Sabtu, 06 Juni 2020

contoh penilaian sikap spiritual dan sosial kelas 4


Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Materi                                  : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
Periode Pengamatan     : Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
 


A.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2   Memahami siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dan upaya pelestariannya
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
3.2.1    mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya
3.2.2    membandingkan dua daur hidup binatang
3.5.1 Menyebutkan cara kerja listrik





B. INSTRUMEN POKOK

1.    Teknik Observasi
Penilaian Sikap Spiritual
No.
Penilaian Sikap
Indikator Sikap Spiritual
1
2
3
4
1
taat beribadah
perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya,
mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama
melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama, misalnya: sholat, puasa.
melaksanakan ibadah tepat waktu
2
Berperilaku syukur
selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka
mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta
menjaga kelestarian alam, tidak merusak tanaman
selalu merasa gembira dalam segala hal
3
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu 
mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa

mengingatkan teman untuk selalu berdoa
4
Toleransi dalam beribadah
tidak mengganggu teman yang sedang beribadah
menghargai perbedaan dalam beribadah
berteman tanpa membedakan agama
tidak menjelekkan ajaran agama lain


Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
kriteria
skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu melakukan perilaku yang diamati
Baik (B)
3
Sering melakukan perilaku yang diamati dan kadang-kadang tidak
Cukup (C)
2
Kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati dan sering tidak melakukan
Kurang (K)
1
Tidak pernah melakukan perilaku yang diamati




Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : Fatimah
Kelas                                        : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan        : 25 Januari 2020
Materi Pokok                       : Siklus Makhluk Hidup

No
Aspek Pengamatan
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu 



4
2
mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan



3
3
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa



3
4
mengingatkan teman untuk selalu berdoa



2











Rekapitulasi Hasil Penilaian Sikap Spiritual

No
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap spiritual
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Predikat
1
2
3
4
1
Adinda
4
2
3
3
12
3
Baik
2
Andika
4
4
4
4
16
4
Sangat Baik
3
Dewi
3
4
4
4
15
3.75
Sangat Baik
4
Fatimah
4
3
3
2
12
3
Baik
5
Muhammad
3
4
3
3
13
3.25
Sangat Baik
6
Nurul
3
3
3
3
12
3
Baik
7
Sofia
3
3
3
3
12
3
Baik
8
Siti
4
4
3
4
15
3.75
Sangat Baik
9
Tatik
3
3
2
4
12
3
Baik
10
Wahyu
4
4
3
3
14
3.5
Sangat Baik

Keterangan:
1.       Rentang skor masing-masing sikap = 1,00 s.d. 4,00
2.       Jumlah skor = jumlah skor seluruh criteria
3.       skor sikap = rata-rata dari skor sikap
4.       Kode nilai/Predikat:
3.25 - 4.00 = SB (Sangat baik)
2.50 – 3.24 = B (Baik)
1.75 – 2.49 = C (Cukup)
1.00 – 1.74 = K (Kurang)


Magelang,       Januari 2020
Guru Mapel

………………………………


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Kompetensi Dasar           : 3.2  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
Topik / sub Topik              : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
Periode Pengamatan     : Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai                             : perilaku rasa ingin tahu
Indikator Sikap     : 
1.       Antusias mencari jawaban.
2.       Perhatian pada obyek yang diamati.
3.       Antusias pada proses Sains.
4.       Menanyakan setiap Iangkah kegiatan

Rubrik penilaian sikap rasa ingin tahu

kriteria
skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya.
Baik (B)
3
Sering berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya.
Cukup (C)
2
Kadang-kadang berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya.
Kurang (K)
1
Tidak pernah berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya.








Observasi Sikap Sosial

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : Fatimah
Kelas                                        : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan        : 25 Januari 2020
Materi Pokok                       : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai  Sikap                  : perilaku rasa ingin tahu


No
Aspek Pengamatan
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
Antusias mencari jawaban



4
2
Perhatian pada obyek yang diamati.



3
3
Antusias pada proses Sains.



3
4
Menanyakan setiap Iangkah kegiatan




2

Jumlah perolehan skor




12

Skor Akhir




3












INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Materi  : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
Periode Pengamatan     : Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai  Sikap                : Jujur
Indikator Sikap                                  : 
1.       Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
2.       Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
3.       Mengungkapkan perasaan apa adanya
4.       Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
5.       Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
6.       Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki


Rubrik penilaian sikap jujur


kriteria
skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu jujur dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Baik (B)
3
Sering jujur dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Cukup (C)
2
Kadang-kadang jujur dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Kurang (K)
1
Tidak pernah jujur dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman



Observasi Sikap Sosial

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : Fatimah
Kelas                                        : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan        : 25 Januari 2020
Materi Pokok                       : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai                               : Jujur


No
Aspek Pengamatan
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan



4
2
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)



3
3
Mengungkapkan perasaan apa adanya



3
4
Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan



2
5
Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya



3
6
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki



3

Jumlah perolehan skor




18

Skor Akhir




3





INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Kompetensi Dasar           : 3.2  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
Topik / sub Topik              : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
Periode Pengamatan     : Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai                             : Disiplin
Indikator Sikap     : 
1.       Datang tepat waktu
2.        Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
3.        Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan
4.       Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar


Rubrik penilaian sikap disiplin

kriteria
skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
Baik (B)
3
Sering disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
Cukup (C)
2
Kadang-kadang disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kurang (K)
1
Tidak pernah disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.






Observasi Sikap Sosial

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : Fatimah
Kelas                                        : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan        : 25 Januari 2020
Materi Pokok                       : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai  Sikap                  : Disiplin


No
Aspek Pengamatan
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
Datang tepat waktu




4
2
Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah



3
3
 Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan



3
4
Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar




2

Jumlah perolehan skor




12

Skor Akhir




3








INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Topik / sub Topik              : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
Periode Pengamatan     : Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai                             : Tanggung Jawab
Indikator Sikap     : 
1.       Melaksanakan tugas individu dengan baik
2.       Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3.       Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
4.       Mengembalikan barang yang dipinjam
5.       Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
6.       Menepati janji
7.       Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri
8.       Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta


Rubrik penilaian sikap tanggung jawab

kriteria
skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu bertanggungjawab dalam bersikap dan bertindak terhadp guru dan teman.
Baik (B)
3
Sering bertanggungjawab dalam bersikap dan bertindak terhadp guru dan teman.
Cukup (C)
2
Kadang-kadang   bertanggungjawab  dalam bersikap dan bertindak terhadap guru dan teman.
Kurang (K)
1
Tidak pernah bertanggungjawab dalam bersikap dan bertindak terhadp guru dan teman.
Observasi Sikap Sosial

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : Fatimah
Kelas                                        : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan        : 25 Januari 2020
Materi Pokok                       : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai  Sikap                  : Tanggung Jawab


No
Aspek Pengamatan
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik



4
2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan



3
3
Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat



3
4
Mengembalikan barang yang dipinjam



3
5
Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan



2
6
Menepati janji




3
7
Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri



3
8
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta



3

Jumlah perolehan skor




24

Skor Akhir




3




INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Topik / sub Topik              : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
Periode Pengamatan     : Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai                             : Santun
Indikator Sikap     : 
1.       Menghormati orang yang lebih tua.
2.       Tidak berkata-kata kotorkasar, dan takabur.
3.       Tidak meludah di sembarang tempat.
4.       Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
5.       Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
6.       Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
7.       Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
8.       Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan


Rubrik penilaian sikap santun

kriteria
skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Baik (B)
3
Sering santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Cukup (C)
2
Kadang-kadang santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Kurang (K)
1
Tidak pernah santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman

Observasi Sikap Sosial

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : Fatimah
Kelas                                        : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan        : 25 Januari 2020
Materi Pokok                       : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai Sikap                   : Santun


No
Aspek Pengamatan
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua.



4
2
Tidak berkata-kata kotorkasar, dan takabur



3
3
Tidak meludah di sembarang tempat.



3
4
Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat



2
5
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain



3
6
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)



3
7
Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain



4
8
Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan



4

Jumlah perolehan skor




26

Skor Akhir




3,25




INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR OBSERVASI

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Topik / sub Topik              : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
Periode Pengamatan     : Tanggal 25 Januari 2020 s.d. 30 Januari 2020
Butir Nilai  sikap                : Bekerjasama
Indikator Sikap     : 
1.       Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
2.       Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
3.       Aktif dalam kerja kelompok
4.       Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
5.       Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
6.       Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
7.       Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama


Rubrik Penilaian Sikap Dapat Bekerjasama

kriteria
skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran.
Baik (B)
3
Sering bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran.
Cukup (C)
2
Kadang-kadang bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran.
Kurang (K)
1
Tidak pernah bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran.





Observasi Sikap Sosial

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : Fatimah
Kelas                                        : IV ( Empat )
Tanggal Pengamatan        : 25 Januari 2020
Materi Pokok                       : Siklus Makhluk Hidup
Butir Nilai                               : Bekerjasama


No
Aspek Pengamatan
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan



3
2
Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan



3
3
Aktif dalam kerja kelompok



3
4
Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok



3
5
Tidak mendahulukan kepentingan pribadi



3
6
Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain



3
7
Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama



3

Jumlah perolehan skor




21

Skor Akhir




3





Rekapitulasi Hasil Penilaian Sikap

No.
Nama siswa
Ingin tahu
jujur
disiplin
Tanggung jawab
Bekerja sama
Jumlah skor
Skor sikap
Predikat
1
Adinda
4
4
3
3
4
18
3,6
Sangat Baik
2
Andika
4
4
3
3
3
17
3,4
Sangat Baik
3
Dewi
4
4
3
4
3
18
3,6
Sangat Baik
4
Fatimah
3
3
3
3
3,6
15
3
Baik
5
Muhammad
3
3
3
3
3
15
3
Baik
6
Nurul
3
3
3
3
3
15
3
Baik
7
Sofia
4
4
3
3
3
17
3,4
Sangat Baik
8
Siti
4
4
3
3
3
17
3,4
Sangat Baik
9
Tatik
3
3
3
3
3
15
3
Baik
10
Wahyu
4
4
3
3
3
17
3,4
Sangat Baik

Keterangan:
1.       Rentang skor masing-masing sikap = 1,00 s.d. 4,00
2.       Jumlah skor = jumlah skor seluruh criteria
3.       skor sikap = rata-rata dari skor sikap
4.       Kode nilai/Predikat:
3.25 - 4.00 = SB (Sangat baik)
2.50 – 3.24 = B (Baik)
1.75 – 2.49 = C (Cukup)
1.00 – 1.74 = K (Kurang)

Magelang,       Januari 2020
Guru Mapel


…………………
B.    Instrumen Pendukung

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
LEMBAR PENILAIAN DIRI

 Nama                                   : Fatimah
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )


Petunjuk penilaian diri:
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya!

No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

2.
Dalam praktik menentukan siklus / daur hidup dari katak saya mencatat data apa adanya.
3.
Saya menyelesaikan tugas praktik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
4.
Saya  mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
5.
Saya berbagi tugas dengan teman satu kelompok.
6.
Dalam Diskusi saya mendominasi setiap kegiatan.

7.
Saya selalu mencari tahu prosedur dalam praktikum.
8.
Saya membersihkan dan merapikan  tempat setelah melakukan diskusi kelompok selesai secara bersama-sama.
9
Saya mengembalikan barang yang  saya pinjam

10
Saya datang ke sekolah tepat waktu


Keterangan
Pernyataan pada instrumen di atas ada yang bersifat positif (No.1 dan 2) dan ada  yang bersifat negatif (No 3).  Pemberian skor untuk pernyataan yang bersifat positif: YA = 2, TIDAK = 1. Untuk pernyataan yang bersifat negatif adalah sebaliknya yaitu TIDAK = 2, dan YA = 1.


Rekapitulasi Hasil Penilaian Diri

Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                     : IV ( Empat )
Semester                            : 2 ( Dua )
Topik / sub Topik              : Siklus Makhluk Hidup
-          Mengidentifikasikan siklus makhluk hidup.
-          Membuat skema siklus makhluk hidup.
Tahun Pelajaran               : 2019/2020

No.
Nama
Skor untuk pernyataan nomor
Jumlah skor
Skor sikap
Predikat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Adinda
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
20
4
Sangat Baik
2
Andika
2
1
2
1
2
1
2
2
1
2
16
3.2
Baik
3
Dewi
2
1
2
2
2
2
1
2
2
2
18
3,8
Sangat Baik
4
Fatimah
2
1
2
2
2
2
1
2
2
2
18
3,8
Sangat Baik
Muhammad
2
1
2
1
2
2
1
2
1
1
15
3
Baik
5
Nurul
2
2
1
1
1
2
1
2
2
2
16
3.2
Baik
6
Sofia
2
2
1
1
1
2
1
2
2
2
16
3.2
Baik
7
Siti
2
2
1
1
1
2
1
2
2
2
16
3.2
Baik
8
Tatik
2
2
1
1
2
2
1
1
1
2
15
3
Baik
9
Wahyu
2
2
1
1
2
2
1
1
1
2
15
3
Baik
10
Adinda
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
20
4
Sangat Baik

Keterangan:
1.       Jumlah skor maksimal = Jumlah pernyataan x 2
2.       Skor sikap = (Jumlah skor perolehan/jumlah skor maksimal) x 4. Skor sikap ditulis dengan dua desimal. Rentang skor sikap: 2.00 – 4.00
3.       Kode nilai/predikat:
3.50 - 4.00 = SB  (Sangat baik)
3.00 – 3.49 = B (Baik)
2.50 – 2.99 = C (Cukup)
2.00 – 2.49 = K (Kurang)
Rekap Sikap Spiritual Semester 2

No
Nama
Taat Beribadah
Perilaku Bersyukur
Berdoa
Toleransi
Diskripsi
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
1
Adinda
III

I

II


II
Adinda sangat taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Adinda akan mampu meningkatkan sikap toleransi beragama .
2
Andika
-
-
-
-
-
-
-
-
Andika taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama.
3
Dewi
-
-
-
III
-
-
I
-
Dewi sangat toleransi dalam beragama. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Dewi akan mampu meningkatkan sikap berperilaku syukur.
4
Fatimah
-
-
-
-
-
-
-
-
fatimah taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama

Dst























Rekap Sikap Sosial Semester 2

No
Nama
Rasa Ingin Tahu
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Kerjasama
Diskripsi
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
1
Adinda
III

I

II




II
Adinda sangat jujur dan percaya diri. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Adinda akan mampu meingkatkan sikap disiplin.
2
Andika
-
-
-
-
-
-


-
-
Andika  jujur, percaya diri, santun, peduli, tanggung jawab dan disiplin.
3
Dewi
-
-
-
III
-
-


I
-
Dewi  sangat jujur dan disiplin. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Lukito akan mampu meningkatkan sikap santun
4
Fatimah
-
-
-
-
-
-


-
-
Fatimah jujur, percaya diri, santun, peduli, tanggung jawab dan disiplin dalam beragama

Dst















Rumusan Diskripsi Sikap Spiritual dan social


A.    SIKAP

Deskripsi
SPIRITUAL
Adinda sangat taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Adinda akan mampu meningkatkan sikap toleransi beragama
SOSIAL
Adinda sangat jujur dan percaya diri. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Adinda akan mampu meingkatkan sikap disiplin

A.    SIKAP

Deskripsi
SPIRITUAL
Andika taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama
SOSIAL
Andika  jujur, percaya diri, santun, peduli, tanggung jawab dan disiplin

  1. SIKAP

Deskripsi
SPIRITUAL
Dewi sangat toleransi dalam beragama. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Dewi akan mampu meningkatkan sikap berperilaku syukur.
SOSIAL
Dewi  sangat jujur dan disiplin. Dengan bimbingan dan pendampingan yang lebih, Lukito akan mampu meningkatkan sikap santun

  1. SIKAP

Deskripsi
SPIRITUAL
fatimah taat beribadah, berperilaku syukur, dan selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan serta sangat toleransi dalam beragama
SOSIAL
Fatimah jujur, percaya diri, santun, peduli, tanggung jawab dan disiplin dalam beragama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar