RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013
Satuan Pendidikan :
MI Negeri TIRTO Salam
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub
Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi waktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun
ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang
pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan
jumlah anggotanya
4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari
bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan
di lingkungan sekitar
C.
INDIKATOR
Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Mengidentifikasi banyak benda
Menentukan benda yang lebih banyak
Menentukan benda yang lebih sedikit
Mengidentifikasi bangun segi empat
Menggambar
dari bentuk segi empat
Bahasa Indonesia
Menceritakan gambar yang telah dibuat
SBdP
Menggambar bentuk baru dari bangun segi
empat
Mengidentifikasi
gambar
D.
TUJUAN
Menghitung
Banyak Teman:
1.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5 dengan benar.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak benda 1-5 secara tepat.
3.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih banyak dengan
tepat.
4.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih sedikit.
5.
Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda yang banyaknya sesuai
dengan jumlah gambar di buku siswa.
Mengenal Bentuk Segi Empat:
1. Setelah mengamati contoh segi
empat, siswa dapat mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
2. Setelah mengidentifikasi bentuk
segi empat, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan
kreatif.
3. Dengan kegiatan menggambar siswa dapat
menceritakan gambar yang dibuatnya dengan
menggunakan
bahasa sendiri.
E.
MATERI
Menghitung Banyak Teman
Mengenal Bentuk Segi Empat
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika
dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Menghitung
Banyak Teman
1. Guru
menyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama teman.
2. Siswa
mengamati gambar pada buku siswa.
3. Siswa
menghitung jumlah siswa pada gambar.
4. Guru
menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan.
5. Siswa
berlatih pada halaman berikutnya.
6. Siswa
menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah
anaknya lebih banyak.
7. Lalu
siswa mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama dengan
gambar siswa yang ada di buku siswa.
8. Siswa
menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya.
9. Siswa
diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya. Adakah kelompok lain
yang mengamati benda yang sama?
10. Adakah
kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda? Sebutkan
pengamatan siapa yang lebih banyak?
Mengenal
Bentuk Segi Empat
1. Siswa
diarahkan untuk melihat bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas (pintu,
jendela, papan tulis, dan lain-lain).
2. Siswa
diminta menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan
pemahamannya.
3. Guru
menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.
4. Siswa
diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun
kotak adalah bangun datar.
5. Guru
memperkenalkan bangun segi empat.
6. Siswa
diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka
kemudian mewarnai gambar tersebut.
7. Siswa bergantian
menceritakan gambar kepada temannya.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a
penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Aku dan Teman Baru.
·
Kotak bekas pasta
gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat
·
Alat mewarnai
atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil
belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui Tirto, 19 Juli 2016
Kepala Madrasah Guru Kelas
Abdul Aziz,S.Ag Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
NIP.196906041998031002 NIP.197804192007102001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar