RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013
Satuan Pendidikan : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
A.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
Bahasa
Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PJOK
4.3
Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
SBdP
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar.
B. INDIKATOR
PPKn
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.
Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
Menyebutkan nama temannya.
PJOK
Melakukan gerakan melempar.
Melakukan gerakan menangkap.
SBdP
Memberi hiasan pada kartu
nama.
C.
TUJUAN
1. Setelah mengikuti
permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan
secara benar.
2. Dengan melakukan permainan
siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias
kartu nama dengan rapi.
D.
MATERI
Buku siswa hal. 1
teks dan nama-nama teman Udin
Permainan memperkenalkan diri,
Lirik lagu “Siapa Namamu”
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
Guru memberikan
salam dan mengajak berdoa.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
Guru menyiapkan
fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa
anak.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Teman Baru
1. Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan
diri kepada siswa.
2. Guru meminta siswa membuka buku
siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
3. Guru menunjukkan cara berkenalan,
seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
4. Siswa diajak untuk saling berkenalan
melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu
siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5. Permainan dimulai dari guru dengan
memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama panjang.... biasa
dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian,
melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6. Siswa yang berhasil menangkap
bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang
menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7. Demikian seterusnya hingga seluruh
siswa memperkenalkan diri.
8. Setelah semua memperkenalkan diri,
guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman
di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)
9. Siswa berada pada posisi lingkaran.
Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan
namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman
di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan
seterusnya.
10. Kegiatan ditutup dengan diskusi
pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
Menghias Kartu Nama
1. Guru menjelaskan bahwa untuk dapat
mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
2. Guru menyampaikan bahwa siswa akan
membuat kartu nama mereka masingmasing.
3. Guru membagikan potongan-potongan
karton dengan nama masing-masing siswa.
4. Guru menunjukkan kartu namanya
sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
5. Siswa diminta untuk menghias dan atau
mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
6. Siswa diminta menggunakan kartu
namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang
kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka
pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka
pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan
dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Aku dan Teman Baru.
Bola plastik atau bola dari
kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang
sudah disediakan.
Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama.
- Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui Tirto, 18 Juli 2016
Kepala Madrasah Guru Kelas
Abdul Aziz,S.Ag Tri Wahyuni Hidayati, S.Pd.I
NIP.196906041998031002 NIP.197804192007102001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar