi sejarah
· Menemukan
kata-kata sulit sukar dari teks
narasi sejarah
· Mengidentifikasi makna
kata-kata sulit dari kamus
· Mencermati peragaan
jaring-jaring bangun ruang menggunakan benda konkret
· Mendiskusikan jaring-jaring
beberapa bangun ruang
· Mengamati berbagai peristiwa alam melalui gambar/video
· Mengidentifikasi
peristiwa alam yang berkaitan dengan siklus air
· Menyimpulkan tahap-tahap siklus
air berdasarkan gambar video
· Melakukan percobaan tahap-tahap
dalam siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi
·
Mengamati gambar/foto/
video/teks bacaan tentang penjajahan di Indonesia
· Membuat gambar tentang perjuangan bangsa
· Membuat teks narasi yang
sesuai dengan gambar
· Melakukan gerak tangan, tungkai, dan pengambilan pernapasan dalam renang gaya dada
Subtema 2:
Makna Peristiwa dalam
Kehidupan (32 jam pelajaran)
·
Mencari
informasi dari berbagai sumber belajar tentang keberagaman sosial budaya masyarakat
·
Mendiskusikan
isi informasi yang diperoleh dari berbagai sumber terkait keberagaman sosial
budaya masyarakat
· Membaca informasi teks narasi sejarah
· Mengidentifikasi
tokoh-tokoh dalam teks narasi sejarah serta latar waktu dan latar tempat
· Mendiskusikan faktor penyebab penjajahan di Indonesia
· Membuat bangun ruang kubus dan balok menggunakan
kertas karton yang sisinya diberi
gambar tokoh-tokoh perjuangan
· Memaparkan
jaring- jaring bangun ruang
sederhana (kubus dan balok) berdasarkan bangun ruang yang dibuat
· Melakukan percobaan tahap-tahap
dalam siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi
·
Mendiskusikan
siklus air dan dampaknya bagi peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk
hidup
· Menyanyikan berbagai lagu daerah dan lagu perjuangan bertangga nada mayor dan minor
· Menuliskan perbedaan antara lagu bertangga nada
mayor dan minor
· Melakukan gerak tangan, tungkai, dan pengambilan pernapasan dalam renang gaya punggung
Subtema 3:
Peran dan Tanggung Jawab Manusia (32 jam
pelajaran)
·
Membuat
tabel pengelompokkan keberagaman sosial budaya masyarakat
·
Menyimpulkan
isi percakapan/wacana/ berbagai
informasi terkait keberagaman sosial budaya
masyarakat
· Membaca informasi tentang kejadian-kejadian masa
lalu yang memiliki nilai sejarah
· Membuat
catatan tentang
apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
serta pesan penting apa
yang termuat di dalam kejadian tersebut
· Mengidentifikasi berbagai bentuk jaring-jaring kubus dan
balok
· Mengonstruk kubus dan balok berdasarkan jaring-jaringnya
· Menjelaskan strategi
penyelesaian masalah yang terkait dengan jaring-jaring kubus dan balok
·
Membuat
kliping tentang skema siklus air
·
Mempresentasikan
karya tentang skema siklus air
· Mendiskusikan cara mempertahankan dan mengisi
kemerdekaan
· Menyajikan
secara lisan dan tertulis hasil diskusi cara mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
· Memperagakan gerak tarian daerah dengan menggunakan properti
· Menuliskan perbedaan antara lagu bertangga nada
mayor dan minor
· Melakukan gerak tangan, tungkai, dan pengambilan pernapasan dalam renang gaya bebas
|
Bahasa
Indonesia
3.5 Menggali informasi
penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
4.5 Memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif
|
· Teks narasi sejarah yang terkait dengan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
|
|
Matematika
3.8 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
4.8 Membuat
jaring-jaring bangun ruang sederhana
(kubus dan balok)
|
· Menjelaskan berbagai bangun ruang sederhana
(kubus dan balok)
· Menunjukkan berbagai bangun ruang sederhana
(kubus dan balok)
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.8 Memahami
siklus air dan dampaknya pada
peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
4.8 Membuat
karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber
|
Siklus
air dan dampaknya
·
Siklus air
·
Dampak siklus air pada
peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting
penyebab penjajahan bangsa Indonesia
dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya
4.4 Menyajikan hasil identifikasi mengenai
faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa
Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya
|
· Faktor penyebab
penjajahan bangsa Indonesia
· Cara mempertahankan
kemerdekaan
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Memahami gambar cerita
4.1
Membuat gambar cerita
3.2 Memahami tangga nada
4.2 Menyanyikan
lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik
3.3 Memahami pola lantai
dalam tari kreasi daerah
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi
dearah
|
· Gambar
ilustrasi (komik, karikatur, kartun)
· Pembuatan gambar
ilustrasi (komik, karikatur, kartun)
· Lagu-lagu dalam berbagai
tangga nada
· Pola lantai tari kreasi
daerah
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.8 Menerapkan prosedur salah
satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu***
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya
renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu ***
|
· Menjelaskan prosedur melakukan kombinasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
· Menjelaskan prosedur melakukan gerak
kaki renang gaya dada
· Menjelaskan prosedur melakukan gerak
ayunan/tarikan lengan renang gaya dada
· Melakukan gerak kaki renang gaya dada
·
Memperagakan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya dada
|
Tema 9 :
Lingkungan Sahabat Kita
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima
dengan tulus manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
2.4 Bersikap
jujur dalam penerapan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk
membangun kerukunan hidup
4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan
untuk membangun kerukunan
|
·
Kerukunan bermasyarakat
·
Manfaat persatuan dan kesatuan
|
Subtema
1: Komponen Penyusun Lingkungan (32
jam pelajaran)
·
Menonton tayangan video/gambar ( media cetak/elektronik ) yang
menunjukkan tindakan masyarakat yang anarkis (tawuran, demonstrasi yang
anarkis) di lingkungan sekitar
·
Membuat ringkasan narasi teks video/gambar yang disajikan
·
Memahami kalimat efektif untuk membuat ringkasan
·
Mendiskusikan dampak negatif yang timbul akibat tindakan masyarakat
yang anarkis dalam konteks persatuan dan kesatuan
·
Mengidentifikasi jenis-jenis kerugian ekonomi akibat tindakan
masyarakat yang anarkis
·
Menganalisis penyebab tindakan masyarakat yang anarkis dan mencari
solusi dalam konteks persatuan dan kesatuan
·
Membaca data atau tabel kronologi sejarah berdirinya NKRI ( mulai dari
jaman kerajaan – sekarang )
·
Menjelaskan data tabel waktu dengan kalimat efektif
·
Membaca teks yang berkaitan dengan bahaya merokok dan minuman keras
·
Memahami zat yang terkandung dalam rokok dan minuman keras dan dampak
bagi kesehatan manusia dan lingkungan
·
Mengamati
benda/gambar/ video terkait zat tunggal dan campuran
·
Memahami ciri-ciri zat tunggal dan campuran
·
Mendata zat tunggal dan campuran yang bermanfaat dalam kehidupan
sehari-hari
Subtema 2:
Hubungan Antarkomponen Penyusun Lingkungan (32
jam pelajaran)
·
Melakukan
percobaan dan membandingkan
zat tunggal serta campuran yang tercampur sempurna atau tidak tercampur sempurna
·
Memahami ciri khas daerah beserta karya seni daerah
·
Mengasosiasikan teknik pembuatan karya seni rupa
daerah
·
Melaporkan teknik-teknik pembuatan karya seni
rupa daerah
·
Mengamati gambar/foto/ video/teks bacaan tentang kegiatan ekonomi
·
Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan
ekonomi
·
Menjelaskan berbagai bentuk kegiatan ekonomi beserta contohnya
·
Memahami penyajian berbagai bentuk data terkait kegiatan ekonomi
(tabel, diagram garis, grafik batang, gambar )
·
Mencari data jumlah pengguna narkoba dari berbagai sumber
·
Menjelaskan dampak yang ditimbulkan dari penyalahgunaan NAPZA
·
Menginterpretasikan data tentang penyalahgunaan NAPZA secara lisan dan
tertulis dengan menggunakan kalimat efektif
·
Mengomunikasikan data yang diperoleh secara lisan dan tertulis dengan
menggunakan kalimat efektif
·
Membuat poster tentang dampak negatif
NAPZA
Subtema 3:
Peran dan Tanggung Jawab Kita terhadap Lingkungan
(32 jam pelajaran)
·
Membaca teks organ reproduksi dari berbagai sumber
·
Meringkas teks bacaan menggunaan kalimat efektif
·
Menjelaskan pentingnya menjaga organ reproduksi bagi kesehatan tubuh
·
Mencermati surat undangan yang menggunakan kalimat efektif dan
penggunaan ejaan yang tepat
·
Membuat surat undangan yang dibagikan kepada teman dalam rangka
pengumpulan data berat dan tinggi badan siswa
·
Mengumpulkan data yang berkaitan dengan berat badan dan tinggi badan
siswa di kelas
·
Membuat tabel terurut berdasarkan data yang diperoleh
·
Membuat berbagai bentuk penyajian data ( diagram gambar, diagram
garis, diagram batang ) dari data yang diperoleh
·
Mengomunikasikan penyajian data menggunakan kalimat efektif
·
Mengamati data terkait dengan kegiatan ekonomi
·
Mendiskusikan kegiatan ekonomi dan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa
Indonesia
·
Menyajikan
secara lisan dan
tertulis hasil diskusi tentang
kegiatan ekonomi dan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa
Indonesia
|
Bahasa
Indonesia
3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau
elektronik
4.3 Menyajikan
ringkasan teks penjelasan (eksplanasi)
dari media cetak atau elektronik yang menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif secara lisan, tulis, dan visual
3.9 Mencermati surat undangan (ulang tahun, kegiatan
sekolah, kenaikan kelas, dll.) tentang penggunaan kalimat efektif dan ejaan
4.9 Membuat surat
undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat
efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
|
·
Teks Penjelasan
·
Ringkasan
·
Kalimat efektif
·
Surat undangan
|
|
Matematika
3.9 Menjelaskan data yang
berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara
pengumpulannya
4.9 Mengidentifikasi data
yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara
pengumpulannya
3.10 Menjelaskan
penyajian data yang berkaitan dengan
diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar
dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (diagram gambar (piktogram),
diagram batang atau diagram garis
4.10 Mengorganisasikan dan
menyajikan data yang berkaitan dengan
diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar
dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (diagram gambar (piktogram),
diagram batang atau diagram garis
|
·
Teknik pengumpulan data
·
Tenik penyajian data
·
Tabel
·
Diagram gambar
·
Diagram garis
·
Diagram batang
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.9 Memahami
penggolongan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen
penyusunnya (zat tunggal dan campuran)
4.9 Melakukan
pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Zat tunggal dan campuran
· Sifat penyusun dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya
mensejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk
memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya mensejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
|
Kegiatan
ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dalam bidang:
· pertanian
· peternakan
· perkebunan dan kehutanan
· perikanan
· pertambangan
· perindustrian
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.4 Memahami
karya seni rupa daerah
4.4 Membuat
karya seni rupa daerah
|
·
Karya Seni
·
Poster
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.9 Memahami
perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
4.9 Memaparkan perlunya
pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
3.10 Memahami bahaya merokok,
minuman keras, dan narkotika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya
lainnya terhadap kesehatan tubuh
4.10 Memaparkan bahaya merokok,
meminum minuman keras, dan mengonsumsi narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat
berbahaya lainnya terhadap kesehatan
tubuh
|
·
Kesehatan alat reproduksi
·
Bahaya merokok, minuman keras, dan NAPZA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar