KARTU TELAAH SOAL PILIHAN GANDA
1.
Contoh
Soal
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
INDIKATOR SOAL
|
3.2 Memahami siklus hidup
beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dan upaya
pelestariannya
|
3.2.1 Menalar pengetahuan tentang daur hidup hewan
|
Disajikan
gambar jenia-jenis hewan serangga, peserta didik dapat mengklasifikasikan
jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan metamorphosis tidak
sempurna
|
3.2.3 Menganalisis pengetahuan tentang
hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
|
Disajikan contoh tentang
simbiosis, siswa dapat menganalisis/menunjukan tentang jenis simbiosis
|
1. Hendra
melakukan pendataan terhadap jenis-jenis serangga yang ada di sawah.
Jenis-jenis serangga yang ditemukan
Hendra sebagai berikut :
1 ) 2 ) 3
)
4 ) 5
) 6 )
|
Jenis serangga yang mengalami
metamorphosis sempurna yang benar adalah…..
|
Hewan
yang mengalami metamorphosis sempurna
|
Hewan
yang mengalami metamorphosis tidak sempurna
|
A
|
1
) , 2), dan 3)
|
4) ,
5), dan 6)
|
B
|
2) , 4 ), dan
5)
|
1) ,
3), dan 6)
|
C
|
2) , 5) ,
dan 6)
|
1) ,
4), dan 5)
|
D
|
3) , 4) ,
dan 5)
|
1) ,
2), dan 6)
|
2. Tumbuhan
Paku yang menempel di pohon kelapa membentuk simbiosis. Simbiosis ini terjadi
karena….
A. Tumbuhan
paku membutuhkan pohon kelapa untuk tempat hidupnya
B. Tumbuhan
paku membutuhkan pohon kelapa untuk melindungi diri dari gangguan hewan
predator
C. Pohon
kelapa membutuhksn tumbuhsn paku untuk diambil cadangan airnya
D. Pohon
kelapa membutuhksn tumbuhsn paku untuk diambil zat haranya
2. TELAAH SOAL
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama
Pengembang Soal : …………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV (
Empat )
Petunjuk :
Isilah
penilaian dengan skala berikut :
4 : sangat
sesuai
3 : sesuai
2 : kurang
sesuai
1 : tidak
sesuai / tidak ada
No
|
Kriteria yang Diukur
|
Nomor Soal
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
A
|
MATERI
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Soal
sesuai dengan indikator
|
3
|
3
|
|
|
|
|
2.
|
Pililhan
jawaban homogen dan logis
|
4
|
2
|
|
|
|
|
3.
|
Hanya
ada satu kunci jawaban yang paling benar
|
4
|
4
|
|
|
|
|
4.
|
Soal
menggunakan stimulus yang menarik (info update, gambar/grafik, teks, visualisasi, dll).
|
4
|
2
|
|
|
|
|
5.
|
Soal
menggunakan stimulus yang kontekstual (sesuai
dengan dunia nyata)
|
4
|
2
|
|
|
|
|
6.
|
Soal
mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) yang
dalam penyelesaiannya dicirikan dengan salah satu atau lebih tahapan proses
berpikir berikut:
-
Transfer
satu konsep ke konsep lainnya
-
Memproses
dan menerapkan informasi
-
Mencari
kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
-
Menggunakan
informasi untuk menyelesaikan masalah
-
Menelaah
ide dan informasi secara kritis
|
3
|
3
|
|
|
|
|
7.
|
Jawaban tersirat dalam stimulus
|
4
|
2
|
|
|
|
|
B
|
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Pokok
soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
|
3
|
2
|
|
|
|
|
9.
|
Rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan/penting/tidak
bertele-tele
|
3
|
2
|
|
|
|
|
10.
|
Pokok
soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban
|
4
|
3
|
|
|
|
|
11
|
Pokok
soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda
|
4
|
3
|
|
|
|
|
12.
|
Gambar/grafik/tabel/diagram
dan sejenisnya jelas dan berfungsi
|
4
|
1
|
|
|
|
|
13.
|
Panjang
pilihan jawaban relatif sama
|
4
|
3
|
|
|
|
|
14.
|
Pilihan
jawaban tidak menggunakan pernyataan yang berbunyi “Semua jawaban di atas
benar” atau “Semua jawaban di atas salah”
|
4
|
3
|
|
|
|
|
15.
|
Pilihan
jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan urutan panjang
pendek kalimat, besar
kecil angka atau
kronologisnya
|
4
|
1
|
|
|
|
|
16.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya
|
4
|
4
|
|
|
|
|
C
|
BAHASA
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Soal
menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
|
4
|
3
|
|
|
|
|
18.
|
Soal
menggunakan bahasa yang komunikatif
|
4
|
3
|
|
|
|
|
19.
|
Soal
tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat
|
4
|
3
|
|
|
|
|
20.
|
Pilihan
jawaban tidak mengulang kata atau kelompok kata yang sama
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
75
|
64
|
|
|
|
|
No.1
= 91
No. 2
=
76
|
|
|
3. REVISI SOAL
1. Soal sudah
sesuai
2. Perhatikan
Gambar di bawah ini!
|
Gambar di atas termasuk simbiosis mutualisme
karena…..
a. Bunga dibantu
penyerbukan oleh kupu-kupu dan kupu-kupu mendapat makanan dari bunga
b. Bunga
kehabisan makanan oleh kupu-kupu Karena kupu-kupu mendapat makanan dari bunga
c. Bunga dibantu
penyerbukan oleh kupu-kupu, dan kupu-kupu tidak mendapat makanan dari bunga
d. Bunga dibantu
penyerbukan oleh angina, dan kupu-kupu tidak mendapat makanan dari bunga
Penelaah
…………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar