Senin, 07 November 2016

Pemetaan Indikator Pada tema kelas 1 tema Kegemaranku

PEMETAAN INDIKATOR PADA TEMA
KELAS/TEMA : I / Kegemaranku


SUB TEMA
MAPEL
KD/KODE
INDIKATOR
1
PPKN
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.1 Menggali informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
3.2.2 Menuliskan hal-hal yang boleh dan tidak boleh ketika bermain dan berolahraga
3.2.3 Menyebutkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
3.2.10 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah
3.2.11 Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah
3.2.12 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah



3..3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3.7 Menggali data tentang gambar kesukaan dari anggota keluarga di rumah
3.3.8 Menyebutkan gambar kesukaan anggota keluarga di rumah

3.3.10 Menggali informasi tentang bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga.







4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.1 Melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
4.2.2 Memeragakan salah satu contoh kegiatan yang boleh dilakukan ketika bermain dan berolahraga
4.2.3 Memeragakan dua cara melakukan satu kegiatan yang boleh dilakukan di rumah
4.2.10 Bermain bersama adik di rumah
4.2.11 Membantu adik di rumah
4.2.12 Berbagi dengan adik di rumah



4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah
4.3.7 Menceritakan pengalaman mengenal gambar kesukaan masing-masing anggota keluarga di rumah
4.3.8 Menceritakan pengalaman menggambar gambar kesuakaan bersama anggota keluarga di rumah
4.3.10 Menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga di rumah








Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan cara yang benar.

3.1.1 Menunjukkan gambar posisi duduk yang tepat saat melakukan kegiatan membaca
3.1.3 Menunjukkan gambar cara memegang buku dan cara membalik halaman
3.1.4 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca



3.2 Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


3.2.1 Menunjukkan gambar cara duduk yang tepat saat menulis
3.2.2 Menjelaskan prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2.3 Menunjukkan gambar cara meletakkan buku yang tepat saat menulis
1.2.4 Menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis

3.2.4 Menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis 3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis




3.3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3.11 Menunjukkan bacaan kegemaran masingmasing anggota keluarga



3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)

3.5.4 Menyebutkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
3.5.6 Memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat
3.5.6 Memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat
3.5.7 Menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat



3.11 Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.

3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat



4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
4.1.1 Mendemonstrasikan cara duduk yang tepat saat menulis
4.1.3 Mendemonstrasikan cara memegang buku/obyek bacaan dan membuka/ membalik halaman buku saat membaca



4.2 Mempraktikkan prosedur gerak dasar non- lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.2.1 Mendemonstrasikan cara duduk yang tepat

4.2.2 Mempraktikkan prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.3 Mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis
4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis

4.2.5 Mendemonstrasikan pencahayaan saat menulis





4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah

4.3.11 Menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga di rumah



4.5 Menjelaskan dengan kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.

4.5.4 Menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
4.5.6 Mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat
4.5.7 Melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat


4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.

4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat


Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

3.4.5 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret
3.4.5 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret

3.4.9 Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10)




3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

3.5.1 Mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/gerakan atau lainnya



3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda

3.6.1 Mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus
3.6.2 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus




4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
4.4.2 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan



4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/gerakan atau lainnya
4.5.1 Melengkapi barisan bilangan berdarkan pola tertentu


4.6 Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret

4.6.1 Mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang


SBDP
3.1 Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi


3.1.5 Mengidentifikasi ciri-ciri karya cetak dua dimensi (ide, tema, obyek, dan komposisi bentuk dan warna)
3.1.6 Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya cetak dua dimensi
3.1.7 Mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi
3.1.8 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya cetak dua dimensi



3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
3.2.2 Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan
3.2.2 Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan



3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari

3.3.2 Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari



3.4 Memahami bahan alam dalam berkarya

3.4.1 Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan (kartu kata motif bunga kering)



4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1.4 Menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik cetak
4.1.5 Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya cetak dua dimensi
4.1.6 Membuat karya cetak dua dimensi sesuai dengan ide/ gagasan, tema, obyek yang telah ditentukan


4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu

4.2.2 Memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan


4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari

4.3.2 Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari



4.4 Membuat karya dari bahan alam
4.4.1 Membuat kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan (kartu kata motif bunga kering)


PJOK
3.2 Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2.1 Menjelaskan prosedur gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.3 Menjelaskan prosedur gerakan meliukkan badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.4 Menjelaskan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
3.2.5 Menjelaskan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.




3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)

3.5.5 Menjelaskan makna kata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat



4.2 Mempraktikkan prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.2.1 Mempraktikkan prosedur gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk .
4.2.3 Mempraktikkan prosedur gerakan meliukkan badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.4 Mempraktikkan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional

4.2.5 Mempraktikkan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional




4.5 Menjelaskan dengan kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan
4.5.5 Menggunakan kosakata yang berhubungan tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan sesuai dengan makna kata dengan tepat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar