KOMPETENSI DASAR ( KD ) BAHASA JAWA KELAS II
Kelas II semester I
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menerima dan bangga akan anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab, santun dan percaya diri dalam mengungkapkan
keinginan dan pendapat menggunakan bahasa
Jawa.
2.2 Menunjukkan
perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah-ungguh basa).
2.3 Menunjukkan
perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa.
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di
sekolah.
|
3.1 Mengenal tokoh Pandawa dan Punakawan
3.2 Memahami teks pendek
nonsastra tentang kegiatan sehari-hari
3.3 Mengenal nama instrumen gamelan
3.4 Memahami tembang dolanan bertema
disiplin
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mendeskripsikan tokoh Pandawa secara lisan dengan ragam ngoko
4.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari secara lisan dengan ragam ngoko
4.3 Mendeskripsikan nama gamelan secara lisan dan tertulis
4.5 Menceritakan isi tembang
dolanan bertema disiplin, secara lisan atau
tulis
|
Kelas II semester II
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menerima dan bangga akan anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab, santun dan
percaya diri dalam mengungkapkan keinginan dan pendapat menggunakan bahasa Jawa.
2.2
Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang
ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah-ungguh basa).
2.3
Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa.
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
|
3.1 Memahami tembang dolanan
bertema kejujuran.
3.2 Mengenal cerita 5 (lima)
tokoh wayang Pandawa.
3.3 Memahami dongeng (fabel)
bertema tolong menolong ragam ngoko.
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan kembali isi
tembang dolanan bertema kerja sama dalam ragam
ngoko.
4.2 Menceritakan kembali
cerita tokoh Pandawa menggunakan ragam ngoko.
4.3 Menceritakan kembali isi
dongeng (fabel) bertema tolong menolong ragam ngoko.
|
Mengetahui Magelang, Juli 2020
Kepala Madrasah Guru
Kelas
………………………. …………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar