RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013
Satuan Pendidikan : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Bahasa
Indonesia
3.4.
Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
C. INDIKATOR
Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
PPKn
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi nama teman
Menyebutkan identitas teman
D.
TUJUAN
Mengenal Bilangan bersama
Teman
1. Setelah mengikuti
permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2. Dengan melakukan permainan
siswa dapat mengenal lambang bilangan dengan benar.
Berdiskusi untuk Mengenal
Teman Baru
1. Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi
nama teman baru dengan tepat.
2. Setelah melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama
temannya dengan benar.
E.
MATERI
Mengenal
Bilangan bersama Teman
Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam
mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengenal Bilangan bersama Teman
1. Guru menyampaikan bahwa mereka akan
bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama
dari 1-5.
2. Guru mengenalkan konsep dan lambang
bilangan 1-5.
3. Guru menempelkan kertas bertuliskan
angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut
kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4. Satu siswa diminta untuk berdiri di
dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya
sampai di angka 5 dengan lima orang siswa.
5. Siswa diminta kembali ke tempat
semula.
6. Guru menghitung sampai angka 5 dan
meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7. Jumlah siswa di setiap sudut harus
sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya
ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.
8. Guru mengulang kegiatan sampai siswa
paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.
9. Guru melakukan refleksi kegiatan
dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
10. Siswa berlatih memasangkan lambang
bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan di buku
siswa.
Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru
1. Guru mengajak siswa untuk mengenal
temannya dengan
bermain mengenal teman baru.
2. Minta siswa untuk berkumpul membuat
kelompok masing-masing
5 orang.
3. Siswa akan berbagi informasi mengenai
nama panggilan dan nama lengkap.
4. Setiap siswa akan menyebutkan
identitas teman yang duduk di sebelahnya.
5. Lalu, setiap kelompok membentuk
lingkaran.
6. Masing-masing kelompok mengundi
siapa yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama lengkap teman di
sebelahnya.
7. Siswa yang mendapat giliran pertama
bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah kanannya.
8. Siswa kedua bertugas menyebutkan
identitas teman berikutnya.
9. Teman lain mengamati dan membantu
mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
10. Kegiatan diulang sampai semua
mendapat giliran.
11. Guru membuat tabel yang berisi nama
lengkap dan nama panggilan.
12. Siswa diminta menyebutkan nama
lengkap dan nama panggilan teman jika ada.
13. Guru menuliskan nama-nama siswa yang
memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang sama dalam satu kelompok.
14. Setelah semua terdata, guru mengajak
siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya.
15. Setelah selesai, guru bersama siswa
menyimpulkan bahwa hampir semua anak mempunyai nama lengkap dan nama
panggilan dan semua nama bagus.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang
kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka
pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka
pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan
dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Aku dan Teman Baru.
·
Potongan kertas bertuliskan
angka 1-5 sebanyak 3 set atau lebih
- Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar