RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalaman
Masa Kecil (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
Matematika
3.4 Menunjukkan pemahaman
tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai
sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati
serta menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya
dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
a.
Membaca teks
tentang menonton wayang kulit
b.
Membuat kalimat dengan
menggunakan kosa kata baru yang ada pada teks
Matematika
a.
Menemukan jawaban
dari soal penjumlahan dengan cara hitung maju
b.
Memecahkan soal
penjumlahan 20–40 dengan tepat
PPKn
a.
Mengidentifikasi
simbol sila pertama dalam Pancasila
b.
Mendiskusikan tentang
pengamalan sila pertama dari Pancasila dalam perilaku sehari-hari
D.
TUJUAN
1.
Dengan membaca
teks, siswa dapat menjelaskan isinya dengan percaya diri.
2.
Dengan membaca
teks, siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata yang ada.
3.
Dengan mengamati percakapan
pada buku, siswa dapat mendiskusikan tentang pengamalan sila pertama Pancasila
dengan percaya diri.
4.
Setelah mengamati contoh yang
diberikan guru, siswa dapat menentukan nilai tempat
5.
Dengan mengamati
contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dengan teliti.
6.
Dengan mengamati
contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah penjumlahan menggunakan cara hitungan
maju dengan teliti.
7.
Dengan kegiatan
diskusi, siswa dapat menuliskan simbol sila pertama Pancasila.
E.
MATERI
a.
Mengamati
Keluarga Besarku
b.
Mengenal
Nilai Tempat
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Role Play
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk Semangat dan
lagu yang relevan.
4. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.
5. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa membaca wacana di buku siswa secara
bergantian.
2.
Siswa mengajukan pertanyaan seputar menonton pertunjukan tradisional.
3.
Sampaikan bahwa dalam pertunjukan wayang kulit terdapat percakapan yang
merupakan kalimat yang diucapkan.
4.
Bagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk bermain merangkai kalimat.
5.
Perwakilan kelompok ke depan dan mengambil sebuah kata yang telah
disiapkan guru.
6.
Tiap siswa diminta menambahkan sebuah kata secara berantai sampai
membentuk kalimat.
7.
Kelompok yang berhasil membuat sebuah kalimat lengkap mendapatkan poin.
8.
Demikian seterusnya sampai seluruh kata yang disiapkan habis.
9.
Siswa diminta untuk berlatih menulis kalimat pada buku siswa.
10.
Selesai mengerjakan latihan, siswa membaca percakapan di buku siswa dan memerankannya.
11.
Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai bentuk pengamalan sila pertama
Pancasila dari percakapan yang telah diperankan.
12.
Setelah kegiatan berdiskusi, siswa mengulang dan mengingat kembali materi
penjumlahan dengan menghitung maju.
13.
Guru bertanya pada siswa, bagaimana jika menemukan soal penjumlahan dalam
angka yang besar dan tidak ada alat bantu berhitung berupa benda?
14.
Guru menunjukkan tabel nilai tempat untuk menjelaskan mengenai
penjumlahan bersusun ke bawah.
Contoh : 17 + 12 = 29
|
150
menit
|
||||||||||||
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran
hari ini.
2.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan
mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
5.
Salam dan
do’a penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Mencari contoh pengalaman yang
menyenangkan dan yang menyedihkan.
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru
Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan
Diri Anak.
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Keluarga
Besarku.
·
Kartu kosakata bergambar ayah, ibu, nenek,
·
kakek, paman, dan bibi.
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Abdul Aziz,S.Ag
NIP. 19690604 199803 1 002
|
Tirto, Nopember 2014
Guru/Wali Kelas 1B,
Tri Wahyuni Hidayati
NIP.19780419 200710 2 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar