Silabus Kelas II
Tema 1 : Hidup Rukun
Alokasi
waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
1.1
Menerima hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Bersikap positif terhadap hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila
Pancasila
3.1
Memperkirakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1
Menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
·
Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila
Pancasila
|
Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah (28 jam pelajaran)
·
Menyimak teks tentang hidup rukun yang dibacakan guru
lalu menyebutkan ungkapan yang ada di
dalamnya dengan toleransi dan tanggung jawab.
·
Membaca teks percakapan terkait dengan hidup rukun dan
memerankannya dengan teman dilandasi sikap toleransi dan percaya diri.
·
Menuliskan kembali isi cerita yang sudah dibaca dilanjutkan
dengan mengamati pengelompokan gambar buku yang menunjukkan nilai tempat
bilangan serta menyelesaikan operasi hitung
bilangan cacah tiga angka secara teliti dan percaya diri.
·
Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan terkait hidup rukun
sesuai pola irama secara bersama-sama
dengan percaya diri.
·
Menyimak penjelasan guru terkait hubungan gambar (simbol
sila-sila Pancasila) pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila rasa ingin tahu dan rasa syukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Mengamati gambar keluarga yang sedang beribadah,
kemudian mendiskusikan gambar yang diamati sesuai sila–sila Pancasila dengan sikap toleransi.
·
Menceritakan pengalaman dalam menerapkan nilai sila-sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berjalan
dengan rasa ingin tahu.
·
Mencari ungkapan di dalam syair lagu “Peramah dan
Sopan” dan menjelaskan artinya dengan penuh tanggung jawab.
·
Membaca bilangan tiga angka, menuliskan lambangnya, dan
menentukan nilai tempatnya dengan teliti
·
Membaca teks percakapan tentang sikap sopan yang dapat memelihara
kerukunan bersama teman sebangku dengan penuh toleransi dan percaya diri.
·
Menampilkan
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak dengan gerak tubuh sesuai irama
penuh semangat.
·
Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berlari
dilanjutkan dengan melakukan permainan
tradisional penuh tanggung jawab
·
Membaca
teks terkait penerapan nilai-nilai sila Pancasila dan menceritakan kembali
isinya dengan percaya diri.
·
Mengamati
bungkus makanan/ tiket/karcis lalu membaca angka yang tertera kemudian
menuliskan sesuai dengan nilai tempat dengan kerjasama..
Subtema 2: Hidup Rukun di Tempat Bermain (28 jam
pelajaran)
·
Mengamati gambar dan mengurutkannya sehingga menjadi
sebuah cerita runtut dengan kreatif.
·
Melakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki tanpa
hitungan, dilanjutkan gerakan yang
dilakukan dengan hitungan sesuai ajakan teman secara berpasangan
dengan penuh semangat.
·
Mengamati sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan
nilai tempatnya, kemudian membandingkan kelompok kubus yang satu dengan yang
lain berdasarkan nilai tempatnya dengan teliti.
·
Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan terkait
hidup rukun yang telah disimaknya
dengan rasa ingin tahu dan percaya diri
·
Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar lokomotor
sesuai contoh yang diberikan guru. Kemudian melakukan permainan tradisional
dengan jujur dan percaya diri.
·
Mengamati gambar permainan tradisional dan menuliskan
isinya dalam bentuk cerita sederhana
dengan kreatif.
·
Mengurutkan kalimat berisi contoh
penerapan nilai-nilai sila Pancasila sesuai gambar sehingga menjadi cerita
yang runtut dengan percaya diri.
·
Mengamati gambar/video/film yang terkait dengan pengamalan
sila-sila Pancasila di tempat bermain
dan menceritakan kembali isinya dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
·
Meragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan
kepala dengan mengambil contoh gerakan bermain layang-layang dengan semangat.
·
Membaca percakapan yang memuat kalimat
ajakan dengan cara melakukan gerak dasar lokomotor penuh semangat.
·
Membandingkan bilangan tiga angka dengan teman secara
berpasangan dengan tanggung jawab.
·
Membandingkan
dua bilangan cacah melalui diskusi kelompok dengan kerja sama dan
percaya diri.
·
Mengamati
gambar tarian anak dilanjutkan dengan menirukan gerakan koordinasi kepala,
tangan, dan kaki dengan hitungan dengan tanggung jawab.
·
Menyimak
syair lagu “Gembira” yang dibacakan
oleh guru dilanjutkan dengan menyanyi bersama-sama kemudian mengidentifikasi
kalimat yang menggunakan kata ajakan dengan rasa ingin tahu.
·
Menjelaskan
arti pentingnya kerja sama untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan
sehari-hari dengan percaya diri.
·
Membuat teks percakapan dengan menggunakan kata ajakan
yang berkaitan dengan cerita hidup rukun dan toleransi dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Berdiskusi mengenai kerukunan dan kekompakan yang harus
dilaksanakan ketika bermain dengan teman secara santun dan percaya diri.
·
Melakukan permainan berlari berpasangan dengan
rintangan sebagai contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila secara sportif.
·
Mengidentifikasi dan menceritakan perilaku yang merupakan penerapan nilai
sila-sila Pancasila di tempat bermain dengan percaya diri.
·
Mengurutkan
bilangan tiga angka dari yang terkecil atau sebaliknya berdasarkan
nilai tempatnya dengan teliti dan jujur.
Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah (28 jam pelajaran)
·
Mengamati
teks percakapan yang mengandung kalimat perintah sesuai nilai sila-sila Pancasila
dengan rasa ingin tahu.
·
Membuat
kalimat perintah sesuai dengan gambar percakapan imajinatif dengan percaya
diri.
·
Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan
sehari-hari terkait dengan operasi
hitung penjumlahan cara susun panjang dengan teliti dan percaya diri.
·
Menceritakan
kegiatan di sekolah yang menerapkan pengamalan nilai sila –sila Pancasila dengan percaya
diri dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Menyelesaikan
operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan dengan teliti dan percaya diri.
·
Mewarnai
gambar imajinatif kemudian membuat pertanyaan sesuai gambar dengan rasa
syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Menuliskan
dan menyebutkan bunyi sila –sila Pancasila dengan penuh rasa syukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
·
Menyelesaikan
permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang memuat penyelesaian operasi
hitung pengurangan dengan teliti..
Subtema 4: Hidup Rukun di
Masyarakat (28 jam pelajaran)
·
Mengidentifikasi kalimat yang menunjukkan ajakan dan
kalimat yang menolak ajakan dalam teks wacana dengan teliti dan percaya diri.
·
Mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita dan menuliskan
angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita dengan percaya diri.
·
Menuliskan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat
setiap jenis prakarya dengan tanggung jawab.
·
Membuat hiasan menggunakan bahan baku dari biji-bijian dan diintegrasikan dengan
penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti.
·
Menceritakan kembali teks percakapan yang sudah dibaca
dan mencantumkan bagian penolakan
ajakan dengan santun.
·
Menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang
sesuai dengan penerapan nilai-nilai
sila Pancasila secara tertulis dan lisan dengan jujur dan percaya
diri.
·
Menceritakan kegiatan gotong-royong yang dilakukan di
lingkungan rumah dengan percaya diri.
·
Menunjukkan dan menuliskan kalimat penolakan yang terdapat pada teks
percakapan dengan toleransi dan percaya diri.
·
Membuat karya kreasi dari biji-bijian dengan rasa
syukur kepada Tuhan yang maha Esa.
·
Mengamati
gerakan-gerakan melompat dan meloncat,
serta memeragakannya dengan penuh percaya diri.
·
Menyimpulkan
isi teks tentang olahraga dengan percaya diri dan tanggung jawab.
·
Mencari
dan menuliskan kalimat penolakan dan kalimat yang menunjukkan keadilan pada
dongeng yang didengarnya dengan teliti.
·
Menyelesaikan
permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.
|
Bahasa
Indonesia
3.1
Memaham ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita
atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun
3.6
Memahami ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya
santun sebagai gambaran sikap hidup
rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
4.6
Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”)
untuk hidup rukun dalam kemajemukan
|
·
Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·
Budaya
santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
|
|
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan
cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan
lambangnyaberdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
3.2 Membandingkan dua bilangan
cacah
4.2
Mengurutkan bilangan-bilangan dari
bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
|
·
Makna
bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara membacanya
·
Pertidaksamaan
dua bilangan cacah
·
Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan
obyek
·
Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga
dimensi
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
4.2
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.3
Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3
Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan
dalam berkarya
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
|
·
Karya imajinatif dua dan tiga
dimensi
·
Pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
·
Gerak keseharian dan alam dalam
tari
·
Pengolahan bahan alam dan buatan
dalam berkarya
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.1
Memahami penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) nama orang, nama agama serta
tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
·
Prosedur
gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku
Alokasi
Waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
1.2 Menerima aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah
3.2 Menemukan aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
4.2
Melakukan kegiatan sesuai aturan dan
tata tertib yang berlaku di sekolah
|
·
Aturan
dan tata tertib yang berlaku di rumah.
·
Kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku
di sekolah
|
Subtema
1: Bermain di Lingkungan Rumah (28 jam pelajaran)
·
Menyebutkan
isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuk dan
wujud, kemudian menghitung jumlah benda tersebut secara berulang lalu mengubah ke dalam
bentuk perkalian dengan teliti dan percaya diri.
·
Membaca
kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuk
dan wujud dengan semangat.
·
Membaca
syair lagu anak-anak dan menyanyikan bersama-sama dengan memperhatikan
panjang pendek bunyi pada lagu tersebut dengan gembira.
·
Melakukan
pengamatan sederhana tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujud di
lingkungan rumah kemudian mengelompokkannya berdasarkan bentuknya dengan
teliti dan rasa ingin tahu.
·
Mengidentifikasi
dan mensimulasikan kegiatan sesuai aturan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dengan percaya diri
·
Menyimak
penjelasan prosedur variasi gerakan
memutar badan tanpa berpindah tempat kemudian mempraktikkannya dengan
disiplin.
·
Menemukan dan menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujud dengan rasa
ingin tahu dan percaya diri.
·
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan
wujud di lingkungan rumah dengan jujur.
·
Menyanyikan
lagu dengan memperhatikan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak dengan riang.
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan teliti.
·
Mengelompokkan
berbagai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dengan kerjasama.
·
Mempraktikkan
variasi gerak menekuk tanpa berpindah
tempat penuh percaya diri.
·
Menyebutkan
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah
Subtema 2: Bermain di Rumah Teman (28
jam pelajaran)
·
Membaca teks dan menjelaskan isi yang terkandung di
dalamnya berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujud dengan
rasa ingin tahu.
·
Melakukan
gerak bagian kepala dengan hitungan berulang kemudian menghubungkan dengan
penjumlahan berulang lalu diubah menjadi bentuk perkalian dengan tanggung
jawab.
·
Menyimak
penjelasan prosedur variasi gerakan meliukkan
badan tanpa berpindah tempat dan melakukan gerak bagian kaki dengan
hitungan penuh semangat.
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian bilangan menggunakan angka 2,
1, dan 0 penuh percaya diri.
·
Melakukan
pengamatan sederhana tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujud di
lingkungan sekitar kemudian mengelompokkannya
dengan rasa ingin tahu.
·
Melakukan
koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan kemudian
mengisikannya ke dalam tabel perkalian dengan kerjasama.
·
Menyebutkan
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
·
Menyebutkan
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah percaya diri
·
Mengidentifikasi
dan mensimulasikan kegiatan sesuai aturan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah teman dengan percaya diri
Subtema 3: Bermain di Lingkungan Sekolah (28 jam
pelajaran)
·
Mengamati
gambar anak-anak bermain di halaman sekolah kemudian melakukan tanya jawab
mengenai gambar tersebut dengan teliti dan percaya diri.
·
Membaca
teks bacaan tentang permainan kemudian mengidentifikasi berbagai permainan
yang dapat dilakukan di halaman sekolah dengan tanggung jawab.
·
Diskusi
untuk mengidentifikasi makna kata dari teks bacaan tentang permainan yang
dapat dilakukan di halaman sekolah dengan kerjasama.
·
Mengamati
gambar percakapan anak bermain kelereng yang dibagi sama banyak kemudian
membuat kalimat dari kata yang telah ditentukan dengan teliti.
·
Menyebutkan
aturan yang berlaku pada permainan sederhana di sekolah dan membiasakan diri
melaksanakannya penuh tanggung jawab.
·
Mengidentifikasi
alat dan bahan berdasarkan wujud dan
sifat benda untuk menggambar imajinatif dengan teliti.
·
Mengidentifikasi
gerakan permainan ular naga kemudian memainkannya dengan sportif.
·
Mendengarkan
cerita bergambar yang dibacakan guru, terkait dengan gambar kemudian
menuliskan kembali dengan mandiri.
·
Menampilkan
teks percakapan tentang pelaksanaan aturan di lingkungan sekolah kemudian
mengidentifikasi makna kata dari kata
yang ada dalam teks tersebut dengan percaya diri
·
Menyelesaikan
persoalan yang berkaitan dengan pengurangan berulang kemudian menyajikan dalam bentuk tulisan dengan teliti dan
tanggung jawab.
Subtema 4: Bermain di Tempat Wisata (28 jam
pelajaran)
·
Membaca
teks dan menyebutkan isi yang terkandung dalam teks berkaitan dengan keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujud penuh percaya diri.
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dan menyajikan dalam bentuk
tulisan dengan teliti dan tanggung jawab.
·
Melakukan
pengamatan sederhana terhadap keragaman benda, mengidentifikasi ciri-ciri
karya hiasan dan membuatnya dengan bahan alami dengan kreatif.
·
Menyimak
penjelasan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dan
mempraktikkannya sesuai aturan yang berlaku dengan semangat.
·
Menyimak
penjelasan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan
pengamatan sederhana kemudian menuliskan hasil pengamatannya dengan teliti.
·
Menemukan
kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda kemudian mengelompokkan
berdasarkan wujudnya dengan teliti.
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami sesuai aturan yang
berlaku.
·
Menyebutkan
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
|
Bahasa Indonesia
3.2 Memahami kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan dan visual
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau
bahasa daerah dalam laporan hasil pengamatan tentang keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
|
·
Kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan dan visual
·
Kosakata Bahasa Indonesia
yang tepat atau bahasa daerah dalam laporan hasil pengamatan tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
|
|
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian
4.4 Menyelesaikan
masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil
kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian
dan pembagian
|
·
Perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
·
Masalah perkalian dan
pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100
dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.2 Mengenal
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
4.4 Membuat
hiasan dari bahan alam dan buatan
|
·
Pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
·
Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
·
Hiasan dari bahan alam dan buatan
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
3.2 Memahami
prosedur variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.2 Mempraktikkan
variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
·
Prosedur
variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Tema 3 : Tugasku Sehari-hari
Alokasi
Waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
1.3 Bersikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu di
sekolah
2.3 Bertanggung jawab dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik individu di sekolah
1.4 Menunjukkan sikap
bersatu dalam keberagaman di sekolah
2.4 Bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
3.2 Menemukan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku
di sekolah
3.3 Merinci jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di
sekolah
4.3 Menceritakan jenis-jenis kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik individu di sekolah
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
4.4 Menceritakan
pengalaman bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
|
Sub Tema 1: Tugasku Sehari-hari di Rumah (28 jam
pelajaran)
·
Mengamati mata uang, membaca
dan menulis nilai nominalnya kemudian mengurutkannya dari nilai yang terkecil
atau sebaliknya dengan teliti.
·
Membaca teks tentang
permainan sederhana kemudian menemukan kosakata yang terdapat dalam teks
tersebut dengan rasa ingin tahu.
·
Melakukan gerakan melempar
dan memukul dengan ketukan birama tiga
dengan riang.
·
Mengamati gambar anggota
keluarga, menuliskan nama serta jenis
kelaminnya kemudian menjelaskan jenis kegiatan setiap anggota keluarga pada
pagi hari dengan jujur.
·
Membaca teks permainan
sederhana dan mempraktikkan gerakan menendang
dan menggiring bola kemudian menentukan harga alat-alat permainan
tersebut dengan tanggungjawab.
·
Membuat kalimat sederhana
yang terkait dengan nilai pecahan uang secara mandiri.
·
Menceritakan kondisi
lingkungan desa/kota berdasarkan pengalaman kemudian menyanyikan lagu
“Desaku” sesuai dengan birama dan notasi angka dengan semangat.
Sub Tema 2: Tugasku sehari-hari di Sekolah (28
jam pelajaran)
·
Mengamati gambar tentang
kegiatan menuju sekolah dan membaca teks sesuai gambar kemudian melakukan
tanya jawab sesuai isi gambar dilanjutkan
menggambar letak sekolah secara sederhana yang diwarnai dengan
kreatif.
·
Menghitung uang saku siswa
dan memasangkan gambar siswa dengan nilai pecahan uang dengan teliti.
·
Menirukan gerakan kepala, tangan,
dan kaki dengan hitungan pola birama tiga sesuai gambar tersedia penuh
semangat.
·
Membaca teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas tentang kehidupan ekonomi yang berkaitan dengan uang saku
siswa dengan percaya diri dan teliti.
·
Mengidentifikasi kosakata
terkait keberagaman karakteristik individu di sekolah secara teliti.
·
Mewarnai gambar kartu uang
sesuai warna kegemaran dengan kreatif.
·
Membuat kalimat sederhana
dari kata yang ada dalam bacaan tentang kegiatan jual beli secara mandiri.
·
Membaca dan mengamati gambar
permainan sepak bola kemudian
membentuk kelompok secara berpasangan dari suku atau asal daerah yang
berbeda dan menuliskan nama anggotanya untuk bermain sepakbola dengan
kerjasama serta toleransi.
·
Bermain peran yang
berhubungan dengan kehidupan ekonomi tentang jual beli di masyarakat sekitar
dengan kreatif.
Sub
Tema 3: Tugasku Sebagai Umat Beragama (28 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar mata uang,
membaca dan menulis nilai nominalnya kemudian mengurutkannya dari nilai yang
terkecil atau sebaliknya dengan teliti.
·
Melakukan gerakan permainan sederhana sesuai pola
ketukan birama dengan semangat.
·
Membaca teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas tentang budaya tolong menolong misalnya kegiatan
menyantuni anak yatim dengan percaya diri dan toleransi.
·
Menuliskan syair lagu anak
yang terkait dengan jenis pekerjaan, kemudian mendeskripsikan jenis pekerjaan
tersebut dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Membuat kalimat sederhana
tentang anggota keluarga sesuai usia dan kategorinya dengan tanggungjawab.
·
Melakukan gerakan menendang
dan menggiring bola dengan cara berkelompok sesuai jenis kelamin dengan
semangat.
·
Membuat kalimat sederhana
menggunakan kosakata tentang ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita yang terkait dengan nilai dan kesetaraan pecahan
mata uang yang menggambarkan sikap hidup rukun dengan kreatif.
Sub
Tema 4: Tugasku dalam Kehidupan Sosial (28 jam pelajaran)
·
Membaca teks tentang kegiatan
social (menyantuni anak yatim, bakti social, gotong royong di lingkungan
sekitar dan lain sebagainya) kemudian menjawab pertanyaan yang menggambarkan
sikap hidup rukun dengan percaya diri.
·
Membuat prakarya berupa
bingkai foto dari bahan alami dan menaksir serta menghitung harga bahan
prakarya dengan kreatif.
·
Berdiskusi tentang ungkapan,
ajakan, perintah, penolakan dalam teks permainan sederhana kemudian
mempraktikkan permainan tersebut dengan semangat.
·
Melakukan tanyajawab tentang
jual beli kemudian mengisi tabel harga barang dengan pecahan uang dengan
teliti.
·
Mengamati gambar suasana
upacara Sumpah Pemuda dan menuliskan teks Sumpah Pemuda kemudian memasangkan
gambar budaya dengan daerah asalnya penuh percaya diri
·
Mengamati gambar tentang
permainan tradisional dan melakukan
pemanasan secara berpasangan sambil menyayikan lagu daerah dengan semangat.
·
Mencermati isi dongeng
binatang dan menemukan kosakata dalam dongeng yang berkaitan dengan
keberagaman karakteristik individu penuh rasa ingin tahu.
·
Menceritakan kembali isi dongeng binatang dan membuat gambar
imajinatif binatang dengan kreatif.
·
Menuliskan langkah-langkah
pembuatan prakarya dari bahan buatan kemudian membuat prakarya tersebut
dengan kreatif.
·
Mencermati gambar gerakan
melempar dan menangkap bola, melakukan permainan bola kemudian membuat
kalimat sederhana sesuai permainan dengan semangat.
|
||
·
Aturan
dan tata tertib yang berlaku di
sekolah
·
Kegiatan sesuai
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
·
Jenis-jenis
keberagaman karakteristik individu di sekolah
·
Jenis-jenis
kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah
·
Makna
bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Pengalaman bersatu
dalam keberagaman di sekolah
|
||||
Bahasa Indonesia
3.1 Memahami ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat
dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita
atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
3.2 Memahami
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan dan
visual
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata
Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
3.3 Memahami kosakata dan konsep
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata
Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
3.8 Memahami informasi dari dongeng binatang
(fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan
untuk kesenangan
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang
menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai
bentuk ungkapan diri
|
·
Ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
·
Kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan dan visual
·
Kosakata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
dan visual
·
Dongeng binatang (fabel) yang
menggambarkan sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan
|
|||
Matematika
3.5 Menjelaskan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
4.5 Mengurutkan nilai mata uang
serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang
|
·
Nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
·
Urutan nilai mata uang serta mendemonstrasikan
berbagai kesetaraan pecahan mata uang
|
|||
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal
karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat
karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3 Meragakan
gerak keseharian dan alam dalam tari
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
4.4 Membuat
hiasan dari bahan alam dan buatan
|
·
Karya imajinatif dua dan tiga
dimensi
·
Pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
·
Gerak keseharian dan alam dalam tari
·
Bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
|||
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
3.3 Memahami
prosedur variasi pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.3 Mempraktikkan
variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.4 Memahami
prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan prosedur bergerak secara
seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
3.6
Memahami prosedur penggunaan variasi
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi gerak dasar
lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak berirama
|
·
Prosedur
variasi pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
·
Prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca,
berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka
pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
·
Prosedur
penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Alokasi
waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah
2.4 Bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman
di sekolah
4.4 Menceritakan
pengalaman bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
·
Makna
bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
Subtema 1: Hidup bersih dan sehat di rumah (28 jam
pelajaran)
· Menyanyi
lagu bertema lingkungan sehat dengan memperhatikan panjang dan pendeknya
bunyi, tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga dengan
percaya diri
· Membaca
syair lagu yang berhubungan dengan lingkungan sehat di rumah dengan percaya
diri
· Menemukan
kosakata dalam syair lagu dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan
sehat di rumah dengan teliti dan jujur
· Membuat
laporan sederhana tentang lingkungan sehat di rumah dengan percaya diri
· Menentukan
ruas garis, sisi, sudut, dan titik sudut yang membatasi model bangun datar
pada lambang negara dengan percaya diri
· Menceritakan
pengalaman tentang sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah sesuai lambang
sila Pancasila dengan percaya diri
· Mempraktikkan
gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani dalam permainan dengan kerjasama dan jujur
· Menjelaskan
manfaat hidup bersatu dan kerugian apabila hidup tidak bersatu di rumah
dengan percaya diri
Subtema 2: Hidup bersih dan sehat di sekolah (28
jam pelajaran)
· Membaca
teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di sekolah dengan percaya diri
· Menemukan
kosakata dalam teks dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di
sekolah dengan teliti
· Membuat
laporan sederhana tentang lingkungan sehat di sekolah dengan tanggung jawab
· Menirukan
gerak menyapu lantai dalam bentuk tari sesuai aturan yang berlaku dan
mengikuti pola bangun datar yang ditentukan dengan jujur
· Mempraktikkan
gerak secara seimbang dominan statis dan gerak kelenturan tubuh dominan
bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan
dengan percaya diri
· Menjelaskan
manfaat hidup bersatu dan kerugian apabila hidup tidak bersatu di sekolah,
kemudian mensimulasikannya dengan percaya diri
Subtema 3: Hidup bersih dan sehat di lingkungan
tempat bermain (28 Jam pelajaran)
· Membaca
teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat bermain dengan
percaya diri
· Menemukan
kosakata dalam teks dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di
tempat bermain dengan teliti
· Membuat
laporan sederhana tentang lingkungan sehat di tempat bermain dengan tanggung
jawab
· Menggambar
imajinatif tiga dimensi berupa model bangun ruang dengan memperhatikan banyak
rusuk, sisi dan titik sudut dengan teliti dan kreatif
· Mempraktikkan
gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui bermain peran untuk menunjukkan sikap bersatu dalam
keberagaman karakteristik individu di tempat bermain berdasarkan pengalaman
dengan percaya diri
· Membuat
karya membentuk patung dengan bahan alami dengan kreatif
· Membaca
teks yang berhubungan dengan cara menjaga lingkungan sehat di tempat bermain
dengan percaya diri
· Menemukan
kosakata dalam teks dan maknanya yang berhubungan dengan cara menjaga
lingkungan sehat di tempat bermain dengan teliti
· Membuat
laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan sehat di tempat bermain
dengan tanggung jawab
Subtema 4: Hidup bersih dan sehat di masyarakat
(28 jam pelajaran)
· Membaca
teks yang berhubungan dengan cara menjaga lingkungan sehat di tempat umum
dengan percaya diri
· Menemukan
kosakata dalam teks dan maknanya yang berhubungan dengan cara menjaga
lingkungan sehat di tempat umum dengan teliti
· Membuat
laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan sehat di tempat umum dengan
tanggung jawab
· Membuat
karya hiasan dari bahan alami dan buatan serta menceritakan proses
pembuatannya sesuai aturan dengan tanggung jawab
· Mempraktikkan
gerak secara kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan dengan percaya diri
· Menentukan
bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola dengan memperhatikan
banyak rusuk, sisi dan titik sudut dengan teliti
· Membaca
teks yang berhubungan dengan cara menjaga lingkungan sehat di tempat umum
dengan percaya diri
· Menemukan
kosakata dalam teks dan maknanya yang berhubungan dengan cara menjaga
lingkungan sehat di tempat umum dengan teliti
· Membuat
laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan sehat di tempat umum dengan
tanggung jawab
· Menjelaskan
manfaat hidup bersatu dan kerugian apabila tidak hidup bersatu dalam
keberagaman dan mensimulasikannya dengan tanggung jawab
|
Bahasa Indonesia
3.4
Memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam
Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual
4.4 Menyajikan penggunaan kosakata
bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara
menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
|
·
Kosakata dan konsep tentang
lingkungan
sehat
dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bahasa indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, dan visual.
|
|
Matematika
3.9
Menjelaskan ruas garis dengan
menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
4.9 Mengidentifikasi ruas garis dengan
menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan
ciri-cirinya
4.10 Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang
berdasarkan ciri-cirinya.
3.11 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang
menggunakan model konkret.
4.11 Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang
menggunakan model konkret.
|
·
Ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
· Bangun datar dan bangun ruang berdasarkan
ciri-cirinya
· Pola barisan bangun datar dan bangun ruang
menggunakan model konkret
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana
melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola irama
sederhana melalui lagu anak-anak.
3.3
Mengenal gerak keseharian dalam
tari.
4.3 Meragakan gerak keseharian
dalam tari.
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
4.4 Membuat
hiasan dari bahan alam dan buatan
|
· Karya
imajinatif dua dan tiga dimensi
· Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
· Gerak keseharian dalam tari.
· Bahan alam dan buatan dalam
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.4 Memahami prosedur bergerak
secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan prosedur bergerak
secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
|
·
Prosedur bergerak secara seimbang,
lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Tema 5 :
Aku dan Sekolahku
Alokasi
Waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Bersikap
toleran terhadap keberagaman karakteristik individu di sekolah
2.3 Bertanggung jawab dalam konteks kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah
3.3 Merinci jenis-jenis
keberagaman karakteristik individu
di sekolah
4.3 Menceritakan jenis-jenis kebersamaan dalam
keberagaman karakteristik individu di sekolah
|
·
Karakteristik individu di
lingkungan sekolah
·
Jenis-jenis keberagaman
karakteristik individu di sekolah
·
Makna keberagaman
karakteristik individu
|
Subtema
1: Tugas-tugas sekolahku (28 jam pelajaran)
·
Membaca teks bacaan tentang
keberagaman karakteristik individu dan membuat pengelompokannya dengan rasa
ingin tahu, toleransi, dan percaya diri
·
Mengidentifikasi
karakteristik masing-masing individu di kelas dan membuat puisi tentang keberagaman
karakteristik individu, kemudian membacanya dengan percaya diri dan jujur
·
Membaca teks cerita terkait
kegiatan jual beli mata uang rupiah dan memperlihatkan beberapa lembar uang
kertas yang berbeda-beda nilai nominalnya dengan penuh tanggung jawab
·
Mengamati video/film/gambar/
membaca teks tentang pertunjukan tari
tradisional, mengidentifikasi dan membuat daftar harga properti yang dipakai
penari serta menuliskan kesetaraan pecahan mata uang yang digunakan dengan
jujur
·
Menulis dengan tulisan tegak
bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak
kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama
dan disiplin.
Membaca
indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta
meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan
tersebut secara mandiri dan tanggung jawab
Subtema
2: Kegiatan Ekstrakurikulerku (28 jam pelajaran)
·
Melakukan pengamatan
sederhana terhadap jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah,
kemudian mendiskusikan dan menuliskan hasilnya dengan tulisan tegak
bersambung menggunakan huruf kapital penuh rasa ingin tahu, toleran, dan
kerja sama
·
Membaca indah puisi anak
tentang keberagaman karakteristik individu dilakukan dengan gerak kepala,
tangan, dan kaki dengan kreatif dan percaya diri
·
Mencari puisi anak terkait
keberagaman karakteristik individu dari berbagai sumber lalu membuat daftar
harga buku/majalah yang menjadi sumber informasi tentang puisi tersebut
kemudian menuliskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang dengan rasa ingin
tahu, toleran, dan tanggung jawab
·
Mengamati video/film/gambar/
teks bacaan tentang senam lantai kemudian mengidentifikasi properti yang
digunakan oleh pesenam dan menaksir harganya, dilanjutkan dengan menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari terkait nilai dan kesetaraan mata uang
penuh percaya diri dan tanggung jawab
·
Mengamati video/film/gambar/
teks bacaan tentang koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dalam tari,
kemudian mempraktikkan gerakan tari tersebut dengan kreatif dan disiplin
·
Mempraktikkan berbagai gerak
pemanasan untuk tungkai dalam bentuk permainan sederhana/ tradisional dengan
penuh percaya diri dan tanggung jawab
Subtema
3: Lingkungan Sekolahku (28 jam pelajaran)
·
Membuat
daftar jenis-jenis keberagaman
karakteristik individu di kelas seperti; mengelompokkan berdasarkan
jenis kelamin, kampung asal, jenis rambut, dan lainnya, dan menuliskan dengan
hruf tegak bersambung menggunakan huruf kapital penuh percaya diri, kerja
sama dan toleran.
·
Membaca indah puisi anak
terkait keberagaman karakteristik individu di sekolah dilakukan dengan
koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki secara serasi, menuliskan kembali
puisi tersebut dengan huruf tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan
tanga baca yang tepat dengan penuh percaya diri dan toleran.
·
Melakukan pengamatan
sederhana terhadap tari daerah tertentu lalu menceritakan gerakan-gerakan
yang dilakukan oleh penari, kemudian membuat puisi tentang keindahan gerakan
tari tersebut dengan kreatif dan percaya diri
·
Membuat daftar harga properti
yang dapat digunakan untuk melakukan koordinasi gerak kepala, ayunan
lengan/tangan, dan gerak langkah dalam
gerak tari dengan iringan /hitungan kemudian kemudian menuliskan nilai dan kesetaraan
pecahan mata uang jumlah harga properti tersbut dengan teliti dan percaya
diri
·
Mempraktikkan berbagai gerak
pendidinginan untuk lengan dalam bentuk permainan sederhana/ tradisional, dan
memperhatikan properti yang dipakaianya kemudian menaksir harga properti
tersebut serta menyelesaiakn permasalahan aktivitas fisik dalam olah raga
terkait dengan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang dengan percaya diri dan
jujur
Subtema 4: Prestasi
Sekolahku (28 jam pelajaran)
· Membaca teks bacaan terkait makna keberagaman
karakteristik individu kemudin menyalin dengan tulisan tegak bersambung
menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh percaya diri dan
toleran
· Menulis percakapan tentang keberagaman individu di kelas dengan tulisan tegak
bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat, kemudian
bermain peran dengan disiplin, toleran, dan tanggung jawab
· Mengamati berbagai karya hiasan, mengidentifikasi
bahan yang digunakan untuk membuatnya, dan menaksir harga bahan-bahan
tersebut kemudian menuliskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang dengan
rasa ingin tahu dan teliti
· Membuat karya hiasan menggunakan bahan alam atau
buatan dan menuliskan harga bahan-bahan yang digunakannya, kemudian
menyelesaikan masalah sehari-hari tentang karya hiasan dari bahan alam dan
buatan terkait nilai dan kesetaraan pecahan mata uang dengan kreatif dan
mandiri
· Mencari puisi anak terkait karya dari bahan alam,
mendiskusikan pesan yang terkandung dalam puisi tersebut, kemudian menyalin
dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang
tepat penuh rasa ingin tahu, kerjasama, dan percaya diri
· Menuliskan teks cerita tentang aktivitas yang
dilakuan di sekoah lalu menuliskan
harga bahan/barang yang diperlukannya kemudian mengurutkan harga bahan/barang
dari yang termurah atau sebaliknya dengan teliti dan mandiri
· Bermain
peran “pedagang dan pembeli di pasar” dan menuliskan nilai dan
kesetaraan pecahan mata uang, kemudian membuat puisi tentang pasar dengan
kreatif, kerjasama, dan tanggung jawab
·
Mempraktikkan
berbagai gerak pendidinginan untuk tungkai dalam bentuk permainan sederhana/ tradisional,
kemudian menulikan langkah-langkah gerak yang dipraktikkan dengan tulisan
tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh
semangat, kerjasama, dan percaya diri
|
Bahasa Indonesia
3.5 Memahami puisi anak dalam bahasa Indonesia
atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
4.5 Membacakan teks puisi anak tentang alam dan
lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat sebagai bentuk ungkapan diri
3.7 Memahami tulisan
tegak bersambung dalam cerita dengan
memperhatikan penggunaan huruf kapital
(awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik
pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung
menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri)
serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
dengan benar
|
·
Puisi anak
·
Tanda baca
|
|
Matematika
3.5 Menjelaskan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
4.5 Mengurutkan
nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang
.
|
·
Nilai
mata uang
rupiah.
·
Kesetaraan
nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3 Meragakan
gerak keseharian dan alam dalam tari
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam
berkarya
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan
buatan
|
·
Gerak
keseharian dalam tari
·
Pengolahan
bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
|
Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
3.5 Memahami prosedur variasi
berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor
tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam
lantai
4.5 Mempraktikkan
variasi berbagai pola gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
3.8 Memahami manfaat pemanasan
dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari
sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik
4.8 Menceritakan manfaat
pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan
dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik
|
·
Gerak dasar senam
·
aktivitas pemanasan dan
pendinginan serta manfaatnya
|
Tema 6 : Air, Bumi,
dan Matahari
Alokasi Waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
1.4 Menunjukkan
sikap bersatu dalam keberagaman
di sekolah
2.4 Bersikap sesuai makna bersatu dalam
keberagaman di sekolah
3.4 Memahami
makna bersatu dalam keberagaman di
sekolah
4.4 Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman
di sekolah
|
|
Subtema
1: Air (28
jam pelajaran)
·
Membaca teks bacaan tentang makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
dan menuliskan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks
dengan teliti
·
Membaca teks cerita
tentang air di lingkungan sekitar menggunakan suara keras dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat, kemudian menuliskan langkah-langkah
menjaga keselamatan diri dalam aktifitas air dengan percaya diri
·
Menemukan
isi ungkapan dalam lagu anak-anak yang berkaitan dengan air dan menyanyikan
sesuai pola irama sederhana dengan berani
·
Membuat puisi bertema air
berdasarkan pengalaman bersatu dalam keberagaman di sekolah kemudian mendeklamasikannya
dengan percaya diri
·
Membuat hiasan dari bahan
kertas dengan cara menggunting yang menggambarkan pecahan ½, 1/3, dan ¼ dengan kreatif
·
Membaca teks bacaan tentang
“apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan” dalam melakukan aktivitas air
·
Menuliskan jenis-jenis
olahraga air/permainan aktivitas air, kemudian melakukan gerak berjalan,
berlari, lempar tangkap bola dalam permainan aktivitas air dengan percaya
diri
Subtema
2: Bumi
(28 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar kegiatan penanaman
pohon
yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah/lingkungan
sekitar dan menulis puisi anak tentang alam dan lingkungan dengan kreatif
·
Bermain menyusun pola barisan bangun
datar dan bangun ruang dengan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Membaca teks tentang
lingkungan alam sekitar dan mengidentifikasi ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks tersebut secara kelompok untuk menumbuhkan
sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan tangnggungjawab
·
Melaksanakan perintah, berdasarkan
teks tentang lingkungan alam sekitar yang dilakukan secara berpasangan untuk
menumbuhkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan toleransi
·
Membuat bangun datar yang
menggambarkan pecahan ½, 1/3, dan ¼ kemudian
mewarnai sesuai keinginan dan membentuknya menjadi puzle dengan kreatif
·
Memperagakan pola irama tiga
menirukan gerakan flora dan fauna dengan semangat
Subtema
3:
Matahari (28 jam pelajaran)
·
Membaca teks bacaan tentang manfaat matahari dalam kehidupan
sehari-hari, dilanjutkan diskusi kelompok sebagai bentuk sikap bersatu dalam
keberagaman di sekolah
·
Membaca puisi anak bertema lingkungan,
kemudian mendiskusikan pesan yang terkandung di dalamnya secara
berkelompok berdasarkan pengalaman bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Membuat kalimat sederhana
tentang ungkapan, ajakan, perintah, penolakan, berdasarkan teks bacaan
tentang manfaat matahari dalam kehidupan sehari-hari, kemudian
mempraktikannya dalam bentuk gerak nonlokomotor
·
Membuat prakarya berbentuk bangun datar dari kertas origami yang
menunjukkan pecahan ½, 1/3, dan ¼ dengan
kreatif
·
Menyanyikan lagu anak-anak
pola irama tiga, berkaitan dengan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Membuat hiasan menggunakan
bahan alam dalam bentuk pecahan ½, 1/3, dan ¼ dengan
teliti dan tanggung jawab
Subtema
4: Alam
Sekitar
(28 jam
pelajaran)
·
Melakukan gerak dasar manipulatif dalam
bentuk permainan sebagai sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Menemukan
isi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam lagu bertema alam sekitar
yang dinyanyikan berdasarkan pola irama sederhana dengan semangat
·
Membaca teks tentang alam
sekitar, dan menuliskan pesan yang terkandung di dalamnya secara berkelompok
untuk menumbuhkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah
·
Membuat beberapa bangun ruang
dari bahan alam atau buatan, kemudian menyusun pola yang berbeda dengan
kreatif
·
Membuat karya seni
berdasarkan kelompok bahan alam, menuliskan langkah-langkah pembuatannya,
kemudian mempresentasikan di depan kelas dengan percaya diri
·
Melakukan gerak dasar lokomotor
sesuai pola irama tiga melalui ketukan dengan bersemangat
|
Bahasa Indonesia
3.1 Memahami ungkapan,
ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang
menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan
bahasa yang santun
3.5 Memahami puisi anak dalam bahasa Indonesia
atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
4.5 Membacakan teks puisi anak tentang alam dan
lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat sebagai bentuk ungkapan diri
|
|
|
Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang
bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret
3.11 Menjelaskan pola
barisan bangun
datar dan bangun ruang menggunakan model konkret
4.11 Memprediksi pola barisan bangun datar dan
bangun ruang menggunakan model konkret
|
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.2 Mengenal pola irama
sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan
dalam berkarya
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
|
·
Pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak
·
Pengolahan bahan alam dan buatan dalam
berkarya
·
Hiasan
dari bahan alam dan buatan
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan
3.7 Memahami
prosedur penggunaan gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam
aktivitas air ***
4.7 Mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan
menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
|
·
Prosedur
penggunaan gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor,dan manipulatif dalam bentuk permainan dan menjaga keselamatan
diri/orang lain dalam aktivitas air
|
***) Pembelajaran aktifitas
air boleh dilaksanakan sesuai dengan kondisi, jika tidak dapat dilaksanakan
diganti aktifitas fisik lainnya yang terdapat di lingkup materi.
Tema 7 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Alokasi Waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menunjukkan sikap bersatu
dalam keberagaman di sekolah
2.4 Bersikap sesuai makna bersatu dalam
keberagaman di sekolah
3.4
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
4.4 Menceritakan pengalaman bersatu dalam
keberagaman di sekolah
|
·
Makna
bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
Sub Tema 1: Hewan di
Sekitarku (28 jam
pelajaran)
· Membaca teks tentang hewan yang
menggambarkan makna bersatu dalam
keberagaman di sekolah dan mengelompokkan jenis keberagaman dengan teliti
· Menceritakan dengan bahasa sendiri akibat yang
dapat ditimbulkan apabila tidak bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan
jujur
· Membaca dengan suara keras teks pendek tentang
lingkungan sehat yang berkaitan dengan hewan di sekitar sekolah dan menirukan
gerak hewan dalam tarian sederhana dengan percaya diri
· Menemukan kosakata dalam teks tentang hewan yang berkaitan dengan
lingkungan sehat di sekitar yang dilakukan secara berkelompok untuk
menumbuhkan sikap bersatu dalam keberagaman
· Melakukan pengamatan tentang lingkungan sehat di
sekitar kemudian menuliskan hasilnya dengan EYD yang tepat dan menggambar
lingkungan sehat dengan kreatif
· Mendengarkan dongeng binatang yang memuat kata sapaan terkait dengan makna bersatu dalam
keberagaman
· Mengidentifikasi dan menuliskan alat untuk
menggambar imajinatif dua dimensi tentang hewan, kemudian menggambar hewan
yang pernah di lihat
· Memperagakan gerak keseimbangan statis, seperti
berdiri satu kaki dan kaki lainnya diluruskan ke berbagai arah dalam waktu
tertentu dan menyelesaikan
permasahan sehari-hari yang berhubungan dengan waktu menggunakan satuan baku
(menit, jam, hari), dengan teliti
· Mempratikkan permainan yang di dalamnya memuat
komponen gerak lompat dan mengukur jarak lompat menggunakan satuan baku (cm,
m, km) dengan teliti
Sub Tema 2: Merawat Hewan (28 jam pelajaran)
· Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekolah,
misalnya jumlah laki-laki dan perempuan, kampung asal, agama, tinggi badan,
berat badan dengan teliti.
· Membaca lancar teks pendek yang berkaitan dengan
kegiatan merawat hewan kemudian menjelaskan isinya dan menggambar kreatif
tentang hewan peliharaan dengan percaya diri.
· Melakukan pengamatan tentang lingkungan tidak
sehat di sekitar kemudian menuliskan hasilnya sesuai EYD secara berpasangan
untuk menumbuhkan sikap bersatu dalam keberagaman.
· Membaca nyaring dongeng binatang (fabel) yang
menggambarkan sikap hidup rukun dengan lafal dan intonasi yang tepat kemudian
menirukan gerakan binatang dalam dongeng berupa tarian dengan tanggung jawab.
· Menyelesaikan permasalahan sehari-hari tentang mengukur berat
badan kemudian mempraktikkan permainan
berdasarkan satuan baku dengan kerjasama.
· Mempraktikkan
gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan dalam
rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat.
Subtema 3: Tumbuhan di Sekitarku (28 jam pelajaran)
· Membaca percakapan, menemukan kosakata yang
sulit, kemudian bermain peran tentang makna bersatu dalam keberagaman di
sekolah penuh percaya diri.
· Mendiskusikan isi teks yang memuat kata sapaan kemudian menyajikan dalam bentuk tulisan dan
melafalkannya dilanjutkan menyanyikan lagu anak tentang sapaan dengan
kerjasama.
· Membaca teks pendek yang berkaitan dengan
tumbuhan di sekitar, kemudian menyelesaikan
masalah tentang mengukur tinggi
tumbuhan menggunakan satuan baku dengan teliti.
· Mengamati tumbuhan di lingkungan sekitar kemudian
melaporkan hasilnya dengan bahasa yang santun dan menggambar tumbuhan yang
diamati dengan percaya diri.
· Memperagakan gerak bertumpu dalam permainan
secara kelompok untuk menumbuhkan sikap bersatu dalam keberagaman.
· Melakukan pengukuran panjang benda dalam kelas
dengan satuan baku dan menyajikan secara lisan dengan percaya diri.
Subtema 4: Merawat
Tumbuhan disekitarku (28 jam
pelajaran)
· Mendengarkan penjelasan tentang cara merawat
tumbuhan di lingkungan sekitar, kemudian mengidentifikasi unsur-unsur dari
penjelasan dan menceritakan kembali dengan bahasa sendiri yang menggambarkan
sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah
· Mengidentifikasi kata sapaan dalam dongeng dan
menuliskannya kemudian menggunakan kata sapaan secara lisan dan
mempraktikannya dalam permainan tradisional.
· Melakukan pengukuran tinggi tumbuhan di
lingkungan sekolah dalam kurun waktu tertentu kemudian melaporkan hasil
pengukuran dalam bentuk tulisan secara berkelompok untuk menumbuhkan sikap
bersatu dalam keberagaman.
· Mempraktikan permainan tradisional yang memuat
komponen gerak kaki dan lengan untuk mengembangkan keseimbangan dengan
percaya diri
· Melakukan
pengukuran pada alat yang digunakan untuk merawat tumbuhan dan menuliskan
laporan hasil pengukuran
|
Bahasa
Indonesia
3.4 Memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, dan visual
4.4 Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan
sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis,
lisan, dan visual
3.8 Memahami dongeng binatang
(fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang
(fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring
sebagai bentuk ungkapan diri
3.9 Memahami kata sapaan dalam dongeng secara
lisan dan tulis
4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara
lisan dan tulis
|
·
Kosakata
dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan
sekitar
·
Dongeng binatang (fabel)
·
Kata sapaan dalam dongeng
|
|
Matematika
3.6 Menjelaskan dan
menentukan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan
pengukuran panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
|
·
Penentuan
panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku
·
Pengukuran
panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal
karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.3 Mengenal
gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3 Meragakan
gerak keseharian dan alam dalam tari
|
·
Karya imajinatif dua dan tiga dimensi
·
Gerak
keseharian dan alam dalam tari
|
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan
3.4 Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam
rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.4 Mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
3.5
Memahami prosedur variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.5
Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam aktivitas senam lantai
|
· Prosedur bergerak
secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
· Prosedur variasi berbagai pola gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat)
|
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan di
Perjalanan
Alokasi
Waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
1.4 Menunjukkan sikap bersatu
dalam keberagaman di sekolah
2.4 Bersikap sesuai makna bersatu dalam
keberagaman di sekolah
3.4
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
4.4 Menceritakan pengalaman bersatu dalam
keberagaman di sekolah
|
·
Makna
bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
Subtema 1: Aturan
Keselamatan di Rumah (28 jam pelajaran)
· Membaca
teks yang berkaitan
dengan lingkungan geografis di sekitar ,mengelompokkan berbagai contoh kata -
kata, dan menuliskan dengan menggunakan tulisan tegak bersambung sesuai aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
· Mengidentifikasi benda yang lebih panjang, lebih
pendek, atau sama
panjang kemudian menaksir panjang benda dengan teliti dan percaya diri.
·
Mengidentifikasi pola irama
dua melalui ketukan dan tepukan kemudian mempraktikkan dengan menggunakan
gerak dasar lokomotor, berupa permainan aktivitas air yang bertujuan untuk
menjaga orang lain dengan disiplin.
·
Mengidentifikasi pola irama
dua melalui ketukan dan tepukan kemudian mempraktikkan dengan menggunakan
gerak dasar nonlokomotor, manipulatif
berupa permainan aktivitas air yang brtujuan untuk menjaga keselamatan orang
lain dengan disiplin.
·
Menuliskan pengalaman yang
berkaitan dengan keselamatan diri di rumah dengan tulisan tegak bersambung
menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh kejujuran.
Subtema 2: Menjaga
Keselamatan di Rumah (28 jam
pelajaran)
· Membaca teks cerita yang berkaitan dengan kehidupan sosial kemudian
melakukan tanya melalui berdiskusi tentang isi teks yang dapat dituangkan
berupa tulisan tegak bersambung dan sesuai aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari – hari.
· Menemukan
kosa kata yang belum dipahami dan menuliskan menggunakan tulisan tegak
bersambung tentang pengalaman bersatu dalam keberagaman dengan tanggung
jawab.
·
Memilih alat ukur
yang sesuai
untuk mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m)
serta menentukan jarak dua tempat dalam
satuan meter.
·
Mengidentifikasi pola irama
dua melalui ketukan dan tepukan serta aktivitas fisik untuk menjaga
keselamatan diri sendiri dengan mengawali kegiatan pemanasan dan mengahiri
kegiatan melalui pendinginan.
·
Mengidentifikasi bahan alami
yang dapat digunakan untuk membuat hiasan kemudian menyajikan dalam bentuk laporan tertulis dengan
percaya diri
Subtema 3: Aturan
Keselamatan di Perjalanan (28 jam
pelajaran)
· Menemukan dan mendiskusikan makna kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan geografis di sekitar serta memprediksi isi teks
yang disajikan dengan bahasa tulis dengan teliti dan tanggung jawab.
·
Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai
alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur.
·
Menyanyikan lagu anak-anak
pola irama dua dan pola irama tiga yang berkaitan dengan makna bersatu dalam
keberagaman di sekolah.
·
Mengklasifikasikan
berbagai hal yang harus dilakukan setelah atau sebelum melakukan aktivitas
fisik serta menceritakan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan dan
manfaatnya.
·
Mengidentifikasi bahan buatan
yang dapat digunakan untuk membuat hiasan kemudian menyajikan dalam bentuk laporan tertulis dengan
percaya diri.
Subtema 4: Menjaga
Keselamatan di Perjalanan (28 jam
pelajaran)
· Mengamati kegiatan bermain peran tentang menjaga keselamatan di perjalanan sesuai
aturan, dan menuliskan hasil pengamatan tersebut dengan
ejaan yang tepat serta
melaporkannya dengan bahasa Indonesia yang tepat dengan percaya diri.
· Mendiskusikan
pesan yang terkandung dalam bermain peran tentang menjaga keselamatan di
perjalanan sesuai aturan untuk menumbuhkan sikap bersatu dalam keberagaman .
· Membandingkan hasil
ukur jarak dua tempat
dengan berbagai alat ukur kemudian mengurutkan jarak beberapa tempat dari
terjauh
ke
terdekat
atau sebaliknya.
·
Mengidentifikasi jenis, ciri
– ciri, fungsi bahan alam (flora dan fauna) dalam membuat karya seni dari
bahan alam kemudian menceritakan berbagai hal yang yang harus dilakukan
sebelum, sesudah serta berbagai hal yang harus dihindari atau harus dilakukan
selama melakukan aktivitas.
·
Menyelesaikan masalah tentang
pengukuran jarak dua tempat dan menyanyikan lagu anak tentang transportasi
dengan percaya diri.
·
Membuat hiasan dari bahan
alam atau buatan yang berhubungan dengan satuan panjang dengan teliti dan
tanggung jawab.
|
Bahasa
Indonesia
3.3 Memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang
tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual
3.7 Memahami tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan
hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda
tanya pada kalimat tanya
4.7 Menulis
dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama
bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda
tanya pada kalimat tanya dengan benar
3.10 Memahami penggunaan huruf kapital
(nama Tuhan) nama orang, nama agama serta tanda titik dan tanda tanya dalam
kalimat yang benar
4.10 Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat
dengan benar
|
·
Kosakata
dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar
·
Tulisan
tegak bersambung dalam cerita dengan
memperhatikan penggunaan huruf kapital
(awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik
pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
·
Huruf
kapital (nama Tuhan) nama orang, nama agama serta tanda titik dan tanda tanya
dalam kalimat yang benar
|
|
Matematika
3.6 Menjelaskan dan
menentukan panjang, berat, dan waktu
dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-Hari.
4.6 Melakukan pengukuran panjang, berat, dan
waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.8 Menjelaskan dan menentukan jarak antara
dua tempat, dengan satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.8 Mengukur jarak antara dua tempat, dengan
satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
· Panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku
· Jarak antara dua tempat, dengan satuan baku
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan
dalam berkarya
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
|
· Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
· Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.7 Memahami prosedur penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan
manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain
dalam aktivitas air ***
4.7 Mempraktikkan penggunaan gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air***
3.8 Memahami manfaat pemanasan dan
pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum,
selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.8 Menceritakan manfaat pemanasan dan
pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum,
selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
· Gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan
manipulatif
· Pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal
yang harus dilakukan dan dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan
aktivitas fisik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar