Senin, 07 November 2016

Contoh RPP Tematik Kelas 1 Tema 4 Subtema 3 K-13 Revisi 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester          :  I /1
Tema                           :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                    :  Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia

3.9. Mengenal kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9. Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.

Matematika

3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit
PPKn

3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Melakukan kegiatan sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.9.3 Menunjukkan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti lisan atau tulisan dengan tepat.
4.9.4 Memperkenalkan anggota keluarga inti dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku, secara tertulis.
Matematika

3.6.3 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.
4.6.2 Menjiplak bentuk bangun datar.
PPKn
3.1.5 Menunjukkan simbol sila pertama Pancasila.
4.1.4 Memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agamanya.
D.    TUJUAN
1.      Dengan menyimak penjelasan guru dan mengenali foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
2.      Dengan mengamati gambar berbentuk bangun datar, siswa dapat menjiplak bangun datar berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
3.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat membedakan bentuk bangun datar dan bukan  bangun datar dengan teliti.
4.      Dengan mengamati benda-benda di sekitar lingkungan kelas, siswa dapat menyebutkan benda-benda konkrit yang memiliki unsur segiempat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
5.      Dengan mengamati simbol-simbol sila Pancasila dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan simbol sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
6.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

E.     MATERI
a.       Mengenal anggota keluargga inti
b.      Bangun Ruang
c.       Mengenal simbol Sila Pancasila

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Small Group Discussion dan Role Play

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk "Empat As “ dan lagu Bangun Datar
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.      Siswa difasilitasi untuk mengamati dan bertanya jawab tentang foto Udin yang ada dalam buku siswa.
2.      Mintalah siswa menuliskan nama-nama anggota keluarga Udin pada bagian yang masih kosong.
3.      Jika siswa kesulitan, dapat membuka kembali foto Udin pada pembelajaran 1.
4.      Guru menanyakan anggota keluarga siswa seperti yang ada dalam gambar foto yang di bawa dari rumah
5.      Siswa menempelkan foto yang dibawa dari rumah pada kertas yang sudah disediakan.
6.      Siswa menuliskan nama-nama anggota keluarga masing-masing seperti yang ada dalam foto
7.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang bentuk foto. Siswa diarahkan sehingga dapat mengambil kesimpulan bahwa bentuk foto adalah segiempat. Guru menambahkan informasi, bentuk bangun datar yang lain adalah segitiga dan lingkaran.
8.      Guru menunjukkan bentuk-bentuk bangun datar
9.      Siswa di minta menyebutkan nama-nama benda yang berbentuk segi empat, segitiga dan lingkaran
10.  Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 5 kelompok
11.  Siswa mengerjakan tugas menggambar bentuk-bentuk bangun datar dan menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran secara berkelompok
12.   Guru menanyakan bentuk bingkai foto gambar burung garuda dan gambar presiden atau wakil presiden
13.  Guru menunjukkan gambar simbol-simbol dari pancasila
14.  Siswa mengamati macam-macam bentuk bangun datar pada simbol-simbol yang ada dalam gambar burung garuda
15.  Guru mengajak siswa menyebutkan kegiatan yang sesuai dengan pengamalan pancasila
16.  Siswa mengerjakan tugas menuliskan sila dalam pancasila pada lembar yang sudah tersedia

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.  Guru menyajikan kembali daftar topik materi yang telah diajarkan.
1)      Nama-nama anggota keluarga
2)      Macam-macam bangun datar
3)      Lagu bangun datar
4)      Simbol-simbol dalam pancasila
5)      sikap atau perbuatan yang sesui dengan pengamaan pancasila
2.     Siswa diminta mengingat kembali apa yang telah diperoleh dari setiap topik yang telah dibelajarkan dan sebanyak apa yang mampu diingat.
3.     Guru meneruskan secara urut kronologis sampai semua materi yang disampaikan
4.     Jika semua topik telah terlewati, ajak siswa untuk memberi kesan yang luar biasa terhadap proses pembelajaran yang telah dilalui
5.     Melakukan penilaian hasil belajar
6.     Memberikan tindak lanjut bagi siswa untuk proses pembelajaran berikutnya
7.     Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
8.     Menutup kegiatan pembelajaran dengan doa
9.     Guru mengucapkan Salam.

    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Gambar  tentang  Keluargaku
·         Foto keluarga
·         Gambar simbol-simbol pancasila
·         Gambar bangun datar
I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian                  : Proses dan hasil
  2. Tekhnik penilaian                    :
Sikap spiritual                         : Penilaian diri
Sikap Sosial                             : Observasi
Pengetahuan                            : Tes Tertulis
  1. Bentuk penilaian                     :
Sikap spiritual                         : Checklist
Sikap sosial                             : Skala
Pengetahuan                            : Pilihan ganda dan Essay
Ketrampilan                            : checklist
  1. Instrumen penilaian                 :
Checklist                                 : Terlampir
Skala                                       : Terlampir
Pilihan ganda                          : Terlampir
Checklist                                 : Terlampir
Catatan :
  1. Refleksi
a.       hal-hal yang perlu menjadi perhatian
b.      Siswa yang perlu mendapat perhatian Khusus
c.       Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
d.      Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
  1. Remidial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan
  1. Pengayaaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi

Mengetahui
Kepala Madrasah



Abdul Aziz,S.Ag
NIP. 19690604 199803 1 002
Tirto,     Nopember  2016
Guru/Wali Kelas 1B,



Tri Wahyuni Hidayati
NIP.19780419 200710 2 001












Lampiran 1
Instrumen penilaian Sikap
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL
 Kelas / Semester         : I / 1
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia, PKn, matematika
Tahun Pelajaran           : 2016/ 2017
Hari/Tanggal                : Senin, 7 Nopember 2016
Tema                           : Keluargaku
Subtema                       : Anggota keluargaku

KOMPETENSI INTI ( KI-2 )
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KOMPETENSI DASAR           :
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah. ( Bahasa Indonesia )
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas. ( Matematika )
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah. ( PKn )
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

INDIKATOR
2.1.1        Siswa mampu menampilkan perilaku disiplin saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
2.1.2        Siswa mampu menampilkan perilaku tanggungjawab saat kegiatan diskusi di kelas.
2.1.3        Siswa mampu menampilkan rasa percaya diri dan totalitas pada waktu presentasi di kelas.
2.3.1        Siswa mampu menunjukkan sikap santun dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan atau komentar di kelas.
2.3.2        Siswa mampu menghargai dan bersikap toleran terhadap perbedaan pendapat dalam diskusi di kelas.
2.3.3        Siswa mampu bersikap peduli terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan buku atau peralatan tulis lainnya selama diskusi dan proses belajar berlangsung. (Aspek No.8)

INSTRUMEN PENILAIAN

No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Kedisi-plinan
Tanggung-jawab
Percaya-diri
Santun
Toleransi
Peduli
Kerjasama
1.
Azib







2.
Ayla







3.
Danesh







4.
Dani







5.
Darin







6.
Fadli








Dst









Catatan :
1.      Skor Penilaian        :
4= Jika partisipasi anak terhadap aspek yang diamati 91-100 % = Sikap positif
3= Jika partisipasi siswa terhadap aspek yang diamati 81-90 % atau sikap yang positif
2= Jika partisipasi siswa terhadap aspek yang diamati 71-80 % atau sikap yang cukup positif
1= Jika partisipasi siswa terhadap aspek yang diamati kurang dari 71 % atau sikap yang kurang positif
2.      Rumus penilaian:
10
 
1.
Antara 91-100
=
Sangat positif (Sudah membudaya)
2.
Antara 81-90
=
Positif (Mulai berkembang)
3.
Antara 71-80
=
Kurang positif (Mulai terlihat)
4.
Antara  < 70
=
Tidak positif (Belum terlihat)


































Lampiran 2
Instrumen Penilaian Pengetahuan

Mapel
Indikator
Bentuk soal
Soal
Kunci jawaban
Bahasa Indonesia
3.9.3 Menunjukkan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti lisan atau tulisan dengan tepat.

PG
Isian
PG No 1-6
Isian No 1-2
(A ), B, B, C,A, B

  1. Belajar
  2. Kakak
Matematika
3.6.3 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.

PG
Isian
PG No 7-12
Isian 2-4

C, B, A, B, C, A

  1. segiempat
  2. penggaris
PPKN
3.1.5 Menunjukkan simbol sila pertama Pancasila.

PG
Isian
PG No 13-15
Isian No 5
B, C, B
  1. Kepala banteng

  1. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang pada jawaban yang kamu anggap benar!
1.      Keluarga Inti terdiri dari..
a.       Ayah,Ibu dan anak      b. Ayah Ibu dan nenek                        c. Anak, nenek dan kakek
2.      Orang yang melahirkan kita adalah…
a.       Ayah                            b. Ibu                                       c. Nenek
3.      Yang menjadi kepala rumah tangga adalah..
a.       Kakek                          b. Ayah                                                c. Ibu
4.      Saudara yang lebih            tua dalam keluarga adalah..
a.       adik                             b. ayah                                     c. Kakak
5.      Di bawah ini yang merupakan tugas ayah adalah..
a.       Mencari nafkah                       b. merawat anak                      c. belajar
6.      Ibu memasak di..
a.       Kamar                          b. dapur                                   c. garasi
7.      Jam dinding berbentuk..
a.       Persegi                         b. segitiga                                 c. lingkaran
8.      Bangun datar yang memiliki 3 sisi adalah..
a.       Persegi                         b. Segitiga                                c. lingkaran
9.      Jumlah sisi segiempat adalah…
a.       4                                  b. 3                                          c. 2
10.  Lemari mempunyai bentuk bangun datar..
a.       Lingkaran                    b. segiempat                             c. segitiga
11.  Di bawah ini benda yang berbentuk lingkaran adalah..
a.       Buku                            b. penggaris                             c. roda
12. 
Bangun datar di samping adalah..
  1. Segitiga
  2. lingkaran
  3. segiempat
 
 







13.  Sila pertama dalam pancasila dilambangkan dengan gambar…
a.       Rantai                          b. Bintang                                c. Pohon beringin
14.  Padi dan kapas merupakan simbol sila ke…
a.       2                                  b. 4                                          c. 5

15.  Menolong orang lain merupakan pengalaman pancasila yaitu sila ke..
a.       1                                  b. 2                                          c. 3

  1. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.      Udin pandai karena udin rajin….
2.      Saudara yang lebih muda dari kita adalah..
3.      Buku mempunyai bentuk bangun datar…
4.      Contoh benda yang berbentuk segitiga adalah..
5.      Lambang sila ke empat dalam pancasila adalah..

Skor Penilaian
Soal PG = 10 x 15        = 150
Soal Isian = 30 x 5 = 150
Nilai = Skor PG + Isian  =150 + 150 = 300 = 100
                        3                    3                         3        








































Lampiran 4
Instrumen pengamatan Diskusi


Lembar Penilaian Keterampilan :

Nama Siswa                 : …………………
No Absen                    :………………….
Kelas                           : I / 1
Mapel                          : Matematika
Tahun Pelajaran                       : 2016/2017
Hari/tgl penilaian         : Senin, 7 Nopember 2016
Tema                           : Keluargaku
Subtema                       : Anggota keluargaku

KOMPETENSI INTI-1        :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
4.9. Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.

INDIKATOR
4.9.4 Memperkenalkan anggota keluarga inti dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku, secara tertulis.
INSTRUMEN PENILAIAN
Memperkenalkan anggota keluarga inti dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku, secara tertulis.
No
Nama Siswa
Menuliskan nama diri dengan tepat
Menuliskan nama ayah/ ibu/saudara dengan tepat
Foto ditempel rapi dan bersih
Terdapat hiasan yang menarik
Skor
Predikat
1
Azib






2
Ayla






3
Danesh






4
Dani






5
Darin






Dst











Lembar Kerja Siswa
Nama   :………………….
No       :…………………
  1. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang pada jawaban yang kamu anggap benar!
1.      Keluarga Inti terdiri dari..
b.      Ayah,Ibu dan anak      b. Ayah Ibu dan nenek                        c. Anak, nenek dan kakek
2.      Orang yang melahirkan kita adalah…
b.      Ayah                            b. Ibu                                       c. Nenek
3.      Yang menjadi kepala rumah tangga adalah..
b.      Kakek                          b. Ayah                                                c. Ibu
4.      Saudara yang lebih            tua dalam keluarga adalah..
b.      adik                             b. ayah                                     c. Kakak
5.      Di bawah ini yang merupakan tugas ayah adalah..
b.      Mencari nafkah                       b. merawat anak                      c. belajar
6.      Ibu memasak di..
b.      Kamar                          b. dapur                                   c. garasi
7.      Jam dinding berbentuk..
b.      Persegi                         b. segitiga                                 c. lingkaran
8.      Bangun datar yang memiliki 3 sisi adalah..
b.      Persegi                         b. Segitiga                                c. lingkaran
9.      Jumlah sisi segiempat adalah…
b.      4                                  b. 3                                          c. 2
10.  Lemari mempunyai bentuk bangun datar..
b.      Lingkaran                    b. segiempat                             c. segitiga
11.  Di bawah ini benda yang berbentuk lingkaran adalah..
b.      Buku                            b. penggaris                             c. roda
12. 
Bangun datar di samping adalah..
  1. Segitiga
  2. lingkaran
  3. segiempat
 
 







13.  Sila pertama dalam pancasila dilambangkan dengan gambar…
b.      Rantai                          b. Bintang                                c. Pohon beringin
14.  Padi dan kapas merupakan simbol sila ke…
b.      2                                  b. 4                                          c. 5
15.  Menolong orang lain merupakan pengalaman pancasila yaitu sila ke..
b.      1                                  b. 2                                          c. 3

  1. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.      Udin pandai karena udin rajin….
2.      Saudara yang lebih muda dari kita adalah..
3.      Buku mempunyai bentuk bangun datar…
4.      Contoh benda yang berbentuk segitiga adalah..
5.      Lambang sila ke empat dalam pancasila adalah..






Lampiran 5
Lembar diskusi



Menggambar bangun datar dan mencari benda yang berbentuk bangun datar
No
Nama bangun datar
Gambar Bangun Datar
Nama benda



1



Segiempat











2




Lingkaran











3




Segitiga










Kelompok        :….......

Anggota           :   1.  …………………………..
                           2. ……………………………
                           3. …………………………….
     4. ……………………………
                                   5. ……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar