PEMETAAN INDIKATOR PADA TEMA
KELAS/TEMA : I / Kegemaranku
SUB TEMA
|
MAPEL
|
KD/KODE
|
INDIKATOR
|
1
|
PPKN
|
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.1 Menggali informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh
dilakukan saat bermain atau berolahraga
3.2.2 Menuliskan
hal-hal yang boleh dan tidak boleh ketika bermain dan berolahraga
3.2.3 Menyebutkan
hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
3.2.10
Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan
adik di rumah
3.2.11
Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di
rumah
3.2.12 Menyebutkan
hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah
|
|
|
3..3 Memahami
keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.3.7 Menggali
data tentang gambar kesukaan dari anggota keluarga di rumah
3.3.8 Menyebutkan
gambar kesukaan anggota keluarga di rumah
3.3.10 Menggali
informasi tentang bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga.
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Melakukan kegiatan
sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2.1 Melaporkan informasi tentang
hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
4.2.2 Memeragakan
salah satu contoh kegiatan yang boleh dilakukan ketika bermain dan
berolahraga
4.2.3 Memeragakan dua cara melakukan satu kegiatan yang boleh dilakukan
di rumah
4.2.10
Bermain bersama adik di rumah
4.2.11 Membantu adik di rumah
4.2.12 Berbagi dengan adik di rumah
|
|
|
4.3 Menceritakan
pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.3.7 Menceritakan pengalaman mengenal
gambar kesukaan masing-masing anggota keluarga di rumah
4.3.8 Menceritakan pengalaman
menggambar gambar kesuakaan bersama anggota keluarga di rumah
4.3.10 Menceritakan pengalaman membaca
bersama keluarga di rumah
|
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan
baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang) dengan cara yang benar.
|
3.1.1 Menunjukkan gambar posisi duduk yang tepat saat melakukan kegiatan
membaca
3.1.3 Menunjukkan gambar cara memegang buku dan cara membalik halaman
3.1.4 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
|
|
|
3.2 Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
3.2.1
Menunjukkan gambar cara duduk yang tepat saat menulis
3.2.2
Menjelaskan prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
3.2.3 Menunjukkan gambar cara meletakkan buku yang tepat saat menulis
1.2.4 Menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis
3.2.4 Menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis
3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis
|
|
|
3.3 Memahami
keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.3.11 Menunjukkan
bacaan kegemaran masingmasing anggota keluarga
|
|
|
3.5 Mengenal
kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa
gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
|
3.5.4 Menyebutkan kosakata
tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan
dengan tepat
3.5.6 Memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk
memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat
3.5.6 Memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk
memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat
3.5.7 Menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara
untuk memelihara kesehatan dengan tepat
|
|
|
3.11 Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman,
kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang
diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
|
3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah
puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
|
|
|
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan
baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang) dengan benar.
|
4.1.1
Mendemonstrasikan cara duduk yang tepat saat menulis
4.1.3 Mendemonstrasikan cara memegang
buku/obyek bacaan dan membuka/ membalik halaman buku saat membaca
|
|
|
4.2 Mempraktikkan
prosedur gerak dasar non- lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
4.2.1 Mendemonstrasikan cara
duduk yang tepat
4.2.2 Mempraktikkan prosedur gerakan
menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.3 Mendemonstrasikan cara meletakkan
buku yang tepat saat menulis
4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis
4.2.5 Mendemonstrasikan pencahayaan
saat menulis
|
|
|
4.3 Menceritakan
pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.3.11 Menceritakan pengalaman membaca
bersama keluarga di rumah
|
|
|
4.5 Menjelaskan dengan kosakata bahasa
Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.
|
4.5.4 Menggunakan kosakata tentang
olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
4.5.6 Mempraktikkan cara menggunakan
kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu
kalimat dengan tepat
4.5.7 Melafalkan
kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan dengan tepat
|
|
|
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman,
kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai
bentuk ungkapan diri.
|
4.11.1
Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah
puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat
|
|
Matematika
|
3.4 Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
|
3.4.5 Melakukan
penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa
menyimpan dengan bantuan benda konkret
3.4.5 Melakukan
penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa
menyimpan dengan bantuan benda konkret
3.4.9
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan
1-10)
|
|
|
3.5 Mengenal pola
bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
|
3.5.1
Mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/
gambar/gerakan atau lainnya
|
|
|
3.6 Mengenal
bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda
|
3.6.1
Mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus
3.6.2 Menyebutkan benda-benda yang
berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus
|
|
|
4.4 Menyelesaikan
masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan dan pengurangan bilangan
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
|
4.4.1 Menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
4.4.2 Menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan
|
|
|
4.5 Memprediksi
dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/
gambar/gerakan atau lainnya
|
4.5.1 Melengkapi barisan
bilangan berdarkan pola tertentu
|
|
|
4.6
Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai
benda konkret
|
4.6.1 Mengelompokkan benda-benda
konkret berdasarkan bentuk bangun ruang
|
|
SBDP
|
3.1 Memahami karya ekspresi
dua dan tiga dimensi
|
3.1.5
Mengidentifikasi ciri-ciri karya cetak dua dimensi (ide, tema, obyek, dan
komposisi bentuk dan warna)
3.1.6
Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya cetak dua
dimensi
3.1.7 Mengidentifikasi cara
menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi
3.1.8
Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya cetak dua dimensi
|
|
|
3.2 Memahami elemen
musik melalui lagu
|
3.2.2 Membedakan bunyi alam dan bunyi
buatan
3.2.2 Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan
|
|
|
3.3 Memahami gerak
anggota tubuh melalui tari
|
3.3.2 Membedakan
gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
|
|
|
3.4 Memahami bahan
alam dalam berkarya
|
3.4.1
Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan (kartu kata
motif bunga kering)
|
|
|
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan
tiga dimensi
|
4.1.4 Menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek untuk
membuat karya dua dimensi dengan teknik cetak
4.1.5 Menyiapkan alat dan
bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi
4.1.6 Membuat karya cetak dua dimensi sesuai dengan
ide/ gagasan, tema, obyek yang telah ditentukan
|
|
|
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu
|
4.2.2 Memeragakan bunyi
alam dan bunyi buatan
|
|
|
4.3 Meragakan
gerak anggota tubuh melalui tari
|
4.3.2 Memeragakan gerak cepat dan
lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
|
|
|
4.4 Membuat karya
dari bahan alam
|
4.4.1 Membuat kerajinan dengan
memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan (kartu kata motif bunga kering)
|
|
PJOK
|
3.2 Memahami
prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
3.2.1 Menjelaskan
prosedur gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
3.2.3 Menjelaskan prosedur gerakan meliukkan badan tanpa berpindah tempat
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.4 Menjelaskan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana atau tradisional.
3.2.5 Menjelaskan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
|
|
3.5 Mengenal
kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa
gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
|
3.5.5 Menjelaskan
makna kata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan dengan tepat
|
|
|
4.2 Mempraktikkan
prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
4.2.1
Mempraktikkan prosedur gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk .
4.2.3 Mempraktikkan prosedur gerakan
meliukkan badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.2.4 Mempraktikkan prosedur gerakan
menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
4.2.5 Mempraktikkan prosedur gerakan
mendorong tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
|
|
4.5 Menjelaskan dengan
kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan
|
4.5.5 Menggunakan kosakata yang
berhubungan tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan sesuai
dengan makna kata dengan tepat
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar