Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Materi :
Siklus Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Periode Pengamatan :
Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
A.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.2 Memahami siklus hidup
beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dan upaya
pelestariannya
3.5 Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.2.1
mengidentifikasi
siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya
3.2.2
membandingkan
dua daur hidup binatang
3.5.1 Menyebutkan cara
kerja listrik
|
B. INSTRUMEN POKOK
1. Teknik
Observasi
Penilaian
Sikap Spiritual
No.
|
Penilaian
Sikap
|
Indikator
Sikap Spiritual
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
taat beribadah
|
perilaku patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang
dianutnya,
|
mau mengajak teman
seagamanya untuk melakukan ibadah bersama
|
melaksanakan ibadah
sesuai ajaran agama, misalnya: sholat, puasa.
|
melaksanakan ibadah
tepat waktu
|
2
|
Berperilaku syukur
|
selalu menerima
penugasan dengan sikap terbuka
|
mengakui kebesaran
Tuhan dalam menciptakan alam semesta
|
menjaga kelestarian
alam, tidak merusak tanaman
|
selalu merasa gembira
dalam segala hal
|
3
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
|
mengajak teman
berdoa saat memulai kegiatan
|
Bersyukur atas
nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
mengingatkan teman
untuk selalu berdoa
|
4
|
Toleransi dalam
beribadah
|
tidak mengganggu
teman yang sedang beribadah
|
menghargai
perbedaan dalam beribadah
|
berteman tanpa
membedakan agama
|
tidak menjelekkan
ajaran agama lain
|
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan
kriteria
|
skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
4
|
Selalu melakukan perilaku yang diamati
|
Baik (B)
|
3
|
Sering melakukan perilaku yang diamati dan
kadang-kadang tidak
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati dan sering
tidak melakukan
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
|
Observasi
Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : Fatimah
Kelas : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan : 25 Januari 2020
Materi Pokok : Siklus Makhluk Hidup
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
|
|
|
|
√
|
4
|
2
|
mengajak teman
berdoa saat memulai kegiatan
|
|
|
√
|
|
3
|
3
|
Bersyukur atas nikmat dan
karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|
√
|
|
3
|
4
|
mengingatkan teman
untuk selalu berdoa
|
|
√
|
|
|
2
|
Rekapitulasi Hasil Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Nama Peserta Didik
|
Skor Indikator Sikap spiritual
|
Jumlah Perolehan Skor
|
Skor Akhir
|
Predikat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
Adinda
|
4
|
2
|
3
|
3
|
12
|
3
|
Baik
|
2
|
Andika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16
|
4
|
Sangat Baik
|
3
|
Dewi
|
3
|
4
|
4
|
4
|
15
|
3.75
|
Sangat Baik
|
4
|
Fatimah
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
3
|
Baik
|
5
|
Muhammad
|
3
|
4
|
3
|
3
|
13
|
3.25
|
Sangat Baik
|
6
|
Nurul
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
3
|
Baik
|
7
|
Sofia
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
3
|
Baik
|
8
|
Siti
|
4
|
4
|
3
|
4
|
15
|
3.75
|
Sangat Baik
|
9
|
Tatik
|
3
|
3
|
2
|
4
|
12
|
3
|
Baik
|
10
|
Wahyu
|
4
|
4
|
3
|
3
|
14
|
3.5
|
Sangat Baik
|
Keterangan:
1.
Rentang skor masing-masing sikap = 1,00 s.d. 4,00
2.
Jumlah skor = jumlah skor seluruh criteria
3.
skor sikap = rata-rata dari skor sikap
4.
Kode nilai/Predikat:
3.25 - 4.00 = SB (Sangat baik)
2.50 – 3.24 = B (Baik)
1.75 – 2.49 = C (Cukup)
1.00 – 1.74 = K (Kurang)
Magelang, Januari 2020
Guru Mapel
………………………………
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR
OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Kompetensi
Dasar : 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis
makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
Topik / sub Topik :
Siklus Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Periode Pengamatan :
Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai :
perilaku
rasa ingin tahu
Indikator Sikap :
1. Antusias mencari jawaban.
2. Perhatian pada obyek yang diamati.
3. Antusias pada proses Sains.
4. Menanyakan setiap Iangkah kegiatan
Rubrik
penilaian sikap rasa ingin tahu
kriteria
|
skor
|
Indikator
|
Sangat
Baik (SB)
|
4
|
Selalu
berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya.
|
Baik (B)
|
3
|
Sering berusaha mengetahui pelajaran dengan
cara membaca buku dan bertanya.
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang berusaha mengetahui pelajaran dengan
cara membaca buku dan bertanya.
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak pernah berusaha mengetahui pelajaran dengan
cara membaca buku dan bertanya.
|
Observasi
Sikap Sosial
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : Fatimah
Kelas : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan : 25 Januari 2020
Materi Pokok : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai Sikap :
perilaku
rasa ingin tahu
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Antusias mencari jawaban
|
|
|
|
√
|
4
|
2
|
Perhatian
pada obyek yang diamati.
|
|
|
√
|
|
3
|
3
|
Antusias pada proses Sains.
|
|
|
√
|
|
3
|
4
|
Menanyakan
setiap Iangkah kegiatan
|
|
√
|
|
|
2
|
|
Jumlah perolehan skor
|
|
|
|
|
12
|
|
Skor Akhir
|
|
|
|
|
3
|
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR
OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Materi : Siklus
Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Periode Pengamatan :
Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai Sikap :
Jujur
Indikator
Sikap :
1.
Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
2.
Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
3.
Mengungkapkan
perasaan apa adanya
4.
Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan
5.
Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
6.
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Rubrik penilaian sikap jujur
kriteria
|
skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
4
|
Selalu jujur dalam bersikap dan bertutur kata
kepada guru dan teman
|
Baik (B)
|
3
|
Sering jujur dalam bersikap dan bertutur
kata kepada guru dan teman
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang jujur dalam bersikap dan
bertutur kata kepada guru dan teman
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak pernah jujur dalam bersikap dan
bertutur kata kepada guru dan teman
|
Observasi
Sikap Sosial
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : Fatimah
Kelas : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan : 25 Januari 2020
Materi Pokok : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai :
Jujur
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
|
|
|
√
|
4
|
2
|
Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber)
|
|
|
√
|
|
3
|
3
|
Mengungkapkan
perasaan apa adanya
|
|
|
√
|
|
3
|
4
|
Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan
|
|
|
√
|
|
2
|
5
|
Membuat laporan
berdasarkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
√
|
|
3
|
6
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
√
|
|
3
|
|
Jumlah perolehan skor
|
|
|
|
|
18
|
|
Skor Akhir
|
|
|
|
|
3
|
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR
OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Kompetensi
Dasar : 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis
makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
Topik / sub Topik :
Siklus Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Periode Pengamatan :
Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai : Disiplin
Indikator
Sikap :
1.
Datang
tepat waktu
2.
Patuh
pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
3.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
4.
Mengikuti
kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
Rubrik penilaian sikap disiplin
kriteria
|
skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
4
|
Selalu
disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Baik (B)
|
3
|
Sering
disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang
disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak
pernah disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Observasi
Sikap Sosial
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : Fatimah
Kelas : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan : 25 Januari 2020
Materi Pokok : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai Sikap : Disiplin
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Datang tepat waktu
|
|
|
|
√
|
4
|
2
|
Patuh
pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
|
|
|
√
|
|
3
|
3
|
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
|
|
√
|
|
3
|
4
|
Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan
benar
|
|
|
√
|
|
2
|
|
Jumlah perolehan skor
|
|
|
|
|
12
|
|
Skor Akhir
|
|
|
|
|
3
|
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR
OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Topik / sub Topik :
Siklus Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Periode Pengamatan :
Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai : Tanggung Jawab
Indikator Sikap :
1.
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
2.
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
3.
Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
4.
Mengembalikan
barang yang dipinjam
5.
Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
6.
Menepati janji
7.
Tidak
menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
8.
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
Rubrik
penilaian sikap tanggung jawab
kriteria
|
skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
4
|
Selalu bertanggungjawab dalam bersikap
dan bertindak terhadp guru dan teman.
|
Baik (B)
|
3
|
Sering bertanggungjawab dalam bersikap dan
bertindak terhadp guru dan teman.
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang
bertanggungjawab dalam bersikap dan bertindak terhadap guru dan teman.
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak pernah bertanggungjawab dalam bersikap
dan bertindak terhadp guru dan teman.
|
Observasi
Sikap Sosial
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : Fatimah
Kelas : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan : 25 Januari 2020
Materi Pokok : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai Sikap : Tanggung Jawab
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melaksanakan tugas
individu dengan baik
|
|
|
|
√
|
4
|
2
|
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
|
|
|
√
|
|
3
|
3
|
Tidak menyalahkan/menuduh
orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
√
|
|
3
|
4
|
Mengembalikan barang yang
dipinjam
|
|
|
√
|
|
3
|
5
|
Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
√
|
|
2
|
6
|
Menepati janji
|
|
|
√
|
|
3
|
7
|
Tidak menyalahkan orang
lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
|
|
|
√
|
|
3
|
8
|
Melaksanakan apa yang
pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
|
|
√
|
|
3
|
|
Jumlah perolehan skor
|
|
|
|
|
24
|
|
Skor Akhir
|
|
|
|
|
3
|
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Topik / sub Topik :
Siklus Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Periode Pengamatan :
Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai :
Santun
Indikator Sikap :
1.
Menghormati orang yang lebih tua.
3.
Tidak meludah di sembarang tempat.
4.
Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
5.
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
6.
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
7.
Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan
barang milik orang lain
8.
Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
Rubrik penilaian sikap santun
kriteria
|
skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
4
|
Selalu santun dalam bersikap dan bertutur
kata kepada guru dan teman
|
Baik (B)
|
3
|
Sering santun dalam bersikap dan bertutur kata
kepada guru dan teman
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang santun dalam bersikap dan bertutur
kata kepada guru dan teman
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak pernah santun dalam bersikap dan bertutur kata
kepada guru dan teman
|
Observasi
Sikap Sosial
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : Fatimah
Kelas : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan : 25 Januari 2020
Materi Pokok : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai Sikap :
Santun
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menghormati
orang yang lebih tua.
|
|
|
|
√
|
4
|
2
|
|
|
√
|
|
3
|
|
3
|
Tidak meludah
di sembarang tempat.
|
|
|
√
|
|
3
|
4
|
Tidak menyela
pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
|
|
|
√
|
|
2
|
5
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
√
|
|
3
|
6
|
Bersikap 3S
(salam, senyum, sapa)
|
|
|
√
|
|
3
|
7
|
Meminta ijin
ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang
lain
|
|
|
|
√
|
4
|
8
|
Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri sendiri ingin
diperlakukan
|
|
|
|
√
|
4
|
|
Jumlah perolehan skor
|
|
|
|
|
26
|
|
Skor Akhir
|
|
|
|
|
3,25
|
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR
OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Topik / sub Topik :
Siklus Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Periode Pengamatan :
Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai sikap :
Bekerjasama
Indikator Sikap :
1. Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
2. Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap
imbalan
3. Aktif dalam kerja kelompok
4. Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
5. Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
6. Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan
pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
7. Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi
mencapai tujuan bersama
Rubrik
Penilaian Sikap Dapat Bekerjasama
kriteria
|
skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
4
|
Selalu bekerja sama dengan teman dalam proses
pembelajaran.
|
Baik (B)
|
3
|
Sering bekerja sama dengan teman dalam proses
pembelajaran.
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang bekerja sama dengan teman dalam proses
pembelajaran.
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak pernah bekerja sama dengan teman dalam proses
pembelajaran.
|
Observasi
Sikap Sosial
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : Fatimah
Kelas : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan : 25 Januari 2020
Materi Pokok : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai :
Bekerjasama
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
√
|
3
|
2
|
Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap
imbalan
|
|
|
√
|
|
3
|
3
|
Aktif dalam kerja kelompok
|
|
|
√
|
|
3
|
4
|
Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
|
|
|
√
|
|
3
|
5
|
Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
|
|
|
√
|
|
3
|
6
|
Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran
antara diri sendiri dengan orang lain
|
|
|
√
|
|
3
|
7
|
Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi
mencapai tujuan bersama
|
|
|
|
√
|
3
|
|
Jumlah perolehan skor
|
|
|
|
|
21
|
|
Skor Akhir
|
|
|
|
|
3
|
Rekapitulasi
Hasil Penilaian Sikap
No.
|
Nama siswa
|
Ingin tahu
|
jujur
|
disiplin
|
Tanggung jawab
|
Bekerja sama
|
Jumlah skor
|
Skor sikap
|
Predikat
|
1
|
Adinda
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
18
|
3,6
|
Sangat Baik
|
2
|
Andika
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
17
|
3,4
|
Sangat Baik
|
3
|
Dewi
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
18
|
3,6
|
Sangat Baik
|
4
|
Fatimah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3,6
|
15
|
3
|
Baik
|
5
|
Muhammad
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3
|
Baik
|
6
|
Nurul
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3
|
Baik
|
7
|
Sofia
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
17
|
3,4
|
Sangat Baik
|
8
|
Siti
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
17
|
3,4
|
Sangat Baik
|
9
|
Tatik
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3
|
Baik
|
10
|
Wahyu
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
17
|
3,4
|
Sangat Baik
|
Keterangan:
1. Rentang skor masing-masing
sikap = 1,00 s.d. 4,00
2. Jumlah skor = jumlah skor
seluruh criteria
3. skor sikap
= rata-rata dari skor sikap
4. Kode nilai/Predikat:
3.25 - 4.00 = SB (Sangat baik)
2.50 – 3.24 = B (Baik)
1.75 – 2.49 = C (Cukup)
1.00 – 1.74 = K (Kurang)
Magelang, Januari 2020
Guru Mapel
…………………
B. Instrumen Pendukung
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
Nama : Fatimah
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Petunjuk
penilaian diri:
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang
sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya
selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
√
|
|
2.
|
Dalam praktik menentukan siklus
/ daur hidup dari katak saya mencatat data apa adanya.
|
√
|
|
3.
|
Saya
menyelesaikan tugas praktik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
|
√
|
|
4.
|
Saya mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas
|
√
|
|
5.
|
Saya
berbagi tugas dengan teman satu kelompok.
|
√
|
|
6.
|
Dalam
Diskusi saya mendominasi setiap kegiatan.
|
|
√
|
7.
|
Saya
selalu mencari tahu prosedur dalam praktikum.
|
√
|
|
8.
|
Saya
membersihkan dan merapikan tempat
setelah melakukan diskusi kelompok selesai secara bersama-sama.
|
√
|
|
9
|
Saya
mengembalikan barang yang saya pinjam
|
√
|
|
10
|
Saya
datang ke sekolah tepat waktu
|
√
|
|
Keterangan
Pernyataan pada instrumen di
atas ada yang bersifat positif (No.1 dan 2) dan ada yang bersifat
negatif (No 3). Pemberian skor untuk pernyataan yang bersifat
positif: YA = 2, TIDAK = 1. Untuk pernyataan yang bersifat negatif adalah
sebaliknya yaitu TIDAK = 2, dan YA = 1.
Rekapitulasi
Hasil Penilaian Diri
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
( Empat )
Semester :
2 ( Dua )
Topik / sub Topik :
Siklus Makhluk Hidup
-
Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-
Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran :
2019/2020
No.
|
Nama
|
Skor untuk pernyataan nomor
|
Jumlah skor
|
Skor
sikap
|
Predikat
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||||
1
|
Adinda
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
20
|
4
|
Sangat
Baik
|
2
|
Andika
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
2
|
16
|
3.2
|
Baik
|
3
|
Dewi
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
18
|
3,8
|
Sangat Baik
|
4
|
Fatimah
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
18
|
3,8
|
Sangat Baik
|
Muhammad
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
15
|
3
|
Baik
|
|
5
|
Nurul
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
16
|
3.2
|
Baik
|
6
|
Sofia
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
16
|
3.2
|
Baik
|
7
|
Siti
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
16
|
3.2
|
Baik
|
8
|
Tatik
|
2
|
2
|
1
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
15
|
3
|
Baik
|
9
|
Wahyu
|
2
|
2
|
1
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
15
|
3
|
Baik
|
10
|
Adinda
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
20
|
4
|
Sangat
Baik
|
Keterangan:
1.
Jumlah skor maksimal = Jumlah
pernyataan x 2
2.
Skor sikap = (Jumlah skor
perolehan/jumlah skor maksimal) x 4. Skor sikap ditulis dengan dua
desimal. Rentang skor sikap: 2.00 – 4.00
3.
Kode nilai/predikat:
3.50 - 4.00 = SB (Sangat
baik)
3.00 – 3.49 = B (Baik)
2.50 – 2.99 = C (Cukup)
2.00 – 2.49 = K (Kurang)
Rekap Sikap Spiritual Semester 2
No
|
Nama
|
Taat
Beribadah
|
Perilaku
Bersyukur
|
Berdoa
|
Toleransi
|
Diskripsi
|
||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
|||
1
|
Adinda
|
III
|
|
I
|
|
II
|
|
|
II
|
Adinda sangat taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu
berdoa sebelum melakukan kegiatan. Dengan bimbingan dan pendampingan yang
lebih, Adinda akan mampu meningkatkan sikap toleransi beragama .
|
2
|
Andika
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Andika taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa
sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama.
|
3
|
Dewi
|
-
|
-
|
-
|
III
|
-
|
-
|
I
|
-
|
Dewi sangat toleransi dalam beragama. Dengan bimbingan dan
pendampingan yang lebih, Dewi akan mampu meningkatkan sikap berperilaku
syukur.
|
4
|
Fatimah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
fatimah taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa
sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rekap Sikap Sosial Semester 2
No
|
Nama
|
Rasa
Ingin Tahu
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
Jawab
|
Kerjasama
|
Diskripsi
|
|||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
|||
1
|
Adinda
|
III
|
|
I
|
|
II
|
|
|
|
|
II
|
Adinda sangat jujur dan percaya diri. Dengan bimbingan dan
pendampingan yang lebih, Adinda akan mampu meingkatkan sikap disiplin.
|
2
|
Andika
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
-
|
-
|
Andika jujur, percaya
diri, santun, peduli, tanggung jawab dan disiplin.
|
3
|
Dewi
|
-
|
-
|
-
|
III
|
-
|
-
|
|
|
I
|
-
|
Dewi sangat jujur dan
disiplin. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Lukito akan mampu
meningkatkan sikap santun
|
4
|
Fatimah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
-
|
-
|
Fatimah jujur, percaya diri, santun, peduli, tanggung jawab
dan disiplin dalam beragama
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumusan Diskripsi Sikap Spiritual dan social
A.
SIKAP
Deskripsi
|
|
SPIRITUAL
|
Adinda sangat taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu
berdoa sebelum melakukan kegiatan. Dengan bimbingan dan pendampingan yang
lebih, Adinda akan mampu meningkatkan sikap toleransi beragama
|
SOSIAL
|
Adinda sangat jujur dan percaya diri. Dengan bimbingan dan
pendampingan yang lebih, Adinda akan mampu meingkatkan sikap disiplin
|
A.
SIKAP
Deskripsi
|
|
SPIRITUAL
|
Andika taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa
sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama
|
SOSIAL
|
Andika jujur, percaya
diri, santun, peduli, tanggung jawab dan disiplin
|
- SIKAP
Deskripsi
|
|
SPIRITUAL
|
Dewi sangat toleransi dalam beragama. Dengan bimbingan dan
pendampingan yang lebih, Dewi akan mampu meningkatkan sikap berperilaku
syukur.
|
SOSIAL
|
Dewi sangat jujur dan
disiplin. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Lukito akan mampu
meningkatkan sikap santun
|
- SIKAP
Deskripsi
|
|
SPIRITUAL
|
fatimah taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa
sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama
|
SOSIAL
|
Fatimah jujur, percaya diri, santun, peduli, tanggung jawab
dan disiplin dalam beragama
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar