INDIKATOR
LITERASI DALAM PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VI ( Enam ) / 2 ( Dua )
Materi
Pokok : Tema 7
Alokasi
Waktu : 1 JP
NO
|
DESKRIPSI
|
ADA
|
BELUM
ADA
|
CATATAN
|
A.
|
Strategi
Literasi dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
1.
Sebelum "membaca"
|
|
|
|
|
a.
mengidentifikasi tujuan membaca
|
v
|
|
Guru
Memilih buku cerita yang bermanfaat dan menarik untuk dibaca oleh anak
|
|
b.
membuat prediksi
|
v
|
|
Guru
menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan cerita yang akan dibaca melalui
Tanya jawab singkat tentang pengarang, menerka isi buku dengan memperhatika
sampul dan judul buku, latar cerita , gambar dll
|
|
2.
Ketika "membaca"
|
|
|
|
|
a.
mengidentifikasi informasi yang
relevan
|
v
|
|
Membaca
senyap atau membaca dalam hati. Peserta didik mengambil buku di sudut baca
atau buku pribadi sebagai bahan yang akan dibaca
|
|
b.
mengidentifikasi kosakata baru, kata kunci, dan/atau kata sulit dalam teks
|
v
|
|
Peserta
didik mencatat kosa kata yang sulit / belum paham
maknanya
|
|
c.
Mengidentifikasi bagian teks yang
sulit (jika ada) dan/atau membaca kembali bagian itu
|
v
|
|
Membaca kembali teks yang telah dibaca atau bertanya
kepada guru tentang bagian teks yang sulit.
|
|
d.
memvisualisasi dan/atau think aloud
|
v
|
|
Menyimak berita audio visual atau meresume video
pembelajaran
|
|
e.
membuat inferensi.
|
v
|
|
Mengajak peserta didik untuk menarik kesimpulan dari
buku cerita yang dibacanya
|
|
f.
membuat pertanyaan tentang isi teks
dan hal-hal yang terkait dengan topik tersebut (dapat menggunakan sumber di
luar teks atau buku pengayaan)
|
|
v
|
Guru akan membuat daftar pertanyaan yang berkaitan
dengan buku yang dibacanya
|
|
g.
membuat keterkaitan antarteks
|
v
|
|
Dari
rangkain kalimat yang dibuat dapat menjadikan ringkasan cerita yang apa bila
orang lain membaca seolah- olah yang membaca bisa melihat membayangkan obyek
tersebut
|
|
3.
Setelah "membaca"
|
|
|
|
|
a.
membuat “ringkasan”
|
v
|
|
Peserta
didik diberi tugas untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah dibaca
dalam buku tugas literasi
|
|
b.
mengevaluasi teks
|
v
|
|
Guru membaca hasil ringkasan cerita yang telah
dibuat oleh peserta didik
|
|
c.
mengubah dari satu moda ke moda yang
lain
|
v
|
|
Guru
menunjuk beberapa peserta didik untuk menceritakan cerita yang sudah
dibacanya secara lesan di depan kelas
|
|
d.
mengonfirmasi, merevisi, atau menolak
prediksi
|
v
|
|
Guru
melakukan bincanh buku dengan bertanya kepada peserta didik tentang tanggapan
mereka tentang buku yang dibacanya
|
B.
|
Penggunaan
Alat bantu
|
v
|
|
LCD Proyektor, Audio Visual
|
|
Pengatur
Grafis
|
|
|
|
|
Daftar
Cek dll
|
|
v
|
Menyiapkan tabel untuk membantu mencatat hal-hal
yang penting dari buku yang dibacanya untuk memudahkan menceritakan kembali
baik secara lesan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar