PENGEMBANGAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI HOTS
Mata Pelajaran : Tematik
Kelas
: VI ( Enam )
Semester
: 2 ( Dua )
Tema : 7
( Kepemimpinan )
Sub Tema : 2 ( Pemimpin Idolaku )
Mapel
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Level Kognitif
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
PPKn
|
1
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Nilai-nilai yang terkandung di dalam
pancasila
|
1.1.1 Mengidentifikasi nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan dengan benar
|
|
2
|
2.1.
Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
|
2.1.1.Mengamalkan nilai-nilai
ketuhanan dalam kehidupan dengan
benar
|
|
3
|
3.1
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
L1
L1
L1
L 2
L2
L1
L3
L1
|
|
3.1.1. mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan
yang baik
3.1.2. Menjelaskan nilai-nilai
persatuan
3.1.3. mengidentifikasi
nilai-nilai persatuan dan kerakyatan dalam kehidupan
3.1.4 Menyebutkan nilai-nilai Pancasila yang
terkandung di dalam kehidupan
3.1.5. mengelompokkan
perilaku yang sesuai dengan sila dalam
Pancasila
3.1.6.Mengidentifikasi
nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan bermasyarakat
3.1.7. memberikan
contoh penerapan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari
3.1.8.Menganalisis penerapan nilai-nilai sila pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
3.1.9. Menyebutkan contoh-contoh penerapan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan
|
|
4
|
4.1 Menyajikan
hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
4.1.1 Menerapkan nilai-nilai
ketuhanan dalam kehidupan bermasyarakat
|
Bahasa Indonesia
|
5
|
3.3
Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca.
|
L1
L2
L3
|
Teks Pidato
|
3.3.1 mengidentifikasi
hal-hal pokok dalam teks pidato
3.3.2 Menentukan
unsur-unsur pidato
3.3.2.menyusun
konsep urutan isi pidato
.
.
|
|
6
|
4.3
Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri.
|
|
|
4.3.1. Menuliskan
unsur-unsur pidato
4.3.2.
membuat rancangan pidato membuat teks pidato
4.3.3. berpidato
dengan percaya diri
|
SBDP
|
7
|
3. 3 memahami penampilan tari
kreasi daerah
|
L 1
L1
L1
L3
|
Gerak Tari
|
3.3.1. menjelaskan
bentuk tari kreasi daerah berpasangan
3.3.2 menyebutkan berbagai bentuk tari
kreasi daerah berpasangan
3.3.3. menjelaskan unsur-unsur tari mengidentifikasi
keunikan
3.3.4. Menganalisis keunikan unsur-unsur sebuah tarian
|
|
8
|
4.3 menampilkan tari kreasi daerah.
|
|
|
4.3.1
memeragakan gerak tari daerah berpasangan
4.3.2 memperagakan gerak tari daerah
|
IPA
|
9
|
3.2
Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan
reproduksi.
|
L1
L1
L 3
L 3
L2
L2
|
Masa Pubertas
|
3.2.1 Menjelaskan masa pubertas
3.2.2 Mengidentifikasi ciri pubertas pada laki-laki dan
perempuan
3.2.3 Menganalisis perbedaan pubertas pada laki-laki
dan perempuan
3.2.4 Menunjukkan upaya menjaga kesehatan alat
reproduksi pada masa pubertas
3.2.5. menjelaskan cara-cara menjaga kebersihan alat
reproduksi pada masa pubertas
3.2.6 Menerapkan
cara-cara menjaga kebersihan alat reproduksi pada masa pubertas
|
|
10
|
4.2
Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami
|
|
|
4.2.1
membuat rencana karya berisi cara
menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas
4.2.2 membuat karya berisi cara
menjaga kebersihan alat reproduksi pada masa pubertas
4.2.3 Menceritakan pengaruh
perubahan fisik pada anak laki-laki dan anak perempuan saat pubertas
|
IPS
|
11
|
3.3
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi,
politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
|
L2
L2
L2
L1
L1
L3
L3
|
Kerjasama
Indonesia dengan negara ASEAN dalam bidang sosial budaya, politik, dan
ekonomi.
|
3.3.1 Mengidentifikasi peran
Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN
3.3.2. mengidentifikasi
peran Indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi
3.3.3. Menjelaskan
peran Indonesia dalam bidang politik di ASEAN.
3.3.4 Menyebutkan salah satu kerja
sama ASEAN di bidang olahraga
3.3.5. Mengidentifikasi karakteristik
perekonomian Negara ASEAN
3.3.6
mengelompokkan contoh kerja sama di bidang social budaya
3.3.7.
menentukan komoditas ekspor Indonesia
|
|
12
|
4.3
Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama
di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam
lingkup ASEAN.
|
|
|
4.3.1. Membuat tabel
karakteristik ekonomi, politik, sosial
budaya , tekhnologi dan
pendidikan negara ASEAN
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar